Mempelajari Fenomena Bisnis Kosmetik Indie dan Cara Mengembangkannya!

cara mengembangkan bisnis kosmetik indie

Beberapa tahun belakangan ini, bisa dibilang adalah masa kebangkitan dari bisnis kosmetik indie. Karena, kian waktu ke waktu pertumbuhan bisnis kosmetik ini semakin pesat dan dilirik oleh banyak pecinta kosmetik.

Pertumbuhan bisnis kosmetik di Indonesia dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Sebagai contoh, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai merk produk kosmetik baru yang dijual di pasaran.

Selain menunjukkan minat masyarakat yang juga tinggi akan kosmetik, sayangnya ini berarti persaingan di industri kecantikan juga sama besarnya.

Tentu, bagi para pelaku bisnis kosmetik Indie fenomena ini bisa menjadi tantangan, yang bisa dibilang, sangat besar.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan bisnis kosmetik indie yang kamu jalankan? Sehingga dapat bertahan dan bersaing di pasar kosmetik?

Well, baca ulasan lengkap soal cara mengembangkan bisnis kosmetik indie di bawah ini untuk tahu jawabannya!

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Kosmetik Indie?

Banyak dari kita yang belum memahami apa yang disebut dengan bisnis kosmetik Indie dan bedanya dengan UMKM kosmetik biasa.

Well, merek kosmetik Indie atau independent brand kosmetik adalah perusahaan kosmetik rumahan yang biasanya memiliki skala kecil dan hanya dijalankan oleh satu atau beberapa orang saja.

Kenapa dikatakan independent? Karena biasanya juga berdiri sendiri dan tidak termasuk ke dalam payung perusahaan besar atau grup dari perusahaan kosmetik tertentu.

Brand kosmetik indie pun biasanya juga digolongkan sebagai brand kosmetik baru yang produk-produknya belum dijual di dalam retail kosmetik besar. Sehingga hanya dipasarkan dalam jangkauan yang lebih kecil dengan target konsumen juga tak terlalu besar.

Meski begitu, banyak juga bisnis kosmetik indie yang bertahan dan kian berkembang karena peminatnya yang juga terus meningkat. Bahkan, dilansir dari Bellatory.com, dikatakan bahwa produk-produk Indie jadi kian populer di kalangan beauty enthusiast.

Kalau kamu suka menghabiskan waktu di TikTok, Pinterest, atau Instagram untuk melihat tren kecanitkan yang sedang hype. Maka, sedikit banyak, kamu pasti kerap menemukan brand-brand kosmetik Indie bermunculan.

Mulai dari produk sanitasi, serupa sabun dan sampo alami, masker wajah organic, dan banyak perawatan kecantikan lainnya.

Alasan Produk dari Bisnis Kosmetik Indie Menjadi Buruan Konsumen

Ketika membicarakan peminatan akan produk-produk indie sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya.

Nah, berikut ini ada beberapa alasan mengapa produk dari bisnis kosmetik Indie menjadi buruan dan kian populer di kalangan para pecinta kosmetik.

Pelayanan yang Lebih Ramah dan Personal

Pelayanan konsumen adalah segalanya! Siapa yang tak suka mendapatkan pelayanan yang ramah dan efektif ketika kebingungan memilih produk-produk perawatan yang tepat untuk kulit?

Well, kita semua tentu mengharapkan hal ini saat datang atau membeli produk kecantikan secara online. Dan banyak dari konsumen dari binis kosmetik indie mengatakan mereka kerap mendapatkan pelayanan yang jauh lebih baik dan terasa lebih akrab.

Dengan sentuhan pribadi seperti ini, para pembeli akan jauh lebih nyaman untuk mengutarakan kebutuhan kosmetik yang mereka inginkan.

Sampel Gratis dan Harga Produk yang Lebih Murah

Untuk promosi, biasanya produk-produk indie kerap membagikan sampel gratis (meski tidak dalam jumlah yang besar), yang sangat berarti bagi konsumen mereka. Tak hanya itu, harganya pun biasanya jauh lebih miring dibandingkan dengan produk-produk dengan merk besar.

Sebagai pebisnis, kamu pun menyadari betapa pentingnya untuk menciptakan harga bersaing. Karena hal ini memang mempengaruhi pilihan dan minat konsumen akan produk yang kamu buat.

Produk Kosmetik Indie Dinilai Lebih Unik dan Khas

Produk indie juga cenderung cukup unik dan nyentrik. Dari produk-produk ini, konsumen dapat mengharapkan aneka kosmetik dengan warna yang lucu atau produk dengan tekstur yang unik, yang biasanya juga dihindari oleh merk-merk terkenal.

Selain itu, sejumlah perusahaan indie menawarkan koleksi makeup yang didedikasikan untuk favorit budaya pop seperti memberikan vintage touch pada tone warna, pengemasan, juga penyisipan hadiah kecil yang manis.

Banyak Hadiah Gratis dan Pengemasan yang Estetik

Siapa yang tak suka barang-barang dengan kemasan yang indah dan estetik? Sebagian dari kita bahkan menyimpan bungkus produk kosmetik yang terlihat lucu dan menggunakannya sebagai penghias meja kerja.

Dan hal inilah juga yang membuat bisnis kosmetik Indie kian laris di pasaran. Ya, mereka berusaha keras untuk memuaskan konsumen dengan pengemasan yang indah dan tampak estetik!

