Mengenal Kigelia Africana dan Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kulit

manfaat kigelia africana untuk kulit

Hai-hai Beautypreneurs! Saat kamu membaca judul artikel ini, mungkin kamu jadi excited karena kamu akan berkenalan dengan formula baru lagi untuk bahan skincare. Yap, yang akan kita bahas adalah kigelia africana yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. 

Kigelia africana mungkin tak sepopuler niacinamide, tea tree, atau berbagai bahan kosmetik mainstream lainnya. Namun bahan ini tak kalah berkualitasnya dengan bahan-bahan skincare populer lainnya.

Justru, meski tergolong sebagai underrated, bahan ini menjanjikan berbagai manfaat terbaik untuk merawat kecantikan kulit. 

Apa benar, begitu? Well, kamu bisa langsung simak penjelasan soal apa saja manfaat kigelia africana untuk kulit berikut ini, ya!

Apa itu Kigelia Africana?

Apakah kamu pernah mendengar tentang kigelia africana? Mungkin kamu sudah menduga asal dari tanaman ini. Ya, sesuai namanya, tanaman kigelia africana berasal dari daerah tropis Afrika. Tanaman ini dikenal sebagai pohon sosis karena pohonnya tinggi dengan buah berbentuk seperti sosis. 

Kigelia africana biasa ditemukan di alam liar dengan daerah yang basah di sepanjang aliran air, pinggiran sungai, hutan terbuka, sabana dengan curah hujan tinggi, semak belukar, dan hutan hujan. 

Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, namun lebih menyukai tanah yang subur, humus, dan berdrainase baik. Mungkin itu sebabnya, tumbuhan ini banyak memiliki manfaat yang baik.

kigelia africana untuk kulit

Meski tidak banyak diteliti, kigelia africana telah populer karena banyaknya manfaat untuk kulit. Tanaman ini mengandung beragam senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur yang mirip dengan kandungan pada antibiotik penisilin dan fluorokuinolon. 

Kigelia africana merupakan tanaman obat serbaguna yang sangat dihargai di Afrika. Bahkan kigelia africana ini dipercaya oleh masyarakat Malawi sebagai bagian dari pembuatan obat antikanker. 

Pada industri kecantikan, kigelia africana dianggap dapat merawat kulit dengan efektif, seperti menyamarkan bekas jerawat, hiperpigmentasi, garis halus, dan kerutan. Ajaib, bukan?

Bagaimana Ekstrak Kigelia Africana Diperoleh?

Ekstrak buah kigelia africana ini tentu didapat dari pohonnya. Pohon kigelia africana memiliki tinggi sekitar 10-15 m, memiliki berat buah 2,5-7 kg dan dapat tumbuh hingga 50 cm. 

bagaimana manfaat kigelia africana untuk kulit

Pohon kigelia africana memiliki batang besar dan berkayu.  Memiliki cabang-cabang ranting yang menyebar dan daunnya berwarna hijau tua, bergantung-gantung pada tangkainya yang panjang. 

Bunganya berbentuk layaknya terompet besar, memiliki warna merah kecoklatan atau kekuningan, dan mengeluarkan aroma kuat serta menyengat.

Ekstrak dari buah kigelia africana ini dianggap memiliki kualitas tinggi. Pohon kigelia africana berasal dari Afrika Barat, namun saat ini telah tersebar luas hingga seluruh Afrika, bahkan di berbagai negara, seperti Kamerun, Nigeria, dan Zimbabwe. Saat ini kigelia africana juga telah dikenalkan ke berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Wow!

Apa Saja Manfaat Ekstrak Kigelia Africana untuk Kulit?

Di Afrika, kigelia africana menjadi tanaman obat yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk kulit. Berikut beberapa manfaat kigelia africana untuk kulit:

kigelia africana untuk kecantikan kulit

Membantu Menyembuhkan Kondisi Kulit

Secara tradisional oleh masyarakat Malawi, kigelia africana telah banyak digunakan untuk mengobati infeksi jamur, jerawat, eksim, psoriasis, bisul, kulit terbakar karena paparan sinar matahari, dan gigitan serangga.

Melawan Dampak Buruk Radikal Bebas

Kigelia africana memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, antimikroba, dan antibakteri, sehingga sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif. Kandungan yang dimiliki kigelia africana dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit, pigmentasi, dan kerutan pada wajah.

Menyamarkan Tanda Penuaan

Kandungan luar biasa yang dimiliki kigelia africana dianggap dapat menyamarkan tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, warna kulit tidak merata, dan dapat memicu regenerasi sel kulit.

Mencegah Pembentukan Jerawat

Kigelia africana juga dapat mengobati dan mencegah pembentukan jerawat, bahkan membuat kulit kencang serta lembab.

Membantu Meredakan Peradangan 

Kigelia africana memiliki sifat fitosterol yang dapat menenangkan kulit. Jadi, dapat mencegah peradangan dan iritasi. Kigelia africana merupakan anugerah untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

Apa Saja Kandungan dalam Kigelia Africana?

Adapun bahan-bahan aktif yang terkandung dalam kigelia africana adalah sebagai berikut.

Flavonoid

Flavonoid adalah polifenol dengan sifat antioksidannya yang tinggi. Sehingga, flavonoid sangat berperan besar dalam memerangi dampak buruk radikal bebas pada kulit. Selain itu, antioksidan juga dapat bekerja untuk mengurangi tanda penuaan, mendorong regenerasi sel kulit yang lebih sehat, serta meningkatkan produksi kolagen.

Steroidal Saponin

Kandungan ini dikenal dapat menenangkan kulit termasuk eksim. Dapat membuat kulit kencang dan lembab.

Phytosterols

Kandungan ini memiliki fungsi yang baik untuk melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Phytosterols dapat mendorong kolagen baru berproduksi secara sempurna untuk kebaikan kulit.

Verminosides

Kandungan ini memiliki manfaat sebagai antimikroba dan anti mikroorganisme sehingga dapat dipadupadankan dengan kandungan lain dalam skincare untuk menghasilkan fungsi anti inflamasi yang berguna bagi kulit sensitif.

Adakah Efek Samping Kigelia Africana untuk Kulit?

Dapat dikatakan bahwa ekstrak kigelia africana sebagai bahan perawatan kecantikan merupakan hal yang relatif baru, sehingga tidak banyak riset yang dilakukan untuk mengetahui efek sampingnya.

Ini karena kigelia africana memiliki sifat yang menenangkan di kulit, bahkan beberapa ahli memprediksi bahwa bahan ini memiliki minim risiko. Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit hypersensitive, maka penting untuk melakukan patch test terlebih dahulu.

Caranya mudah, yakni dengan mengoleskan sedikit pada kulit untuk melihat reaksinya. Oleskan sedikit pada lengan produk skincare dengan kandungan kigelia africana selama dua kali sehari selama tiga hari, oleskan pada tempat yang sama. 

Kemudian perhatikan bagaimana kulitmu merespon. Jika ada reaksi pada kulit hentikan penggunaan dan cuci bersih lenganmu.

Bagaimana Cara Menggunakan Kigelia Africana untuk Merawat Kecantikan Kulit?

Baiknya bahan kigelia africana ini digunakan dalam produk serum, essence, atau krim wajah. Karena produk-produk ini dapat lebih ampuh efeknya sebab lebih mudah meresap ke dalam kulit, sehingga manfaatnya dapat kamu rasakan dengan maksimal.

Bahan ini juga dapat kamu gunakan pada pagi hari sebagai pelindung kulit, dan di malam hari untuk memperbaiki dan menyeimbangkan kesehatan kulit. Baik juga untuk penggunaan sebelum memakai make up sebagai base untuk menenangkan kulit serta mendukung sempurnanya tampilan make up kamu.

Selain itu, ekstrak kigelia africana dapat juga digunakan sebagai lotion tubuh, krim untuk kantung mata, krim tangan, dan krim kaki. Hal ini karena manfaatnya yang baik untuk kulit, sehingga kulit senantiasa lembab, sehat, dan bercahaya.

Hebatnya, kigelia africana ini dapat dipasangkan dengan vitamin C untuk melawan radikal bebas. Selain itu, kigelia africana juga dapat dikombinasikan dengan niacinamide dan ekstrak mentimun untuk mendapatkan efek menenangkan pada kulit.

Untuk kulit sensitif,  jangan khawatir, kigelia africana adalah bahan yang bagus untuk digunakan karena dapat mencegah iritasi dan peradangan. Bisa diaplikasikan pada wajah setelah memakai AHA dan BHA.

Bagaimana Menciptakan Produk Skincare dengan Kandungan Kigelia Africana?

Nah, Beautypreneurs, setelah membaca beragam manfaat kigelia africana diatas, tentu terbesit dalam pikiranmu untuk menggunakannya sebagai formula dasar produk skincare kamu, bukan? 

Tidak bisa dipungkiri memang kigelia africana memang sangat menarik dan potensial jika digunakan sebagai produk kecantikan.

Sebagai orang yang berkecimpung dengan dunia perawatan kecantikan, kamu tentu bisa memikirkan matang-matang bahan kigelia africana ini sebagai bahan dasar produk skincare terbaik kamu nantinya. Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan produk dengan bahan dasar kigelia africana, lho.

Mash Moshem Indonesia dapat membantumu menciptakan produk yang sesuai dengan ketertarikanmu atau target pasar yang mau kamu raih. Tak hanya produk perawatan wajah, kamu juga bisa menciptakan produk body care dan personal care menggunakan bahan tersebut.

Keuntungan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia

Selain kemungkinan pengembangan produk yang luas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan dengan maklon di Mash Moshem Indonesia, seperti:

  1. MOQ produk rendah, yakni mulai dari 1000 pcs untuk ODM kosmetik dan 100 pcs untuk OEM kosmetik
  2. biaya yang fleksibel, artinya dapat kita atur semaksimal mungkin dengan modal yang kamu miliki,
  3. free desain kemasan dan logo merek,
  4. free pembuatan sampel produk, plus bebas revisi
  5. pengurusan legalitas dan sertifikasi produk terlengkap,
  6. dan berbagai layanan after sales menarik.

Yuk, segera diskusikan produk skincare dengan bahan kigelia africana yang ingin kamu ciptakan bersama tim kami melalui tombol WhatsApp di bawah. Atau, hubungi tim pemasaran kami lewat nomor yang tertera di Contact Us

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts