Cara Efektif untuk Menentukan Target Pasar untuk UMKM Bisnis Kosmetik

cara menentukan target pasar

Apakah kamu tahu, kalau sebagian besar kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM dan UKM bisnis kosmetik itu tidak dapat menentukan target pasar usaha mereka dengan benar?

Kamu mungkin berpikir bahwa siapa saja boleh membeli produk kosmetik yang kamu jual di pasaran. Mau laki-laki, perempuan, orang tua, bahkan remaja. Pokoknya semua kalangan ini boleh membeli produk yang kamu buat.

Namun, menentukan target pasar utama sangatlah penting. Karena ketika kamu meluncurkan sebuah produk, tentu tak semua kalangan juga tahu dan langsung menarik minat pada produk kosmetik yang kamu jual.

Tak hanya itu, dengan memilih target pasar yang tepat, kamu jadi bisa melakukan promosi dan branding dengan lebih terarah. Akhirnya hasil dari promosi ini pun akan jauh lebih efektif dan transaksinya bisa berjalan lancar.

Menyadari pentingnya target pasar untuk bisnis kosmetik yang sedang kamu rintis sekarang, kami merangkumkan berbagai hal yang harus kamu ketahui dalam artikel ini. Mulai dari pengertian, hingga cara menentukan target pasar yang benar untuk UMKM bisnis kosmetik.

Langsung simak ulasannya di bawah ini, ya, Guys!

Definisi Kilat Soal Target Pasar

Sebelum mengetahui kiat-kiat menentukannya, hal pertama yang harus kamu pelajari terlebih dahulu adalah pengertian target pasar.

Target pasar merupakan sekelompok orang yang memang dijadikan sebagai target penjualan dari brand kosmetik kamu. Umumnya, target pasar ini memiliki karakter yang sama, misalnya dari sisi usia, demografi, kebiasaan, selera, dan masih banyak lainnya.

Atau sederhananya, target pasar merupakan calon pembeli potensial yang nantinya akan menjadi audiens utama yang harus kamu perhatikan. Baik soal informasi produk kosmetik milikmu, maupun tertang kegiatan promosi lainnya.

Inilah yang akhirnya membuat target sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena dengan menjagkau konsumen yang tepat, maka bukan tak mungkin transaksi pembelian produk bisa terjadi.

Manfaat Menentukan Target Pasar yang Tepat untuk UMKM Bisnis Kosmetik

cara menentukan target pasar (2)

Untuk menjalankan sebuah bisnis kosmetik yang cerdas dan dapat berkembang dengan cepat, kamu harus mengatur strategi promosi dan penjualan yang juga sama cerdasnya.

Cara menentukan target pasar untuk UMKM bisnis kosmetik ini pun menjadi bagian dari strategi promosi, lho. Well, atau lebih tepatnya sebagai langkah pertama yang harus kamu lakukan.

Lalu, sebenarnya apa sih manfaat menentukan target pasar untuk bisnis kosmetik yang tengah kamu rintis? Cek jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Dapat Membantu Meningkatkan Angka Penjualan

Manfaat utama dengan mengetahui cara menentukan target pasar untuk UMKM Bisnis kosmetik adalah dapat memberikan dampak signifikan pada angka transaksi atau penjualan produk kosmetik kamu.

Sebab, dengan focus dengan target pasar utama, kamu bisa menemukan nilai dan karakter dari produk kosmetik yang akan kamu jual. Tak hanya itu, dengan proses pembuatan produk yang juga lebih cepat, maka promosi pun bisa dilakukan lebih dahulu dibanding competitor.

Selain itu, dengan menentukan target pasar terlebih dahulu akan semakin mudah pula bagimu untuk membuat inovasi dari kosmetik tersebut. Karena kamu akan jadi lebih mengenal karakteristik, kebutuhan, dan minat dari calon konsumenmu.

Ketika kamu bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan dari target pasar dengan baik, maka bukan tak mungkin kamu bisa meningkatkan kesetiaan mereka. Well, banyak lho, brand-brand kosmetik besar yang memiliki pendapatan dan keuntungan besar dari pelanggan setia mereka.

Bisa Merencanakan Budget yang Diperlukan dengan Mudah

Ketika kamu telah menentukan dan tahu target pasar yang akan kamu tuju, audiens yang kamu inginkan, maka proses perencaan promosi pun akan lebih mudah.

Seperti yang kamu tahu kalau kegiatan pemasaran yang kamu lakukan akan membutuhkan biaya. Karenanya, jika target pasar telah kamu ketahui maka kamu bisa menyiapkan anggaran yang kamu butuhkan dengan lebih rinci.

Ketika merencanakan kegiatan promosi atau iklan tanpa strategi yang tepat dan melupakan target pasar yang diincar, maka biayanya bisa saja membengkak. Tak Cuma itu, promosi ini bisa saja justru tidak akan memberikan feed back apapun.

Mampu Mengatur Strategi Bisnis Kosmetik dengan Lebih Efektif

Perkembangan industri kecantikan sedang sangat pesat, atau di puncak mekarnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai produk dan brand kosmetik baru yang beredar di pasaran.

Selain menandakan minat masyarakat yang besar, ini juga menunjukkan bahwa persaingan di pasar kosmetik sangatlah ketat dan tidak bisa disepelekan begitu saja.

Nah, dengan mengetahui target pasar, kamu bisa mengantisipasi persaingan dalam pasar kosmetik ini. Dan barangkali dapat mengalahkan brand kosmetik competitormu, lho.

Ya, dengan mengetahui target pasar yang kamu miliki, dan mengetahui apa yang diberikan competitor lewat produk kosmetik mereka. Kamu bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut.

Dari sana, kamu bisa menciptakan suatu produk kosmetik yang baru dan lebih inovatif dari produk yang bisa ditawarkan oleh brand competitor.

Perencanaan Konten Promosi pun Akan Lebih Mudah

Media sosial merupakan salah satu media promosi yang sangat besar dan banyak digunakan oleh setiap lapisan masyarakat. Ketika menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, kamu bisa menemukan kesempatan sama besarnya untuk bertemu dengan target pasar yang kamu miliki.

Namun, kampanye ini bisa saja tidak berhasil kalau kamu tidak menentukan target pasar terlebih dahulu. Karena konten promosi yang semakin relate dengan target pasar, akan semakin menarik perhatian konsumen potensial kamu.

Memudahkan dalam Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Manfaat mengetahui cara menentukan target pasar untuk UMKM bisnis kosmetik adalah memudahkanmu dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Menjalin komunikasi dengan pelanggan akan memberikan banyak keuntungan buat bisnis kosmetikmu. Misalnya mengetahui keluhan dan kebutuhan mereka, sehingga kamu dapat menciptakan sistem atau produk kosmetik baru yang akan disambut baik nantinya.

Nah, dengan mengenali target pasar kamu dengan baik, maka komunikasi ini akan terjalin dengan sangat baik. Akan lebih mudah juga bagimu untuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka dari sebuah produk kosmetik.

Cara Menentukan Target Pasar untuk UMKM Bisnis Kosmetik dengan Tepat

milenial berbisnis

Setelah melihta banyaknya manfata yang bisa kamu dapatkan dengan menentukan target pasar, tentu kamu menyadari mengapa hal ini sangat penting untuk dilakukan, bukan?

Well, karena pengaruhnya yang besar, tentu cara menentukan target pasar untuk UMKM bisnis kosmetik dengan tepat tidak dapat dilakukan dengan semabarangan.

Pelajari langkah-langkah yang telah kami susun dari berbagai sumber di bawah ini, yuk!

Memahami Karakteristik Brand dan Produk Kosmetik

Cara menentukan target pasar untuk UMKM bisnis kosmetik yang pertama adalah dengan memahami apa karakteristik dari brand dan produk kosmetik yang kamu buat.

Langkah ini sangat cocok digunakan jika kamu sudah memiliki produk yang siap dipasarkan. Kamu bisa mencari tahu, dari sekian banyak pengikut di akun bisnis maupun dari riwayat transaksi dapat dilihat kecenderungan konsumen kamu saat ini.

Dari sana, kamu bisa mencari tahu dari kalangan mana, rentang usia berapa, dan dari daerah mana saja konsumen-konsumen potensial yang kamu miliki.

Target pasar ini pula yang akan membuatmu lebih mudah dalam menciptakan produk inovasi yang lebih baru, dibutuhkan, dan juga diinginkan oleh pasar.

Memperhatikan Arus Persaingan di Pasar Kosmetik

Cara menentukan target pasar untuk UMKM bisnis kosmetik selanjutnya adalah memperhatikan dan mempelajari arus persaingan dalam pasar. Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu celah-celah untuk memenangkan hati konsumen untuk melakukan transaksi.

Persaingan ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari pelayanan yang lebih ramah, fitur yang diberikan oleh produk kosmetik kamu, kemudahan, dan juga harga yang dibandrol.

Ketika kamu mempelajari bagaimana pasar memberikan reaksi akan produk kosmetik kamu, serta bagaimana tanggapan competitor. Maka kamu dapat memberikan suatu yang baru dan inovatif, yang mungkin enggak ada dalam produk competitor. 

Meningkatkan Komunikasi Lewat Media Sosial

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan komunikasi dengan pelanggan lewat media sosial. Langkah ini akan membuatmu tahu, siapa saja audiens aktif yang peduli dan menaruh minat terhadap produk-produk kosmetik dari brandmu.

Selain itu, menjalin komunikasi dengan pelanggan pun membuat kamu mengetahui apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka idamkan dari sebuah produk kosmetik.

Manfaatkan Berbagai Alat Analytic yang Ada

Cara menentukan target pasar untuk UMKM bisnis kosmetik lainnya adalah dengan memanfaatkan penggunaan alat analytic yang ada. Mulai dari Google Trend, Google Analytic, Keyword Tool, dan masih banyak lainnya.

Dari berbagai macam tool ini kamu dapat mengetahui apa yang lagi marak dan digemari oleh masyarakat, juga target pasar yang kamu inginkan.

Ciptakan Brand Positioning

Adanya kegiatan branding bertujuan untuk menciptakan persepsi sebuah produk kosmetik di benak dan pikiran pelanggan. Peran kegiatan branding ini terbilang sangat penting, lho, Guys! Karena lebih dari 90 persen konsumen suka membeli produk kosmetik dari brand yang sudah besar.

Jika kamu telah berhasil menciptakan brand positioning dari produk kosmetik kamu, maka target pasar akan terbentuk dengan baik juga. Selanjutnya, kamu hanya perlu menjaga agar brand kosmetik yang kamu miliki tetap mendapatkan potensi pasar yang jauh lebih maksimal.

Well, semoga artikel ini dapat membantumu dan memberikan informasi yang bermanfaat buatmu, ya! Selamat mencoba dan semoga sukses, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment