Solusi di Tengah Pandemi, Cara Mudah UMKM Tembus Pasar Digital

cara mudah umkm tembus pasar digital (2)

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemic Covid mempunyai dampak yang hebat di semua sector. Mulai dari sector kesehatan hingga ekonomi. Banyak pelaku bisnis yang lumpuh akibat situasi ini. Tak terkecuali para pelaku usaha kecil atau biasa yang disebut UMKM. Mereka harus memutar otak memikirkan solusi untuk keluar dari masalah ini.

Untungnya seiring dengan kemajuan teknologi, permasalahan ini bisa diatasi. Banyak pelaku UMKM yang banting setir dari jualan offline menjadi online. Digitalisasi ini dinilai sangat efektif membangkitkan kembali ekonomi yang semula terpuruk.

Bahkan dengan adanya pasar digital, pelaku UMKM di Indonesia terus meningkat. Anak-anak muda yang semula tidak tertarik dengan berjualan, menjadi banting setir jadi pengusaha. Sebab pasar digital dinilai lebih menjanjikan.

Dengan adanya pasar digital, pelaku UMKM di Indonesia juga semakin beragam. Dulu pelaku ini hanya didominasi oleh orang dewasa, sekarang mulai remaja hingga dewasa awal pun ikut terjun. Hal tersebut sangat efektif untuk membangun dan meningkatkan perekonomian Negara.

Karena pada dasarnya 60 persen penunjang ekonomi di Indonesia adalah dari UMKM. Jika UMKM terpuruk, nama perekonomian Indonesia juga akan terpuruk. Begitu juga sebaliknya. Semakin banyak pelaku UMKM, perekonomian Negara pun juga akan ikut bangkit.

Proses digitalisasi UMKM sendiiri adalah proses mengubah komunikasi antara penjual dan pembeli. Jika dulu system jual beli dilakukan secara konvensional, sekarang beralih ke virtual. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi.

Nah, apasih manfaat pasar digital itu sendiri untuk UMKM? Berikut adalah beberapa manfaat pasar digitak untuk UMKM. Selamat membaca!

Manfaat Pasar Digital Untuk UMKM

Kamu ingin belanja baju tapi mager? Tinggal buka handphone, pilih marketplace yang kamu mau, cari baju yang disuka, klik dan bayar. Barang pun akan diantar ke tempatmu. Ya, seperti itulah kemudahan pasar digital. Tak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mendapatkan sesuatu. Selama ada internet, semua pun bisa.

Hal ini tentu sangat memudahkan para pelaku UMKM dari beberapa factor. Mulai dari proses penjualan hingga transaksinya. Berikut beberapa manfaat pasar digital untuk UMKM:

Lebih Profesional

Manfaat pasar digital yang pertama adalah terlihat lebih professional. Dengan mempunyai marketplace, website dan social media, kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual akan semakin meningkat. Ini akan semakin membuat usahamu akan semakin professional.

Apalagi jika kamu mengelola platform digital tersebut dengan baik, pasti konsumenmu juga akan bertambah pula. Sebab semakin bagus branding yang kamu buat, akan semakin bagus pula hasil dari penjualan yang kamu dapatkan.

Jangkauan Pasar Tak Terbatas

Inilah hal yang paling menguntungkan di era digital. Jarak dan waktu tidak lagi ada. Bahkan kamu bisa melakukan komunisai dengan teman yang ada di luar negeri sekalipun di waktu yang sama. Hal ini juga berlaku untuk pasar digital UMKM.

Dengan adanya pasar digital ini, pelaku  usaha akan lebih mudah menemukan konsumen mereka. Bahkan jangkauannya juga lebih luas. Jika kamu ada Indonesia dan ingin memasarkan produk ke luar negeri, tentu sangat bisa.

Salah satu kelebihan pasar digital ini adalah konsumen dapat pesan kapan pun dan dimana pun selama masih ada internet. Untuk pelaku bisnisnya pun juga sama. Kamu cukup memposting produk dan mempromosikannya lewat berbagai social media. Cara ini tentu sangat efektif untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

Tentu ini sangat berbeda dengan metode penjualan konvensional. Metode penjualan UMKM yang seperti ini cenderung lebih sempit. Sebab pembelinya hanya dari masyarakat domestic saja.

Biaya Operasional Rendah

Dibanding menjalankan UMKM secara konvensional, UMKM digital dinilai lebih rendah biaya operasionalnya. Kamu tak perlu membangun toko fisik untuk menjual produkmu. Bahkan kamu juga menyimpan uang untuk membayar karyawan menjaga toko.

Tak perlu repot, sebab dengan di pasar digital kamu hanya perlu mengandalkan perangkat seperti laptop, computer, hp dan internet untuk menjual produk. Kamu bisa menyimpan biaya operasional untuk membangun toko itu untuk kebutuhan yang lain.

Semua toko di pasar online di bangun secara virtual. Yang kamu perlukan hanyalah internet dan membuat akun di marketplace yang kamu inginka. Setelah itu unggah produk yang ingin kamu pasarkan dan lakukan promosi secara online. Sangat efektif dalam segi biaya dan waktu.

Itulah beberapa manfaat pasar digital bagi pelaku UMKM. Nah, sekarang bagaimana cara UMKM tembus pasar digital? Berikut ulasannya.

Cara Mudah UMKM Tembus Pasar Digital

cara mudah umkm tembus pasar digital

Saat ini para pelaku UMKM mulai berlomba-lomba beralih ke pasar digital. Selain dinilai lebih efektif, pasar digital juga lebih efisien dari segala bidang. Mulai dari segi operasional, jarak dan waktu. Oleh karena itu dengan pasar digital kesempatan untuk meraup banyak konsumen akan semakin tinggi.

Namun bagaimana cara untuk sukses dan tembus pasar digital untuk UMKM? Berikut adalah daftarnya!

Kualitas Produk

Kualitas produk menjadi poin penting jika kamu ingin tembus pasar digital. Konsumen digital ini dinilai sangat pemilih dari konsumen konvesional. Sebelum memutuskan untuk membeli produkmu secara online, mereka akan melihat beberapa review kualitas dari produkmu.

Oleh karena itu sangat penting bagi pelaku UMKM untuk mempertahankan kualitas dari produk mereka. Kualitas produk yang baik juga dinilai dari kemasan. Meskipun terlihat sepele, kemasan ini sangat berperan penting dalam menentukan produk yang kita jual.

Jika kamu membungkus produk asal-asalan, hal itu akan memberi pengaruh buruk bagi pelaku konsumen. Mereka akan berpikir beribu-ribu kali untuk membeli produkmu. Bahkan produk yang dikemas secara asal-asalan juga akan membuat usaha yang sedang kamu jalankan tidak professional.

Usahakan membuat kemasan semenarik dan unik mungkin. Dengan membuat kemasan yang unik dan menarik, konsumen juga akan semakin tertarik dengan produkmu. Bahkan ini juga bisa menjadi cirri khas yang tidak bisa dilupakan konsumen dari produk yang kamu buat.

Untuk membuat produk kosmetik berkualitas sekarang tak perlu susah. Kamu bisa membuatnya bersama Mash Moshem Indonesia lewat maklon kosmetik dan skincare.

Kami memiliki tim Research dan Formulator yang telah ahli, serta berpengalaman dalam bidangnya. Tak hanya itu, kami juga telah menghasilkan ribuan produk dan bekerja dengan lebih dari 600 brand kosmetik.

Harga

Kalau sudah bicara tentang harga, ini sangat sensitive bagi siapapun. Apalagi konsumen. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu para pelaku UMKM untuk lebih teliti soal harga. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memasang harga.

Kamu bisa melihat harga produk yang dibanderol oleh para competitor. Semakin murah harga, semakin dilirik pula produkmu oleh masyarakat. Namun perlu dicatat, jika harga tersebut terlalu murah, produkmu juga akan terlihat semakin murahan. So, hati-hati!

Untuk tetap terlihat murah dan tidak rugi, berikut adalah beberapa tips atau cara untuk menentukan harga pada produkmu.

Menentukan Harga Berdasarkan Biaya Produksi

Tentukan harga berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan. Pada umumnya keuntungan ini diambil dari 30 persen biaya produksi. Dengan cara ini kamu bisa memasang harga yang sesuai tanpa harus merugi.

Pelajari Strategi Kompetitor

Poin kedua adalah riset kompetitor. Tips yang paling jitu adalah jika kamu sudah melihat harga yang dibanderol oleh kompetitor, kamu bisa memasang harga di bawahnya.

Namun tentu dengan kualitas yang sama. Dengan cara seperti ini,produkmu akan semakin mendapat atensi dari konsumen. Atau bahkan mereka akan terus berlangganan di tokomu.

Sebab dengan harga yang lebih murah, mereka mendapatkan barang dengan kualitas yang sama. Selain itu, metode ini juga bisa merebut konsumen kompetitor untuk pindah ke tokomu.

Ingin tahu cara riset kompetitor yang benar? Simak langkahnya di sini!

Perhatikan Pendapat Konsumen

Tips selanjutnya adalah harga bisa ditentukan langsung dari konsumen. Jadi para konsumen ini akan berpendapat sendiri mengenai harga untuk produkmu.

Tapi hai-hati dengan metode ini, sebab jika kamu langsung menyetujui saran dari konsumen, nanti bisa juga merugi. Kamu juga harus pandai mempertimbangkannya dengan biaya produksi.

Itulah tips dari menentukan harga. Jadi sebelum harga itu tercantum pada produk, kamu harus benar-benar mempertimbangkannya dengan matang.

Namun, kamu juga bisa cari tahu bagaimana cara menentukan harga jual produk kosmetik di sini.

Promosi

Baik menjalankan UMKM secara konvensional dan digital, promosi adalah salah satu factor penting untuk menentukan sebuah usaha. Bedanya jika secara digital, semua promosi pun dilakukan secara digital pula.

Biasanya para pelaku UMKM ini akan memilih social media sebagai media promosi utama mereka. Memang tak menutup kemungkinan jika social medialah yang saat ini merajai semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua tak bisa lepas dari handphone dan social media.

Inilah momen yang tepat untuk para pelaku UMKM untuk memanfaarkannya. Nah, salah satu langkah utama untuk melakukan promosi adalah dengan mentukan target audience. Kepada siapa produkmu ini akan dijual. Jika promosimu tidak tertarget, maka produkmu tidak akan terjual secara tepat.

Jika targetmu sudah tepat, kamu bisa memikirkan cara selanjutnya untuk membranding diri. Branding diri ini sangat penting. Sebab branding akan menjadi hal utama yang diihat konsumen dari produk dan usahamu.

Kemudian jika kamu sudah membranding diri, konsumen pun akan segera berdatangan. Brandinglah seprofesional mungkin agar konsumen tidak meragu untuk menggunakan produkmu.

Promosi melalui social media juga sangat efektif dan kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur yang telah disediakan. Seperti fitur iklan. Untuk fitur iklan ini kamu bisa memilih langsung audience yang ingin kamu target. Mulai dari usia, gender hingga hobi dan kesukaan mereka.

Cara menargetkan seperti ini memang sangat efektif untuk meningkankan penjualan pada produkmu. So, selamat mencoba.

Memberi Kesan Positif

Salah satu cara mudah UMKM untuk tembus pasa digital selanjutnya adalah dengan memberi kesan positif. Yes, ini juga merupakan poin penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produkmu.

Kesan positif ini akan terus dikenang oleh konsumen. Hal ini dimulai dalam hal pelayanan. Untuk menarik atensi mereka, kamu bisa menjawab berbagai pertanyaan yang mereka ajukan melalui produkmu dengan ramah. Biasanya respon cepat juga akan menjadi poin positif di sini.

Feed back yang seperti inilah yang disukai oleh konsumen. Jadi kamu tidak heran jika di setiap penilaian di marketplace sekarang menyediakan kalimat ‘respon penjual sangat baik;. Sebab sepenting itulah pelayangan bagi konsumen kita.

Hal ini juga berlaku setelah pembelian. Jika ada konsumen yang complain terhadap produk yang telah mereka beli, hendaknya kita juga menerima masukan tersebut dan menanggapinya dengan baik. Dengan menanggapi ini dengan baik, akan merekam pula emosi dari konsumen tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Image yang Kuat untuk Bisnis Kosmetik

Nah itu semua adalah manfaat dari pasar digital dan cara mudah UMKM tembus pasar digital. Bagaimana, kamu sudah siap membantu perkonomian Negara?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment