Tips Dan Cara Membuat Video Company Profile Kreatif untuk Brand Kosmetimu!

cara membuat video company profile yang menarik (1)

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia terbilang sangat pesat. Selain menunjukkan antusiasme masyarakat yang positif, harus diakui ini juga menyebabkan persaingan di pasar kosmetik Indonesia juga semakin ketat.

Terlebih, enggak hanya bersaing dengan brand kosmetik lokal, kamu juga harus berhadapan dengan brand luar negeri yang pada dasarnya lebih famous dan mapan.

Eits! Jangan galau dulu, ya! Meski susah dan ketat bukan berarti enggak ada celah sama sekali. Kamu hanya perlu bekerja ekstra keras, tekun dan tetap kreatif agar bisa memenangkan persaingan di pasaran.

Nah, salah satu cara untuk bisa membuat brand kosmetikmu sanggup bersaing adalah adanya strategi promosi yang menarik. Misalnya dengan membuat video company profile yang professional namun tetap terasa segar.

Tapi apakah video company profile ini benar-benar jitu untuk memasarkan produk? Kalau iya, bagaimana cara membuat video company profile yang menyenangkan dan menarik perhatian audience?

Well, meski kadang sangat disepelekan, video company profile cukup mengambil peran penting dalam branding bisnismu, lho!

Enggak percaya? Langsung simak ulasan mengenai manfaat dan cara membuat video company profile untuk brand kosmetik berikut ini!

Apa Itu Video Company Profile?

cara membuat video company profile yang menarik (6)

Sebelum menggunakan satu media tertentu ke dalam strategi pemasaran yang kamu lakukan, terlebih dahulu kamu harus memahami mengenai konsep dasar dari media tersebut.

Begitupula ketika kamu akan menggunakan video company profile untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Video company profile merupakan sebuah media promosi yang digunakan untuk menginformasikan dan mengomunikasikan visi / misi perushaan pada audience.

Tak hanya itu, kamu pun bisa membahas mengenai karakteristik dan konsep yang diusung dari brand kosmetik kamu. Misalnya nih, kamu memiliki brand kosmetik yang berkonsep organic dan cruelty free.

Maka, kamu perlu membuat video company profile yang mampu menggambarkan dan mengomunikasikan konsep dasar tersebut kepada audience. Baik menggunakan latar-latar video natural, dekat dengan alam, dan lain sebagainya.

Tips dan Cara Membuat Video Company Profile untuk Brand Kosmetik

cara membuat video company profile yang menarik (2)

Apa yang kamu bayangkan ketika membicarakan tentang video company profile? Misalnya, konsepnya yang formalkah, lagunya yang membosankan dan terkesan template, atau justru membayangkan hal-hal yang menyenangkan?

Well, video company profile sebenarnya memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Karena bentuknya yang menggabungkan aspek audio, visual, dan teks sekaligus.

Sayangnya, enggak banyak perusahaan yang bisa memaksimalkan pembuatan video company profile ini. Sehingga justru memberikankesan yang membosankan dan membuat audience enggan untuk melihat sampai tuntas.

Nah, untuk itu, kamu harus benar-benar bisa menyusun video company profile ini sebaik mungkin. Misalnya dengan memperhatikan isi video, bagaimana pengemasannya, serta mempertimbangkan target pasar dari brand kosmetik kamu.

Biar ada gambaran yang lebih matang, kamu bisa langsung menyimak berbagai tips dan cara membuat video company profile untuk brand kosmetik berikut ini!

Buat Ide dan Konsep Video yang Menarik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam cara membuat video company profile untuk brand kosmetik adalah dengan membuat ide/konsep semenarik mungkin.

Pada umumnya, ketika membuat company profile atau video promosi lainnya ada storyline yang dikembangkan. Storyline ini merupakan ide pokok yang akan ditonjolkan dan disampaikan dengan menarik sehingga mudah diterima oleh audience.

Nah, kamu bisa merangkai story line dari video company profile-mu semenarik mungkin. Jangan lupa untuk menambahkan aspek-aspek terbaru dan kekinian agar ada kesan segar serta baru pada video yang kamu buat.

Perhitungkan Durasi Video

Salah satu aspek penting lainnya yang perlu kamu perhitungkan ketika akan mempraktikkan cara membuat video company profile adalah durasi.

Yap! Video company profile ini sebaiknya enggak memiliki durasi waktu yang terlalu lama. Dengan begitu, audience tidak akan mudah bosan dan bisa menonton video yang kamu buat hingga habis.

Umumnya durasi pada video company profile ini hanya berkisar 2-3 menit saja. Namun, pastikan dalam durasi ini kamu bisa membangun imej dan menarik perhatian konsumen pada perusahaan atau brand kosmetik milikmu.

Lakukan Pengambilan Gambar Sesuai Script

Kalau sudah menentukan durasi dan membuat script yang sesuai, kamu bisa langsung melakukan pengambilan gambar sesuai script atau story board yang kamu ciptakan.

Gunakan berbagai sudut pengambilan gambar yang bervariasi, model atau talent yang dapat berekspresi dengan baik, juga bisa membuat audience merasakan emosi atau maksud dari video tersebut.

Editing Vidio Agar Lebih Ciamik

Setelah bahan video didapatkan dari proses pengambilan gambar, kamu bisa melanjutkan cara membuat video company profile ke tahap editing.

Kamu bisa mengunakan jasa editor professional, yang memahami bagaimana komposisi dan membuat video kamu tampak lebih emnasrik.

Atau, kamu juga bsia mencoba untuk menggunakan aplikasi editing yang bisa memberikan kualitas video yang baik. Seperti, Edius, Final Cut Pro, Corel Video Studio, Adobe Premiere.

Video Harus Seimbang dan Menarik

Untuk membuat video company profile yang baik, kamu perlu membuat video ini seimbang dan memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, baik aspek audio dan visual yang dihasilkan dalam video harus tepat, baik bagian suara yang menyajikan music latar maupun suara isian (VO).

Dengan kata lain, audio yang digunakan harus dapat mengisi kualitas dan berkesinambungan dengan aspek lainnya yang ada dalam video company profile.

Cara membuat video company profile seperti ini akan dapat memberikan kesan kreatif, sehingga audience akan lebih betah menonton video sampai akhir.

Finishing

Setelah draft video company profile ini jadi, kamu jangan keburu untuk mengunggahnya, ya. Kamu bisa memutarnya kembali, menelisik dan mencari barang kali ada beberapa segmen yang memerlukan tambahan.

Kamu juga bisa meminta bantuan rekan setim yang memiliki pandangan kreatif, memintai saran atau mengajak diskusi mengenai video tersebut.

Kalau ternyata video ini bisa menarik berbagai pihak, maka enggak ada salahnya untuk mengunggah video company profile yang telah berhasil dibuat tersebut.

Manfaat Video Company Profile untuk Brand Kosmetik

Kamu mungkin merasa cara membuat video company profile di atas cukup merepotkan, namun sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil, lho.

Penasaran apa saja manfaat video company profile ini untuk brand kosmetik yang kamu miliki? Yuk, simak ulasannya di bawah ini ya, Beautypreneurs!

Mempermudah Brand dalam Memperluas Prospek Baru

Tahukah kamu? Ternyata penggunaan company profile ini enggak hanya bisa meningkatkan gengsi perusahaan. Melainkan bisa mempermudah brand kosmetik kamu dalam menjaring prospek baru.

Artinya, enggak hanya memanjakan konsumen lama dan menaikkan pride mindset kepada konsumen lama. Kamu juga bisa menjaring konsumen baru yang lebih potensial, atau bahkan menarik klien/kerja sama baru yang tidak terduga.

Sarana yang Baik untuk Menceritakan Visi dan Misi Brand

Manfaat utama company profile untuk brand kosmetik adalah kemampuannya dalam menyampaikan latar belakang, konsep, serta visi dan misi merk.

Bahkan, karena dikemas dalam bentuk audio visual, konsumen atau audience dapat menangkap dengan jelas konsep dan maksud yang ingin kamu sampaikan dari merk kosmetik milikmu.

Membantu Menaikkan Brand Awareness dan Reputation

Telah disinggung sebelumnya bahwa dengan membuat video company profile, kamu bisa meningkatkan reputasi dan awareness dari merk kosmetik kamu.

Sebab, dengan membuat video company profile akan memberikan kesan fancy, eksklusif, bahkan professional dari brand kosmetik kamu.

Ini tentu dapat memengaruhi pandangan audience terhadap brand kosmetik kamu. Bisa saja, yang awalnya ragu untuk mencoba brand kosmetik milikmu karena masih baru dan asing. Justru jadi semakin yakin ketika melihat video promosi yang kamu gunakan tersebut.

Membantu Mempererat Relasi dengan Konsumen

Masih berkaitan dengan point sebelumnya, video company profile memungkinkan adanya jalinan hubungan antara brand kosmetik dengan konsumen.

Sebab konsumen akan lebih mengenal, lebih percaya, atau terkesan dengan brand kosmetik yang kamu miliki, lantaran melihat video company profile yang kamu buat.

Cara Membuat Video Company Profile dengan Mudah dan Murah

cara membuat video company profile yang menarik (3)

Ketika menyewa jasa videographer dan video editor, uang yang perlu kamu keluarkan mungkin enggak bisa dibilang kecil. Apalagi, kalau video yang kamu inginkan ini haruslah berkualitas tinggi.

Nah, untungnya kalau maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia kamu enggak perlu bingung soal ini lho, Ladies. Karena, kami bisa membantumu menciptakan video company profile yang menarik dan juga segar untuk brand kosmetik milikmu.

Sebab, kami memiliki tim digital marketing dan multimedia yang akan secara khusus mengurus video company profile brand kosmetikmu. Tak hanya aspek audio visualnya yang memanjakan audience, akan kami pastikan juga bahwa video ini bisa mengantarkan konsep dan tujuan dari brand kosmetikmu dengan baik pada konsumen.

Well, di mana lagi sih, kamu bisa nemu jasa maklon selengkap ini? Tentu cuma Mash Moshem Indonesia yang bisa!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment