Cara Memilih Kemasan Parfum Terbaik untuk Brand Kosmetikmu!

cara memilh kemasan parfum terbaik

Tak hanya berguna untuk melindungi sediaan produk, kemasan yang terkonsep dengan unik dan menarik akan memberikan nilai lebih pada parfum dari brand kosmetikmu. Menyadari pentingnya nilai kemasan ini, kami merangkumkan cara memilih kemasan parfum terbaik berikut ini.

Sebagai brand owner kosmetik, kamu tentu menyadari bahwa kini nilai persaingan tak hanya ditentukan dari kualitas produk. Melainkan, dari bagaimana kamu membranding produk kosmetikmu di pasaran sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

Nah, kemasan adalah salah satu unsur branding yang tak kalah pentingnya, terutama untuk brand parfum.  Sebab, kemasan ini bisa memberikan karakter, menimbulkan dampak psikologis tertentu pada konsumen, hingga menjadi nilai pembeda dari suatu produk.

Adapun unsur yang biasanya menjadi pembeda dari tiap-tiap produk parfum, seperti font, logo, dan juga warna dalam kemasannya. Elemen tersebut juga menjadi bagian yang mempresentasikan produk ini, dan memiliki erat kaitannya dengan identitas serta pencitraan bisnis.

Itulah mengapa, kemasan produk parfum yang menarik, akan menjadi penunjuk bisnis sesuai karakter dan tujuan bisnis yang telah dibentuk sebelumnya.

Jadi nih, buat kamu yang mau membuat produk parfum sendiri, penting juga memperhatikan aspek utama seperti kemasan ini agar diminati oleh pembeli yang merasa tertarik setelah melihat kemasan dan menghirup baunya.

Yuk, simak cara memilih kemasan parfum terbaik untuk brand fragrance-mu berikut ini, yuk!

Pentingnya Memilih Desain Kemasan yang Tepat untuk Brand Parfum

Membeli parfum tidak hanya karena baunya, tapi juga karena kemasan produknya. Bayangkan saja jika kamu mau membeli parfum tapi kemasannya biasa saja, dan tidak menarik. Akankah kamu membelinya?

Nah, hal ini lah yang mungkin terlintas dalam benak customer ketika melihat produk parfum mu yang kurang menarik, tentunya mereka tidak akan tertarik untuk membelinya dan alhasil, parfum kamu hanya menjadi pajangan etalase toko.

Inilah alasan, mengapa kemasan produk parfum menjadi nilai penting tersendiri. Sebab, kemasan parfum menjadi bagian marketing perusahaan untuk menarik minta pembeli.

Pengemasan ini akan dianggap bernilai jika dapat mengimbangi identitas merek (fungsionalitas) serta desain kemasan yang menarik untuk ditampilkan (estetika).  Selain itu, perlu kamu ingat jika kemasan produk juga menjadi sarana berkomunikasi dengan pelanggan.

Sementara itu, mengapa kemasan produk parfum harus menarik karena kemasan produk dapat menjadi bagian strategi marketing yang bisa kamu coba.

Hal yang harus kamu perhatikan ialah di bagian kemasan yang tempatnya berada di luar dan akan dilihat pertama kali. Jadi kamu harus menyajikan packaging yang memuat informasi-informasi untuk dijadikan daya tarik dan memunculkan minat pembeli.

Dengan begitu, customer dapat memanfaatkan produk tersebut dengan benar serta bisa membangun customer experience yang baik antara pebisnis dan produk parfum yang dijual.

Keuntungan Memilih Kemasan Produk yang Menarik

Adapun keuntungan yang kamu dapat setelah membuat kemasan produk parfum milikmu menjadi menarik, di antaranya:

Membuat brand lebih dikenal

Kemasan parfum yang menarik juga menjadi salah satu bagian branding perusahaan. Hal ini, untuk menciptakan adanya interaksi baik terhadap sasaran pasar.

Selain itu kemasan parfum yang menarik nantinya juga dapat mempengaruhi minta pembeli serta membuat pelanggan menjadi loyal terhadap produk kamu.

Jika kamu memiliki produk yang telah lebih dulu dikenal maka kamu bisa melakukan pengenalan identitas perusahaan milikmu.

Menarik perhatian calon konsumen

Pembuatan packaging yang unik dan menarik juga menjadi salah satu bagian branding positif perusahaan di mata pelanggan.

Nah, salah satu bagian yang harus diperhatian adalah packaging, yang menjadi indikasi profesionalitas serta kualitas perusahaan untuk memaksimalkan kebutuhan customermu.

Branding yang bisa kamu lakukan untuk menarik calon pelangganmu ini bisa dengan menggunakan Print Advertising yakni untuk mengedepankan desain produk kemasan.

Untuk mendapatkan kemasan produk parfum yang unik dan menarik, kamu bisa mulai melakukan riset terlebih dahulu. Meliputi riset skema warna, desain, serta tipe kemasan yang disukai pelanggan.

Memfasilitasi keputusan konsumen untuk membeli produk

Salah satu keuntungan yang kamu peroleh bila menyajikan kemasan produk yang menarik adalah untuk menarik minat pembeli terhadap produk parfum yang kamu tawarkan.

Jadi kemasan menarik pada produk parfum ini bisa meliputi informasi produk yang mudah dilihat, dibaca, serta dimengerti oleh pelanggan.

Sebab dari aspek itulah pelanggan akan mempertimbangkan apakah akan membeli produkmu atau tidak, di tengah persaingan branding dari perusahaan-perusahaan lain terkait produk serupa.

Jadi dengan menyajikan packaging yang menarik ini nantinya dapat menarik minat pelanggan untuk pembeli. Sehingga penjualan dan ketertarikan terhadap produk parfum milikmu meningkat.

Mempromosikan brand parfummu

Kemasan parfum yang menarik juga dapat menjadi salah satu cara mempromosikan produk dengan cepat dant tepat. Sebab tampilan parfum yang unik dan menarik akan lebih mendapat atensi pelanggan.

Selain itu, ada beberapa aspek yang bisa menunjukkan dari mana produk tersebut berasal, seperti desain warna. Penyajian desain yang kreatif dan unik juga dapat menonjolkan produk parfum milikmu agar diminati pelanggan dan tidak kalah saing dengan kompetitor.

Jadi dengan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan terhadap produkmu maka dapat dipastikan jika customer bisa menerima pesan dari produkmu secara mudah dan jelas.

Membedakan dengan produk lain

Penyajian kemasan parfum yang unik, menarik, dan kreatif ini juga dapat menjadi ciri khas produk milikmu dengan produk kompetitor lain meski dengan ranah produk yang sama.

Hal ini nantinya juga memudahkan pembeli untuk mengidentifikasi merek dengan mudah karena masing-masing produk menggambarkan citra perusahaan.

Jadi buatlah branding packaging yang eye catching, unik, dan menarik mata agar pelanggan tertarik untuk membeli.

Cara Memilih Kemasan yang Terbaik untuk Parfum

tips memilih kemasan parfum terbaik

Terdapat beberapa cara strategi branding untuk memilih packaging yang menarik agar diminati banyak pelanggan dan menarik tentunya. Begini caranya:

Pilih warna dan sesuaikan dengan karakter brand

Kemasan yang unik dan menarik dari sebuah brand atau produk parfum, juga menjadi ciri khas yang menggambarkan perusahaan. Karenanya, untuk memilih kemasan yang tepat kamu harus bisa menyesuaikan warna kemasan ini dengan karakter brandmu.

Misal, kamu memiliki brand parfum yang target utamanya adalah perempuan dewasa. Maka, warna yang cocok untuk produkmu adalah merah, gold pink, emas, dan warna-warna lain dengan vibes elegan.

Perhatikan ukuran kemasan

Selain membangun branding lewat karakter, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan ukuran kemasan. Ukuran kemasan ini harus disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan serta menyesuaikan ukuran itu denga kebutuhan customer.

Misalnya kamu membuat parfum saku yang memang harus kamu rancang dengan ukuran mini sesuai kantong.

Bentuk kemasan

Bentuk-bentuk kemasan parfum tertentu juga menjadi bentuk cerminan pelanggan, yang mana parfum tersebut memiliki bentuk kemasan yang unik dan menarik sesuai dengan penggambaran.

Misalnya kemasan berbentuk lonjong yang dapat menarik perhatian perempuan, kemasan parfum persegi panjang silinder yang penggambaran parfum bergaya maskulin untuk lelaki.

Tipe Botol

Kemasan yang unik juga disesuaian dengan tipe botol yang digunakan. Jadi semisal ada botol unik yang berbentuk lonjong atau persegi panjang maka tipe kemasannya pun akan sama.

Botol yang unik dan menarik juga menjadi daya tarik bagi pembeli. Apalagi jika bentuk botolnya terbilang langka dan masih jarang ditemui, tentu minat pembeli juga semakin tinggi. Bahkan untuk orang yang gemar mengkoleksi parfum, bentuk parfum ini menjadi incaran mereka .

Spray atau Pump

Memilih pompa atau semprotan dalam kemasan produk parfum mu juga menjadi hal yang penting dan menarik. Usahakan untuk memberikan semprotan dan pompa yang mudah dan praktis agar aromanya mudah keluar dan bau yang menempel pada tubuh bisa tahan lama.

Adapun beberapa rekomendasi warna semprotan atau pompa parfum yang sering banyak digunakan di antaranya wanra gold, putih, hitam, dan masih banyak lagi.

Tutup

Pernahkah kamu menjumpai bentuk tutup botol parfum yang unik atau menarik? Nah, salah satu cara untuk memilih kemasan produk parfum agar banyak konsumen minati.

Selain kamu menyajikan bentuk botol, kemasa, dan sempotran atau pump yang semakin unik maka pelanggan akan banyak yang melirik untuk membelinya dan menjadikannya koleksi.

Jadi, kamu harus kreatif dan unik tentunya buat mengatur strategi pembuatan kemasan parfum ini.

Pertimbangkan beberapa aspek teknis

Selain aspek-aspek yang sebelumnya kita bahas, kamu juga harus memperhatikan beberapa aspek teknis lainnya, ya. Hal itu meliputi kemasan ketika akan dibuka, kemasan saat akan ditutup, segel pengaman pada parfum agar lebih aman saat konsumen bawa kemana-mana, dan beberapa aspek kecil lainnya mengenai tampilan parfum.

Aspek-aspek tersebut harus kamu perhatikan dengan baik jangan sampai ada yang salah karena jika ada yang kurang tepat. Hal itu justru membuat penilaian produk parfum mu menjadi jelek dan reputasi perusahaan juga akan dipandang sebelah mata.

Dan ada juga aspek lain dalam proses pembuatan parfum yang meliputi:

Fungsi

Memiliki produk parfum tidak hanya mementingkan tentang keindahan kemasan saja, kamu juga harus memerhatikan aspek dari fungsinya.

Salah satunya menjamain pelanggan untuk menerima produk parfum yang dalam keadaan baik dan tersegel seperti produk yang memenuhi persyaratan pengemasan. Jika produk tidak dikemas dengan baik maka parfum bisa dianggap sebagai produk murah dan inferior.

Distribusi

Selain memperhatikan fungsi kemasan, kamu juga harus memperhatikan aspek pendistribusian produk parfum mu, mengapa?

Karena kemasan harus kamu sesuaikan dengan keadaan tempat pendistribusian. Misalnya saja pendistribusian parfum jika harus dikirim jauh namun tidak dilindungi dengan pengemasan ekstra, maka bisa saja memicu kerusakan kemasan.

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset dan menyiapkan metode dalam proses pendistribusian parfum mu agar kemasan aman sampai ke tangan pembelinya.

Keamanan isi produk

Masih berkaitan dengan keamanan dan pengemasan produk. Kamu juga harus memperhatikan aspek keamanan isi produk.

Bila kemasan tidak sesuai persyaratan maka bukan tidak mungkin jika hal itu berpengaruh kepada isi produk parfum saat proses distribusi.

Bisa saja kemasan pecah jika botol yang digunakan dari kaca jadi secara otomatis isi parfum akan tumpah dan itu dapat merugikan kedua belah pihak, yakni antara pemilik produk dan pembelinya.

Ide Kemasan Parfum Berdasarkan Trend Terbaru

ide kemasan parfum berdasarkan tren terbaru

Memiliki produk parfum juga harus update dengan trend yang lagi hype, nih tentunya. Kamu tak boleh ketinggalan tren dengan kompetitor lainnya. Jadi kamu harus membuat invasi yang tak kalah menarik dan unik untuk produk parfum kamu.

Dan berikut ini ide untuk membuat kemasan produk parfum berdasarkan tren yang sedang hype untuk kamu jadi rekomendasi, ya, Guys!

Selimuti Produk dengan Kain yang Elegan

Biar tampilan produk parfum mu berbeda dari yang lain, bisa juga memanfaatkan kain sebagai penutup kemasan, lho. Kain ini nantinya juga menambah nilai branding kamu terhadap parfum yang kamu jual.

Selain itu ide ini jelas unik dan pastinya bisa menarik minat pembeli. Kamu bisa memilih beberpaa jenis kain yang cocok untuk kemasanmu, misalnya kain sutera, kain kasmir, kain organza, kain renda, atau kain beludru yang memiliki kesan mewah.

Estetika dari Kemasan Kayu

Selain memanfaatkan kain sebagai kemasan yang menarik, kamu juga bisa nih mencoba memakai kayu untuk dijadikan sebagai kemasan. Kayu sendiri nantinya akan memberi elemen rustic dengan menampilkan nuansa alami dan kasual.

Kamu bisa menyesuaikan tempat parfum dengan botol atau kemasan agar terlihat pas dan cocok. Selain itu kamu juga bisa menambahkan aksen karet atau besi untuk membuat nama mereknya.

Gift Set!

Jika kamu tidak mau yang biasa saja, bisa juga nih mencoba mengemas parfum dengan set hadiah. Jadi parfum tidak terlihat monoton begitu saja.

Tetapi ada kesan set dan add-on dari hadiah-hadiah yang disandingkan meski harga hadiah tersebut tida terlalu mahal hitungannya.

Set hadiah ini juga bisa menarik pelanggan agar membeli produk parfummu. Meski begitu, kamu harus menonjolkan sisi produk parfummu sebagai yang utama, karena produkmu harus dikenal oleh publik.

Metamorfosis

Ide kreatif pengemasan parfum tidak hanya dengan set hadiah, kamu juga bisa mencoba mencoba hal lain seperti menambahkan karya seni.

Seni terbilang sangat unik dan nyentrik, jadi kamu bisa menggabungkan kemasan produk parfum dengan seni dalam kemasan maupun tampilan.

Penambahan elemen seni ini juga pastinya akan pelanggan minati, apalagi jika tampilannya nyentrik juga jarang berada pada produk lain.

Kemasan yang Dapat Bercerita

Baru-baru ini ada tren baru juga tentang parfum, ada produk parfum yang menggabungkan aspek zodiak. Jadi di dalamnya menjelaskan dan menceritakan bagaimana pribadi pengguna parfumnya. Nah, kamu bisa juga membuat hal serupa dengan konsep yang berbeda, ya guys.

Retro-futurism

Selain menampilkan sisi berseni yang digabungkan dengan produk parfum milikmu, kamu juga bisa membuat ide baru dengan menambahkan  ide retro-futurisme.

Ide dalam cara memilih kemasan parfum terbaik ini berciri khas penambahan warna neon dengan gradasi yang tebal. Kemudian warna ini juga berkombinasi dengan tipe retro yang nantinya akan memunculkan konsep unik dan colorful.

Kemasan ini menggambarkan ide dan warna-warna nyentrik khas 90 tahunan akhir hingga 2000-an awal. Meski terbilang late fashion, tapi belakangan masyarakat kembali menyukai tren fesyen vintage ini.

Maximalism

Ide lain yang bisa kamu coba lainnya dengan menggunakan aspek maximalism. Apa itu maximalism? Jadi konsep ini lebih memfokuskan tentang detail produk parfum yang kamu tawarkan.

Terkadang ada juga pecinta parfum yang menyukai detail sebuah produk dari segi manapun, bisa kemasan, tampilan, dan produk keseluruhannya.

Atau menghadirkan produk dari konsep pembalikan dari desain minimalis yang berlebihan menggunakan karya seni untuk terlihat mewah.

Kemasan Ramah Lingkungan

Jika kamu masih merasa kurang tertantang dengan ide-ide sebelumnya, kamu juga bisa menghadirkan konsep pengemasan produk yang ramah lingkungan. Sekarang pun banyak sekali produk-produk parfum atau kosmetik lainnya yang menggunakan pengamasan dengan konsep ramah lingkungan.

Hal ini juga untuk mengkampanyekan bagaimana cara menjaga lingkungan. Sekaligus membuat pembeli ikut melestarikan lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan.

Tren Warna Bumi dengan Kesan Alami

Selain ada konsep retro-futurisme, ada juga konsep pengemasan produk yang memadukan warna-warna lebih sederhana seperti warna bumi. Jadi kesan yang tersampaikan dalam kemasan terlihat sederhana, alami, tapi teteap elegan dan kasual.

Efek Holografis

Dan ide terakhir, ada ide pembuatan kemasan yang lebih mewah, sederhana, mesterius tapi tapi terlihat mahal. Apa itu idenya?

Idenya adalah menggunakan konsep holografis, yakni penampilan yang menggunakan latar hitam, teks dengan warna metalik multiwarna yang menonjol. Sedangkan di bagian latar belakangnya menggunakan warna satin ata matte hitam (netral).

Punya Ide Produk Parfum dengan Kemasan yang Unik, Wujudkan Bersama Mash Moshem Indonesia!

Setelah membaca penjelasan mengenai pentingnya kemasan parfum dan ide-ide kemasan yang sedang tren saat ini, apakah kamu tertarik berbisnis dengan menggunakan bran parfummu sendiri?

Well, tak hanya mampu menciptakan produk skincare atau makeup saja, Mash Moshem Indonesia juga ahlinya membuat berbagai jenis parfum. Mulai dari hair mist, body mist, Eau de Toillete, Eau de Perfume, Eau de Cologne, dan banyak lainnya.

Tak hanya menentukan aroma dan bahannya saja, kamu juga bebas request jenis dan desain kemasan dari brand parfummu. Kamu bisa menyesuaikan kemasan ini dengan konsep brand, karakter target pasar, atau membuat kemasan yang benar-benar out of the box.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan pengurusan legalitas produk, seperti nomor registrasi BPOM, Haki Merk, sertifikasi Halal, Vegan Kosmetik, sampai HSA Singapura.

Pokoknya, lewat maklon parfum di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat parfum terbaik yang unik sesuai dengan imajinasimu. Enggak percaya? Langsung konsultasikan produkmu bersama tim kami, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading