Penggunaan Asam Lemak Omega dalam Skincare dan Manfaatnya untuk Kecantikan

kandungan asam lemak omega dalam skincare

Hai, Beauty Preneurs! Sebagai brand owner kosmetik, kamu harus familiar dengan berbagai kandungan yang sekarang viral dan menarik bagi para beauty enthusiast. Nah, kamu juga pasti sudah dengar soal penggunaan asam lemak omega dalam skincare, bukan?

Asam lemak omega dengan mudah dapat kita temukan dalam produk-produk yang bisa menambah kelembapan kulit, melembutkan, serta meningkatkan skin barrier. Seperti moisturizer, face serum, face mask, hingga toner wajah.

Jenis produk-produk ini sendiri memiliki pasar yang cukup besar di Indonesia, mengingat iklim panas dan tingginya polusi bisa membuat kekuatan skin barrier menurun. Hal ini menyebabkan kulit kering, mudah iritasi, dan membuat kulit kasar.

Sebagai seorang brand owner kosmetik, kamu juga bisa mengolah dan mengembangkan produk skincare terbaik menggunakan asam lemak omega. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai habis, ya, Beauty Preneurs!

Penggunaan Asam Lemak Omega dalam Industri Kosmetik

Asam lemak omega merupakan salah satu bahan unik yang berada di antara dunia kesehatan dan kecantikan. Manfaatnya untuk kecantikan yang kaya dapat diperoleh dalam produk orang (diminum/dimakan), hingga produk topikal (berbentuk skincare/kosmetik).

Penggunaan asam lemak omega telah terbukti dapat memberikan banyak kegunaan ketika diaplikasikan secara topikal pada kulit. Namun sebenarnya berasal dari manakah asam lemak ini?

Well, asam lemak omega merupakan tipe asam lemak esensial (EFA) yang tubuh kita butuhkan untuk menjaga kesehatan, namun tak bisa kita produksi sendiri secara alami.

Bahan ini dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai produk perawatan kulit, mulai dari kulit wajah, tubuh, maupun area lipatan yang membutuhkan perawatan khusus.

Fungsi utamanya juga beragam, dari meningkatkan kesehatan kulit secara umum, meningkatkan kerja skin barrier, dan membuat kulit jadi tampak lebih awet muda.

Bahan alami ini dapat kita peroleh dari berbagai sumber pangan, seperti minyak ikan, minyak sayur, minyak walnut, minyak bunga-bunga, dan sejenisnya.

Namun, pengolahan asam lemak omega ini menjadi produk kecantikan tidaklah mudah. Kamu perlu bantuan tenaga ahli, seperti tim andal Mash Moshem Indonesia, untuk meramu formula kosmetik berkandungan asam lemak omega yang aman dan efektif merawat kesehatan kulit.

Akan tetapi, sebelum jauh membahas bagaimana cara pembuatan skincare dengan asam lemak omega tersebut, mari simak penjelasan lebih jauh soal jenis-jenis asam lemak omega di industri skincare berikut:

Jenis-Jenis Asam Lemak Omega

jenis asam lemak omega dalam skincare

Jenis-jenis asam lemak omega sebenarnya cukup beragam, namun dalam industri kecantikan ada tiga tipe yang paling populer, yakni:

  1. Asam lemak omega-3
  2. Asam lemak omega-6
  3. Asam lemak Omega-9

Langsung simak penjelasan lengkap soal sumber dan fungsi dari masing-masih tipe asam lemak omega tersebut berikut ini.

Asam Lemak Omega-3

Jenis asam lemak omega ini terdiri dari alpha-linolenic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA). Semuanya termasuk komponen yang sangat penting dalam membran pelindung sel tubuh.

Selain itu komponen asam lemak omega-3 ini juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan kecantikan, termasuk mengurangi inflamasi, bahkan meningkatkan perkembangan dan fungsi otak.

Asam Lemak Omega-6

Dikenal juga dengan asam linoleat, merupakan bentuk yang sangat umum terdapat dalam produk perawatan kecantikan. Jenis asam lemak omega ini dapat kita temukan dalam minyak sayur.

Asam linoleat memiliki fungsi utama untuk membantu proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Selain itu, karena manfaat ini pula, tekstur kulit akan jadi lebih lembut dan terasa kian halus.

Asam Lemak Omega-9

Jenis asam lemak omega ini memiliki komponen oleic acid atau asam oleat. Bahan ini terdapat dalam biji zaitun, minyak bunga matahari, dan kacang macadamia.

Fungsi asam oleat untuk kecantikan utamanya dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit. Bahkan menurut penelitian dari Unpad, penggunaan produk topikal berkandungan asam oleat akan memberikan keuntungan jangka panjang pada papiloma kulit. 

Bagaimana Cara Membedakan Ketiga Asam Lemak Omega di Atas?

Setelah melihat sumber dan manfaatnya untuk kulit, kamu mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa yang membedakan ketiga asam lemak omega tersebut?

Asam lemak omega-3 dan -6 adalah asam lemak tak jenuh ganda, sedangkan asam lemak omega-9 merupakan tak jenuh tunggal. 

Namun perbedaan pada omega-3 dan -6 merupakan asam lemak esensial, artinya tidak dapat tubuh produksi secara alami. 

Sementara dari segi fungsi ketiganya memiliki peran yang hampir sama, sehingga hampir sulit untuk membedakan dan menguraikannya. Namun, dalam industri kecantikan hingga kini yang paling sering dipelajari dan dikembangkan adalah omega-6 dan omega-3.

Fungsi Asam Lemak Omega untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

manfaat asam lemak omega dalam skincare

Setelah memahami penggunaannya dalam industri kosmetik, serta tipe-tipe asam lemak omega di atas, kamu pasti sudah mendapat gambaran soal apa saja manfaat dari bahan alami ini, bukan?

Asam lemak omega menawarkan berbagai manfaat luar biasa untuk merawat kesehatan kulit. Berbagai tipe asam lemak omega bisa membantu mendorong pembentukan sel kulit, memperkuat skin barrier, dan mempromosikan kesehatan kulit yang jauh lebih baik.

Penggunaan produk-produk skincare berkandungan asam lemak omega secara teratur juga dapat memberikan manfaat lain seperti:

  1. Memperkuat dan melembutkan lapisan terluar kulit.
  2. Membantu memperbaiki skin barrier dengan meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.
  3. Meredakan gejala iritasi kulit, menenangkan kulit sensitif, dan kemerahan pada kulit.
  4. Mengurangi gejala kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan menyamarkan kemunculan tanda penuaan dini.
  5. Menutrisi dan melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.
  6. Menjaga kelembapan kulit, meregulasi pembentukan sebum, dan merawat kekenyalan kulit.
Mau coba buat sampel skincare dengan asam lemak omega sendiri? Ajukan dengan isi formulir di bawah ini:

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Adakah Efek Samping Asam Lemak Omega pada Kulit?

    Meskipun beberapa perusahaan mulai menambahkan asam lemak omega ke dalam formulasinya, sebagian besar asam lemak topikal dihasilkan melalui bahan-bahan lain, paling sering adalah minyak nabati. 

    Meskipun tidak semua minyak diciptakan sama, beberapa minyak yang kaya akan asam lemak omega juga cenderung bersifat komedogenik atau menyumbat pori-pori. Jadi untuk orang dengan tipe kulit rentan berjerawat harus berhati-hati saat menggunakannya secara topikal.

    Sebagai contoh, minyak zaitun kaya akan asam oleat, asam lemak omega-9, tetapi bersifat komedogenik.

    Selain itu, beberapa orang dengan kondisi kulit tertentu juga dapat mengalami reaksi alergi atau iritasi terhadap beberapa minyak ini. Seperti minyak rosehip (yang mengandung omega -3 dan omega-6), yang bisa saja menimbulkan reaksi iritasi di kulit.

    Cara Memformulasikan Asam Lemak Omega pada Skincare

    jasa maklon kosmetik mash moshem indonesia

    Nah, Beauty Preneurs, kamu telah memahami bagaimana peran asam lemak omega dalam skincare dan manfaatnya untuk kulit di atas. Bahan alami ini terbukti memiliki banyak keunggulan dan sangat ideal jika dimanfaatkan dalam formulasi skincare.

    Dalam hal ini, tim formulator ahli Mash Moshem Indonesia dapat membantumu merealisasikannya, loh. Tim kami telah berpengalaman selama lebih dari 12 tahun dalam penciptaan produk-produk kosmetik yang unggul di pasaran.

    Kami pun telah menghadirkan berbagai jenis produk perawatan kecantikan kulit wajah menggunakan asam lemak omega dalam formulanya. Semua produk ini terbukti efektif untuk merawat kulit dan jadi best seller, loh!

    Kamu juga bisa menghadirkan produk skincare dengan kandungan asam lemak omega ini dengan brand kosmetikmu sendiri. Tentu saja, kita akan meramu formula baru yang unik dan berbeda dari brand-brand sebelumnya yang bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia.

    Ini karena Mash Moshem Indonesia memiliki konsep One Formula for One Brand. Sehingga kamu tak perlu khawatir produkmu akan sama dengan milik brand klien kami lainnya.

    Langkah Maklon Skincare dengan Kandungan Asam Lemak Omega

    Lantas apa yang harus kamu lakukan untuk mulai membuat skincare dengan asam lemak omega bersama Mash Moshem Indonesia ini? Berikut langkah-langkahnya:

    Hubungi Tim Kami dan Diskusikan Konsep Produk

    Mash Moshem Indonesia memiliki kantor pusat di Surabaya, namun bukan berarti kamu yang berada di luar kota tidak bisa menjangkau kami sama sekali.

    Sebaliknya, kami menyediakan layanan konsultasi jarak jauh secara online. Kamu bisa menghubungi tim kami dengan mengklik tombol WhatsApp yang tertaut di bagian bawah artikel atau mengisi form pengajuan sampel di atas. Selanjutnya tim kami yang akan menjangkaumu secara langsung.

    Dalam proses diskusi ini kamu bisa membicarakan soal konsep dan spesifikasi produk skincare yang mau kamu buat. Termasuk pemilihan bahan pendukung, ukuran gramasi produk, jenis produk, jenis kemasan, dan berbagai detail penting lainnya dalam produkmu.

    Jangan khawatir kalau kamu merasa tak punya banyak pengalaman atau pengetahuan dalam bidang industri kosmetik. Karena tim kami sendiri terdiri dari orang-orang yang berpengetahuan luas soal kosmetika, serta berpengalaman dalam pembuatan kosmetik.

    Dalam langkah ini, kamu juga bisa mendiskusikan soal harga maklon produk, yang bisa juga kami sesuaikan dengan budget-mu.

    Pembuatan Sampel Produk

    Langkah selanjutnya adalah pembuatan sampel produk, yang akan kita mulai setelah kesepakatan mengenai spesifikasi dan bahan produk terbentuk dari langkah pertama.

    Sampel ini akan formulator kami buatkan untukmu. Lama masa pembuatan sampel ini bisa berlangsung selama 2–4 minggu. Kamu bisa berperan aktif selama pembuatan sampel dengan memberikan review, jika sampel kurang cocok dengan ekspektasimu, kamu bisa mengajukan revisi.

    Pengajuan revisi ini juga bernilai gratis, loh. Jadi jangan ragu untuk terus berkreasi dengan tim formulator kami untuk menghasilkan formula produk skincare terbaik versimu.

    Pengurusan Legalitas dan Pembuatan Desain Kemasan

    Setelah sampel sesuai dengan ekspektasimu, maka langkah selanjutnya adalah pengurusan legalitas BPOM dan pembuatan desain kemasan. 

    Pengurusan legalitas BPOM ini akan tim legal kami uruskan untukmu. Sementara pembuatan desain kemasan akan ditangani oleh tim desainer internal Mash Moshem Indonesia.

    Sama halnya dengan pembuatan sampel, selama masa pembuatan desain kemasan ini kamu juga bisa berperan aktif dan berkolaborasi bersama tim kami.

    Kamu bisa mengajukan desain yang kamu miliki dan menyampaikan konsep yang kamu mau, kemudian tim kami yang akan mengembangkannya ke dalam desain yang baru dan fresh. Desain kemasan ini juga bisa direvisi dan bernilai gratis, loh!

    Produksi Massal

    Jika semua langkah 1–3 selesai, maka kita akan beralih pada langkah terakhir, yakni produksi massal. Proses produksi skincare secara massal ini akan berlangsung di pabrik kosmetik Mash Moshem Indonesia dan di bawah pengawasan tim ahli kami.

    Melalui standar operasional produksi (SOP) dan sistem kontrol kualitas (QC) yang ketat, kami bisa memastikan bahwa skincare-mu akan terjaga kualitasnya. Lama masa produksi skincare ini hanya berlangsung kurang dari satu bulan lamanya.

    Setelah produk jadi, kami akan mengirimkannya langsung pada alamat perusahaan yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

    Nikmati Layanan Pascapenjualan dari Mash Moshem Indonesia

    Tak hanya sampai produk jadi, kami juga menawarkan layanan tambahan untuk para klien kami. Layanan pasca-penjualan dari Mash Moshem Indonesia ini diadakan untuk dapat menunjang brand owner agar lebih mudah memasarkan produk mereka.

    Beberapa bentuk layanan pasca-penjualan yang kami tawarkan antara lain:

    1. Pengurusan sertifikasi tambahan untuk skincare, meliputi: Halal, Vegan, Uji In Vitro, dan HSA Singapura
    2. Pembuatan media promosi kreatif untuk menunjang kegiatan branding produk, meliputi: foto produk, video produksi, pembuatan brosur/katalog, dan product knowledge
    3. Jaringan distributor kosmetik untuk membantu memasarkan dan mendistribusikan produkmu ke konsumen akhir.

    Nah, Beauty Preneur itu adalah penjelasan mengenai manfaat asam lemak omega pada skincare dan bagaimana mengolahnya sebagai formula produk dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia.

    Apakah kamu tertarik untuk membuat skincare berkandungan asam lemak omega sendiri? Langsung hubungi tim kami dengan klik tombol WhatsApp di bawah, ya. See you!

    cta asam lemak omega dalam skincare

    About Author

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading