6 Cara Membangun Brand Image yang Kuat untuk Bisnis Kosmetik

cara membangun brand image yang kuat

Kini membuat produk kosmetik dengan brand pribadi bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan. Bahkan, saking mudahnya kamu bisa menemukan berbagai merk kosmetik baru bermunculan di pasaran.

Nah, sebagai orang yang bergelut di industri kosmetik, tentunya kamu perlu membuat brand kosmetik milikmu dapat dikenali dan dibedakan oleh konsumen.

Karenanya, kamu perlu mempunyai brand image atau citra merek yang baik dan kuat. Sehingga bisa menarik pasar dan membuat konsumen lebih mudah mengingat dan mengenali brand kosmetikmu.

Tapi apa sebenarnya brand image ini? Mengapa Beautypreneur juga perlu mengetahui cara membuat brand image yang kuat untuk merk kosmetik mereka?

Langsung simak ulasan di bawah ini sampai habis, biar kamu tahu pentingnya brand image untuk industri kosmetikmu!

Brand Image Adalah …

Brand image adalah persepsi konsumen tentang suatu merk dalam ingatan konsumen. Sederhananya, bagaimana kesan konsumen dalam mengingat brand kosmetik yang kamu buat.

Hal ini berkaitan dengan posisi brand di benak konsumen, sehingga ketika citra ini kamu bangun dengan kuat akan mempengaruhi penjualan dari produk kosmetik tersebut.

Misalnya, semakin baik brand image yang kamu bangun untuk merk kosmetik milikmu, maka penjualan akan semakin besar.

Ini juga berlaku sebaliknya, ketika brand image yang diciptakan terlalu lemah dan buruk maka produk akan susah dikenali. Kondisi tersebut tentunya akan membuat produk kosmetik lebih susah untuk dijual atau dipasarkan.

Cara Membangun Brand Image yang Kuat untuk Bisnis Kosmetik

Seperti yang kamu tahu, brand image memegang peranan penting untuk membuat masyarakat mengenali dan membeli produk kosmetik dari merkmu.

Selain itu, dengan membentuk brand image yang kuat dan baik, kamu bisa mempermudah masyarakat untuk membedakan merk kosmetikmu dengan merk lain yang kini tengah marak bermunculan.

Lantas bagaimana cara membangun brand image yang kuat untuk bisnis kosmetik? Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya, Beautypreneur!

Membuat Desain Logo yang Menarik dan Mudah Diingat

Cara membangun brand image yang kuat untuk bisnis kosmetik pertama adalah dengan membuat desain logo semenarik mungkin. Namun, jangan yang terlalu ribet juga, pastikan bahwa masyarakat bisa mengingat logo ini dengan mudah.

Logo merupakan bagian dari identitas dari brand dan produk kosmetik kamu. Sehingga, akan lebih baik untuk membuatnya dengan unik, kekinian, dan menyeasuaikan dengan selera pasar.

Kamu bisa menemukan cara membuat logo kosmetik yang unik di sini.

Melakukan Promosi Brand dan Produk Kosmetik dengan Efektif

Promosi yang efektif dan efisien bisa juga kamu pakai sebagai cara membangun brand image yang kuat. Kamu bisa mulai dengan menyusun siapa saja target pasar kamu, menciptakan buyer persona, hingga menyusun strategi pemasaran terbaik.

Kini kegiatan promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien lewat media social. Kamu bisa menjangkau audience dalam skala yang lebih besar dan menggunakan konten-konten interaktif untuk menarik konsumen.

Meski begitu, konten promosi ini juga harus kamu perhatikan baik-baik. Sesuaikan dengan karakter, kebutuhan, dan kebiasaan target konsumen. Sehingga, promosi akan berjalan dengan efisien dan bisa memberikan hasil yang kamu harapkan.

Baca Juga: Ide Konten Promosi di Instagram yang Menarik Hati Konsumen

Menggunakan Star Ambassador

Ketika melihat iklan-iklan produk kecantikan di televisi, media social, atau bahkan media luar ruangan lainnya, kamu tentu memperhatikan ada sosok public figure yang kerap digaet sebagai ambassador.

Nah, sebenarnya penggunaan star ambassador ini bisa berpengaruh besar pada brand image. Apalagi kalau kamu bisa menemukan bintang atau public figure yang benar-benar cocok dan sesuai dengan karakter brand kamu.

Ketahui juga: Manfaat dan Cara Memilih Brand Ambassador untuk Brand Kosmetik

Menggunakan Endorsement dan Paid Promote

Cara membangun brand image yang kuat selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan endorsement atau paid promote. Kamu bisa pilih salah satu yang paling cocok dengan budget dan kebutuhan bisnis kosmetikmu.

Kosmetik merupakan produk yang dibuat untuk menunjang penampilan visual. Nah, untuk itu diperlukan model yang bisa memperagakan bagaimana penggunaan produk tersebut serta manfaat apa yang mereka dapatkan setelahnya.

Untuk mengomunikasikan hal tersebut kamu bisa menggunakan jasa influencer dalam sistem endorsement maupun paid promote.

Keduanya dinilai cukup efektif untuk memasarkan produk, karena tiap influencer pasti memiliki audience setia. Dengan begitu, nantinya audience ini akan mencari tahu lebih jauh tentang brand kosmetikmu, hingga melakukan pembelian.

Kamu bisa cari tahu soal keuntungan dan cara endorsement di sini.

Memanfaatkan Media Sosial Semaksimal Mungkin

Telah disinggung sebelumnya bahwa kegiatan pemasaran kini bisa dilakukan dengan mudah lewat media social. Nah, ada banyak jenis media social yang bisa kamu gunakan untuk membangun brand image yang baik.

Platform media social yang banyak digunakan saat ini adalah Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, hingga Twitter. Kamu bisa menyesuaikan platform mana yang cocok dengan tujuan bisnis dan target pasar dari brand kosmetikmu.

Selain membuat konten yang menarik dan menyegarkan, cara membangun brand image lewat media social ini bisa dengan meningkatkan interaksi bersama audience, lho.

Misalnya menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka terkait permasalah kecantikan, merekomendasikan produk yang tepat, juga memberikan info promosi dan manfaat produk kosmetik yang kamu jual.

Baca Juga: 11 Jenis Media Promosi Online yang Perlu Kamu Ketahui

Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan Konsumen

Langkah selanjutnya dalam cara membangun brand image yang kuat adalah meningkatkan kualitas produk dan layanan konsumen.

Kedua hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan, terutama dalam industri kosmetik yang percepatannya sangat luar biasa. Kalau kamu tidak bisa memberikan inovasi dan meningkatkan kualitas produk secara berkala, maka brand-mu tentu kalah saing dengan competitor.

Tak hanya itu, kamu juga harus bisa memberikan layanan konsumen terbaik. Misalnya menjamin keamanan produk, memastikan konsumen bisa menggunakan produk dengan tepat, dan manfaatnya bisa dirasakan dengan baik.

Fungsi Brand Image untuk Bisnis Kosmetik

Setelah mengetahui cara membangun brand image yang kuat di atas, kamu pasti udah enggak sabar ingin segeran menerapkannya pada bisnis kosmetikmu, bukan?

Wajar banget sih, karena ada banyak fungsi brand image untuk bisnis kosmetik. Apa aja? Simak poin-poinnya di bawah ini ya, Beautypreneur!

Menciptakan Ciri Khas pada Brand Kosmetik

Salah satu fungsi brand image untuk bisnis kosmetik adalah mampu menciptakan ciri khas pada produk dan merk. Sehingga produk kosmetik yang kamu jual akan memiliki pembeda dengan produk competitor.

Tak hanya itu, hal ini pun akan membuat konsumen lebih mudah mengingat dan mengenali produk-produk dari brand kosmetikmu dengan lebih mudah.

Terbentuknya Segmentasi Pasar yang Lebih Khusus

Dengan membuat brand image yang kuat selanjutnya, kamu bisa membentuk segmentasi pasar yang lebih khusus. Sederhananya, brand kosmetik kamu bisa menjadi standard dan memiliki kelas tersendiri di mata konsumen.

Ini dapat terwujud kalau kamu bisa mempertahankan konsistensi kualitas produk kosmetikmu. Serta meningkatkan layanan pembelian dan memberikan berbagai inovasi.

Brand image yang kuat ini akan membantuk meningkatkan nilai jual produk, sehingga bisa mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan transaksi.

Potensi Mendapatkan Konsumen Baru Lebih Besar

Manfaat selanjutnya adalah bisa memperluas pasar dan berpotensi menjangkau lebih banyak konsumen. Karena konsumen yang akan puas dengan produk kosmetik milikmu akan memberikan feedback positif dan mengulasnya pada lingkungan sosialnya.

Ini tentunya akan menaikkan image brand dengan cukup signifikan, karena hingga kini pendapat pelanggan lain merupakan hal yang sangat berpengaruh pada keputusan pembelian oleh konsumen.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat membentuk brand image yang kuat selanjutnya adalah dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Karena ketika mereka puas dengan layanan dan produk yang kamu berikan, maka mereka akan kembali dan melakukan repurchasing.

Dapat Menaikkan Harga Produk Seiring dengan Kualitas

Ketika kamu dapat membangun brand image yang kuat, maka kamu juga dapat menaikkan harga produk seiring dengan bagaimana kualitasnya.

Karena konsumen umumnya tidak mempermasalahkan soal harga, ketika kamu telah menciptakan image brand yang baik dan terbukti menjual kosmetik yang aman serta efektif.

Apalagi dalam dunia kosmetika, konsumen pastinya sudah memahami bahwa sangat penting untuk membeli produk yang terjamin keamanannya. Sebab hingga kini ada banyak kosmetik abal-abal dan menggunakan bahan-bahan berbahaya bermunculan di pasaran.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment