Manfaat Google My Business untuk Usaha Baru, Promosi Lokasi Bisnismu!

manfaat google my business untuk usaha

Google merupakan mesin pencari terbesar yang akan membantumu mendapatkan informasi apapun. Dengan adanya Google, kamu bisa dengan mudah menemukan sesuatu atau mendapatkan apapun yang kamu butuhkan. Lantas, apa sih manfaat dari Google My Business untuk usaha?

Tapi, tahukah kamu jika saat ini Google telah meluncurkan tools yang memudahkan calon pelanggan untuk mengetahui sebuah bisnis? Ya, tools tersebut adalah Google My Business.

Dengan adanya Google My Bisuness ini, para pemilik bisnis akan mudah ditemukan oleh konsumen mereka. Informasi tersebut biasanya berkaitan dengan: nama perusahaan, alamat, kontak person, alamat email, jam operasional, serta review singkat dari konsumen yang telah menggunkan jasa/produk bisnis tersebut.

Sehingga adanya Google My Business ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang melakukan bisnis, terutama bisnis yang baru di rintis. Kemudian, bagaimana manfaat Google My Business untuk usaha baru yang sedang kamu jalankan?

Kita bahas di artikel berikut!

Apa itu Google My Business?

Sebelum kita membahas lebih jauh manfaat Google My Business untuk usaha baru, kamu harus tahu pengertian dari Google My Business.

Google My Business merupakan platform dari Google yang memberikan informasi terkait profil sebuah perusahaan. Biasanya profil perusahaan tersebut akan muncul di sebelah samping, atau di bagian atas.

Informasi tersebut juga memunculkan peta penunjuk arah dari perusahaan. Sehingga akan memudahkan calon konsumen untuk mengetahui lokasi perusahaan tersebut melalui Google.

Namun jika kamu merupakan pemilik bisnis yang hanya berbasis toko online saja, kamu tetap bisa memanfaatkan fitur ini. Kamu bisa menggunakan Google My Business untuk menaikkan trafik ke toko onlinemu.

Manfaat Google My Business untuk Usaha Baru

Dari penjelasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui apa itu Google My Business. Kamu tentu juga bisa melihat sedikit manfaat yang ditawarkan dari fitur ini.

Jadi, sebagai pemiliki bisnis baru, jangan sia-siakan fitur ini ya! Karena kamu bisa menggunakannya secara gratis dan tentunya akan mengembangkan bisnis barumu.

Kemudian, apa manfaat Google My Businessuntuk usaha baru yang lainnya? Yuk kita bahas!

Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnismu

Manfaat Google My Business untuk usaha baru yang pertama adalah membuat bisnis yang kamu lakukan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Hal ini dikarenakan bisnismu akan dipromosikan dengan sendirinya oleh Google Maps. Sebagai aplikasi pemetaan yang paling populer, kamu tentu akan mendapatkan manfaat dai promosi ini.

Para pelanggan bisa langsung datang ke tokomu melalui informasi alamat yang disampaikan oleh Google Maps ini.

Untuk mendapatkan keuntungan ini, kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu nama dan alamat perusahaan. Karena pihak Google sendiri akan memastikan apakah toko atau tempat usahamu benar-benar ada atau tidak.

Selain itu, manfaat Google My Business juga bisa membantu kamu meningkatkan SEO. Dimana saat ada calon konsumen yang mencari usaha kamu, maka toko kamu akan berada pada bagian paling atas dari pencarian Google.

Mendapatkan Review dari Pelanggan

Manfaat Google My Business untuk usaha baru yang selanjutnya adalah kamu bisa mendapatkan review atau ulasan dari pelanggan atau yang sudah membeli produkmu.

Dari review tersebut, kamu bisa memanfaatkan kepopuleran brandmu untuk meningkatkan minat pelanggan atau calon cutomer baru. Kamu bisa meminta para pelanggan untuk memberi ulasan saat mereka telah selesai melakukan transaksi.

Dengan begitu, kreadibilitas dari bisnismu juga bisa berkembang dan meningkat. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan saat membalas ulasan dari mereka.

Review dan ulasan yang ada pada fitur Google My Business akan membuat para konsumen percaya dan tidak ragu untuk menggunakan produk atau jasa bisnis yang kamu jalankan.

Selain itu, semakin bagus review yang didapatkan, maka bisnismu juga akan semakin mudah ditemukan dalam pencarian Google.

Meningkatkan Pengunjung

Manfaat yang ketiga dari fitur Google My Business yaitu dapat meningkatkan pengunjung yang datang ke tokomu. Ini juga berkaitan dengan promosi yang dilakukan oleh Google Maps tadi.

Karena toko dan alamat sudah tertera dalam Google Maps, maka pelanggan yang berkunjung juga akan meningkat. Google Maps akan menunjukkan alamat bisnismu dengan radius tertentu, tentunya dengan kata kunci yang sudah ditentukan.

Dengan adanya peningkatan pengunjung toko, kamu bisa sekaligun membangun bran bisnismu sendiri. Kamu juga bisa melengkapi pembuatan website gratis yang diberikan Google My Business untuk perkembangan bisnismu.

Dapat Mengatur Jam Kerja Secara Online

Adanya Google My Business akan membantumu mengatur jam kerja secara online. Kamu bisa memberi tahu jam operasional pada pelanggan melalui fitur ini.

Sehinga pelangkan akan tahun kapan tokomu libur, pukul berapa tokomu buka, ataupun closing dari tokomu. Hal ini sangat memudahkan pelangkan untuk mengetahui detail kecil dari tentang bisnismu.

Jadi, fitur Google My Business memang sangat beguna untuk kamu yang sedang memulai bisnis. Kamu perlu memanfaatkan fitur ini dengan maksimal, ya!

Terdapat Fitur Analisis Pelanggan

Sebagai pemiliki usaha, kamu perlu melakukan analisis pelanggan melalui fitur analytics. Analisis yang diberikan oleh Google My Business ini akan membantumu melihat perkembangan bisnis yang sedang kamu jalani.

Kamu bisa melihat performa bisnis dan membandingkannya dengan bisnis yang lain. Kemudian kamu bisa melihat jumlah pelanggan yang melakukan pencarian terhadap produk atau tokomu. Serta membantumu melihat interaksi dari pelanggan yang telah melakukan transaksi dengan bisnismu.

Fitur ini juga bisa memberi informasi tentang bagaimana konsumen bisa menemukan usahamu. Sehingga kamu bisa memberikan kata kunci yang lebih sesuai agar bisnismu semakin mudah ditemukan.

Gratis dan Mudah Digunakan

Google My Business merupakan fitur yang disediakan oleh Google secara gratis. Selain itu, untuk membuat dan melakukan verifikasi data juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kemudian ada banyak sekali fitur-fitur yang kamu temukan dalam Google My Business untuk membantu membesarkan usahamu. Karena semakin besar bisnis yang kamu miliki, maka semakin terkenal pula produk yang kamu jual.

Google My Business juga akan memudahkanmu mempromosikan produkmu secara online. Serta akan membantu pelanggan agar lebih cepat menemukan dan terhubung dengan bisnis yang kamu halankan.

Memberikan Informasi Lengkap

Banyak dari konsumen melakukan riset terlebih dahulu sebelum mereka memilih untuk membeli produk ataupun mengunjungi sebuah toko. Dengan adanya fitur Google My Business mereka bisa mendapatkan informasi-informasi detail mengenai bisnismu.

Jika kamu memasukkan informasi yang lengkap pada Google My Business, maka pelanggan tidak akan ragu untuk membeli produkmu.

Informasi-informasi tersebut biasanya meliputi: nama toko, alamat, kontak, harga, jam operasional, atau lain sebagainya. Dari informasi tersebut, pelanggan bissa memutuskan apakah mereka akan datang ke tokomu atau tidak.

Bagikan Foto dan Video Bisnismu

Selain mencantumkan informasi mendasar dari produk/toko bisnismu, tidak ada salahnya untuk mengunggah foto atau video yang berkaitan dengan usahamu.

Menurut Google, sebuah bisnis yang mencantumkan gambar akan mendapatkan 35% lebih banyak klik ke situs website. Daripada mereka yang tidak mencantumkannya.

Kamu bisa mengunggah foro profil foto sampul, atau foto lainnya yang membuat bisnismu terlihat semakin menarik. Atau tampilkan video pendek yang memperlihatkan produk atau toko usahamu.

Dari sini orang-orang bisa mengetahui secara sekilas bagaima bentuk produk atau suasana toko yang sedang kamu jalankan.

Ingin tahu bagaimana cara membuat foto produk kosmetik yang memikat? Cek di sini!

Dapat Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat Google My Business untuk usaha baru yang terakhir adalah dapat membuat pelanggan lebih percaya terhadap bisnismu.

Saat pelanggan mencari sebuah produk atau toko di situs Google, maka mereka akan lebih mempercayai toko atau produk yag muncul paling atas.

Dengan begitu, kamu harus benar-benar melengkapi informasi bisnismu pada Google My Business ataupun meminta review dari mereka. Karena kedua hal ini akan sangat berpengaruh pada peningkatan kepercayaan konsumen terhadap bisnismu.

Semakin bagus reviwe dari pelanggan, atau semakin lengkap informasi yang kamu berikan pada Google My Business. Maka pelanggan juga akan semakin percaya dengan bisnis yang kamu jalankan.’

Pelanggan yang puas dengan produkmu, mereka bisa menjadi pelanggan tetap yang akan kembali memilihmu untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka.

Jadi, Google My Business juga sangat baik dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap usahamu.

Nah, itu adalah berbagai informasi mengenai manfaat Google My Business untuk usaha bisnis baru yang perlu kamu tahu. Kamu bisa belajar sedikit bagaimana Google My Business dapat membantumu mengembangkan usaha yang baru saja kamu rintis.

Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kamu! Sampai jumpa di artikel yang lainnya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment