Insight Bisnis

11 Rekomendasi Instagram Analytics Tools yang Wajib Kamu Coba

instagram analytics tools

Ingin tahu seberapa efektif strategi Instagram kamu selama ini? Atau lagi cari cara untuk mengukur performa konten tanpa harus keluar biaya besar? Nah, instagram analytics tools adalah jawabannya. Alat ini penting banget buat kamu yang baru merintis bisnis, tak terkecuali bidang kosmetik. 

Pasalnya, alat ini dapat membantu kamu untuk mengetahui konten mana yang paling diminati oleh audiens, kapan waktu terbaik buat posting, hingga bagaimana engagement rate bisnis kosmetikmu dibandingkan kompetitor. 

Nah, pada artikel ini akan diberikan beberapa rekomendasi instagram analytics tools yang bisa kamu gunakan. Yuk, simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Instagram Analytics Tools?

Instagram analytics tools merupakan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur performa Instagram. Instagram Analytics akan menyajikan data berupa grafik sekaligus angka untuk mendukung kebutuhanmu.

Data sajikan dalam instagram analytics tools pun cukup beragam. Seperti demografi pengguna, aktivitas follower hingga konten mana saja yang paling mereka sukai. Dengan begitu kamu akan mengetahui karakteristik para follower lebih dalam lagi.

Dengan mengetahui karakteristik tersebut, kamu bisa melakukan strategi yang pas agar sesuai sasaran. Nah, untuk memantau Instagram Analytics, kamu perlu tools untuk melakukannya. Apa saja sih Instagram Analytic Tools ini? Berikut 11 daftar dan penjelasan selengkapnya.



11 Instagram Analytics Tools  yang Bisa Kamu Coba

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini Instagram menjadi platform yang digemari para pebisnis sebagai sarana untuk berjualan dan beriklan. Sehingga sangat penting sekali untuk memantau setiap performanya. Untuk mengetahui kinerja Instagram, kamu perlu instagram analytics tools.

Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Apa saja tools tersebut?

Brandwatch (Falcon.io)

Tools pertama yang bisa kamu gunakan adalah Brandwatch. Yakni tools analytics yang dapat digunakan untuk mengukur performa berbagai sosial media. Salah satunya adalah Instagram. Tentu saja tools ini tidak gratis.

Namun kamu bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari di awal pemakaian. Untuk seterusnya kamu bisa membayar 108 dollar per bulan. Tentunya layanan ini didukung dengan beragam metric yang mumpuni. Total ada 100 lebih metric yang disediakan Brandwatch untuk mengukur performa sosial media.

Beberapa metrics tersebut seperti tayangan organik, berbayar, dan viral, jangkauan, tingkat posting dan reaksi tingkat halaman, metrik demografis tentang pengikut, tampilan video di halaman dan tingkat posting.

Tak hanya sekedar tools analytics. Kamu bisa menggunakan Brandwatch sebagai manajemen untuk sosial media. Mulai dari managed konten hingga penjadwalan, semua juga dilakukan oleh layanan yang satu ini.

Bahkan Brandwatch juga dapat mempublikasikan semua iklan yang kamu buat ke semua lini sosial media. Menarik sekali bukan?

Iconosquare

Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Iconosquare. Tidak hanya bisa menyediakan data analytics saja, tapi juga dapat membantumu untuk memantau dan menyusun strategi konten untuk ke depannya.

Data analytics yang disajikan Iconsquare sangat beragam. Mulai dari demografi, gender hingga bahasa yang digunakan oleh follower. Selain itu, tools ini juga mempunyai keunikan. Yakni dapat melacak tren tagar apa yang lagi tren. Hingga melakukan pelacakan pada kompetitor.

Tentunya hal tersebut akan menjadi indikasi sangat penting. Dengan mengetahui performa kompetitor, kamu dapat mengukur keberhasilan bisnis yang kamu jalankan. Juga untuk menyusun strategi baru untuk ke depannya.

Namun selain beragam keuntungan yang diberikan tersebut, ada juga kekurangan yang dimiliki tools ini. Salah satunya adalah penamaan kategori yang membingungkan.  

Baca Juga: 12 Digital Marketing Tools untuk Pemula yang Bisa Dicoba

Brand24

Brand24 merupakan tools yang cukup canggih dalam memantau perkembangan Instagram. Tools ini dapat memantau segala aktivitas yang dilakukan para follower yang berkaitan dengan brand yang kamu bangun. Mulai dari konten hingga tagar yang dibuat oleh para follower tersebut.

Tentu saja hal ini akan mempunyai dampak yang cukup baik. Kamu dapat mengetahui bagaimana tanggapan follower tersebut terhadap brand yang kamu bangun.

Bahkan Brand24 juga dapat melakukan riset tagar apa yang yang sedang tren. Dengan begitu konten yang kamu buat akan berpeluang menjangkau lebih banyak pengguna lagi.

Menariknya lagi, Brand24  dapat kamu gunakan secara gratis selama 14 hari. Namun setelah itu kamu tetap dapat menggunakannya dengan melakukan pembayaran sebesar 46 dollar per bulannya. Bagaimana, tertarik?

Analisa

Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Analisa yang menjadi alat influencer marketing bukan cuma berfokus pada Instagram saja.

Tentunya dengan menggunakan tools ini kamu akan dibantu untuk memahami berbagai metric insight pada Instagram. Termasuk memahami data yang berupa angka di dalamnya.

Tools yang satu ini dapat kamu gunakan secara gratis dan juga premium. Tentu saja dua jenis ini akan menyajikan kelengkapan data yang berbeda. Selain menyajikan data insight, Analisa juga dapat melakukan riset beberapa tren, termasuk tagar untuk kelancaran bisnis kosmetikmu.



HypeAuditor

Tak hanya Analisa, kamu juga bisa menggunakan tools HypeAuditor. Tools ini sangat cocok untuk kamu yang berencana untuk memakai jasa influencer untuk beriklan. Sebab, HybeAuditor dapat mengukur performa influencer yang ingin kamu gunakan.

Apakah engagement influencer tersebut bagus atau tidak. Tentu saja hal ini sangat cocok untuk meminimalisir kerugian untuk ke depannya. Pasti kamu nggak mau dong sudah membayar mahal, namun tidak ada benefit yang datang setelah menggunakan influencer tersebut?

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu dengan menggunakan HypeAuditor. Namun, selain keuntungan tersebut yang ditawarkan, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki tools yang satu ini. Yakni menyediakan data dengan cukup lambat.

Instagram Insights

Tools yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis. Instagram Insight merupakan tools bawaan dari Instagram. Jadi, kamu tidak perlu repot untuk install aplikasi baru untuk mengetahui performa Instagrammu.

Cukup dengan klik ikon profil, kemudian pilih insight. Untuk diketahui sebelum  menggunakan Instagram Insight, wajib bagi kamu untuk mengubah akun dari personal ke bisnis terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa memantau setiap pergerakan follower dan konten yang sudah kamu buat.

SYLO

Rekomendasi instagram analytic tools beikutnya adalah SYLO yang menjadi platform influencer dengan menawarkan analisis untuk berbagai sosial media. Mulai dari Youtube, Facebook hingga Instagram. Hampir sama seperti HypeAuditor yang dapat menganalisis influencer yang akan menjadi ‘alat’ untuk promosi.

Namun, sebelum menggunakannya, kamu memerlukan izin influencer tersebut untuk menghubungkan akun dengan SYLO. Setelah influencer mengizinkan akses, maka baru kamu bisa menilai performa mereka di Instagram.

Sehingga kamu bisa langsung menganalisa produkmu yang langsung dipasarkan oleh influencer tersebut. Kamu juga bisa membedah beberapa data seperti demografi, gender hingga jangkauan konten yang sudah dibuat influencer tersebut.

SocialBook

Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah SocialBook. Ini merupakan salah satu tools yang juga sangat cocok bila kamu menggunakan jasa influencer sebagai salah satu strategi untuk marketing.

SocialBook mempunyai layanan khusus dengan memberikan data performa para influencer tersebut di Instagram.

Tools ini akan merangking mana saja influencer yang cocok untuk kontenmu. Mulai dilihat dari total follower hingga engagement yang didapat dari influencer tersebut. Sehingga peluang bisnismu untuk mendapatkan jangkauan yang luas pun sangat besar.

Tak hanya dapat merujuk siapa influencer yang tepat untuk bisnis, namun SocialBook juga merupakan tools yang tepat untuk melakukan riset di Instagram. Mulai dari tren konten hingga hastag yang digunakan. Dengan begitu kamu tidak akan ketinggalan tren-tren terbaru di sosial media.

