Seberapa Penting Eksfoliasi Kulit Kepala? Simak Informasi Lengkapnya, Yuk!

eksfoliasi sel kulit kepala

Hai beautypreneurs! Ketika mendengar istilah eksfoliasi, mungkin yang terbesit di benakmu adalah tentang perawatan kecantikan berupa proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah atau tubuh. 

Namun, sebenarnya, kegiatan eksfoliasi ini tidak hanya dibutuhkan untuk wajah dan tubuh saja lho, tapi juga rambut dan kulit kepala. 

Oh iya? Kok bisa? 

Kulit kepala kita kan juga berkeringat, berketombe, terkena polusi, debu, paparan sinar matahari, dan sebagainya sehingga butuh juga dong dieksfoliasi.

Karena rambut dan kulit kepala kita juga sama berharganya dengan kulit wajah dan tubuh, maka, butuh dirawat agar senantiasa sehat, bersih, dan berkilau.

Jadi bagaimana sih sebenarnya eksfoliasi kulit kepala itu? Apa sajakah manfaatnya? Nah, untuk lebih jelasnya, kita simak uraian mengenai scalp eksfoliating berikut, yuk! 

all cta atas untuk hair care

Apa itu Eksfoliasi Kulit Kepala (Scalp Exfoliating)?

Mungkin selama ini yang kita tahu bahwa merawat rambut dan kulit kepala cukup hanya dengan sampo, kondisioner, dan krim rambut saja. Namun, sebenarnya scalp eksfoliating itu juga penting, lho.

Apa itu scalp eksfoliating? Scalp Eksfoliating adalah kegiatan eksfoliasi kulit kepala untuk mengangkat sel kulit mati pada lapisan terluar kulit kepala. 

Kegiatan ini bisa membuat sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi lancar dan berujung pada perbaikan pertumbuhan rambut, lho.

Eksfoliasi kulit kepala juga dapat membantu menenangkan dan menghilangkan stres pada kulit kepala, sehingga kepala akan terasa dingin dan lebih fresh.

Selain itu, eksfoliasi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala karena dapat membersihkan sel-sel kulit mati, minyak, dan ketombe yang ada di kepala. 

Sama halnya dengan kulit wajah dan tubuh, kulit kepala juga memerlukan perawatan dan pemeliharaan. Eksfoliasi yang dilakukan secara rutin akan membuat rambut menjadi sehat, terawat, dan berkilau. 

Pentingnya Eksfoliasi bagi Kulit Kepala

Berikut merupakan penjelasan mengenai manfaat eksfoliasi kulit kepala yang patut kamu simak.

cara scalp exfoliating

Mencegah Menumpuknya Residu Produk

Apakah rambutmu sering diwarnai, hairspray, atau pomade? Residu dari produk-produk tersebut dapat menumpuk pada kulit kepala dan bisa menyebabkan gatal dan iritasi. 

Kegiatan eksfoliasi dapat membantumu membersihkan residu-residu produk yang kamu gunakan secara lebih mendalam dibandingkan sampo. Sehingga kulit kepala terasa bersih dan segar, bebas dari gatal dan iritasi.

Membantu Mengatasi Masalah Ketombe

Jika rambutmu sering berketombe dan merasakan gatal, mungkin sudah saatnya kamu melakukan eksfoliasi kulit kepala secara rutin agar sel-sel kulit mati dan ketombe pada kulit kepala dapat terangkat, rasa gatal dan tidak nyaman pun dapat hilang. 

Membantu Menyeimbangkan Produksi Sebum

Sama halnya dengan kulit wajah dan tubuh, kulit kepala juga dapat menghasilkan sebum (minyak alami yang dihasilkan tubuh). 

Jika produksi sebum ini mengalami penumpukan, maka akan membuat kulit kepala terasa sangat berminyak bahkan gatal, biasanya hal ini dikarenakan adanya penyumbatan sebum. 

Untuk itu, eksfoliasi kulit kepala perlu dilakukan agar produksi sebum pada kulit kepala seimbang, dan kulit kepala terasa sehat dan lembab.

Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

Produk-produk yang kamu gunakan pada rambut seperti hair spray, pomade, cat pewarna rambut, dan sebagainya dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. 

Eksfoliasi rambut yang dilakukan secara berkala, selain dapat membersihkan rambut, juga dapat membuat rambut tampak lebih berkilau, bersih, dan sehat.

Meningkatkan Efektivitas Produk

Jika ada banyak sel-sel mati, minyak, dan ketombe yang menumpuk pada kulit kepala. Hal ini akan membuat produk perawatan rambut seperti serum dan masker rambut tentu akan sulit melakukan tugasnya. Karena sulit menembus kulit kepala serta helai rambut, sehingga penggunaan produk tersebut menjadi tidak efektif.

Untuk itu, kulit kepala perlu dieksfoliasi terlebih dahulu agar kulit kepala dan helai rambut menjadi bersih, barulah produk perawatan rambut yang lain dapat meresap dengan baik, karena hal-hal yang menghalangi penyerapan produk sudah dihilangkan.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Eksfoliasi teratur pada kulit kepala dapat merangsang kulit kepala karena adanya pijatan saat kamu membersihkan, sehingga dapat memperlancar aliran darah ke permukaan, membuat pertumbuhan rambut menjadi meningkat, menghilangkan stres, dan ketegangan pada kulit kepala.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Kegiatan eksfoliasi kulit kepala yang dilakukan secara rutin, akan dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. 

Sebab, eksfoliasi ini akan membuat kulit kepala dan rambut bebas dari penumpukan minyak serta ketombe, menghasilkan jumlah sebum yang seimbang, dan memiliki tingkat pergantian sel yang sehat, sehingga akan membuat kulit kepala dan setiap helai rambut menjadi sehat.

Beda Physical dan Chemical Exfoliant

Terdapat dua kategori utama dari jenis eksfoliasi kulit kepala yaitu eksfoliasi fisik (physical exfoliant) dan eksfoliasi kimia (chemical exfoliant). Keduanya memiliki manfaat yang baik seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun keduanya bekerja dengan cara yang berbeda. 

Eksfoliasi fisik biasanya berupa scrub yang biasanya mengandung gula, garam, atau butir-butir, sehingga lebih kasar dan tebal. 

Eksfoliasi jenis ini juga membutuhkan tenaga lebih saat melakukan eksfoliasi, biasanya membutuhkan jari untuk menggosok kulit kepala dengan gerakan melingkar atau menggunakan alat untuk memijat kulit kepala.

Sementara eksfoliasi kimia berbeda. Biasanya eksfoliasi jenis ini mengandung asam hidroksi seperti asam salisilat, asam laktat, asam glikolat ataupun retinoid. 

Sehingga eksfoliasi yang biasanya juga mengandung scrub ini tidak memerlukan usaha yang banyak untuk mengelupas kulit mati. Cukup didiamkan dan menunggu, ekfoliasi kimia ini akan bekerja dengan sendirinya.

Keduanya sama-sama bekerja untuk membersihkan kulit kepala dan mengelupas sel-sel kulit mati. Eksfoliasi fisik cenderung memakai tenaga untuk menggosok, sementara eksfoliasi kimia cenderung membutuhkan waktu sehingga saat memakai, kita harus menunggu.

Cara terbaik adalah dengan menggosoknya dengan lembut jika kamu memilih eksfoliasi fisik agar kulit kamu tidak iritasi. Sementara eksfoliasi kimia, kamu dapat menunggunya sesuai durasi pada petunjuk penggunaan.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Cara Melakukan Exfoliasi Kulit Kepala

    Berikut adalah metode-metode yang dapat digunakan untuk melakukan eksfoliasi kulit kepala.

    Gunakan Exfoliating Shampoo

    Kamu bisa menggunakan jenis eksfoliasi berupa sampo sebagai pilihan. Namun akan terlalu keras jika menjadikannya sebagai sampo utama. Cukup gunakan sesuai petunjuk penggunaan saja, tidak perlu setiap hari mengeksfoliasi kulit kepala, karena dapat menyebabkan risiko iritasi. 

    Menggunakan Exfoliating Brush

    Kamu dapat menggunakan sikat eksfoliasi sebelum melakukan keramas. Hal ini akan membuat sampo yang akan kamu gunakan bekerja lebih efektif membersihkan kulit kepala. 

    Kamu dapat menggunakannya saat rambut kering maupun basah.  Gunakanlah sikat dengan lembut, jangan menekannya terlalu keras karena rambut sangat rapuh ketika basah.

    Menggunakan Leave-in Hair Product

    Metode yang ketiga kamu dapat menggunakan perawatan rambut tanpa bilas. Eksfoliasi kimia biasanya ada pada metode perawatan ini. 

    Adanya Risiko Efek Samping dari Eksfoliasi Kulit Kepala

    Saat menggunakan eksfoliasi fisik janganlah menggosoknya terlalu keras pada rambut, ketika menggunakan eksfoliasi kimia pastikan durasi tunggunya sesuai pada petunjuk penggunaan, karena jika tidak mematuhi aturan dapat menyebabkan risiko iritasi.

    Perhatikan penggunaan produk eksfoliasi. Jika setelah menggunakan, kulit kepala terasa sensitif, kemerahan, sakit, dan kencang berarti kamu menggunakan tekanan yang terlalu keras saat menggosok kulit kepala.

    Seberapa Sering Harusnya Melakukan Scalp Exfoliating?

    Lebih baik melakukan eksfoliasi kulit kepala setiap dua minggu sekali. Tidak boleh melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kepala dan ketidakseimbangan. 

    Kulit kepala kita sangatlah sensitif jadi pastikan menggunakan produk eksfoliasi sesuai petunjuk penggunaan. Over exfoliation hanya akan membuat kerusakan dan kekusutan pada rambut.

    Membuat Produk Scalp Exfoliating dengan Brand Sendiri

    Nah, Beautypreneurs, itu dia informasi mengenai scalp exfoliating yang bertujuan untuk merawat rambut agar senantiasa bersih, terawat, dan berkilau.

    Bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan bisnis di dunia perawatan kecantikan, tentu akan bisa mempertimbangkan produk scalp exfoliating ini sebagai ide bisnis perawatan rambut yang potensial di pasaran. Kamu tentu membutuhkan jasa maklon untuk mewujudkannya.

    Jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia, dapat berpartner denganmu dan tentu akan sangat membantumu dalam menciptakan dan mengembangkan produk perawatan rambut scalp exfoliating ini.

    Mash Moshem Indonesia merupakan jasa maklon dan partner terbaik yang dapat kamu ajak kerjasama dalam penciptaan produk yang sesuai dengan preferensimu. 

    Bersama tim ahli kami yang berpengalaman, kamu dapat merencanakan dan menyusun konsep produk perawatan rambut scalp exfoliating terbaik yang pernah ada.

    Apakah kamu tertarik dan berminat menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia? Mari segera diskusikan produk perawatan kecantikan dan kosmetik yang ingin kamu ciptakan bersama tim profesional kami.

    Kamu dapat mengklik tombol WhatsApp di bawah ini. Atau kamu juga bisa menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera pada Contact Us. Good luck, Beautypreneurs!

    cta eksfoliasi kulit kepala

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading