Intip Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Onlinemu!

cara memilih jasa pengiriman untuk bisnis online (1)

Ketika akan memulai bisnis jualan online, banyak hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan dengan baik. Termasuk mengetahui cara memilih jasa ekspedisi yang aman dan terpercaya.

Seperti yang kamu tahu, perkembangan bisnis online sekarang sangat pesat. Banyak pengusaha baru dan toko-toko ternama memperluas usaha mereka dengan menjajakannya secara online.

Baik melalui e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Maupun memasarkannya secara mandiri lewat berbagai media sosial dan website resmi perusahaan mereka.

Nah, selain memaksimalkan strategi pemasaran yang kamu miliki, untuk membuat toko onlinemu laris manis, kamu perlu memberikan jaminan belanja aman dan nyaman bagi konsumen. Misalnya lewat menyediakan atau bekerja sama dengan jasa pengiriman barang tepercaya.

Karena kamu harus bisa memastikan produk yang dibeli akan sampai ke tangan konsumen denga naman, cepat, dan efisien. Inilah yang akhirnya membuat jasa pengiriman barang berpengaruh besar pada keberhasilan toko onlinemu.

Saat ini ada banyak jasa logistic yang memiliki berbagai jenis penawaran dan layanan. Semua penyedia jasa ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebab itu, kamu enggak boleh hanya tertarik dengan harga jasa yang murah. Kamu harus memilih dengan cermat jasa pengiriman yang akan kamu pilih. Dengan begitu, konsumen akan memperoleh barang mereka dengan selamat pula.

Nah, lantas bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online yang tepat?

Yuk, perhatikan tip-tipnya berikut ini!

Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

cara memilih jasa pengiriman untuk bisnis online (2)

Untuk mendapatkan jasa pengiriman yang tepat, kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini ya, Beautypreneur!

Perhatikan Track Record Jasa Pengiriman

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika akan memilih jasa logistic tepercaya adalah dengan riset sederhana track record perusahaan tersebut.

Misalnya, dengan mencari tahu apakah jasa logistic ini sudah banyak digunakan, bagaimana testimoni pengguna sebelumnya, juga apa saja layanan yang dimiliki perusahaan ini.

Kalau banyak testimoni buruk atau komentar yang tidak menyenangkan, maka kamu bisa melewatkan perusahaan jasa tersebut.

Standar Tarif yang Jelas

Cara memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online yang aman selanjutnya adalah dengan meneliti rincian tarif dari penyedia jasa logistic tersebut.

Pada umumnya, jasa logistic akan menentukan standar pengiriman berdasarkan jarak, besar volume barang, juga berat barang.

Dengan mengetahui standar ongkos kirim yang ditawarkan, kamu bisa mencari pembanding ketika memilih jasa pengiriman yang tepat untuk toko online milikmu.

Biasanya kamu tak perlu ke outline jasa pengiriman tersebut langsung, kamu bisa mengecek biaya pengiriman lewat website.

Kecepatan Pengiriman Barang

Hal yang harus kamu perhatikan sebagai cara memilih jasa pengiriman yang tepat selanjutnya adalah kecepatan pengiriman barang.

Hampir semua konsumen pasti ingin mendapatkan barang mereka sesegera mungkin, setelah melakukan transaksi pembayaran. Karenanya, keterlambatan satu hari pun dari jadwal biasanya akan mendatangkan protes dan mempengaruhi penilaian mereka terhdap toko kamu.

Oleh sebab itu, kamu harus bisa memilih ekspedisi yang memiliki pelayanan efisien dan dapat mengantarkan barang dengan cepat kepada pembeli.

Pada beberapa jasa pengiriman barang yang telah professional, pasti menawarkan jaminan ketepatan pengiriman. Sehingga risiko adanya keterlambatan pasti bisa diminimalisir atau dihindari.

Pilihan Layanan Pengiriman yang Beragam

Untuk memilih jasa pengiriman terbaik, kamu perlu mempertimbangkan kelengkapan pilihan layanan yang ditawarkan.

Berbagai penyedia jasa logistic kini memiliki banyak pilihan beragam, mulai tarif, jenis pengiriman, hingga lama waktu pengiriman.

Kamu bisa mencari penyedia jasa logistic dengan penawaran paling lengkap. Misalnya, apakah mereka menyediakan pengiriman kargo, dapatkan mereka mengirimkan barang di hari yang sama, serta apakah ada pengiriman ekspres?

Nah, ketika kamu bisa menyediakan pilihan pengiriman yang beragam pada konsumen, mereka akan lebih betah dan nyaman untuk berbelanja.

Jaminan Keamanan Produk

Ketika kamu menjual produk yang cukup mudah rusak, seperti skincare atau kosmetik, atau yang perlu penanganan khusus seperti frozen food.

Maka, kamu harus mencari jasa pengiriman yang aman, agar barang yang dikirim tidak mengalami kerusakan. Misalnya dnegan memilih jasa logistic dengan penawaran jaminan atau fitur khusus untuk menjaga produk yang kamu kirim.

Metode Pembayaran Pengiriman

Cara memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online lainnya adalah dengan memperhatikan metode pembayaran pengiriman.

Ketika berbelanja online, beberapa konsumen kadang merasa nyaman jika pembayaran dilakukan ketika mereka menerima produk tersebut.

Maka, tak ada salahnya untuk memilih jasa pengiriman dengan berbagai bentuk pembayaran. Misalnya, dengan menyediakan fitur Cash on Delivery (COD), ataupun menggunakan fitur pembayaran online.

Kemudahan untuk Tracking

Last but not least, kamu juga harus memperhatikan kemudahan tracking pengiriman barang ketika menggunakan jasa pengiriman tertentu.

Langkah ini untuk menjamin kemanan dan ketersampaian produk yang kamu kirim ke tangan pembeli. Karenanya, kamu harus bisa memilih jasa logistic yang memungkinkan pembeli dan kamu sendiri untuk melacak proses pengiriman.

Pentingnya Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

cara memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online (3)

Setelah mengetahui berbagai cara memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online di atas. Kamu juga pasti bertanya-tanya apa sih pentingnya jasa ini untuk kelangsungan bisnismu?

Well, berikut ini beberapa hal yang membuat jasa pengiriman barang untuk bisnis online sanget penting. Yuk, simak baik-baik!

Dapat Menghemat Waktu dan Biaya Pengiriman

Ketika menjalankan bisnis online, tentu ada banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat usahamu berjalan lancar. Nah, ketika kamu bekerja sama dengan jasa pengiriman yang tepat, kamu bisa dapat menghemat waktu dan memberikan pelayanan yang terbaik utuk customer/

Tak hanya itu, biaya pengiriman barang pun akan jauh lebih mudah dan terjadwal. Karena ketika kamu menggunakan kurir sendiri dalam proses pengiriman, maka biaya yang dikeluarkan bisa jadi lebih besar.

Bahkan ada banyak fitur dari jasa pengiriman yang bisa memaksimalkan pelayanan kamu. Misalnya pengiriman dalam satu hari, bayar di tempat, hingga fitur asuransi keamanan paket.

Produk Dapat Sampai dengan Selamat dan Tepat Waktu

Seperti yang kamu tahu, ada banyak risiko ketika berjualan produk secara online. Salah satunya adalah pengiriman yang tidak aman dan menyebabkan kerusakan barang.

Kedua hal ini bisa sangat mempengaruhi penilaian konsumen dan keputusan mereka dalam melakukan pembelian ulang.

Karena itu, ketika kamu sudah menemukan jasa penyedia pengantaran yang tepat kamu bisa mendapatkan jaminan bahwa produk akan sampai tepat waktu, serta dalam kondisi yang aman.

Bahkan, kini pengiriman barang dapat dilacak secara online. Kamu bisa memantau proses pengantaran produk secara berkala hingga sampai ke tangan konsumen.

Memungkinkan Jangkauan Pasar yang Luas

Ketika berbisnis online kamu bisa memiliki jangkauan pasar yang luas, artinya pembeli bisa datang dari berbagai kota atau daerah.

Nah, bayangkan kalau kamu tidak bisa memiliki jasa pengiriman yang mumpuni. Tentu kamu bisa kehilangan calon konsumen potensial tersebut.

Untuk mengatasinya, jasa pengiriman barang tentu berperan cukup penting. Karena memungkinkan pengantaran dari berbagai kota, bahkan lintas negara.

Dapat Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Ketika pengiriman barang selalu lancar, datang tepat waktu, dan sampai di konsumen dalam keadaan yang aman. Tentu ini akan sangat berpengaruh pada rasa puas dari pelanggan toko kosmetik online yang kamu miliki.

Dengan begitu, mereka akan selalu merasa nyaman berbelanja di toko online-mu, bahkan tidak jarang akan selalu menjadikan toko kosmetikmu jadi pilihan utama mereka.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang cara memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online, serta apa saja manfaatnya untukmu.

Jangan lupa untuk membaca tips bisnis lainnya di laman website Mash Moshem Indonesia! Semoga sukses, Beautypreneur!

About Author

Related posts

Leave a Comment