Manfaat Layanan COD Untuk Bisnis, Sistem Pembayaran Favorit Pelanggan

manfaat layanan cod untuk bisnis

Ada banyak trik yang dilakukan penjual agar bisnisnya lebih cepat berkembang. Salah satunya adalah fitur transaksi COD atau Cash on Delivery. Banyak orang menyukai transaksi dengan cara ini karena berbagai alasan. Selain disukai oleh pelanggan, ada banyak manfaat layanan COD untuk bisnis.

COD (Cash on Delivery) adalah sistem pembayaran secara langsung. Artinya, pada proses jual-beli pelanggan melakukan pembayaran ketika barang yang dibelinya sampai di tangan. Mulanya, sistem pembayaran ini lebih banyak digunakan untuk transaksi yang bersifat rawan.

Produsen dan konsumen melakukan jual-beli secara tatap muka setelah melakukan penawaran jarak jauh, cara inilah yang disebut COD. Cara ini kemudian diadaptasi oleh pengelola marketplace dan toko online yang bekerjasama dengan jasa kirim.

Kini, transaksi produk apapun bisa dilakukan dengan cara COD. Nyatanya, cara ini efektif meningkatkan jumlah pelanggan. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai COD berikut manfaat layanan COD untuk bisnis.

Bagaimana Aturan Penerapan COD Secara Umum?

Penerapan COD pada bisnis di marketplace dan toko online memang meningkatkan jumlah pelanggan. Namun pada penerapannya, kurirlah yang bertemu dengan pembeli untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, penting untuk memahami fitur COD yang disediakan pengelola marketplace sebelum menerapkannya untuk bisnismu.

Tidak semua marketplace menyediakan fitur COD pada sistem pembayaran mereka. Setiap marketplace memiliki syarat dan ketentuam yang berbeda pada fitur pembayaran COD yang mereka sediakan. Atas dasar itu, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Setiap marketplace membatasi jumlah pembayaran COD di angka tertentu. Pastikan produkmu memiliki harga yang sesuai dengan aturan tersebut.
  2. Informasi dan legalitas barang yang diperjualbelikan harus dijelaskan secara rinci, benar dan jujur.
  3. Setiap perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman barang memiliki batas jangkauan yang berbeda, pastikan kamu memilih ekspedisi yang tepat untuk mendukung bisnismu.
  4. Kamu bisa menonaktifkan pelanggan yang tidak beretiket baik pada proses pembayaran COD.
  5. Pembeli memiliki kesempatan untuk melakukan retur pada barang yang dinilai tidak sesuai dengan pesanan. Setiap marketplace memiliki aturan berbeda pada proses retur yang mereka berlakukan.

Manfaat Layanan COD untuk Bisnis Maupun Pelanggan

Tingginya minat pelanggan pada fitur COD memang beralasan. Hal ini karena pelanggan merasa bahwa fitur ini banyak memberikan mereka manfaat dan kemudahan dalam berbelanja. Bukan hanya untuk pelanggan, fitur pembayaran COD juga banyak memberikan manfaat untuk pelaku bisnis.

Manfaat Layanan COD untuk Bisnis

Meski banyak memberikan keuntungan kepada konsumen, namun manfaat layanan COD untuk bisnis online-mu pun enggak kalah banyaknya, lho.

Penasaran apa saja manfaat layanan COD untuk bisnis? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Lebih mudah menarik banyak pelanggan baru

Pelanggan menyukai metode pembayaran COD dengan berbagai alasan, misalnya lokasi tempat tinggal atau pengetahuan seputar teknologi yang terbatas. Oleh karena itu, fitur COD menjadi salah satu faktor yang dapat menarik banyak pelanggan baru.

Pelanggan yang memahami bahwa fitur COD banyak menguntungkan mereka akan datang untuk mengunjungi tokomu karena fitur yang kamu tawarkan. Selanjutnya adalah pelayanan dan penawaran lain yang akan membuat pelanggan memutuskan untuk belanja di tokomu atau tidak.

Lebih Mudah Mendapat Rasa Percaya Dari Pelanggan

Maraknya kasus penipuan dan kejahatan yang dilakukan oleh oknum banyak membuat pelanggan ragu dan takut untuk belanja secara online. Fitur pembayaran COD banyak membantu mengurangi rasa khawatir tersebut. Karena tidak harus mengeluarkan biaya sebelum pesanan tiba, pelanggan akan lebih mudah memberikan rasa percaya pada tokomu.

Meningkatkan Angka Penjualan

Kemudahan yang didapat dalam proses transaksi membuat pelanggan jadi lebih mudah untuk membuat keputusan. Banyak kendala yang harus dialami pelanggan selama proses pembayaran sering menjadi alasan mereka membatalkan pesanan sebelum pembayaran.

Fitur COD membantu pelanggan agar tidak perlu menyibukkan diri mencari lokasi yang melayani pembayaran. Mereka hanya perlu membuat pesanan dan menunggu hingga pesanan sampai.

Berkesempatan Direkomendasikan Oleh Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas akan pelayanan dan kemudahan yang kamu tawarkan pada proses belanja akan membuat pelanggan terkesan. Besar kemungkinan pelanggan tersebut akan merekomendasikan tokomu pada orang lain.

Rekomendasi bisa dalam bentuk ulasan positif atau secara langsung mengarahkan orang untuk berbelanja di tokomu karena pelayanan yang kamu berikan.

Membangun Reputasi Toko

Perasaan aman yang kamu berikan dengan fitur pembayaran COD membuat pelanggan berani memberikan rasa percaya mereka. Ketika transaksi yang mereka lakukan berjalan baik dan pesanan yang sampai sesuai dengan ekspektasi pelanggan, mereka akan memberikan ulasan positif yang dapat meningkatkan reputasi tokomu.

COD akan membuat pelanggan merasa bahwa keamanan transaksi mereka terjamin. Reputasi baik yang terbangun dari rasa puas pelanggan akan membuat calon pelanggan baru tidak ragu untuk berbelanja di tokomu.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Image yang Kuat untuk Bisnis Kosmetik

Manfaat Fitur COD Bagi Pelanggan

Setelah mengetahui berbagai manfaat layanan COD untuk bisnis, pelanggan juga mendapatkan banyak keuntungan dari sistem pembayaran satu ini. Apa saja? Yuk simak daftar dan penjelasannya!

Alternatif Pembayaran Yang Menjanjikan

Toko online memberikan berbagai alternatif pembayaran yang praktis. Pelanggan bisa melakukan pembayaran tanpa keluar rumah atau membayar melalui jasa yang disediakan oleh agen tertentu.

Alternatif tersebut tidak bisa diterapkan pada semua pelanggan karena beberapa wilayah memiliki keterbatasan. Selain itu, banyak pelanggan yang memiliki pengetahuan terbatas seputar teknologi. Fitur COD adalah alternatif pembayaran yang paling ideal bagi siapa saja.

Bisa Menghindari Penipuan

Pelanggan tak perlu merasa khawatir karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang sampai barang yang dibeli sampai di tangan. Selain itu, pelanggan juga bisa meneliti kondisi barang terlebih dahulu sebelum menyelesaikan proses transaksi. Dengan demikian, tidak ada alasan terjadinya penipuan.

Praktis

Tidak perlu memiliki akun bank dan tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran. Fitur COD menjadi pilihan sistem pembayaran paling praktis. Oleh karena itu banyak pelanggan yang menyukai fitur ini. Bahkan tak sedikit dari pelanggan yang tetap memilih fitur COD meski mereka sudah memiliki akun bank.

Bisa Menabung Terlebih Dahulu

Dengan pembayaran yang dilakukan ketika barang datang, pelanggan tak harus menyiapkan uang ketika mereka membuat pesanan. Sambil menunggu pesanan datang, pelanggan bisa menabung sesuai harga barang yang ia beli.

Keamanan Terjamin

Keamanan yang dimaksud adalah keamanan transaksi, keamanan barang yang dibeli dan keamanan bagi pelanggan dan penjual itu sendiri. Belanja jadi lebih nyaman karena bebas dari rasa khawatir. Barang sudah pasti dikirim dan terhindar dari kerugian.

Kendala Penerapan Layanan COD dalam Bisnis

manfaat layanan cod untuk bisnis

Meski ada banyak manfaat pada penerapannya, fitur COD juga memiliki beberapa kekurangan terutama bagi pelaku bisnis. Berikut ini adalah daftar beberapa kekurangan dari penerapan fitur COD yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu:

Terjadi Pembatalan Sepihak

Ketika barang sampai pelanggan tiba-tiba menolak untuk membayar dengan berbagai alasan meski tidak ada kecacatan pada produk. Hal ini bisa terjadi karena pelanggan merasa bahwa pembatalan tidak merugikan pihak manapun.

Kemungkinan lainnya adalah pelanggan berpura-pura tidak di rumah atau berpura-pura tidak bisa dihubungi ketika kurir datang untuk mengirim barang.

Pembatalan ini merugikanmu sebagai pelaku bisnis juga kurir yang telah menggunakan waktu dan tenaganya untuk mengantar pesanan. Ada banyak contoh kejadian semacam ini dan pelanggan menolak untuk disalahkan.

Penipuan yang Dilakukan oleh Pelanggan

Penipuan bukan hanya masalah yang bisa terjadi pada pelanggan, penjual pun bisa mengalami hal tersebut. Di luar sana ada banyak oknum yang berpura-pura membeli dan memberikan deskripsi alamat palsu atau identitas palsu.

Bukan hanya modus pura-pura menjadi pelanggan, bisa jadi ada orang yang menerima produk dan membayar dengan uang palsu. Hal ini akan merugikanmu, kurir dan berbagai pihak yang terkait.

Memakan Banyak Tenaga dan Waktu

Pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai ini menjadi lebih rumit ketika pelanggan yang harus segera membayar ketika barang sampai ternyata tidak memiliki uang tunai yang cukup. Kurir akan banyak menghabiskan waktu untuk menunggu karena kurir juga harus memastikan barang sampai dan pembayaran selesai sebelum melanjutkan antaran lainnya.

Fakta Penerapan Layanan COD Dalam Bisnis

Selain manfaat atau kelebihan dan kekurangan sistem COD, adapun beberapa fakta mengenai COD yang perlu kamu tahu. Informasi ini bisa menjadi bekal untuk mengatur strategi penerapan COD pada bisnismu.

Pembeli Indonesia Menyukai COD

Sistem pembayaran COD menjadi pilihan metode pembayaran terbanya nomor 2 setelah transfer. Hingga November tahun 2021, data statistik J-Express yang bekerjasama dengan JD.ID menunjukkan bahwa 70% konsumen Indonesia memilih metode pembayaran COD.

Meski fitur ini banyak menimbulkan kontroversi dengan berbagai kasus yang beredar, COD masih menjadi pilihan utama kebanyakan konsumen di Indonesia.

COD Bukan Alasan Utama Terjadinya Pengembalian Barang

Ketika pelanggan menerima barang yang sesuai dengan pesanan dan dalam kondisi yang baik, dapat dipastikan bahwa transaksi akan berhasil. Pengembalian barang yang banyak terjadi adalah akibat ketidaksesuaian antara barang yang datang dan pesanan yang dilakukan.

Ketidaksesuaian tersebut bisa jadi karena adanya kerusakan, informasi yang kurang lengkap pada deskripsi, kesalahan warna, ukuran dan berbagai alasan lain yang membuat pelanggan kecewa.

Kesalahan tersebut adalah penyebab utama terjadinya pengembalian barang bukan sistem COD. Tanpa menggunakan pembayaran COD, pengembalian barang akan tetap terjadi jika pelanggan kecewa dengan produk atau pelayanan yang diterimanya.

Sistem Pembayaran COD Adalah Sistem yang Sah Secara Hukum

Sudahkah kamu tahu bahwa COD adalah sistem pembayaran yang sah di mata hukum. Bahkan hukum sudah menentukan mengenai hak dan kewajiban pelanggan serta penjual dalam melaksanakan pembayaran COD.

Ada baiknya jika kamu mencaritahu lebih jauh mengenai ini dan memberikan edukasi pada pelanggan. Dengan begitu mereka tidak akan merasa merugi atau tertipu ketika terjadi ketidaksesuaian pada transaksi.

Kurir Sering Disalahkan Ketika Ada Ketidaksesuaian

Pelanggan yang marah karena pesanan yang tidak sesuai sering melampiaskan rasa kecewanya pada kurir. Padahal, tugas kurir hanya mengantar barang agar sampai di tangan pelanggan. Bahkan sebagian besar kerusakan yang terjadi pada barang, bukanlah kesalahan kurir.

Banyak kajadian yang bisa dijadikan contoh mengenai fenomena ini, bahkan tak sedikit kurir yang diancam hingga dilaporkan polisi oleh pelanggan karena rasa kecewa mereka. Pastikan kamu menjadi penjual yang bertanggung jawab selama proses produksi hingga pengemasan, agar tidak ada pihak yang mendapatkan kerugian.

Mekanisme Sistem COD Berbeda Di Setiap Marketplace

Meski dasarnya sama, faktaya mekanisme sistem penerapan COD di setiap marketplace berbeda. Pelajari hingga kamu benar-benar paham mengenai mekanisme sistem COD marketplacemu sebelum menerapkannya. Kesalahpaham bisa mengakibatkan kerugian yang tidak kamu inginkan.

Bukan Hanya Penjual Dan Pembeli Yang Terlibat Dalam Sistem COD

Penerapan COD di marketplace teryata melibatkan lebih banyak pihak selain penjual dan pembeli. Pihak-pihak tersebut antara lain penjual atau pelaku bisnis, konsumen atau pembeli, pengelola marketplace, penyedia jasa pengiriman, dan kurir.

Pihak-pihak yang terlibat dalam sistem COD memiliki tanggung jawab pada proses transaksi. Oleh karena itu, adanya ketidaksesuaian atau kerusakan barang tidak bisa diberatkan pada salah satu pihak saja.

Ada banyak manfaat layanan COD untuk bisnis, agar kamu dan pelanggan bisa menikmati manfaatnya maka setiap pihak yang terlibat dalam proses penerapan COD harus memahami peran masing-masing.

Apalagi ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan penerapan sistem COD pada proses transaksi. Bisnismu akan berkembang pesat jika kamu berhasil menerapkan sistem COD dengan tepat.

Nah, sampai di sini dulu tips bisnis kali ini. Semoga artikel ini dapat membantumu, khususnya untuk mengetahui penerapan dan manfaat layanan COD untuk bisnis online yang kamu jalankan.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment