7 Kesalahan Menjalankan Bisnis UMKM yang Harus Dihindari, Simak Ya!

kesalahan menjalankan bisnis umkm

Ketika memulai bisnis kita sendiri, tentu akan ada banyak masalah dan halangan yang kamu temui. Meski begitu, kamu bisa belajar dari 7 kesalahan menjalankan bisnis UMKM yang kerap terjadi pada pebisnis baru, yang akan kita ulas dalam artikel kali ini.

Perlu kamu ketahui, Indonesia memiliki jumlah UMKM terbesar di dunia dan telah menjadi salah satu jantung perekonomian di Indonesia.

Hal tersebut dapat ditinjau dari kasus krisis ekonomi di tahun 1998 silam, dimana saat itu yang mampu bertahan ditengah kehancuran ekonomi adalah kelompok UMKM.

Dari sini dapat kita simpulkan bersama, bahwa UMKM menjadi salah satu sektor penting yang dapat menopang dan mendongkrak perekonomian rakyat Indonesia, walaupun dalam pusaran pengaruh global.

Melalui UMKM, perputaran keuangan di pasar juga ditengah pusaran masyarakat menjadi lebih cepat. Perekonomian menjadi terdongkrak naik.

Saat ini bidang usaha UMKM menjadi banyak digeluti oleh banyak orang, sehingga menjadikan UMKM menjadi berkembang sangat pesat diberbagai daerah sebagai tumpuan perekonomian.

Akan tetapi tidak sedikit juga pemilik usaha UMKM yang tidak menyadari kesalahannya disaat melakukan bisnis, dan berujung pada kebangkrutan.

Nah, untuk meminimalisir berbagai macam bentuk kesalahan yang tak terduga, terutama untuk kamu kamu yang ingin menjalankan bisnis usaha baru, kamu harus mengetahui beberapa bentuk kesalahan yang sering terjadi agar kamu menghindarinya. Yuk simak!

7 Kesalahan Menjalankan Bisnis Umkm yang Harus Kamu Hindari

Berikut ini ada 7 kesalahan menjalankan bisnis UMKM yang umum terjadi pada pebisnis baru. Ada baiknya untukmu mempelajari masalah ini dan dapat mencegahnya terjadi pada bisnismu.

Langsung simak penjelasan mengenai kesalahan menjalankan bisnis UMKM di bawah ini, ya!

Kurang Perencanaan dan Strategi

Ide memang menjadi pondasi dasar ketika ingin melakukan sesuatu hal. Namun ide tidak akan berguna jika tidak segera direalisasikan atau ditransformasikan dengan ukuran strategi yang jelas, walaupun ide tesebut terlihat luar biasa.

Dalam hal ini, seringkali para pelaku UMKM lupa dan tidak menyadarinya. Karena masih banyak dari pelaku UMKM yang tidak dapat merealisasikan ide-ide briliantnya melalui strategi perencanaan yang matang.

Jika kamu ingin menjadi salah satu pelaku bisnis UMKM, kamu harus memiliki kemampuan untuk mengeksekusi dan merealisasikan tindakan yang nyata terhadap ide-ide yang kamu miliki.

Eksekusi dan realisasi atas ide tersebut tentunya harus terukur sesuai dengan kondisi yang sedang kamu hadapi. Karena hal tersebut akan membantu kamu memajukan perjalanan bisnis UMKM kedepannya.

Jangan sampai di sini kamu mengalami kesalahan, ya. Apalagi ketika memiliki ide yang luar biasa dan kemudian lupa begitu saja.

Maka dari itu, kamu harus menyiapkan platfrom khusus seperti halnya buku catatan atau aplikasi pencatat di smartphone untuk menampung setiap ide-ide yang kamu miliki agar tidak hilang begitu saja.

Dengan demikian nantinya kamu akan dapat mencatat ide yang tiba-tiba muncul yang kemudian hari akan bisa segera kamu eksekusi.

Penting bagimu untuk memperhatikan bahwa ide yang luar biasa sekalipun tidak akan dapat membuat kamu sukses. Apalagi jika kamu tidak menjalankannya dengan strategi perencanaan serta persiapan yang benar-benar matang.

Tidak Menyiapkan Launching Produk dengan Baik

Bagian launching produk mungkin akan terdengar sepele, namun jika tidak kamu siapkan dengan baik akan dapat membahayakan bisnis UMKM milik kamu sendiri.

Launching produk adalah kegiatan yang memiliki resiko, dan sangat mempengaruhi distribusi produk dari UMKM yang kamu miliki kedepannya, terutama dalam ranah pendistribusian.

Seringkali beberapa pelaku UMKM melakukan kesalahan disaat launching produk UMKMnya, karena kurangnya persiapan yang tersusun dengan baik.