Selain itu mereka juga kerap membagikan hadiah gratis yang membuat konsumen merasa diperhatikan dan dihargai secara personal. Mulai dari stiker gratis, contoh eyeshadow ekstra, atau permen, yang melampaui dan melampaui cenderung menjadi merek dagang dari merek indie.

Umumnya Diracik dengan Bahan Vegan dan Bersifat Cruelty-Free

Yang lebih menarik, biasanya produk dari bisnis kosmetik indie menggunakan bahan-bahan alami dan bebas dari penyiksaan binatang. Bahkan melebihi produk-produk kosmetik besar, yang menawarkan nilai serupa.

Cara Mengembangkan Bisnis Kosmetik Indie Agar Bertahan di Pasaran

cara mengembangkan bisnis kosmetik indie

Bisnis kosmetik indie di Indonesia sebenarnya cukup menjanjikan, karena banyak masyarakay yang berminat menggunakan prodiuk-produk kecantikan ini.

Sayangnya, sediki sekali yang bisa bertahan lama atau bahkan sukses mengembangkan bisnis tersebut.

Nah, menyadari potensi ini, kami merangkumkan cara mengembangkan bisnis kosmetik indie agar dapat bersaing di pasaran berikut ini.

Bentuk Sistem Pengelolaan Bisnis Kosmetik Indie dengan Baik

Salah satu hal yang membuat bisnis indie sukar berkembang adalah karena sistem pengelolaannya yang buruk. Padahal sistem pengelolaan ini dibutuhkan untuk membuat fondasi usaha yang kamu jalankan bertahan dan kokoh.

Membuat Jurnal atau Catatan Binis secara Lengkap

Banyak orang yang menyepelekan masalah pengarsipan, padahal ini sangat diperlukan sebagai indicator dan penyimpanan data-data pada bisnis kosmetik indie yang kamu jalankan.

Karena dengan mengamati data-data ini, kamu dapat menganalisa kekurangan, kekuatan, juga potensi bisnis tersebut dapat dikembangkan seperti apa nantinya.

Sehingga kesalahan pada waktu sebelumnya tidak akan terulang kembali. Tak hanya itu, kekurangan-kekurangan yang sebelumnya terjadi pun akan semakin cepat untuk mendapatkan pemecahan dan perbaikan.

Jurnal-jurnal ini meliputi catatan keuangan, catatan administrative dan surat menyurat, juga termasuk bahan dan ide-ide kosmetik apa saja yang akan kamu jalankan ke depannya.

Terus Bereksperimen dan Meningkatkan Kualitas Produk Kosmetik

Hal yang harus kamu lakukan agar bisnis kosmetikmu kian berkembang adalah selalu melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap produk-produk yang kamu buat.

Jangankan yang baru mulai, tak sedikit pula brand kosmetik yang telah lama berdiri dan punya nama besar kalah dalam persaingan karena tidak memiliki inovasi terbaru dari produk mereka.

Pengembangan produk ini pun bisa dilakukan dengan banyak cara, yakni terus bereksperimen dan memperhatikan apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen kamu.

Kalau kamu merasa kekurangan ide atau inspirasi, kamu bisa bertanya langsung kepada konsumen tentang kesan-kesan mereka menggunakan produk kosmetik tersebut. Atau dengan melihat ulasan yang mereka tinggalkan setelah melakukan transaksi.

Pelayanan Konsumen adalah Koentji!

Telah dikatakan sebelumya, salah satu hal yang membuat masyarakat suka membeli produk kosmetik indie adalah pelayanannya yang sangat baik dan terasa personal.

Ini menunukkan betapa pentingnya arti pelayanan konsumen untuk mengembangkan bisnis kosmetik indie yang kamu rintis. Tak peduli sebesar apapun suatu merk kosmeti, pelayanan konsumen selalu menjadi salah satu indicator kuat untuk konsumen membuat keputusan transaksi.

Jadi jangan kendur membagikan cinta untuk para konsumenmu, ya!

Bekerja Sama dengan Perusahaan Manufaktur untuk Menyempurnakan Produk

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengembangkan bisnis kosmetik indie adalah dengan bekerja sama dengan ahlinya. Misalnya dengan menciptakan produk perawatan kecantikan dengan bantuan jasa manufaktur, seperti Mash Moshem Indonesia.

Mash Moshem Indonesia sendiri telah lama berdiri dan berkecimpung di industri kosmetik. Kami dapat memproduksi berbagai jenis kosmetika, termasuk skincare, body care, hair care product, men product, dan berbagai perawatan kecantikan lainnya.

Tak hanya itu, untuk menunjang perkembangan bisnis kosmetik indie yang kamu rintis, kami pun menawarkan jumlah MOQ yang cukup rendah. Yakni sekitar 1000 ps per produk, untuk pembuatan kosmetik dengan sistem ODM.

Sementara, kalau kamu ingin mendapatkan jumlah MOQ yang lebih kecil dan biaya yang lebih rendah, kami menawarkan pembuatan kosmetik dengan sistem ODM.

Untuk itu, ketahui Perbedaan OEM dan ODM Kosmetik Serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Tak perlu takut merusak esensi ‘ramah lingkungan’ dan ‘cruelty-free’ dalam bisnis kosmetik indie yang kamu jalankan. Karena, Mash Moshem Indonesia pun telah tersertifikasi vegan dan halal. Sehingga kami tidak menggunakan bahan-bahan hewani dan mencegah adanya kekerasan pada binatang.

Well, itu adalah berbagai cara mengembangkan bisnis kosmetik indie yang mungkin belum kamu ketahui. Apakah tips-tips di atas membantumu? Jangan lupa tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading
kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment