Panduan Local Seo Agar Bisnis Dominasi Pasar Nasional
Digital marketing memang tidak bisa dipisahkan dengan website. Kehadirannya menjadi salah satu indicator penting dalam pemasaran. Untuk memaksimalkan website, para pelaku digimar perlu menerapkan strategi Search Engine Optomization atau yang biasa disebut dengan SEO.
Strategi ini membantu website untuk berada diurutan pertama Google. Dengan begitu potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung pun akan semakin tinggi. SEO sendiri memiliki beragam jenis. Salah satunya adalah local SEO.
Local SEO dianggap sangat efektif untuk memasarkan produk secara local. Bahkan 40 persen aksi dari local SEO dapat berujung pada pembelian. Sangat efektif sekali bukan? Oleh karena itu kehadiran local SEO ini sering dimanfaatkan oleh mereka yang bertujuan mencari konsumen local.
Bahkan hampir 30 persen pengguna internet ketika melakukan pencarian, mereka akan merujuk pada pencarian local. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai local SEO, kamu harus menyimak artikel ini hingga selesai. Selamat membaca!
Apa Itu Local SEO?
Local SEO merupakan metode untuk menampilkan bisnis di pencarian local. Secara tidak langsung pasti kamu sudah merasakan manfaat dari local SEO ini. Misalnya kamu berada di sebuah daerah, lalu kamu mencari suatu tempat di daerah tersebut.
Pasti local SEO akan menampilkan tempat-tempat seperti restoran, toko ataupun tempat wisata di daerah tersebut. Dengan begitu para pengguna internet dapat dengan mudah menemukan bisnismu.
Oleh karena itu local SEO sangat cocok bagi kamu yang ingin menyasar pembeli terdekat. Perlu diketahui bahwa calon konsumen memiliki potensi yang lebih besar untuk melakukan konversi pembelian dibandingkan calon konsumen yang jauh.
Sebab biasanya konsumen local cenderung lebih membutuhkan. Sehingga mereka langsung melakukan tindakan. Namun apakah iya semua local SEO ini sangat penting diterapkan untuk semua bisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak poin di bawah ya.
Mengapa Local SEO Penting untuk Bisnis?
Lantas apakah penggunaan local SEO ini cukup penting? Jawabannya sangat penting. Sebab beberapa survey menunjukkan bahkan sebagian besar pencarian menggunakan local SEO akan berujung pada pembelian.
Tentu hal tersebut akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Apalagi local SEO juga akan menampilkan segala hal mengenai bisnismu dengan lengkap. Mulai dari alamat, review hingga foto atau video dari bisnismu.
Hal tersebut dinilai sangat penting untuk bisnis. Dengan begitu calon pembeli akan dengan mudah menemukan bisnismu. Apalagi local SEO juga langsung terintergrasi dengan Google Maps. Sehingga calon pembeli juga dengan mudah mendapatkan arah menuju ke tempat bisnismu.
Misalnya kamu memiliki bisnis kecantikan seperti klinik kecantikan, salon ataupun toko skincare dan make up. Nah, kamu bisa menerapkan local SEO agar para calon pembeli bisa langsung menemukan tempatmu.
Misalnya calon pembeli mengalami permasalahan terhadap kulit wajah dan membutuhkan perawatan di klinik. Secara otomatis mereka akan melakukan pencarian di Google mengenai klinik di sekitar.
Google pun akan menampilkan beberapa rekomendasi klinik kecantikan. Informasi yang ditampilkan mesin pencarian pun cukup lengkap. Mulai dari review dari customer, alamat, nomor telfon hingga foto dari klinikmu.
Informasi yang lengkap tersebut akan membuat mereka sangat terbantu. Sehingga calon pembeli bisa menilai klinik kecantikanmu. Jika klinikmu dinilai sesuai dengan keinginan mereka, pasti calon pembeli tersebut akan langsung datang dan melakukan perawatan.
Itulah alasan mengapa local SEO sangatlah penting. Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara Google menentukan rangking local. Berikut penjelasan selengkapnya.
Cara Google Menentukan Ranking Lokal
Sama seperti menentukan rangking organik, Google juga mengindeks rangking local melalui kueri penelusuran pengguna. Namun perlu diketahui bahwa terdapat beberapa perbedaan yang dilakukan Google ketika menentukan rangking antara local dan organic.
Berikut beberapa indicator penilaian Google saat menentukan rangking local:
- Lokasi pengguna ketika melakukan pencarian.
- Sitasi NAPW (Name, Address, Phone Number, and Website) yang konsisten.
- Kelengkapan profil bisnis, keyword yang digunakan, juga foto yang kamu tambahkan di Google My Business.
- Sentimen pelanggan dan keyword yang digunakan pada ulasan online.
- Rating bisnis kamu di Google Maps.
- Jumlah bagikan di sosial media.
- Faktor ranking pada SEO organik tetap mempengaruhi ranking local.
Itulah beberapa faktor yang menentukan rangking local. Selanjutnya adalah paduan mengoptimasi local SEO untuk bisnis. Berikut daftar dan penjelasan selengkapnya.
Panduan Mengoptimasi Local SEO untuk Bisnis
Supaya penggunakan local SEO untuk bisnismu efektif, kamu perlu melakukan beberapa strategi. Langkah ini dinilai sangat tepat untuk membuat bisnismu semakin mudah ditemukan oleh pengguna local.
Lengkapi Profil Bisnis di Google Business
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melengkapi profil bisnis. Jika informasi yang kamu cantumkan tentang bisnismu lengkap, maka pengguna pun tidak akan ragu. Kepercayaan mereka juga akan meningkat.
Biasanya Google akan menampilkan local bisnis dengan snack pack. Apa itu? Yakni kotak hasil pencarian yang muncul ketika pengguna mencari sesuatu. Snack pack selalu berada di halaman teratas Google.
Jika kamu ingin bisnismu masuk snack pack, kamu pun harus terdaftar dalam Google Bisnisku terlebih dahulu. Untuk mendaftar Google Bisnisku, kamu perlu melengkapi informasi terlebih dahulu. Yakni lokasi, nomor telfon, kategori, atribut, operasional dan juga foto.
Lakukan Audit Situs
Langkah penting selanjutnya adalah sudit situs. Dengan mengaudit situs ini kamu bisa mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang terjadi. Sehingga untuk ke depannya kamu bisa memperbaiki kesalahan tersebut.
Audit situs akan membantumu mengidentifikasi masalah on page. Seperti yang diketahui pula bahwa mengaudit situs berarti kamu juga melakukan peningkatan terhadap kinerja SEO. Dengan begitu kamu bisa mengetahui mana saja yang dapat berfungsi dengan baik, dan mana saja yang tidak.
Riset Kata Kunci yang Tepat
Tidak hanya melakukan audit situ, riset kata kunci yang tepat juga sangat penting untuk meningkatkan local SEO. Dengan mengetahui minat pengguna local, kamu bisa meningkatkan performa websitemu untuk lebih bisa tertuju ke pengguna local.
Untuk melakukan riset kata kunci ini kamu memerlukan tools. Beberapa tools yang bisa kamu gunakan adalah Google Keyword Planner dan Google Trends. Carilah kata kunci yang relevan yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu promosikan.
Tak hanya itu saja, keyword kamu cari juga harus memuat lokasi yang ditargetkan, mendefinisikan bisnis yang kamu jalankan hingga memuat istilah yang paling dicari oleh pelanggan yang potensial.
Lakukan On-Page SEO
Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan on-page SEO. Salah satu fungsi dari on-page SEO adalah membantu Google untuk lebih memahami websitemu. Sehingga algoritma mesin pencarian bisa mengidentifikasi dengan mudah.
Selain itu juga agar kontenmu muncul pada peringkat teratas Google. Tentu saja hal tersebut juga berlaku untuk local SEO. Nah, untuk praktik on-page SEO kamu bisa memasukkan keyword di meta tags, seperti URL, Heading, Judul, dan Meta description.
Lakukan Link Building
Tidak hanya melakukan on-page SEO, namun kamu juga bisa melakukan link building. Seperti yang diketahui bahwa link building ini merupakan salah satu strategi yang cukup efisien untuk meningkatkan performa SEO.
Hal tersebut juga berlaku untuk local SEO. Semakin berkualitas link building yang kamu dapatkan, akan semakin tinggi pula potensi pengguna local untuk menemukan bisnismu. Bahkan mereka juga akan berpotensi melakukan pembelian.
Namun perlu diperhatikan pula bahwa kamu tidak boleh sembarang membuat link building atau back link. Pastikan juga link yang kamu buat cukup berkualitas. Sebab jumlah satu backlink berkualitas lebih berharga dari 100 link namun dari website abal-abal.
Link dari website abal-abal justru akan memberi malapetaka bagimu. Sebab Google akan mendeteksi spam. Hasilnya kamu bisa terkena pinalti. Yakni websitemu tidak masuk pada halaman pencarian Google.
Tambah NAP Cititations
Selain menambahkan link building, kamu juga bisa menambahkan NAP cititations. Apa itu? NAP cititation merupakan biodata bisnismu yang terdiri dari Nama, Alamat dan Nomor Telepon. Poin tersebut cukup penting sekali.
Sebab hal itu menyangkut informasi yang akan ditampilkan pada halaman utama pencarian. Jika informasi tersebut tidak kamu cantumkan, maka kredibilitas bisnismu akan diragukan. Selain itu Google juga enggan untuk menampilkan bisnismu pada halaman utama mesin pencarian.
Tanggapi Ulasan dan Komentar Pengunjung/Konsumen
Paduan selanjutnya adalah tanggapi ulasan dan komentar dari pengunjung. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadapmu. Biasanya pelanggan yang sudah menggunakan jasa atau produkmu akan meninggalkan review.
Di local SEO sendiri akan ditampilkan beragam review. Mulai dari bintang, ulasan, hingga foto dan video. Tanggapan mereka pun sangat beragam. Mulai dari yang negatif hingga positif. Namun tidak ada salahnya jika kamu menanggapi semua ulasan tersebut dengan positif.
Selain itu tanggapan yang kamu berikan juga akan sangat berpengaruh terhadap local SEO. Algortitma Google akan dengan semakin mudah menemukan websitemu. Sehingga potensi untuk muncul pada halaman pertama pun semakin tinggi.
Pastikan Website Mobile Friendly
Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar masyarakat lebih menyukai smartphone daripada computer. Smarthpone dinilai lebih efektif untuk mengakses segala sesuatu dengan mudah. Oleh karena itu penting sekali untuk kamu untuk lebih meningkatkan kualitas mobile.
Dengan memastikan bahwa websitemu mobile friendly, kamu bisa memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Untuk mengetes apakah websitemu mobile friendly atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui tools mobile friendly.
Dalam tools tersebut kamu bisa mengetahui masalah apa saja jika websitemu tidak ramah untuk seluler. Sehingga kamu bisa memperbaikinya sesegera mungkin.
Baca Juga: 11 Kriteria Website User Friendly yang Harus Kamu Tahu
Lengkapi Informasi Seputar Produk/Brand
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa melengkapi informasi seputar produk atau brand sangatlah penting. Mulai dari nomor telfon, alamat, gambar, hingga video semua harus lengkap. Dengan begitu kredibilitas brandmu akan semakin diperhitungkan.
Selain itu, informasi tersebut juga akan memudahkan pengguna untuk mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan bisnismu. Dengan begitu keperacyaan mereka juga akan semakin meningkat.
Nah, itulah beberapa paduan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan local SEO untuk bisnis. Untuk mengoptimasinya, kamu perlu beberapa tools. Berikut beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mengopimasi local SEO.
Tools untuk Optimasi Local SEO
Sama seperti SEO pada umumnya, untuk mengoptimasi local SEO, kamu memerlukan beberapa tools. Tools tersebut berguna untuk melengkapi profil hingga untuk melakukan riset keyword. Berikut beberapa tools yang bisa kamu gunakan dalam menerapkan panduan local SEO.
Google My Business (Google Business Profile)
Tools yang pertama adalah Google My Business. Tools yang satu ini sering digunakan para pebisnis untuk melengkapi segala informasi yang berkaitan dengan bisnisnya.
Melalui tools ini kamu juga bisa memasukkan beberapa informasi yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu kembangkan.
Beberapa informasi tersebut adalah nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, waktu operasional, alamat email, nomor perusahaan, website, foto perusahaan, hingga ulasan pelanggan. Dengan begitu kredibilitas websitemu akan semakin meningkat di mata pengguna.
Ingin tahu manfaat Google My Business untuk bisnis kosmetikmu? Cek di sini!
Google Ads Keyword Planner
Tools yang selanjutnya adalah Google Ads Keyword Planner. Tools ini akan membantumu menemukan kata kunci yang pas untuk pencarian local. Sehingga kamu bisa memasukkan kata kunci yang tepat untuk mengoptimasi local SEO.
Google Trends
Tidak hanya Google My Business dan Ads Keyword Planner saja yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi local SEO. Kamu bisa menggunakan Google Trends. Dengan menggunakan tools ini kamu bisa mengeetahui apa yang sedang banyak dicari oleh pengguna local.
Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan dan mengikuti trens tersebut. Sehingga websitemu pun bisa berpotensi untuk selalu menjadi yang pertama di halaman pencarian Google.
Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Bisnis, Ikuti Langkahnya!
Nah itulah pengertian dan beberapa paduan lengkap tentang panduan local SEO yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menerapkan strategi dan panduan local SEO tersebut untuk membuat bisnis serta brand kosmetikmu kian kompetitif di pasar lokal.
Mengingat pasar kosmetik di Tanah Air memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Karena tak hanya terdominasi oleh brand lokal, banyak brand Luar Negeri yang telah memiliki brand reputasi besar dan pelanggan setia juga menjadikan Indonesia sebagai pasar utama mereka. Membuat strategi yang tepat, seperti mengikuti panduan local SEO di atas, bisa jadi bantuan yang besar untuk bisnismu.
Selain tips dan panduan local SEO untuk bisnis di atas, kamu bisa menemukan berbagai tips pemasaran digital lainnya di laman Berita Terkini. Dan jangan lupa untuk selalu mengikuti media sosial Mash Moshem Indonesia untuk mendapatkan informasi ter-update seputar maklon kosmetik dan tren industri kecantikan.
See you, Beautypreneurs!