Bisnis Kosmetik

10 Inspirasi Ide Formula Kosmetik yang Unik dan Khas untuk Brand Kosmetik

inspirasi ide formulasi kosmetik

Memilih bahan-bahan yang tepat dan menciptakan formula produk kosmetik yang unik bukanlah hal mudah. Perlu brainstorming dan riset yang teliti untuk menemukan inspirasi ide formula kosmetik yang unik dan khas.

Industry kosmetik belakangan begitu ramai, baik oleh brand Tanah Air maupun brand luar yang masuk ke pasar Indonesia. Dari berbagai brand ini, tak sedikit yang mengusung konsep baru dan memberikan berbagai inovasi menakjubkan pada produk mereka.

Fenomena ini terjadi karena industry kosmetik memberikan kesempatan yang sangat besar pada pelaku usaha, untuk mengembangkan produk mereka sekreatif dan seinovatif mungkin.

Sayangnya, langkah mencari ide formulasi kosmetik yang unik ini enggak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalau kamu terhitung masih baru di industry kosmetik, sehingga membutuhkan lebih banyak riset pada kebutuhan konsumen dan bahan-bahan terbaik.

Nah, dalam artikel ini, kami menyantumkan 10 inspirasi ide formula kosmetik ideal dari brand kosmetikmu.

Apa saja? Yuk, simak penjelasan lengkapnya Beautypreneurs!

10 Inspirasi Ide Formula Kosmetik yang Unik untuk Brand Owner Pemula

inspirasi ide formula kosmetik (1)

Memproduksi kosmetik sekarang bukanlah perkara yang pelik dilakukan. Meskipun kamu tak memilih modal usaha yang besar senilai ratusan ataupun miliaran juta.

Karena lewat maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk terbaik dengan jaminan mutu tinggi dan berkualitas. Misalnya dengan menciptakan formula produk terbaik dan unik untuk brand kosmetikmu.

Nah, meskipun tak jarang kami memberikan rekomendasi ide dan bahan formula untuk klien. Tak ada salahnya juga untukmu mengenali bahan-bahan dan 10 insipirasi ide formula kosmetik yang unik berikut ini.

Mulai dari Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitarmu

Memulai dari diri sendiri dan melihat lingkungan sekitar adalah cara menemukan inspirasi ide formula kosmetik pertama. Cara ini memang klasik, namun terbilang sangat efektid dan praktis untuk mendapatkan inspirasi produk.

Kamu bisa kembali mengingat bagaimana kondisi rambut dan kulit kepalamu, permasalahan apa yang sering kamu alami pada kulit wajahmu, atau ada saat-saat di mana kulit tubuhmu terasa tak nyaman?

Setelah itu, pikirkan kembali apa yang kamu inginkan dalam produk perawatan tertentu. Manfaat apa saja yang kamu butuhkan dari shampoo, sabun, krim wajah, atau produk lainnya yang ingin kamu buat.

Kemudian pilih bahan-bahan yang ingin kamu campurkan dalam formula kosmetik tersebut, sesuai dengan manfaat-manfaat yang kamu butuhkan.

Nah, menggunakan pengalaman pribadi, kondisi lingkungan sekitar, dan orang-orang terdekatmu bisa memberikan inspirasi ide formula kosmetik yang praktis. Mungkin tak bisa benar-benar unik dan berbeda, namun produk ini bisa lebih unggul dalam nilai manfaat dan kegunaannya.

Pahami Tren Pasar Kosmetik yang Tengah Berkembang

Langkah kedua untuk menemukan inspirasi ide formula kosmetik adalah dengan memahami tren kecantikan yang tengah berkembang di pasaran.

Dengan begitu kamu bisa mengukur seberapa besar kemungkinan produkmu diminati dan diterima oleh masyarakat. Karena formulasi kosmetik pada dasarnya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Sebagai brand owner kosmetik pemula, kamu perlu terus mengikuti perkembangan industry kecantikan, trennya, istilah-istilah baru dan bahan-bahan yang disukai.

Meski tren bahan sangat penting, memilih formula yang sedang ‘in’ saja tak akan cukup. Karena ada kemungkinan bahan ini akan tergantikan dengan yang lainnya pada tahun mendatang. Padahal proses produksi kosmetik tak bisa selesai hanya dalam waktu 1-2 minggu.

Karenanya, akan lebih baik untuk menempatkan karakter khas pada produk kosmetikmu. Menyesuaikan dengan tren kecantikan jangka panjang yang sedang berlangsung di pasaran.

Seperti kampanye sustainable beauty, beauty refill, skincare mulitfungsi dan minimalis, hingga produk-produk yang mendukung gerakan kesetaraan gender serta tren Love Your Self .

Media kecantikan berpindah dari satu bahan baru yang menakjubkan ke bahan berikutnya. Fenomena ini bisa menjadi hambatan yang ‘mahal’ bagi pebisnis baru di industry kosmetik.

Karena mereka umumnya membeli bahan dalam jumlah minimum tertentu, untuk mengadopsi dan memformulasi bahan-bahan baru dengan cepat.

Tentukan Bahan Utama dari Formula Kosmetikmu

Tak semua yang viral ataupun sedang tren menjadi bintang dalam pertunjukkan. Begitupula ketika membicarakan bahan-bahan kosmetik.

Meski sangat viral pada periode tertentu, bahan tersebut tak selalu jadi bintangnya. Karena bahan utama ini harus memiliki makna dan manfaat khusus bagi brand kosmetikmu, jenis formulasi produk yang kamu buat dan memberikan hasil yang efektif.

Untuk itu, sebelum benar-benar memilih bahan utama produkmu. Akan lebih baik untuk melakukan riset terlebih dahulu, misalnya dengan mempertimbangkan fungsi dan kecocokannya dengan target pasar yang ingin kamu capai.

Ada beberapa topik yang harus kamu perhatikan dalam memilih kandungan utama untuk produkmu, misalnya:

  1. Asal usul bahan tersebut, apakah dari hewan atau tumbuhan, atau merupakan turunan dari zat lain.
  2. Apakah bahan tersebut larut dalam air, minyak, atau justru memiliki kedua sifat tersebut sekaligus.
  3. Mempertimbangkan aspek keterjangkauannya, kesesuaian dengan anggaran, lama pengiriman/pemesanan, atau apakah butuh teknik penyimpanan khusus.
  4. Kemudian apakah bahan-bahan tersebut memiliki aroma dan warna khusus bila dicampur dengan bahan lain.

Gunakan Bahan-bahan Sustainable

Telah disinggung sebelumnya, bahwa tren kecantikan di masa mendatang menunjukkan bahwa peminatan akan produk ramah lingkungan terus meningkat.

Karenanya, kamu bisa menggali berbagai informasi mengenai bahan-bahan sustainable dan produk yang bisa didaur ulang untuk inspirasi ide formula kosmetik yang untik dan menarik.

Menambahkan kampanye ramah lingkungan lewat penggunaan bahan sustainable ini bisa menjadi nilai tambah dari produkmu. Sebab, ada begitu banyak produk kosmetik di luaran sana yang tak kalah inovatif dalam mengkreasikan formula produk.

Tak sedikit krim pencerah, penghilang jerawat, antipenuaan, dan berbagai manfaat fantastis lainnya dipromosikan dalam produk perawatan wajah.

Dengan menambahkan kampanye ini, kamu akan memberikan warna berbeda untuk brand kosmetik yang kamu buat.

Gaya Hidup dan Olahraga

Untuk mendapatkan inspirasi ide formula kosmetik selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan dengan gaya hidup dan olahraga yang tengah tren di masyarakat.

Kalau melihat pandemic yang sudah mulai turun, orang-orang kemungkinan besar akan melakukan kegiatan outdoor mereka kembali. Entah pergi Latihan ke gym, sekadar lari-lari di taman, ataupun pergi mendaki gunung di kala liburan panjang.

Untuk itu, kamu bisa mengembangkan sebuah produk yang paling dibutuhkan oleh masyarakat ketika mereka kembali menjalani aktivitas outdoor mereka. Misalnya, membuat sunscreen dan sunblock yang lebih efektif, atau menciptakan deodorant alami yang bisa tahan hingg berjam-jam.

Wewangian yang Menarik

inspirasi ide formula kosmetik (3)

Inspirasi ide formula kosmetik lainnya bisa kamu dapatkan dengan mempertimbangkan jenis aroma atau wewangian khusus. Karena elemen satu ini kerap menjadi hal yang paling dipertimbangkan konsumen ketika memilih produk yang akan mereka beli.

Belakangan tak sedikit kosmetika yang menggunakan wewangian dari bunga, makanan, hingga buah-buahan dalam produk mereka.

Langkah ini sebenarnya juga sudah lama dilakukan, tapi kamu bisa memberikan gebrakan dengan mengombinasikan beberapa aroma lain dan menciptakan sesuatu yang berbeda.

Ketika maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa mendiskusikan jenis harum yang kamu inginkan dalam produk kosmetikmu.

Kami bahkan bisa membantumu meracik formula skincare dengan aromatic yang khas, namun masih tetap ramah digunakan oleh orang dengan kulit sensitive.

Belajar dari Musim dan Sensasi Menyenanykan dari Liburan

Tak hanya melulu membahas bahan-bahan atau fitur khusus, terkadang konsumen pun membutuhkan produk yang bisa mereka bawa dan gunakan pada musim tertentu.

Ini merupakan hal yang sangat penting, namun sering terlupakan oleh para brand owner. Tak sedikit pebisnis yang melupakan aspek cuaca dan musim, demi mengikuti perkembangan tren kosmetik.

Misalnya, Indonesia hanya memiliki dua jenis musim, yakni musim kemarau dan hujan. Artinya, penggunaan skincare atau kosmetik dengan meniru tren kecantikan negara 4 musim, tanpa penyesuaian hanya akan membuat produk tak bekerja maksimal.

Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan inspirasi ide formula kosmetik dengan mempertimbangkan acara tertentu, seperti liburan atau perayaan hari besar.

Liburan bisa menginspirasi aroma, penggunaan bumbu dan rempah, dan tentu saja fungsi produknya. Musim membawa serta kebutuhan akan perubahan rutinitas perawatan kulit masyarakat, misalnya pada musim panas dan hujan pasti berbeda.

Jenis Produk yang Akan Dibuat

Bentuk dan fungsi berjalan beriringan dalam formulasi kosmetik. Jenis produk tertentu paling cocok untuk memberikan manfaat kosmetik tertentu. Jadi, mulailah dengan menentukan jenis produk yang dapat memberikan hasil perawatan kulit atau rambut yang kamu inginkan.

Misalnya ketika ingin membuat sunscreen, masyarakat akan lebih senang jika SPF besar dan dapat melindungi kulit lebih lama. Selain itu, mereka juga berharap bahwa taka da white case yang tertinggal pada kulit mereka.

Dari sana kamu bisa merumuskan sebuah formula kosmetik yang ringan namun kaya akan kandungan pelindung kulit. Kamu bisa menabahkan beberapa jenis antioksidan dan vitamin untuk memperkaya manfaat produk tersebut.

Di Mash Moshem Indonesia sendiri, kami memberikan banyak pilihan kepada klien. Tim Research kami mampu menciptakan produk dari berbagai jenis sediaan dan tekstur yang berbeda. Mulai dari krim, losyen, minyak, cair, maupun padat.

Konsumen pun bisa menilai bagaimana tekstur dan efek produk tersebut di kulit melalui sampel yang kami buat. Dengan begitu, klien dapat memberikan tambahan dan barangkali mengajukan pembuatan ulang untuk menghasilkan produk terbaik.

Jangan Lupakan Iklim, Budaya dan Lingkungan

Memanfaatkan kekayaan alam di lingkungan kamu dibesarkan bisa jadi keunggulan tersendiri, serta bisa memberikan inspirasi ide formula kosmetik yang unik dan mungkin belum ada di pasaran.

Sebab setiap daerah atau wilayah tertentu memiliki karakteristik dan budaya tersendiri mengenai kecantikan. Selain itu, geografi dapat menjadi titik penjualan unik untuk merek indie, menjadi titik pembicaraan untuk kisah pendiri dan menentukan jangkauan kosmetik.

Setiap orang, baik yang tinggal di kota, kota atau pedesaan dapat menemukan ide-ide langsung untuk formulasi di luar pintu mereka.

Penggunaan bahan herbal khas Jawa seperti kunyit, serai, lemon, asam, dan banyak lainnya bisa memberikan nilai khas dan unik pada produkmu.

Karena pada dasarnya, alam telah memberikan segala yang kita butuhkan, sesuai di mana kita berada dan berkehidupan. Membawa dan menjadikannya inspirasi ide formula kosmetikmu tentu bukan sesuatu yang salah untuk kamu coba.

Terlebih, kamu pun bisa menjangkau pasar kosmetik yang lebih pasti dan mudah membangun kepercayaan masyarakat akan produkmu.

Well, itu adalah 10 Inspirasi Ide Formula Kosmetik yang Unik dan bisa kamu pakai sebagai referensi pembuatan brand kosmetikmu bersama Mash Moshem Indonesia.

Bersama tim kami yang handal dan berpengalaman di bidangnya, kami yakin bisa memberikan formula kosmetik terbaik dan unggul untukmu.

Penasaran? Hubungi nomor tim kami di Contact Us untuk memulai konsultasi dan membicarakan konsep produkmu bersama Mash Moshem Indonesia.

See you and good luck, Beautypreneurs!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011