Gampang Banget! Ini Cara Daftar Iklan produk Serupa di Shopee

Shopee merupakan salah satu lapak penjualan online yang sangat digemari dan marak digunakan masyarakat akhir-akhir ini. Tak hanya untuk membeli barang-barang tertentu, tapi juga menjual dan mempromosikan bisnis mereka.

E-commerce dengan warna logo oranye ini memiliki berbagai fitur yang mendukung kegiatan berbelanja, mempermudah transaksi, pengiriman, serta menawarkan berbagai diskon menarik pada konsumen.

Tak hanya memanjakan pembeli, Shopee menawarkan sejumlah layanan yang bisa mendukung bisnis seller mereka. Misalnya dengan menyajikan fitur My Shopee Ads yang memiliki beragam jenis dan harga yang cukup terjangkau.

Kamu bisa menyesuaikan fitur iklan yang kamu butuhkan sesuai strategi pemasaran bisnismu. Salah satu jenis layanan Shopee Ads yang patut dicoba adalah Iklan Produk Serupa.

Apakah kamu sudah mengenal jenis iklan Shopee ini? Kalau belum, simak penjelasan lengkapnya dan cara memasang iklan produk serupa di Shopee dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Iklan Produk Serupa di Shopee Ads?

Sebelum membahas cara memasang Iklan Produk Serupa di Shopee Ads. Ada baiknya buatmu untuk mengenal lebih dulu soal fitur satu ini.

By the way, Iklan Produk Serupa merupakan salah satu fitur yang ada dalam My Shopee Ads. Seperti namanya, fitur iklan ini digunakan untuk mengiklankan produk tertentu yang ada dalam toko online kamu.

Adapun Iklan Produk Serupa ini akan muncul pada halaman-halaman strategis di website maupun aplikasi Shopee. Seperti:

1. Rekomendasi di halaman utama Shopee

2. Produk Serupa dan Kamu Mungkin Juga Suka di halaman rincian produk

Keuntungan Menggunakan Iklan Produk Serupa di Shopee

Tujuan utama dari adanya berbagai layanan iklan Shopee ini adalah untuk membantu para Seller. Mengingat persaingan pasar di Shopee cukup kompetitif, ada banyak toko yang menjual produk yang mungkin sama denganmu dan memasang harga yang bersaing.

Nah, simak berbagai keuntungan menggunakan Iklan Produk Serupa di Shopee untuk bisnis atau toko online milikmu berikut ini.

Mempermudah Konsumen untuk Menemukan Produk dan Toko Milikmu

Keuntungan pertama yang kamu dapatkan bila memasang Iklan Produk Serupa di Shopee adalah mempermudah konsumen untuk menemukan produk serta toko online-mu.

Ini dikarenakan produk yang kamu iklankan akan ditampilkan dalam posisi strategi. Misalnya di bagian ‘Produk Serupa’ dan ‘Kamu Mungkin Juga Suka’, pada halaman rincian produk yang dibukan oleh konsumen. Seperti pada gambar berikut ini.

Tak hanya itu, iklan ini pun akan dimuat di bagian ‘Rekomendasi’ produk yang ada pada halaman utama Shopee. Seperti pada gambar berikut ini.

Agar lebih maksimal, kamu bisa memadukan penggunaa Iklan Produk Serupa dengan Iklan Pencarian Produk. Supaya iklan-iklan tersebut dapat terpasang di tiga lokasi penting sekaligus, yakni pada halaman utama, halaman pencarian, juga halaman rincian produk.

Baca Juga: Sayarat, Biaya dan Cara Iklan Pencarian Produk di Shopee

Membantu Meningkatkan Penjualan Produk

Dengan memasang Iklan Produk Serupa, kamu bisa membantu produk dan tokomu lebih mudah terlihat dan ditemukan oleh konsumen.

Hal ini secara otomatis, akan membuat peluang kunjungan pada toko dan transaksi pun meningkat. Karena jangakauan calon pembeli yang sedang mencari produk serupa atau berkaitan dengan produk kamu juga akan semakin mudah.

Anggaran Iklan Jauh Lebih Mudah Dikontrol

Biaya merupakan salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan penting bagi pebisnis ketika akan mengiklankan produk atau brand mereka. Misalnya, apakah besaran biaya yang dikeluarkan nantinya akan sebanding dengan efek yang dihasilkan kemudian?

Well, kabar baiknya, Shopee memberikan skema biaya pay-per-click. Artinya membuatmu jauh lebih mudah untuk mengontrol besaran modal yang kamu inginkan.

Iklan Bekerja Lebih Efektif dan Efisien

Karena iklan ini ditempatkan pada bagian-bagian yang paling mudah ditemukan dan dilihat oleh pembeli, maka kemungkinan produk ataupun tokomu dikunjungi pun akan lebih besar.

Selain penempatannya yang strategis, biaya iklan di Shopee ini pun terbilang sangat efisien. Karena tarifnya ditentukan per-klik, alias kamu hanya membayar iklan yang berhasil menarik konsumen. Menarik bukan?

Cara Iklan di Shopee Lewat Iklan Produk Serupa

Setelah mengetahui berbagai keuntungan memasang Iklan Produk Serupa untuk bisnis dan toko online-mu di atas. Kamu pasti udah enggak sabar untuk mengetahui berbagai cara iklan di Shopee lewat produk serupa bukan?

Nah, langsung simak step by step-nya berikut ini, ya!

Masuk Ke Akun Toko yang Kamu Miliki

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan menggunakan Iklan Produk Serupa di Shopee adalah masuk ke akun toko yang kamu miliki.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu membuka laman atau aplikasi Shopee dan log in ke Seller Center. Seperti pada gambar berikut ini.

Pilih Produk yang Akan Diiklankan

Cara iklan di Shopee lewat Iklan Poduk serupa selanjutnya adalah memastikan produk mana yang akan kamu promosikan.

Agar ada efek yang signifikan, kamu bisa memilih produk yang akan diiklankan sesuai dengan pemasangan promosi tersebut. Misalnya, ketika kamu ingin meningkatkan penjualan, maka fokuslah pada produk-produk terlaris dan unggulan.

Karena produk dengan peforma penjualan yang baik, akan memiliki potensi yang sama besarnya ketika dipromosikan kembali.

Sedangkan untuk membuat produk baru semakin terlihat, kamu bisa memilih produk yang diinginkan dan melakukan tes keberhasilan penjualan produk tersebut.

Beberapa kriteria produk yang cocok diiklankan lewat Iklan Produk Serupa ialah:

  1. Produk dengan harga yang lebih murah, namun kualitas sama dibandingkan dengan produk yang dijual competitor.
  2. Produk dengan penilaian yang tinggi dan lebih baik dibandingkan dengan produk competitor.

Kalau kamu sudah memilih produk yang paling sesuai dan cocok untuk promosi ini. Maka, sebelum memulai cara iklan di Shopee ini kamu perlu memastikan juga kelengkapan dan kesesuaian informasi produk tersebut.

Tentukan Modal dan Periode Iklan Produk Serupa

Langkah selanjutnya adalah menentukan modal dan periode Iklan Produk Serupa yang kamu inginkan. Penghitungan biaya ini dilakukan secara akumulatif, misal dalam satu kali periode iklan kamu ingin menghabiskan berapa besaran biaya?

Biaya atau modal ini dapat dihitung dengan seberapa klik yang ingin kamu dapatkan. Iklan ini akan secara otomatis terus ditampilkan sampai modal dan saldo habis, serta periode iklan selesai.

Perhatikan contoh penghitungan modal Iklan Produk Serupa di Shopee berikut ini:

Modal Tanpa Batas

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan atau pemesanan produk tiap harinya, maka sangat disarankan untuk mengaktifkan Iklan Produk Serupa setidaknya pada produk yang kamu miliki.

Setelah itu, otomatis modal dan periode Iklan Produk Serupa diatur jadi ‘Tanpa Batas’. Pengaturan ini khususnya digunakan untuk iklan jangka panjang dan berkelanjutan.

Modal Harian

Namun, jika kamu memiliki budget yang cukup ketat maka tidak ada salahnya untuk menggunakan pengaturan atau penghitungan modal harian terlebih dahulu.

Modal Harian atau Total Modal ini bisa dimasukkan secara manual, mulai dari 20 ribu rupiah, lho! Lantas bagaimana cara menghitungnya dan mengevaluasinya?

Pertama, kamu bisa memasukkan modal harian dengan nilai yang rendah terlebih dahulu, yakni antara 20-40 ribu rupiah saja.

Kedua, lakukan evaluasi iklan secara berkala paling tidak setelah lima hingga tujuh hari iklan tersebut ditayangkan. Kalau memiliki peforma dan hasil yang cukup baik, kamu bisa meningkatkan modal harian ini sedikit demi sedikit.

Sbegai tips tambahan, perhatikan dua point berikut ini ya, Beautypreneur!

  1. Gunakan harga iklan yang direkomendasikan oleh Shopee agar Iklan Produk Serupa ini bisa berjalan dengan lebih baik.
  2. Meningkatkan biaya per klik yang kamu tentukan sebelumnya, jika Iklan Pencarian Produk di Shopee ini belum memberikan hasil yang maksimal.

Nah, itu adalah cara memasang Iklan Produk Serupa di Shopee yang mungkin belum kamu ketahui dengan baik. Apakah artikel ini memberikan banyak informasi yang kamu butuhkan?

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan pendapatmu di kolom komentar ya, Guys!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment