Manfaat dan Cara Memilih Brand Ambassador untuk Brand Kosmetik

cara memilih brand ambassador untuk brand kosmetik

Hai Beautypreneur! Kamu mungkin udah enggak asing dengan yang namanya Brand Ambassador. Apalagi dalam penggunaan dan manfaat brand ambassador untuk brand kosmetik sangatlah banyak dilakukan sebagai strategi marketing.

Dari dulu hingga sekarang, penggunaan brand ambassador untuk brand kosmetik masih memegang peranan yang sangat penting. Bahkan, digadang-gadang bisa memberikan keuntungan dan manfaat yang sangat besar.

Apakah benar begitu? Lantas apa saja manfaat brand ambassador untuk brand kosmetik dan bagaimana cara memilihnya?

Langsung cek ulasan lengkapnya berikut ini, supaya kamu bisa tahu soal manfaat brand ambassador untuk brand kosmetik!

Apa Itu Brand Ambassador?

Sebelum membahas apa saja manfaat brand ambassador untuk brand kometik, kamu perlu mengetahui konsep dasar dari sarana pemasaran satu ini terlebih dahulu.

Brand ambassador merupakan tokoh atau sosok yang dipercaya oleh perusahaan atau produsen untuk mewakili brand mereka di pasaran. Dengan kata lain, brand ambassador ini menjadi duta dari merk yang akan kamu pasarkan nantinya.

Selanjutnya, brand ambassador ini kemudian akan mewakili citra dari merk kosmetik yang kamu miliki. Misalnya, ketika kamu memiliki brand kosmetik yang dibuat untuk laki-laki dewasa, maka brand ambassador-nya pun harus memiliki karakter yang sama.

Cara kerja brand ambassador ini biasanya dijadikan sebagai bintang iklan, yang diproduksi dan dipublikasikan secara massif oleh perusahaan ke berberbagai media pemasaran.

Manfaat dari Brand Ambassador untuk Brand Kosmetik

Beberapa orang menganggap penggunaan brand ambassador untuk brand kosmetik merupakan hal yang sangat boros. Karena, untuk melakukan kontrak dengan influencer besar ataupun artis-artis dengan nama besar tentu biaya yang kamu keluarkan tidaklah murah.

Nah, lantas apa yang membuat manfaat brand ambassador untuk brand kosmetik ini sangat digadang-gadang? Hingga banyak perusahaan yang juga bertaruh dan sampai sekarang menggunakan metode ini dalam strategi pemasaran mereka.

Well, langsung simak berbagai manfaat menggunakan brand ambassador untuk brand kosmetik berikut ini!

Sebagai Press Coverage

Manfaat dari brand ambassador untuk brand kosmetik yang pertama adalah kedudukannya sebagai press coverage.

Dengan kata lain, brand ambassador ini akan membantu memiliki tugas dan peranan yang besar untuk membentuk citra serta preposisi produk dari sudut pandang target pasar yang ingin kamu capai.

Dapat Mengubah Persepsi akan Brand Kosmetik

Manfaat menggunakan brand ambassador untuk brand kosmetik selanjutnya adalah dapat membantu mengubah persepsi konsumen.

Seperti yang kamu tahu, masyarakat memiliki prespektif yang kurang bersahabat pada produk-produk lokal. Apalagi untuk produk kosmetik, pasti mereka lebih suka menggunakan produk dengan merk luar negeri yang lebih terkenal.

Nah, dengan menggunakan brand ambassador yang tepat dan berkualitas, kamu bisa mengubah persepsi mengenai brand kosmetikmu di mata konsumen. Dengan begitu loyalitas, kepercayaan, dan jumlah transaksi pun akan muncul.

Dapat Menarik Konsumen Baru

Manfaat brand ambassador untuk brand kosmetik selanjutnya adalah dapat menarik konsumen baru. Cara kerjanya hampir sama dengan ketika kamu memilih influencer dalam sistem endorsement.

Ketika kamu memilih public figure yang memiliki citra dan pengaruh yang besar, maka akan sangat mungkin juga bagimu menjaring konsumen baru yang potensial karenanya.

Tak hanya itu, brand ambassador ini juga membantu perusahaan untuk melekatkan citra positif dan merepresentasikan dengan baik konsep perusahaan kepada masyarakat.

Bertindak Sebagai Brand Recall

Perkembangan dalam industri kosmetik terjadi dengan sangat pesat. Kamu bisa menemukan banyak produk kosmetik baru yang dijual di pasaran dan berasal dari brand baru juga.

Nah, ini menunjukkan bahwa persaingan pasar kosmetik di Tanah Air sangat tinggi. Pasalnya, kamu tak hanya harus bersaing dengan brand lokal, tapi juga beradu dengan merk luar negeri yang sudah lama ada.

Dengan menggunakan brand ambassador untuk brand kosmetik milikmu, kamu bisa menambah brand recall pada produk-produk kosmetik yang kamu jual.

Brand ambassador yang popular dan dapat membawa citra merk dengan baik akan dapat membuat konsumen mengingat produk yang kamu jual. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah membedakan produk dari brand kosmetikmu, dengan merk lain yang mungkin lebih mirip.

Merepresentasikan Konsep dan Citra Brand Kosmetik

Manfaat lainnya dari brand ambassador untuk bisnis adalah mampu membentuk dan mempertahankan citra yang kamu buat.

Karenanya, akan sangat penting bagimu memilih tokoh yang tepat sebagai brand ambassador, sehingga citra prositif sari orang tersebut dapat mempengaruhi brand kosmetik milikmu.

Cara Memilih Brand Ambassador untuk Brand Kosmetik

Sama halnya dengan saat kamu memilih influencer untuk endorsement, kamu pun harus jeli dalam memilih brand ambassador untuk brand kosmetikmu.

Lantas bagaimana cara memilih ambassador yang tepat dan dapat menggambarkan karakter dari brand kosmetikmu dengan sempurna? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Perhatikan Figur

Langkah yang pertama adalah memperhatikan figur sosok yang akan kamu gaet sebagai brand ambassador. Kamu bisa menyesuaikan figurnya dengan karakteristik brand kosmetik yang kamu miliki.

Misalnya kamu memiliki brand kosmetik yang mengusung konsep anak muda dan ceria, maka kamu bisa memilih sosok dengan figur yang berkarakteristik serupa.

Cerdas

Ketika memilih seorang brand ambassador untuk brand kosmetik, enggak cukup hanya memandang sosoknya secara fisik. Melainkan juga bagaimana public figure tersebut dapat menyampaikan konsep brand di depan umum dengan cerdas.

Tak hanya itu, kecerdasan ini juga sangat diperlukan untuk mempelajari bagaimana product knowledge, melakukan elevator pitch, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang.

Apalagi ketika di dunia serba digital ini, seorang brand ambassador pun juga akan membantu menjawab dan berinteraksi dengan konsumen di media social mereka.

Karena situasi inilah, kamu harus memilih seorang brand ambassador yang dapat berpikir kritis dan cerdas dalam memberikan jawaban kepada konsumennya.

Merupakan Sosok yang Rendah Hati

Kriteria lain yang harus kamu perhatikan dalam memilih brand ambassador untuk bisnis kosmeitkmu adalah sifatnya. Yap! Secara khusus, sosok ini harus memiliki sifat yang ramah dan rendah hati.

Sehingga, figur ini bisa memulai percakapan terlebih dahulu dengan klien maupun dengan konsumen kamu. Tak hanya itu, dalam kondisi apapun, brand ambassador harus mampu dan proaktif dalam berdiskusi hangat dengan banyak orang.

Karena alasan diterima atau tidaknya sebuah bisnis oleh masyarakat juga erat kaitannya dengan pembawaan brand ambassador. Untuk itu, memilih sosok yang berkarakter baik, sopan, serta rendah hati adalah kriteria yang harus kamu pertimbangkan baik-baik.

Memiliki Keahlian Komunikasi yang Baik

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa brand ambassador bisa menjadi perantara untuk mengomunikasikan konsep, ide, serta karakteristik bisnismu kepada masyarakat.

Untuk itu, perlu sosok yang memiliki keahlian komunikasi yang baik, bahkan unggul. Sehingga dapat menyampaikan dan merepresentasikan image brand dengan baik melalui kata-katanya.

Karena tak perduli seberapa baiknya kualitas produk kosmetik yang kamu buat, bila tidak disampaikan atau dipresentasikan dengan baik, maka masyarakat pun tidak akan mengenalnya.

Selain itu, brand ambassador pun masih masuk ke dalam tim pemasaran. Jadi sudah sewajarnya jika figur ini bisa menyampaikan dan menekankan keunggulan dari produk kosmetik yang kamu buat.

Bahkan, figur ini pun harus selalu melakukannya demi menjaga brand image dan posisi merk di mata para konsumen dan target pasar kamu secara umum.

Dapat Bekerja Bersama Tim

Poin terakhir yang harus kamu perhatikan untuk memilih brand ambassador yang tepat bagi bisnismu adalah kemampuannya bekerja sama dengan tim.

Sebenarnya sikap ini hampir serupa dengan sifat rendah hati yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketika memiliki kepribadian yang rendah hati, maka figure ini bisa menurunkan egonya dan dapat bekerja sama dalam tim.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, tentu brand ambassador tidak bisa berjalan sendirian. Harus ada tim pemasaran yang juga turut memaksimalkan strategi ini agar bisa memberikan impact yang nyata pada perusahaan.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment