10+ Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Bagi para pecinta kuliner Nusantara, daun kemangi tentu bukan lagi condiment yang baru buat kamu. Gimana enggak? Bisa dibilang, banyak olahan makanan tradisional yang menggunakan bahan alami ini sebagai tambahan dalam bumbu, khususnya untuk menambah aroma.

Nah, selain digunakan ke dalam campuran kuliner rumahan, daun kemangi pun rupanya menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut, lho!

Padahal, enggak hanya membantu mengatasi bau badan yang berlebihan. Dengan mengonsumsi daun kemangi, kamu bisa mendapatkan berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat tinggi.

Well, berbagai nutrisi inilah yang kemudian akan membuat wajah dan rambutmu jadi lebih sehat terawat. Menarik banget, bukan?

Penggunaan bahan-bahan alami sebagai perawatan kecantikan kulit tentu bukan hal yang baru lagi. Bahkan sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan produk perawatan yang menggunakan bahan-bahan organic.

Untuk itu, kamu pun tak perlu ragu merawat kecantikan dengan menggunakan daun kemangi ini, lho! Sebab, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit dan rambut, seperti dalam ulasan berikut ini.

Kandungan dalam Daun Kemangi yang Baik buat Kecantikan

manfaat daun kemangi untuk kecantikan (3)

Tahukah kamu, kalau daun kemangi memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh dan kulit? Well, bahkan bahan alami ini digadang-gadang dapat memberikan sejumlah manfaat menggiurkan jika digunakan dalam perawatan tubuh, lho.

Beberapa kandungan yang ditemukan dalam daun kemangi antara lain adalah antioksidan, air, , karbohidrat, lutein, protein dan zeaxanthin, juga kandungan serat.

Enggak Cuma itu, bahan ini pun memiliki sejumlah mineral dan vitamin yang terkenal bai dalam merawat kecantikan kulit serta rambut. Sebut saja, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K, meskipun jumlah tidak sebanyak kandungan lain.

Beragam Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat daun kemangi untuk kecantikan (4)

Daun kemangi mengandung segudang nutrisi yang baik buat kulit dan rambut kamu. Selain menyehatkan, bahan ini akan menjaga kecantikan alami yang kamu miliki.

Penasaran apa saja manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit dan rambut? Langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

Dapat Membantu Melawan Penuaan Dini

Manfaat daun kemangi untuk kecantikan yang pertama adalah membantu mencegah kemunculan tanda penuaan dini pada kulit.

Tak hanya karena factor usia, tanda penuaan ini pun bisa muncul karena paparan radikal bebas, asupan nutrisi yang tidak cukup, dan perawatan wajah yang tak maksimal.

Nah, untungnya, kandungan antioksidan dalam daun kemangi bisa membantu mencegah masalah ini terjadi. Kandungan ini bisa melawan radikal bebas, memulihkan kesehatan sel-sel kulit, bahkan membantu menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah.

Kulit jadi Tampak Lebih Cerah dan Bercahaya

Kulit yang terpapar radikal bebas, menggunakan kosmetik dengan kandungan yang tidak tepat, atau terlalu kering, bisa membuat wajah tampak kusam dan kehilangan cahaya alaminya.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan daun kemangi, sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu, lho!

Ya, bahan ini bisa membantu mengembalikan kecerahan kulit wajah kamu. Agar mendapatkan manfaat daun kemangi untuk kecantikan ini, cukup gunakan daun kemangi sebagai masker wajah alami. Kemudian gunakan secara teratur, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Membantu Menyamarkan Bekas Luka

Kalau kamu bermasalah dengan bekas luka yang enggan hilang, kayaknya udah waktunya untukmu mencoba menggunakan daun kemangi untuk perawatan kecantikan kulit.

Manfaat daun kemangi untuk kecantikan ini diperoleh dari kandungan vitamin A dan vitamin C. Keduanya bisa membantu mendorong terkelupasnya sel kulit mati dari epidermis, kemudian menggantinya dengan sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Selain itu, keduanya juga bisa memiliki kemampuan untuk mendorong produksi kolagen dalam tubuh. Sehingga proses pemulihan kulit pun dapat bekerja dengan lebih optimal.

Untuk mendapatkan manfaat kemangi ini, kamu bisa meraciknya sebagai masker wajah alami. Padukan dengan bahan-bahan seperti air lemon, madu, dan minyak zaitun.

Keempat kandugan ini akan membantu menenangkan kulit, mengurangi reaksi peradangan yang memicu melanin, dan akhirnya membuat bekas luka perlahan tersamarkan.

Menyamarkan Bintik Hitam Penuaan

Salah satu tanda penuaan yang kerap muncul di wajah adalah bintik penuaan atau flek hitam. Munculnya flek ini biasanya karena paparan sinar matahari yang berlebihan, menumpuknya sel kulit mati pada wajah, dan masih banyak lainnya.

Daun kemangi dipercaya mampu membuat wajahmu jadi lebih cerah, juga bisa menyamarkan bintik hitam penuaan ini. Tak hanya itu, karena kandungan antiinflamasinya yang banyak, bahan alami ini diklaim tidak akan membuat wajah kamu teriritasi.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam daun kemangi akan membantu menyamarkan noda hitam penuaan. Dengan mendorong fungsi regenerasi kulit, menormalkan fungsi kulit, juga mengembalikan kesehatan sel-sel yang ada.

Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat

Memiliki masalah dengan jerawat yang membandel emang menyebalkan. Apalagi, kalau sampai jerawatnya mengganggu dan bikin kulit kamu jadi terasa sakit. Well, enggak mau banget dong, ya!

Untungnya, salah satu manfaat daun kemangi untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi jerawat di wajah. Sebab, kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimilikinya bisa membuat jerawat sembuh lebih cepat.

Sebagai contoh, kamu dapat menemukan berbagai produk perawatan kulit berjerawat yang menggunakan dua kandungan di atas ke dalam formulanya.

Tak hanya mempercepat proses penyembuhannya, vitamin C dan A pun bisa mencegah jerawat berbekas, Ladies.

Dapat Mencegah Kanker Kulit

Radikal bebas enggak hanya menimbulkan masalah pada tekstur dan permukaan kulit wajah kamu. Seperti membuat wajah jadi kusam, tampak tak bercahaya, kasar, dan bahkan membuatnya terkena sunburning.

Namun, selain dampak yang terlihat ini, radikal bebas yang berlebihan pun akan menimbulkan masalah yang serius. Seperti, memicu kemunculan sel-sel kanker pada kulit.

Nah, satu lagi manfaat kemangi untuk kecantikan kulit adalah membantu mencegah terbentuknya sel kanker kulit. Ini dikarenakan, daun kemangi mengandung senyawa citral, vitamin K, vitamin C, serta limonene, dalam kadar besar.

Sehingga Ketika kamu mengonsumsi daun kemangi, kamu pun bisa membantu merawat kesehatan kulit dan terhindar dari kanker kulit.

Menguatkan Akar dan Batang Rambut

Kerontokan rambut yang terjadi secara berlebihan dan terus menerus bukanlah pertanda yang baik, lho, Ladies. Kalau dibiarkan tanpa diberi perawatan khusus, tentu ini akan membuat rambut kian menipis dan mengalami kebotakan dini.

Untuk mencegah dampak buruk ini, kamu bisa menggunakan daun kemangi untuk mengembalikan kesehatan rambut. Bahan alami ini akan mengurangi rasa gatal dan inflamasi pada kulit kepala, meningkatkan sirkulasi di kulit kepala, dan membuat rambut jadi lebih kuat.

Mencegah Warna Rambut Memudar

Dampak buruk radikal bebas enggak hanya bisa muncul di kulit, melainkan bisa juga berefek pada kesehatan rambut kamu. Yap! Salah satunya membuat warna alami rambut memudar dan uban bermunculan.

Kamu bisa mengolah daun kemangi sebagai masker rambut alami. Campurkan dengan bubuk amla dan virgin coconut oil, untuk menambah nutrisi dan manfaatnya untuk kulit kepala kamu.

Namun, yang perlu diperhatikan racikan ini akan lebih baik untuk tidak langsung dipakai. Melainkan, diamkan dulu semalaman dan gunakan racikan ini pada keesokan harinya dalam rangkaian keramas yang kamu lakukan.

Meredakan Gejala Peradangan Pada Kulit

Telah banyak disinggung sebelumnya, bahwa dalam daun kemangi ditemukan berbagai jenis senyawa antiinflamasi. Kandungan inilah yang membuat daun kemangi bermanfaat untuk meredakan gejala peradangan pada kulit wajah dan kepala.

Selain peradangan dari iritasi ringan, daun kemangi pun bisa menenangkan kulit dari rasa tidak nyaman akibat masalah kesehatan kulit tertentu. Banyak klaim yang menyebutkan bahwa daun kemangi telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit.

Ini dikarenakan kandungan antimikroba dan antibaketi yang dimilikinya, sehingga kemangi dapat membuat rasa tak nyaman dan peradangan di kulit jadi lebih ringan.

Menutrisi dan Menyehatkan Kulit Wajah

Tak hanya mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, daun kemangi pun memiliki kandungan air, protein dan serat yang tak kalah banyaknya.

Karenanya, penggunaan daun kemangi ke dalam rangkaian perawata kecantikan kulit akan membantu meningkatkan asupan nutrisi yang diperoleh kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, kandungan lain seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidana kan merawat kesehatan kulit dengan melindungi dari radikal bebas. Seperti debu dan polusi, paparan sinar matahari berlebihan, pun perubahan iklim yang terlalu ekstrim.

Nah itu adalah berbagai manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu ketahui. Sangat banyak dan enggak disangka, bukan?

Pada dasarnya banyak kok, bahan-bahan alami khas tanah air yang mengandung sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Sayangnya, enggak semua bahan ini dibicarakan atau didiskusikan sebanyak buah-buahan dan bunga-bungaan yang kerap dipakai dalam skincare.

Well, karenanya kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sama ke dalam produk kosmetik yang ingin kamu buat nantinya. Tak ada salahnya untuk kembali menggunakan bahan alami yang telah lama terbukti efektif untuk perempuan Indonesia.

Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk-produk kosmetik dengan bahan organik khas Indonesia. Atau bahkan memadukan bahan-bahan aktif lain yang dapat memaksimalkan bahan alami ini.

Penasaran? Well, tim RnD kami akan mewujudkan semua formula produk kosmetik yang telah lama kamu impikan dengan sempurna!

About Author

Related posts

Leave a Comment