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yang kurang dipersiapkan, seperti kurangnya perencanaan dan penjadwalan yang kurang matang. Sebelum melakukan segala hal, usahakan kamu memetakan seluruh alur proses launching. Mulai dari tanggal, waktu, tim dan tugas masing-masing individu yang terlibat.

Kemudian selanjutnya adalah melupakan peran marketing. Perlu kamu ketahui, tujuan dibuatnya produk UMKM adalah untuk meningkatkan pendapatan, dan disini peran marketing akan membantu untuk mencapainya.

Lalu adanya pesan produk yang tidak jelas, seperti asal menggunakan kemasan yang akhirnya membuat para konsumen menjadi tidak tertarik dengan produk UMKM juga merupakan bentuk kurangnya kesiapan untuk melakukan launching produk.

Menyiapkan beberapa aspek seperti perancanaan dan penjadwalan konten. Serta, memperhitungkan alur marketing serta merancang pesan produk yang bagus akan sangat membantu penjualan produk. Hal ini akan sangat membantu saat launching produk.

Pengelolaan Keuangan yang Tidak Baik

Pengelolaan keuangan yang tidak bagus dan berantakan merupakan salah satu bentuk kesalahan di dalam bisnis UMKM yang sering terjadi. Enggak sedikit juga tidak pelaku UMKM yang justru mengalami kebangkrutan karena kesalahan ini.

Hal ini biasa disebabkan karena kurangnya kegiatan pencatatan pengeluaran serta pencatatan pemasukan, dengan dalih usahanya yang masih dalam bentuk skala kecil.

Menyepelekan hal tersebut merupakan salah satu bentuk kesalahan yang sangat fatal. Sebab dalam dunia bisnis UMKM utamanya tidak memperhatikan baru atau lama, besar atau kecilnya sebuah usaha.

Akan tetapi melakukan pengelolaan keuangan yang teliti dan cermat adalah kunci utama agar bisnis UMKM bisa menjadi sukses.

Agar tidak berujung pada kebangkrutan, ada baiknya untuk kamu melakukan pencatatan anggaran yang detail sebelum memulai berbisnis.

Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan melakukan pencatatan terhadap nominal modal usaha, seperti biaya untuk produksi, dana operasional dan dana tak terduga (darurat).

Kemudian di sini kamu bisa melakukan kegiatan evaluasi terkait anggaran di setiap bualnnya agar mengetahui kemana saja uang yang akan kamu gunakan. Jadi nantinya kamu dapat melihat mana yang hal yang benar-benar kamu butuhkan dan tidak.

Perlu kamu ingat ya, Beautypreneurs, bagian ini merupakan bagian yang sangat fatal jika kamu sepelekan. Maka kamu harus bisa disiplin untuk melakukan pengelolaan keungan yang baik untuk bisnis UMKM kamu.

Target Terlalu Tinggi

Mematok ekspektasi target penjualan boleh-boleh saja, namun juga harus realistis ya kamu. Hal ini termasuk salah satu bentuk kesalahan bisnis UMKM terutama untuk pelaku pemula.

Walaupun perancangan dan strategi bisnis sudah sangat matang, di sini kamu tetap harus bisa menentukan ekspektasi harga yang realistis. Di mana penghasilan menjadi acuan pertimbangan dasar.

Tidak hanya berhenti pada perencanaan anggaran saja ya, Beautypreneurs. namun persiapan untuk khas dan dana darurat yang memadai juga bisa kamu jadikan pondasi di saat kamu sedang merintis bisnis UMKM.

Kurangnya SDM dan Penggunaan Teknologi

Untuk memulai bisnis UMKM, memang sudah maklum jika dalam hal ini kamu akan lebih banyak turun tangan sendiri dalam berbagai macam urusan.

Dari pengeraman ide, mempersiapkan dana anggaran, dana produksi, pembuatan brand, sampai menentukan target pasar akan menjadi tanggung jawab kamu seorang.

Namun, bukan berarti dalam hal ini kamu harus mengerjakan itu sendirian secara terus menerus. Di sini kamu dapat menggunakan bantuan jasa dan juga bantuan teknologi untuk meminimalisir beban kerja yang kamu alami.

Kamu bisa mengatasi hal ini jika target penjualan dan permintaan pasar semakin tinggi, selain itu kamu sudah tidak mampu mengejar target produksi secara sendiri. Penting untukmu melakukan perekrutan staf agar kamu dapat fokus pada kegiatan pendistribusian.

Karena kamu baru mulai atau mengembangkan bisnismu, dan jika kamu belum berani mengerjakan staf, kamu dapat merekrut pegawai harian atau mingguan untuk meminimalisir pembiayaan.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan juga kemajuan internet hari ini. Kamu bisa menggunakan jasa sekali bayar untuk mengerjakan bagian-bagian terentu. Seperti pengerjaan desain, foto produk, jasa pembuatan toko online dan sejenisnya.

Intinya dalam hal ini, kamu harus memahami ya kalau kamu bisa lebih selektif untuk memilih mana pekerjaan yang memerlukan bantuan jasa lain dan mana yang tidak.

Waktu yang sangat terbatas membuat kamu tidak bisa melakukan semua pekerjaan. Di sini kamu harus memyadari betul kapasitas energi yang ada di dalam diri kamu sendiri.

Jadi mulai perhitungkan ya untuk menggunakan SDM dan teknologi agar pekerjaan dan bisnis UMKM mu bisa berjalan dengan lancar.

Pelayanan Konsumen yang Buruk

Kesalahan menjalankan bisnis UMKM selanjutnya terletak pada pelayanannya yang buruk. Padahal pelayanan konsumen sangat berpengaruh pada brand reputasi dan kelangsungan bisnismu.

Namun, tidak sedikit dari para pelaku UMKM mengabaikan hal tersebut, dan ini merupakan kesalahan yang sangat fatal. Perlu kamu ketahui, pelahanan yang baik akan menjadi salah satu customer value yang sangat berkesan dan penting untuk para konsumen.

Jika kamu tidak dapat memberikan pelayanan yang baik, konsumen akan menjadi kecewa dan tidak akan membeli produk UMKM yang kamu tawarkan.

Sebaliknya, kamu harus memperhatikan beberapa aspek seperti, kurangnya etika terhadap konsumen yang membuat konsumen menjadi tidak nyaman.

Kemudian mengabaikan masukan konsumen terhadap produk. Usahakan kamu dapat menerima setiap masukan dari konsumen untuk bisa dijadikan evaluasi terhadap produk yang kamu pasarkan.

Lalu hanya fokus mencari pelanggan baru sehingga mengabaikan pelanggan lama juga termasuk kesalahan fatal. Usahakan tetap jaga komunikasi yang baik dengan pelanggan lama ya kamu, hal ini untuk menjaga esensi dari produk yang kamu pasarkan.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin memulai usaha UMKM, perlu banget ya nantinya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada setiap konsumen. Sehingga mereka merasa puas dan tidak kapok untuk membeli produk yang kamu jual,

Menetapkan Harga yang Terlalu Rendah

Tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia berpendapat bahwa menetapkan harga jual yang terlalu rendah adalah salah satu cara agar produk menjadi cepat laku.

Padahal, disisi lain hal ini merupakan sebuah kesalahan yang besar di dalam dunia bisnis UMKM. Karena bisa menimbulkan kerugian yang berujung kebangkrutan.

Sebelum kamu menetapkan sebuah harga, usahakan memperhitungkan dahulu beberapa aspek yang terkait dengan bahan baku sampai kemasan produk.

Hal tersebut adalah untuk menjaga kualitas produk itu sendiri. Sehingga ketika menetapkan sebuah harga jual memang sudah diperhitungkan dengan matang.

Jika hal tersebut tidak diperhatikan dengan serius, akan menjadi bahaya tersendiri untuk bisnis UMKM kamu. Sebab produk UMKM yang terlalu murah akan menimbulkan kecurigaan pada konsumen terkait dengan kualitas produk.

Ingin tahu bagaimana cara menentukan harga produk kosmetik yang tepat? Simak di sini!

Saat ini tidak semua calon konsumen akan tergila-gila dengan lebel harga yang terlalu murah. Karena tidak sedikit dari mereka saat ini lebih mengutamakan kualitas produk dari pada sebuah harga.

Nah, itu adalah berbagai kesalahan menjalankan bisnis UMKM yang harus kamu perhatikan baik-baik, Beautypreneurs. Untuk memulai suatu usaha dan mempertahankannya adalah hal yang cukup menantang.

Karenanya, kamu harus bisa menggunakan stratgei bisnis yang tepat dan efektif untuk membuat bisnismu mudah berkembang. Menghindari kesalahan menjalankan bisnis UMKM yang sering tejadi tersebut adalah salah satunya.

Well, sampai sini dulu artikel kita kali ini. Kamu bisa mencari tips bisnis lainnya di laman Berita Terkini atau tunggu Webinar Digital Marketing dari Mash Moshem Indonesia. Kamu bisa mengikuti Webinar eksklusif ini secara gratis, lho!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Jenis-Jenis Maklon Cushion

Kenali Jenis-Jenis Maklon Cushion untuk Jadi Ide Bisnis Kosmetik Pemula

Sekarang ini produk kosmetik terutama yang terinspirasi dari tren kecantikan Korea Selatan seperti cushion sedang digandrungi. Peminatnya yang tinggi, terutama dari kalangan remaja dan perempuan muda menjadikan bisnis kosmetik ini menggiurkan banget. Nah, BeautyPreneurs yang tertarik di industri kosmetik...

Continue Reading

Leave a Comment