SocialBook juga dikenal sebagai tools yang cukup lengkap dalam menyajikan data. Namun sayangnya kamu tidak bisa menggunakannya dengan gratis. Semua harus berbayar.

Baca Juga: 15 Rekomendasi AB Testing Tools yang Wajib Kamu tahu

Pixlee

Ingin instagram analytics tools yang free alias gratis? Pixlee adalah solusinya. Tools yang satu ini dapat memberikan data analytic secara gratis. Selain itu, membuat dan membagikan laporan data dari metric di Instagram.

Bahkan tools yang satu ini juga bisa memberikan analytic data dari influencer yang ingin kamu gunakan untuk memasarkan produk. Tak hanya itu, Pixlee juga bisa memantau segala postingan di Instagram yang terkait dengan brandmu.

Tentu hal ini akan sangat berguna untuk membantumu memahami dan memantau kesuksesan konten. Dari data tersebut juga bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk membuat strategi baru untuk ke depannya.

Socialbakers

Instagram analytics tools selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Socialbakers. Tools yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan Instagram Analytic secara gratis. Sebab, penggunaan Socialbakers tidak dipungut biaya sepeser pun. Bahkan juga bisa digunakan untuk dua jenis akun Instagram, yakni personal dan bisnis.

Jadi untuk kamu yang ingin mengukur performa di Instagram, tidak perlu repot untuk mengganti akun menjadi bisnis. Selain itu kamu juga bisa memantau performa Instagrammu melalui tools yang satu ini. Mulai dari mana saja konten yang paling diminati hingga yang paling buruk.

Menariknya lagi, Socialbakers juga bisa menganalisa performa dari followermu. Mulai dari kapan saja mereka aktif dan masih banyak lainnya. Tools yang satu ini juga akan memberikanmu rekomendasi waktu kapan saja yang tepat untuk upload konten.

Union Metrics

Terakhir, instagram analytics tools yang wajib kamu tahu adalah Union Metrics. Tidak seperti Socialbakers, Union Metrics merupakan tools analytics Instagram yang berbayar. Meskipun berbayar, Union Metrics dapat memberikan laporan serta memeriksa performa insight dari hari ke hari.

Beberapa data yang disajikan Union Metrics adalah waktu terbaik untuk posting, laporan postingan yang berhasil dan gagal menaikkan engagement, rekomendasi konten yang bisa, anda posting, tagar yang menghasilkan engagement tertinggi bagi audiens baru.

Itulah beberapa tools dan beberapa kekurangan serta kelebihannya. Nah, sekarang adakah tools yang cocok untuk bisnismu?

Tools Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Sebenarnya tujuan dari semua tools tersebut adalah sama. Yakni memberikan data tentang performa bisnis kosmetikmu di Instagram. Dengan data tersebut kamu bisa melakukan analisis hingga membuat strategi baru supaya bisnismu lebih berkembang.

Namun, bagaimana cara menentukan tools yang cocok untuk bisnis? Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kebutuhan dan tujuan dari Instagrammu. Dengan menentukan kebutuhan tersebut, kamu akan bisa menentukan tools mana yang paling cocok.

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan dengan budget. Jangan sampai kamu sudah mengeluarkan budget besar, namun justru tidak bisa menggunakan atau bahkan tidak sesuai dengan tujuan serta kebutuhanmu.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Instagram analytics tools memang menjadi alat yang sangat penting untuk mengukur performa konten bisnis kamu. Tapi, performa konten saja tidak cukup apabila kamu ingin sukses di industri kosmetik. Sebab, persaingannya semakin ketat setiap harinya dengan datangnya kompetitor baru. Jadi, kamu wajib konsisten dalam menciptakan produk kosmetik berkualitas.

Salah satu caranya adalah dengan kolaborasi bersama Mash Moshem Indonesia sebagai jasa maklon kosmetik terbaik. Dengan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, produk kosmetikmu dijamin berkualitas dan aman digunakan. Apalagi, kamu juga akan dibantu untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat, sehingga produk kosmetik bisa bersaing di pasaran, baik global maupun internasional.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi kami dengan klik banner di bawah ini untuk mulai perjalananmu di industri kosmetik!



author-avatar

About PT Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011