Apa Itu Demografis Target Audience? Ini Definisi dan Segmentasinya!
Berbagai macam bentuk data yang berhubungan dengan audiens akan dapat membantu perusahaan dalam membantu perusahaan. Dengan begitu, akan semakin mudah juga bagi perusahaan untuk mengatur rencana bisnsi di masa mendatang. Salah satu bentuk data ini adalah demografis target audience.
Beautypreneurs, sebagai seorang pengusaha, kamu pasti mengerti bagaimana pentingnya posisi konsumen dalam bisnis. Karenanya, semakin baik kamu mengenal mereka, maka akan kian positif juga dampaknya untuk perusahaan.
Dalam proses mengenal dan memahami konsumenmu ini, pengambilan data demografis target audience adalah hal yang penting. Sebab, data ini memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan populasi masyarakat.
Adapun beberapa macam faktor yang digunakan untuk meneliti demografis audiens terutama untuk marketing bisnis seperti umur, jenis kelamin dan lainnya. Penasaran?
Baca terus artikel tentang demografis target audience, cara mengelola dan manfaatnya untuk bisnismu ini, ya!
Apa Itu Demografis Target Audiens?
Mengutip dari laman Investopedia, demografis merupakan sebuah penelitian yang berkatian dengan populasi masyarakat yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Terdapat beberapa faktor yang dapat kamu gunakan untuk meneliti suatu demografis terutama di dalam dunia marketing seperti umur, jenis kelamin sampai dengan status pekerjaan.
Akan tetapi tidak hanya hal diatas yang bisa menjadi faktor penentuan demografis target audiens untuk kegiatan marketing kamu. Terdapat beberapa indikator lain yang bisa kamu manfaatkan, eperti pendapatan, tingkat pendidikan, ras, suku bangsa, status pekerjaan, agama, lokasi, bahasa, hobi dan preferensi.
Demografis target audiens merupakan sebuah unsur yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran, apalagi di saat kamu akan melakukan riset pemasaran. Kemudian hal tersebut juga bisa membantu kamu saat memperkirakan tren permintaan pelanggan melalui data yang sudah kamu dapatkan.
Mengapa Aspek Demografis Itu Penting?
Mengutip dan merangkum dari laman Business News Daily dan Indeed, terdapat beberapa alasan mengapa demografis menjadi sangat begitu penting seperti berikut ini;
- Kamu dapat memprediksi ukuran target pasar untuk menunjang bisnis kamu dengan mendapakan informasi yang berasal dari demografis. Hal ini akan sangat membantu bisnis kamu ketika merancang strategi pemasaran serta perencanaan pemasaran yang tepat.
- Demografis dapat membantu bisnis kamu untuk melakukan kegiatan riset pasar dengan cara yang lebih akurat dan aktual. Dengan ini akan sangat memungkinkan bisnis kamu untuk mengetahui konsumen mana yang tertarik dengan produk dan pelayananan, kemudian membelinya.
- Demografis dan informasi juga akan memungkina suatu bisnis agar dapat membangun citra yang menyesuaikan target audiens.
- Dengan adanya data yang berasal dari demografis juga bisa memungkinkan bisnis kamu untuk bisa menentukan media apa yang akan kamu pergunakan untuk menunjang aktivitas marketing.
- Dapat membantu kegiatan bisnis kamu saat membangun persona pelanggan yang lebih akurat dan tepat. Dari sini kamu dapat mengetahui hal apa saja yang diinginkan serta diperlukan oleh target audiens kamu.
Segmentasi dalam Demografis Target Pasar
Masih mengutip dari laman Business Nes Daily, terdapat beberapa macam segmentasi utama untuk menentukan demografis target audiens di dalam dunia marketing. Seperti kelompok umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, pendidikan serta pekerjaan.
Jika kamu bisa berfokus pada satu segmen demografis tertentu, maka kamu akan sangat terbantu untuk mendapatkan peningkatan keuntungan.
Akant tetap jika kamu dapat menggabung kelima segmentasi demografis tersebut, maka kamu berpeluang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan bagus.
Selain dari lima segmentasi diatas, terdapat beberama macam segmentasi yang lain diamana bisa kemu gunakan saat sedang mempelajari demografis.
Mengutip dari laman Business News Daily, berikut ini adalah beberapa segmentasi demografis sepert;
Segmentasi Psikologis
Segmentasi psikologis merupakan metode pendekatan yang akan membantu kamu untuk memahami ciri subjektif dari sebuah demografis seperi kepribadian, kepercayaan, ketertarikan, motivasi, sikap audiens sampai dengan prioritas.
Adapun contoh dari segmentasi psikologis ini dapat kamu lihat saat konsumen merasa tertarik pada ciri-ciri khusus atau aspek tertentu dengan perusahaan, secara psikologis. Sehingga, perusahaan kemudian dapat menggunakannya untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk memikat konsumen.
Hal ini dilakukan karena pemilik bisnis pasti memiliki prioritas sendiri agar perusahaan miliknya dapat mencapaik kegiatan bisnis yang lebih efisien dan tepat sasaran.
Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis merupakan pendekatan yang fokusnya lebih mendekati pelanggan yang menyesuaikan dengan lokasi. Seperti daerah dimana pelanggan tersebut tinggal.
Contoh dari segmentasi ini seperti suatu perusahaan yang sedang membuat mobil listrik dimana target produknya adalah audiens yang bertempat tinggal di daerah perkotaan.
Hal ini dikarenakan mobil listirk lebih efisien dapat membantu pelanggan untuk lebih berhemat bahan bakar dan juga lebih efisien mengurangi polusi udara di daerah perkotaan.
Segmentasi Perilaku
Segmentasi perilaku merupakan segmentasi untuk mendapatkan data demografis konsumen yang berkaitan dengan perilaku mereka. Seperti namanya, pendekatan segmentasi ini akan membuat kamu menjadi lebih fokus pada sikap dan perilaku konsumen. Kedepannya kamu bisa melakukan penelitian kebiasaan konsumen, seperti halnya perilaku interaksi dan belanjanya terhadap sebuah brand.
Terdapat hampir semua perusahaan akan mempergunakan pendekatan segmentasi ini untuk mengetahui target konsumennya secara lebih baik dan tepat.
Segmentasi Firmografis
Segmentasi firmografis bisa kamu pergunakan kalau bisnis kamu lebih fokus pada bidang B2B. Dari adanya demografis firmografis ini kamu dapat menentukan demografi perusahaan berdasarkan beberapa faktor mulai dari industir, lokasi, ukuran dan juga pendapatan.
Adapun contoh dari demografis ini seperti kegiatan bisnis yang fokus pada bidang kecantikan, seperti kecantikan kulit, wajah, rambut dan lain sebagainya.
Kegiatan bisnis semacam itu akan lebih menargetkan konsumen pasarnya remaja-remaja dalam rentan usia 23-40 tahnunan. Sehingga produk yang perusahaan tersebut hasilkan bisa sesuai dengan sasaran.
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar memiliki kegunaan yang bermanfaat ketika kamu akan memanfaatkan social media marketing, lho. Hal ini karena kamu akan dibantu oleh pasar untuk mengerucutkan target konsumen sebagai bentuk aktivitas kampanye marketing di media sosial.
Kedepannya kamu dapat memperoleh tingkatan engagement yang lebih tinggi dan juga bisa meringankan biaya marketing kamu.
Baca Juga: Cara Menentukan Segmentasi Pasar Agar Campaign Efektif dan Efisien!
Nah, itu adalah penjelasan terkait Demografis Target Audiens yang harus kamu ketahui untuk membantumu memperlancar kegiatan marketing. Data ini akan membantu kamu untuk membuat strategi pemsaran yang lebih tepat sasaran. Hal ini bisa membantu kamu memperoleh revenue yang lebih besar lagi.
Akan tetapi kamu harus mengetahui, bahwa demografis merupakan satu dari sekian hal yang wajib kamu pelajari apabila bisnis kamu ingin sukses. Terutama bisa membuat strategi pemasaran yang menunjang keberhasilan binsis kamu.
Selain informasi soal demografi target audience ini, kamu bisa menyimak beberapa tips pemasaran dan branding bisnis kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Jangan lupa juga untuk meninggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya, Beautypreneurs! See you!