Cara Membuat Copywriting untuk Brand Kosmetik Untuk Memikat Hati Konsumen

cara membuat copywriting untuk bisnis kosmetik (1)

Halo Beautypreneurs! Sebagai seorang brand owner kosmetik, kamu pasti menyadari bahwa tingginya persaingan di pasar kosmetik Indonesia sangatlah ketat?

Well, gimana enggak? Tak hanya harus bersaing dengan brand kosmetik lokal, sebagai pengusaha baru kamu juga harus bergelut dengan berbagai merk kosmetik luar negeri yang telah lama berdiri dan punya penggemar setia.

Karenanya, kamu harus bisa mengoptimalkan berbagai strategi bisnis yang kamu miliki. Termasuk dalam mempromosikan dan meningkatkan brand awareness produk kosmetik milikmu.

Salah satu unsur pemasaran yang sangat berpengaruh pada minat konsumen adalah copywriting. Yap! Alat pemasaran ini meski kerap disepelekan, namun memiliki kekuatan untuk mendorong konsumen dalam melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Misalnya, membuat mereka merasa butuh dan membeli produk yang kamu tawarkan, bahkan untuk mem-follow dan membagikan produk tersebut pada rekan-rekan mereka.

Dilansir dari Accurate, dikatakan bahwa ketika menggunakan content marketing dengan copywriting, kamu bisa memangkas biaya pemasaran hingga 62 persen banyaknya. Bahkan, kamu bisa menghasilkan leads yang lebih banyak juga, lho!

Nah, setelah membaca ulasan singkat di atas, apakah kamu berminat untuk menggunakan teknik copywriting demi menarik perhatian konsumen?

Well, kalau iya, langsung simak cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik berikut ini, ya!

Apa Sih Copywriting Itu?

cara membuat copywriting untuk brand kosmetik (2)

Sebelum membahas cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik, ada baiknya buatmu mengetahui apa sih yang dimaksudkan dengan copywriting ini terlebih dahulu.

Pada dasarnya, copywriting merupakan metode untuk membuat materi pemasaran, yang dapat menyugesti / membujuk audience demi melakuak tindakan yang kamu inginkan. Seperti membeli produk yang kamu jual, berlangganan katalog, atau follow akun media sosial brand milikmu.

Jika dulu copywriting ditetapkan atau digunakan dalam media promosi cetak, seperti selles letter, kolom iklan koran, dan billboard. Sekarang, teknik ini juga masih relevan digunakan pada media promosi online.

Seperti pada teks caption media sosial (Facebook, Instagram, TikTok), juga digunakan dalam gambar ataupun video promosi yang dibuat untuk campaign.

Jenis-Jenis Copywriting yang Perlu Kamu Tahu

contoh copywriting untuk bisnis kosmetik (3)

Copywriing dalam penerapannya memiliki beberapa jenis, yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan campaign brand kosmetik yang kamu lakukan.

Apa saja jenis copywriting yang disebutkan tadi? Langsung simak daftar dan penjelasannya di bawah ini, Beautypreneurs!

Direct Response Copywriting

Jenis copywriting yang pertama adalah direct response copywriting, yang dibuat untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen. Sebagai contoh, kamu mengarahkan mereka untuk meng-klik link kontak di bio Instagram untuk melakukan pembelian atau penawaran produk.

Marketing Copywriting

Jenis copywriting selanjutnya adalah marketing copywriting, yang lebih focus untuk mempromosikan atau menawarkan suatu produk kosmetik ke audience.

Brand Copywriting

Yang ketiga ada brand copywriting, yang dibuat khusus untuk membentuk dan menyampaikan citra brand kepada target konsumen mereka. Selain itu, jenis ini juga bisa membantu membedakan brand kosmetikmu dari competitor.

SEO Copywriting

Jenis copywriting selanjutnya adalah SEO copywriting, yang digunakan untuk menarik tujuan dan perhatian konsumen. Tak hanya itu, SEO copywriting juga bekerja untuk memposisikan konten Google pada laman pertama hasil pencarian.

Technical Copywriting

Yang terakhir ada technical copywriting, yang dibuat untuk memberikan informasi mendalam terkait penggunaan produk. Kamu bisa membuat konten tentang cara penggunaan produk kosmetikmu, cara penyimpanan, dan menjelaskan manfaat yang diperoleh di sini.

Cara Membuat Copywriting untuk Brand Kosmetik yang Menarik

cara mengatur schedule Instagram (1)

Setelah mengetahui berbagai jenisnya, kamu sekarang bisa langsung mencoba cara membuat copywriting untuk brand kosmetik.

Perhatikan dengan baik langkah-langkah di bawah ini ya, Beautypreneur!

Pelajari Konsep dari Brand dan Produk Kosmetik Milikmu

Langkah pertama dalam cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik adalah dengan mempelajari konsep dari brand dan produk kosmetik yang kamu miliki sebaik mungkin.

Kamu harus bisa mengenali komponen apa saja yang membuat brand kosmetikmu layak untuk diperhitungkan. Baik manfaatnya, kandungannya, serta nilai urgensinya untuk masyarakat.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui siapa saja orang yang masuk ke dalam kategori konsumen potensial dari brand kosmetik kamu. Dengan begitu akan semakin mudah dalam membuat copy yang menarik dan menyenangkan dibaca audience.

Setelah selesai mempelajari semua hal tentang brand kosmetik dan produk yang akan kamu jual, sebaiknya tulis semua data tersebut ke dalam deskripsi yang singkat.

Memahami Kebutuhan Audience dengan Baik

Cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik selanjutnya adalah memahami kebutuhan audience kamu.

Langkah ini sangat penting dilakukan, karena copy pada dasarnya dibuat untuk dibaca dan menarik minat audience kamu. Jadi, agar tepat sasaran copy yang akan dibuat ini haruslah sesuai dengan kebutuhan dan minat audience pada sebuah produk kosmetik.

Tak hanya itu, dengan memahami audience kamu juga bsia membuat teks copy yang terdengar asyik untuk mereka. Misalnya, ketika kamu memiliki konsumen yang mayoritasnya adalah anak muda, maka intonasi dan gaya bahasa yang digunakan akan lebih ringan.

Untuk dapat memahami kebutuhan audience ini kamu bisa melakukan dua cara, yakni melakukan riset pasar dan menyusun segmentasi pasar.

Membuat Headline yang Memukau

Tahukah kamu, judul atau headline memberikan peranan yang sangat besar untuk membuat audience meng-klik dan melanjutkan membaca copy yang kamu buat sampai habis?

Yap! Maka cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik selanjutnya adalah membuat headline copy yang menarik dan memukau.

Headline yang menarik ini enggak hanya berkaitan dengan gaya bahasa atau font tulisan saja, melainkan bagaimana kamu bisa menarik perhatian konsumen dari beberapa kata saja.

Kamu bisa menyusun headline dari manfaat utama brand kosmetik tersebut, atau konsepnya yang unik, hingga bagaimana produk yang kamu jual ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah kecantikan audience.

Buat Lead yang Tak Kalah Menariknya

Setelah menyusun headline yang memukau, maka langkah dalam cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik selanjutnya adalah dengan membuat leads yang tak kalah menariknya.

Untuk membuta audience betah dalam membaca copy yang kamu buat, maka kamu juga perlu mebuat leads yang bisa mendukung headline tersebut. Kamu bisa membuat leads dari pengembangan headline tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan fakta kecantikan, atau menunjukkan sisi emosional yang diusung oleh brand kosmetikmu, hingga membuat audience jadi penasaran dengan akhir dari copy tersebut.

Menulis Copy yang Berkualitas Tapi Asyik

Cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarik selanjutnya adalah dengan menulis copy yang berkualitas tapi tetap asyik.

Headline dan leads memang memiliki posisi yang penting, tapi bukan alasan juga buatmu untuk mengabaikan isi utama dari copy yang kamu buat.

Kamu bisa membuat copy yang berkualitas dengan menggunakan kalimat sederhana, yang mudah dipahami, menulis untuk target khusus, serta menjelaskan manfaat produk yang dijual dengan rinci.

Akhiri dengan Kalimat Ajakan yang Persuasif

Langkah terakhir dari cara membuat copywriting untuk brand kosmetik yang menarika adalah dengan membuat kalimat penutup yang persuasive.

Dalam bagian ini, kamu perlu menyisipkan Call to Action (CTA), yang bisa menggiring audience untuk melakukan kegiatan atau tindakan yang kamu inginkan.

Mislanya memulai mengunjungi akun media sosial dari brand kosmetikmu, mengunjungi toko-toko onlinemu, hingga melakukan pembelian produk tersebut.

Setelah membaca informasi mengenai cara membuat copywriting untuk bisnis kosmetik di atas, apakah kamu sudah memiliki gambaran bagaimana caramu mempromosikan brand kosmetik yang kamu miliki?

Well, sebagai gambaran kamu juga bisa melihat contoh copywriting untuk brand kosmetik di sini.

Selain memberikan tips-tips bisnis singkat di sini, Mash Moshem Indonesia juga mengadakan webinar rutin tiap bulannya. Kegiatan ini berisikan informasi bisnis, tips dan pelatihan pemasaran digital. Hmm menarik, bukan?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment