Manfaat YouTube Sebagai Media Promosi Bisnis Kosmetik, Catat Yuk!

Hampir semua orang sudah tidak asing dengan media yang satu ini bukan? Ya, YouTube sudah menjadi media informasi dengan format video yang telah berkembang pesat dari dulu hingga sekarang. Nah, enggak heran kalau manfaat YouTube sebagai media promosi bisnis sangat beragam dan menjanjikan, lho!

Seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi ini mulai memiliki potensi untuk menjadi media promosi yang efektif memasarkan produk kosmetik kamu.

Banyak sekali para pemilik bisnis mulai memasang iklan dan memasarkan produknya di YouTube, dan tentunya dengan feedback yang menjanjikan. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan mereka!

Sebagai pebisnis, kamu harus melakukan berbagai cara untuk memperluas jaringan pemasaran dengan menggunakan YouTube sebagai salah satu medianya.

Dengan memanfaatkan media ini, kamu bisa mendorong penjualan produk kosmetik agar lebih luas dan mampu mencapai target yang sudah ditentukan.

Nah, terkait dengan manfaat YouTube sebagai media promosi bisnis kosmetik, mari kita bahan kelebihan dari media yang satu ini! Yuk simak artikelnya!

Manfaat YouTube Sebagai Media Promosi

Kamu tentu bertanya-tanya apa manfaat YouTube sebagai media promosi kosmetik. Namun kamu hariu tau bahwa media ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform lainnya.

Eksistesi dari YouTube juga sudah tidak diragukan lagi, karena semua kalangan telah menggunakan media ini setiap hari. Dan tidak sedikit para pecinta produk kosmetik melihat review YouTube terlebih dahulu sebelum mereka membeli make up atau skincare.

Dengan format video yang dikemas secara apik, kamu juga harus mencoba menggunakan YouTube sebagai media promosi. Karena tidak jarang kamu akan menemukan customer baru yang tertarik karena melihat produkmu dari YouTube.

Kemudian, apa saja kelebihan dari YouTube ini?

Membantu Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Manfaat media yang satu ini memiliki impact yang sangat luar biasa untuk produk kosmetik kamu. Sehingga, saat kamu melakukan promosi pada media YouTube, kamu bisa meningkatkan jumlah pelanggan degan pesat.

Ini karena YouTube merupakan media online paling besar dan memiliki pengguna yang banyak. Perkenalkan produkmu sesering mungkin karena bisa jadi mereka yang melihat video promosimu bisa menjadi pelanggan potensial.

Kamu juga harus memastikan untuk mengemas video promosi bisnis kosmetikmu secara komplit, sehingga mampu mengajak orang agar tertarik dan membeli produkmu.

Kamu juga bisa menggunakan fitur iklan pada YouTube agar bisa menarik minat custumer lebih cepat. Iklan akan tampil di sela-sela video saat orang-orang tengah melihat video tertentu. Saat iklan produkmu muncul, mereka bisa melihat produk kosmetikmu dan mengenal podukmu dengan cepat.

Terlebih jika video iklan produk kosmetikmu memiliki impac yang besar, maka para penonton juga tidak segan-segan untuk pergi melihat akun jualanmu.

Banyak Orang yang Menggunakan YouTube

Sudah dijelaskan sebelumnya jika YouTube merupakan media yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Hampir semua orang memiliki aplikasi ini di ponselnya, atau bahkan melihat video pada paltform yang satu ini.

Hal ini dikarenakan YouTube memang media yang mudah dan mampu memberikan informasi yang lengkap untuk orang-orang.

Dari kepopuleran YouTube ini, kamu bisa memanfaatkan YouTube sebagai media promosi bisnis kosmetik yang kamu jalankan. Kamu dapat membuat video semenarik mungkin, sehingga membuat calon customer tertarik dengan produk yang kamu jual.

Jangan lupa tampilkan keunggulan dari kosmetik milikmu, serta apa saja keuntungan yang akan konsumen dapatkan nantinya.

Berikan informasi selengkap mungkin, dari formulasi, manfaat, cara pakai, dan lainnya dengan video yang menyenangkan.

Mampu Membangun Brand Awareness

Brand awareness ini merupakan cara yang dilakukan para pemilik bisnis untuk memasarkan produk dengan mudah namun bisa selalu diingat oleh konsumen. Cara ini bisa berupa desain kemasan yang menarik, logo yang unik, ataupun video dan slogan yang digunakan.

Dari YouTube, kamu bisa menampilkan semua komponen-komponen tersebut dalam bentuk video atau iklan singkat. Penayangan tersebut akan membuat penonton YouTube melihat produkmu dan mulai penasaran tentang kosmetik yang kamu jual.

Jadi, YouTube sangat efektif untuk membangun brand awareness dan menjamin para customer potensial untuk tau dan membeli produk kosmetik kamu.

Promosi Bisa Lebih Komunikatif

Saat kamu membuat video promosi yang komunikatif dan tepat, maka setiap konsumen tentunya akan terkesima dengan video tersebut.

Kamu juga harus menampilkan detail produk kosmetik, dan membuat penonton atau pembeli seakan ikut dalam video promosi.

Pembuatan video promosi dengan YouTube berarti kamu harus membuat sebuah vide. Jadi kamu bisa membuat video produk yang dapat menjelaskan produk secara detail dan komunikatif.

Saat kamu telah membuat video yang lebih komunikatif, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat lebih banyak konsumen melalui YouTube. 

Membentuk Kesan Kredibel

Manfaat menggunakan YouTube sebagai media promosi yang lainnya yaitu dapat menumbuhkan dan membentuk kesan kredibel terhadap produk kosmetikmu.

Kesan ini tentu menguntungkan karena bisa membuat pelanggan mengingat dan mengenali produkmu dengan lebih mudah. Dan tidak sedikit dari mereka akan membeli produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Namun, bagaimana menumbuhkan kesan kredibel tersebut?

Tentu saja dengan membuat konsep video yang tepat dan menarik. Tidak hanya memberikan informasi mendasar, namun kamu harus memberikan setiap detai dari produk yang kamu jual.

Mulai dari kelebihan, manfaat, informasi formula, ataupun bentuk penunjang lainnya seperti legalitas dan sertifikasi yang lain.

Jangan lupa untuk memberikan kualitas video yang terbaik karena bisa mempengaruhi tingkat kredibilitas dari produk yang kamu jual.

Mampu Membawa Keuntungan yang Berlipat Ganda

Saat kamu menggunakan YouTube sebagai media promosi, hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Keuntungan tersebut seperti kamu bisa mendapatkan lebih banyaknya calon konsumen, kemudian dikonversi menjadi pangsa pasar bisnis yang baru.

Banyaknya konsumen tersebut tentunya karena penonton YouTube juga sama besarnya. Sehingga saat kamu melakukan promosi di YouTube, ataupun melakukan iklan di media ini, konsumen secara otomatis melihat produkmu.

Sehingga bukannya tidak mungkin mampu membawa keuntungan yang berlipat ganda untuk produk kosmetik yang kamu jual

YouTube Menjadi Mesin Pencari yang Besar

YouTube kini telah menjadi mesin pencari yang besar setelah google. Di dalam YouTube kamu bisa mencari apapun, mulai dari tutorial, riview, vlog, ataupun konten-konten menarik lainnya.

Jadi bisa dikatakan YouTube sangat fleksibel dan memenuhi kebutuhan pasar, sehingga sangat banyak yang menggunakan youtube.

Dari situ, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan promosi produkmu di YouTube. Karena semakin gencar kamu melakukan promosi, ataupun melakukan iklan di YouTube, maka semakin terkenal produk kosmetik yang kamu jual.

Produk yang kamu pasarkan juga mudah dicari, mudah ditemukan, dan kamu bisa menemukan pasar baru yang lebih luas.

Biaya Iklan YouTube Sangat Mudah Dikontrol

Saat kamu melakukan fitur iklan di YouTube, maka kamu juga bisa mengontrol pengeluaran dana untuk iklan tersebut.

Ini karena YouTube memberikan efesiensi biaya promosi kamu, artinya kamu tidak langsung disuruh membayar saat itu juga. Jadi, saat ada orang yang melihat iklan produk kosmetik kamu, di situlah bentuk tagihan dibuat.

Kamu juga bisa memilih sendiri lokasi iklan yang akan muncul, bagaimana formatnya, dan bahakan berapa banyak jumlah pembayaran tiap tampilan video iklan yang kamu inginkan.

Selain itu, fitur iklan ini juga dipromosikan untuk orang-orang yang mungkin tertari dengan produk kamu. Kamu bisa menargetkan sendiri customer sesuai dengan demografi, minat, atau topik.

Orang-orang Lebih Suka Menonton Video Daripada Membaca

Alasan utama manfaat YouTube sebagai media promosi adalah karena orang-orang lebih menyukai menonton video dari pada membaca. Kebanyakan dari mereka justru mencari produk dari review-review yang ada di media ini.

Mereka akan mencari tahu kelebihan-kelebihan apa saja yang diberikan dari sebuah produk. Selain memberikan penjelasan yang mudah, format video cinderung tidak membosankan.

Karena ada percakapan, ilustrasi, gambar, dan elemen-elemen lain yang membuat orang-orang lebih memilih menonton sebuah video.

Dengan ini kamu bisa melakukan promosi di YouTube dan memungkinkan kamu mendapatkan pelanggan baru. Bahkan, jika video promosi tersebut dapat kamu kemas dengan sangat menarik dan mampu mengambil perhatian mereka, maka kamu juga bisa meningkatkan penjualan produkmu.

Baca Juga: Tips Dan Cara Membuat Video Company Profile Kreatif untuk Brand Kosmetimu!

Dapat Berinteraksi Langsung dengan Konsumen

Manfaat menggunakan YouTube sebagai media promosi yang terakhir adalah, kamu bisa melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen. Melalui kolom komentar, kamu bisa mencari tahu hal-hal apa yang mereka butuhkan, dan juga berbagai point yang dapat kamu kembangkan dari produk kosmetikmu.

Mereka akan memberikan review secara singkat dan mereka bisa menilai bagus tidaknya produk kosmetik yang kamu jual.

Tentunya komentar dari mereka sangat beragam, kamu bisa memperbaiki apa yang kurang dan mengembangkan apa yang positif dari review mereka. Jangan takut untuk lebih komunikatif dengan konsumen.

Karena  saat kamu membalas keluhan ataupun komentar baik mereka, maka konsumen akan merasa mendapatkan lebih banyak apresiasi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pelanggan loyal dengan tindakan tersebut.

Manfaatkan Youtube Sebagai Media Promosi dari Sekarang

Nah, dari penjelasan-penjelasan di atas, mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan promisi di media yang satu ini.Selain memiliki pengguna yang besar, YouTube juga mampu menjangkau semua kalangan untuk menyebar informasi tentang produkmu.

Kamu tidak perlu ragu menggunakan media ini, karena sudah terbukti telah banyak orang yang berhasil melakukan promosi produknya di YouTube.

Dari YouTube kamu bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, dan mendapatkan konsumen baru yang kebetulan membutuhkan produk yang kamu jual.

Selain itu, tahukah kamu kalau Mash Moshem Indonesia juga memberikan aftersales service untuk pembuatan video promosi? Yap! Mulai dari video company profile, video produk, behind the scene, dan banyak lainnya.

Tentu semua after sales service ini bisa kamu gunakan untuk promosi brand kosmetikmu di YouTube, atau platform berbagai video lainnya. Menarik, bukan?

Inilah manfaat menggunakan YouTube sebagai media promosi. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai yaaaa!!!! Semoga apa yang kamu baca bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produkmu.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

Leave a Comment