Mau Maklon Kosmetik? Kenali Dulu Beda OEM dan ODM Berikut Ini!

maklon kosmetik korea

Bagi orang yang masih baru mendalami bisnis kosmetik dan ingin membuat brand produk kecantikan sendiri, pasti banyak hal yang belum kamu ketahui dengan baik.

Termasuk dalam memilih perusahaan maklon kosmetik yang cocok dan memberikan banyak manfaat untuk bisnismu.

Salah satu hal yang bisa dijadikan patokan dalam memilih perusahaan maklon kosmetik adalah kelengkapan pelayanan yang mereka tawarkan dan bagaimana konsep kerja mereka.

Nah, dalam perusahaan maklon kosmetik sendiri kamu bakal sering menemui istilah Original Equipment Manufacturer (OEM) dan Original Design Manufacurer (ODM).

Ada perusahaan maklon yang hanya menawarkan kerja sama dengan konsep OEM atau ODM saja. Juga ada yang menawarkan keduanya sekaligus.

Kira-kira kamu tahu enggak beda ODM dan OEM? Mana, sih, yang paling ideal untuk memulai bisnis dengan brand kosmetikmu sendiri?

Penasaran, kan? Yuk, cari tahu jawabannya sama-sama!

Pengertian Perusahaan OEM serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum jauh membicarakan mengenai apakah perushaan maklon kosmetik OEM itu, ada hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Untuk menciptakan produk kosmetik pasti memerlukan beragam bahan yang aman dan dapat mendukung fungsi utama dari produk yang akan dibuat.

Nah, serangkaian bahan inilah yang kemudian kita sebut dengan formula. Yang dalam praktiknya enggak bisa dilakukan oleh sembarang orang, melainkan harus oleh ahlinya.

Seperti namanya, Original Equipment Manufacturer (OEM) merupakan salah satu perusahaan maklon yang bertindak mulai dari merancang hingga memproduksi kosmetik, sesuai dengan formula yang telah mereka tetapkan sebelumnya.

Artinya formula kosmetik yang kamu inginkan dan spesfikasinya telah ditentukan oleh perusahaan OEM terlebih dahulu. Namun, kosmetik tersebut tetap diproduksi dan dipasarkan di bawah nama brand kosmetikmu sendiri.

Kelebihan Maklon Kosmetik dengan Konsep OEM

  • Proses yang lebih cepat, karena formula sudah ada dan tinggal produksi.
  • Kualitas dan keamanan formula kosmetik lebih terjamin.

Kekurangan Maklon Kosmetik dengan Konsep OEM

  • Tidak bisa bebas berkreasi, misalnya dengan menentukan bahan apa yang ingin digunakan dalam formula kosmetik yang akan dibuat.
  • Kemungkinan tidak sesuai dengan keinginan pribadi lebih besar.

Pengertian Perusahaan ODM Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Selain OEM, banyak penyedia jasa maklon kosmetik juga yang mengusung konsep Original Design Manufacturer (ODM).

Perusahaan ODM adalah salah satu jenis perusahaan maklon kosmetik yang dapat membantu menyediahakan bahan, merancang formula, hingga memproduksi kosmetik sesuai spesifikasi bahan yang kamu inginkan.

Dari sini kamu pasti sudah menyadari garis besar perbedaan OEM dan ODM dalam perusahaan maklon kosmetik. Yap, dari formula produk kosmetik yang ingin kamu buat.

Sama halnya seperti OEM, kosmetik yang diproduksi melalui perusahaan maklon dengan konsep ODM juga akan dipasarkan dan dilabeli dengan merk klien.

Kelebihan maklon kosmetik dengan sistem ODM

  • Lebih bebas untuk berkreasi dengan menggunakan bahan-bahan tertentu. Misalnya menggunakan bahan yang sedang ngetren atau digemari oleh para pecinta kosmetik.
  • Dengan beragamnya bahan yang dipilih, maka manfaat produk kosmetik yang diciptakan pun lebih beragam.
  • Dapat menyesuaikan dengan keinginan pribadi.

Kekurangan maklon kosmetik dengan sistem ODM

  • Proses produksi yang lebih lama, karena perusahaan harus menyusun formula yang diinginkan oleh pemilik brand dulu.
  • Keamanan formula masih belum terjamin dan harus diuji terlebih dahulu sampai aman untuk diproduksi.

ODM atau OEM, Mana yang Lebih Baik?

beda oem dan odm

Setelah mengetahui perbedaan maklon kosmetik dengan menggunakan ODM dan OEM, apakah kamu sudah menentukan mana yang paling ideal untukmu?

Kalau masih bingung, ada baiknya kamu memilih sistem yang sangat cocok dengan kebutuhan dan modal yang kamu punya.

Pada sistem ODM, kamu mungkin bisa lebih berkreasi degan bahan, formula, dan desain produk. Namun, biaya yang dikeluarkan juga akan cenderung lebih besar dan memakan waktu yang lebih panjang.

Sementara pada sistem OEM, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga, sebab semua bahan dan formulanya telah diuji terlebih dahulu. Sampelnya pun telah ada dan hanya menunggu untuk diproduksi.

OEM memungkinkan kamu bergerak lebih cepat, mulai dari proses branding merk kosmetikmu, melakukan pre-order untuk memikat calon konsumen, dan memulai promosi lainnya.

Masih bingung juga? Well, daripada bingung tak berkesudahan, kamu bisa langsung mengonsultasikan kegalauanmu pada tim PT. Mash Moshem Indonesia.

Keamanan dan legalitas bahan, hingga alat produksi juga sudah kami kantongi. Pabrik kosmetik PT. Mash Moshem Indonesia telah mengantongi sertifikat CPKB tingkat A yang dikeluarkan oleh Badan POM.

Tak hanya itu, untuk kamu yang ingin memproduksi kosmetik halal, jangan ragu juga untuk datang dan berkonsultasi. Sebab kami juga bisa membantu mewujudkan produk impianmu ini.

Jangan ragu-ragu, segera hubungi kami!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Cari Tahu Keuntungan dan Cara Daftar Iklan Pencarian di Shopee Berikut Ini

Shopee menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia, dengan jumlah pengunduhan aplikasi di playstore paling tinggi dan mendapatkan jumlah kunjungan ratusan juta tiap tahunnya. Dilansir Databoks, pada kuartal dua tahun 2021 ini dikatakan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang paling...

Continue Reading

Leave a Comment