Patut Dicoba, Inilah Keuntungan Berbisnis Kosmetik dengan White Label!

Saat kamu menjalankan sebuah bisnis, tentunya kamu harus memiliki ilmu dasar dan kemampuan agar bisnismu berkembang. Kesuksesan sebuah bisnis, terutama di dunia kosmetik, haruslah diiringi dengan strategi yang sesuai dan sudah terencana dengan baik.

Dalam dunia bisnis kosmetik, ada banyak sekali istilah yang digunakan, salah satunya bisnis kosmetik dengan white label.

Istilah ini sudah sering digunakan pada bisnis kosmetik, loh! Dan sudah tidak asing lagi untuk para pemilik bisnis kosmetik. Beberapa perusahaan memilih menggunakan white label agar mempermudah produksi barang yang mereka jual.

White label biasanya digunakan untuk kamu yang baru saja merintis bisnis kosmetik. Dengan memilih perusahaan yang tepat dan terpercaya, maka tidak mungkin bisnis kosmetik dengan white label-mu bisa berkembang dengan baik.

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh bisnis kosmetik white label ini, yuk cari tahu dulu apa pengertian dari white label! Happy reading, Guys!

Apa Itu White Label?

Kamu mungkin sudah bertanya-tanya, apa sih white label itu? White label merupakan merek dagang oleh perusahaan, tetapi produksinya dilakukan oleh perusahaan manufaktur atau perusahaan maklon.

Perusahaan manufaktur ini biasanya menjual barang atau jasa yang akan membuat produk kosmetikmu, dengan label yang dibuat oleh pembeli.

Contohnya, saat kamu ingin membuat produk kosmetik berupa lip serum di prusahaan maklon, maka kamu bisa memberikan nama merk pada lip serum tersebut. Meski produksi atau pembuatannya dibuat oleh perusaan manufaktur tersebut.

Namun bedanya, produk kosmeik dengan menggunakan white label ini bisa kamu temukan pada merk yang berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kita cari tahu dulu cara kerja dari white label ini.

Cara Kerja dari White Label

Cara kerja dari white label termasuk sangat sederhana dan tentunya memberikan banyak keuntungan untuk kamu dan pihak manufaktur sendiri. Hal yang paling penting dalam bisnis ini, yaitu menjaga hubungan baik antara pihak manufaktur dan kamu.

Nah, untuk mengetahui cara kerja white label, simak poin-poin berikut ini:

  1. Pihak manufaktur sebagai produsen sebenarnya sudah menyediakan barang jadi. Namun produk kosmetik yang mereka produksi masih tidak memiliki merk, logo, desain, ataupun label tertentu.
  2. Pihak manugfaktur kemudian menawarkan produk mereka pada pihak perusahaan kosmetik, ataupun individu. Mereka yang setuju biasanya akan membuat sendiri logo, merk, bahkan desainnya. Sehingga para konsumen bisa menyesuaikan dengan branding dan image perusahaan masing-masing.
  3. Nah, dari pihak perusahaan yang telah membeli barang pada produsen, mereka akan menjualnya pada pelanggan mereka. Perlu diketahui jika bisnis white label ini adalah anonimitas. Itu sebabnya pembeli tidak tahu bahwa produk yang mereka pakai, adalah produk yang sebelumnya tidak memiliki merk.

Cara Mulai Bisnis Kosmetik dengan White Label

Nah, saat kamu ingin menjual produk kosmetik dengan white label. Kamu harus melakukan langkah-langkah berikut saat ingin menggunakan jasa maklon dengan white label, seperti:

  1. Kamu harus melakukan survey terlebih dahulu kepada beberapa supplier yang memiliki produk kosmetik dengan kualitas terjamin. Selain memiliki kualitas yang bagus, tentunya kamu harus memperhitungkan juga jika produk tersebut memiliki harga yang sesuai. Sehingga, untuk mendapatkan produk kosmetik yang berkualitas tersebut, kamu harus melakukan beberapa survey ke beberapa tempat manufaktur. Agar produk yang kamu dapatkan bisa memiliki kualitas yang bagus, dan juga memiliki harga yang sesuai dengan kantong!
  2. Nah, saat kamu sudah menemukan pihak supplier yang tepat, maka kamu bisa melakukan pembelian secara langsung. Sesuaikan jumlah pembelian produk dengan budgetmu dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga, jumlah produk juga tidak berlebihan jika memang produk tersebut kurang diminati.
  3. Kemudian, saat kamu telah menerima barang dari white label, maka kamu bisa langsung membuat merk dagang dari produk tersebut. Kamu juga bisa membuat desain yang menarik untuk membantu meningkatkan branding produk di market.
  4. Saat produk dengan merk tersebut sudah siap, maka kamu hanya perlu memasarkannya. Bisa melalui media sosial, atau iklan berbayar. Buatlah konten yang menarik dari produk, sehingga produkmu bisa dikenal oleh konsumen secara langsung.

Keuntungan Bisnis Kosmetik dengan White Label

Melakukan bisnis kosmetik dengan white label bisa menjadi inovasi yang bagus untuk para pemula. Jadi, white label ini akan memberikan keuntungan pada dua belah pihak. Sehingga, tidak hanya kamu yang diuntungkan, melainkan pihak manufakurpun merasa untung.

Nah, untuk mengetahu kelebihan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari white label, yuk simak beberapa poin di bawah ini!

Tidak Melakukan Produksi Sendiri

Saat kamu ingin melakukan bisnis kosmetik dengan white label, kamu tidak perlu repot memproduksi barangmu sendiri. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya produksi seperti membeli bahan ataupumn membuat pabrik. Karena produksi sudah dilakukan oleh pihak manufaktur.

Kamu hanya perlu menentukan pihal manufaktur/penyedia barang yang tepat. Sehingga mendapatkan produk yang berkualitas dengan menjualnya dengan merk dagang sendiri.

Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing-pusing mencari uang untuk biaya produksinya. Dan tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran dari produk kosmetik yang kamu beli.

Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Keuntungan berbisnis kosmetik dengan white label yang kedua yaitu kamu bisa menghemat biaya dan waktu. Hal ini karena berkaitan dengan kegiatan produksi dari produk kosmetik tersebut.

Karena kamu tidak melakukan proses produksi, maka kamu bisa memiliki lebih banyak biaya dan waktu untuk berfokus pada pemasaran produk. Kamu bisa melakukan branding yang lebih cepat dan lebih tpat sasaran.

Selain itu, kamu juga tidak memerlukan banyak sumber daya manusia, sehingga kamu bisa lebih menghemat biaya yang kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan lebih strategi pemasaran, sehingga barang tersebut mudag menarik orang-orang.

Dan tidak lupa juga, kamu bisa mendapatkan laba yang lebih besar jika kamu cermat dalam mengamati kondisi pasar dan target yang kamu tetapkan.  

Harga Pokok yang Cenderung Lebih Murah

Keuntungan berbisnis kosmetik dengan white label yang kedua adalah harga pokok produk bisa lebih rendah. Produsen kosmetik white label biasanya memberikan harga yang cinderung lebih murah, terlebih saat kamu membeli produk tersebut dengan jumlah yang tinggi.

Dengan kesempatan tersebut, kamu bisa melakukan strategi lebih matang dalam pemasaran produk. Sehingga, saat kamu mendapatkan barang yang lebih murah, kamu bisa memberikan harga jual produk yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, hal ini bisa memberikan keuntungan yang berlipat ganda untuk bisnis kosmetik dengan white label!  

Memberikan Laba yang Besar

Keuntungan berbisnis kosmetik dengan white label yang selanjutnya adalan memberikan laba atau keuntungan yang besar. Dari ketentuan harga yang diberikan oleh pihak manufaktur, kamu bisa lebih mudah menentukan laba yang ingin kamu dapatkan.

Meski kamu bisa menjual produk kosmetik white label dengan harga yang tinggi, namun jangan lupakan kondisi pasar dan target konsumenmu ya! Jangan memberikan price yang tidak masuk akal, karena kamu harus menyesuaikan dengan market dan customer.

Kamu bisa memberkan kekuatan lebih pada merk yang kamu buat, karena merk bisa menjadi branding yang bagus untuk bisnismu. Sehingga, meskipun laba per produk tidak terlalu besar, namun penjualan akan tetap stabil. Dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih meningkat secara perlahan-lahan.

Menjadi Jembatan Antara Pihak Produsen dengan Pembeli

Kelebihan berbisnis kosmetik dengan white label yang terakhir adalah dengan menjadi jembatan antara pihak penjual dengan konsumen. Karena, hal yang penting dari menjual produk white label yaitu bisa menjual barang yang berkualitas agar mendapat rasa percaya dari para konsumen.

Inilah yang menjadi hal penting dari segi pihak manufaktur atau produsen tersebut. Saat pihak produsen menciptakan produk yang berkualitas. Maka para pembeli juga akan lebih nyaman bermitra dengan mereka dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Membuat White Label Kosmetik

Dari penjelasan di atas, sebagian dari kamu mungkin tertarik untuk membuat bisnis kosmetik dengan white label melalui jasa perusahaan manufaktur. Jika iya, kamu berada di perusahaan manufaktur yang tepat!

Karena bersama PT. Mash Moshem Indonesia, kami menyediakan produk kosmetik dengan white label yang sangat berkualitas. Kamu hanya cukup menghubungi tim Bussines Development (BD) kami mengenai produk apa yang ingin kamu buat bersama kami.

Tidak hanya berasal dari bahan-bahan berkualitas, produk white label kami juga memiliki packaging yang sempurna dalam pengemasan produk. Sealin itu, kamu juga bisa menentukan desainmu sendiri loh! Karena kami memberikan custon desain secara gratis!

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan pabrik kami, karena pabrik PT. Mash Moshem Indonesia sudah bersertifikat CPKB tingkat A yang dikeluarkan oleh BPOM.

Oh ya, untuk kepengurusan legalitas, kamu juga tidak perlu khawatir, karena produk white label yang dikeluarkan oleh kami sudah pasti memiliki klain aman dari BPOM.

Untuk bisa mengetahui informasi yang lebih lengkap dari white label ini, langsung aja klik contact us yang tertera di website kami ya!

Nah, cukup sekian penjelasan dari manfaat berbisnis kosmetik dengan white label ini.

Semoga apa yang kamu baca bisa bermanfaat menambah pengetahuanmu. Sampai di sini dulu artiket berikut, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

cara riset pelanggan

Ketahui 6 Cara Riset Pelanggan untuk Kembangkan Produk dan Bisnismu!

Setiap pelaku bisnis tentu ingin bisnisnya stabil, semakin berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus mengenali pelanggan karena mereka adalah faktor penting dalam perkembangan perusahaan. Untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai pelanggan, kamu harus menggunakan...

Continue Reading

Leave a Comment