Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu

pentingnya riset pesain bisnis

Apakah kamu pernah mendengar soal nasihat bisnis yang menyarankan agar para pemilik usaha maupun brand tidak terlalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh competitor mereka, dan lebih focus terhadap bisnis kosmetik mereka sendiri?

Well, sebenarnya pendapat ini enggak bisa dibilang 100% benar lho, Guys. Karena, sebagai seorang pebisnis yang baik, kamu pun enggak boleh mengabaikan competitor bisnis kosmetik kamu.

Kamu tentu enggak harus memantau setiap gerak-gerik competitor, atau kepo dengan urusan pribadi mereka. Namun, tak ada salahnya untuk mencari celah-celah dari bisnis kosmetik mereka yang bis akita manfaatkan.

Karena hanya memiliki produk kosmetik dengan bahan-bahan bagus pun enggak akan menjamin kesuksesan bisnismu. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, termasuk kalah dalam pasar persaingan.

Apalagi, mengingat bagaimana pasar kosmetik di Indonesia jadi kian ramai belakangan ini. Enggak hanya dari brand-brand lokal, melainkan berbagai merk kosmetik luar negeri pun turut masuk ke dalam pasar nasional.

Tentu, ini akan menjadi tantangan yang sangat besar untuk keberlangsungan brand kosmetik yang tengah kamu rintis. Inilah yang akhirnya membuat riser kompetitor bisa jadi hal yang sangat perlu kamu pertimbangkan dan lakukan.

Dengan begitu, kamu bisa menyusun strategi pemasaran, menciptakan produk kosmetik yang lebih terdepan, dan juga bisa mempertahankan posisimu dalam pasar kosmetik.

Nah, menyadari betapa pentingnya untuk mengenali dan melakukan riset competitor untuk brand kosmetikmu ini. Kami memberikan beberapa tips yang kamu bisa coba aplikasikan dalam menjalankan bisnismu. Selamat membaca dan semoga membantu!

Cara Melakukan Riset Kompetitor Brand Kosmetik dengan Tepat

riset

Mungkin sebelumnya kamu berpikir bahwa mencari tahu tentang brand kosmetik competitor adalah bukan hal yang perlu dilakukan. Padahal, riset ini sangat penting untuk membantumu mengatur strategi pemasaran hingga melakukan inovasi produk.

Berikut ini beberapa cara melakukan riset competitor brand kosmetik yang bisa kamu coba atau pelajari. Simak baik-baik, Ladies!

Pahami Karakter dan Target Pasar dari Brand Kosmetikmu Terlebih Dahulu

Ketika akan membuat produk atau menciptakan brand kosmetik, kamu tentu memikirkan untuk siapa produk ini dibuat dan siapa target pasar utamanya.

Nah, ide inilah yang kemudian akan digunakan dalam cara melakukan riset competitor brand kosmetik. Dengan begitu, kamu bisa menentukan mana saja saingan/kompetitor yang harus kamu teliti.

Tentu, kamu tidak bisa asal menentukan competitor, ini akan membuang waktu. Karena, sudah sangat jelas seberapa banyak produsen kosmetik dan brand-brand baru yang bermunculan di pasaran bukan?

Pada dasarnya ada beberapa jenis competitor brand kosmetik. Mulai dari competitor brand kosmetik yang memiliki banyak kesamaan dengan brand kosmetikmu, mulai dari model dan produk bisnis, dan cara pemasaran.

Pun ada juga kompetitor yang bisa kamu abaikan, karena sebenarnya secara model bisnis kosmetik, target pasar, maupun aspek-aspek dari brand yang dibuat tidak memiliki keserupaan atau sama sekali berbeda dengan punyamu.

Buat Daftar Kompetitor Brand Kosmetik yang Ingin Diteliti

Perlu untuk kamu ingat, bahwa industri kosmetik Tanah Air dalam musim kembangnya sekarang. Kamu akan dengan sangat mudah menemukan merk-merk kosmetik baru yang beredar di pasaran, dan dengan produk yang sama beragamnya.

Ini pun akan mempengaruh banyaknya competitor yang harus kamu teliti. Karena, bisa saja target pasar dan karakter dari brand tersebut sama dengan punyamu, untuk itu kamu perlu lebih waspada.

Tentu suatu hal yang luar biasa kalau kamu dapat melakukan riset terhadap seluruh competitor brand kosmetik yang terkait langsung dengan bisnismu. Akan tetapi hal ini agak mustahil untuk dilakukan, karena terlalu focus pada competitor juga akan membuang waktu.

Selain waktu, biaya yang dikeluarkan untuk riset sebanyak itu pun akan semakin besar. Oleh karena itu, kamu hanya perlu memilih beberapa kompetitor saja yang memang cukup kompetitif untuk brand kosmetik milikmu.

Meskipun riset ini sangat penting dalam menentukan arah pengembangan brand kosmetik yang kamu miliki ke depannya. Pemborosan tenaga, uang, dan sumber daya lainnya hanya untuk langkah ini juga bukan hal yang tepat.

Tetapkan Tujuan Riset yang Ingin Dicapai

Langkah selanjutnya adalah merumuskan tujuan riset yang ingin kamu capai. Dengan adanya tujuan-tujuan ini, riset yang akan kamu lakukan nantinya juga akan lebih terarah dan bisa berjalan kian efektif.

Dalam melakukan riset competitor brand kosmetik ini, hal apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh brand milikmu untuk lebih berkembang.

Misalnya, ketika kamu ingin mengungguli brand competitor ini dalam angka penjualan produk kosmetik. Maka penting untukmu mencari tahu bagaimana para competitor ini meraih angka-angka penjualan tersebut, yakni terkait dengan teknik pemasaran dan penjualan produk.

Sebaliknya, kalau kamu mencoba ingin menyaingi competitor di dalam segi popularitas. Tentu, riset yang dilakukan pun berbeda. Misalnya dengan meneliti strategi branding yang mereka jalankan, media apa saja yang digunakan, dan masih banyak lainnya.

Tiap-tiap tujuan riset competitor brand kosmetik ini memiliki cara tersendiri untuk mencapainya. Dengan memastikan tujuan riset yang ingin kamu capai sejak awal, semakin besar pula kemungkinan tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik.

Bahkan, bila dirumuskan dengan baik juga, kamu mungkin bisa mendapatkan wawasan baru yang tak terduga dari riset ini.

Merumuskan dan Mencoba Menerapkan Hasil Riset

Setelah melakukan ketiga langkah riset kompetitor brand kosmetik di atas, langkah terakhir adalah merumuskan dan mencoba menerapkan hasil dari riset tersebut.

Karena, tentu riset ini enggak akan berguna kalau kamu tidak mengaplikasikannya ke dalam bisnis kosmetik yang tengah kamu jalankan sekarang. Karenanya, cara riset kompetitor brand kosmetik yang terakhir ini sangat penting untuk dilakukan.

Selain demi memastikan bahwa langkah-langkah sebelumnya telah kamu lakukan dengan baik, kamu pun bisa mengetahui keefektifan teknik bisnis ini bagi brand kosmetik milikmu.

Pentingnya Melakukan Riset Kompetitor Brand Kosmetik

riset kompetitor

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa kegiatan riset kompetitor brand kosmetik ini bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan.

Menurut Kampus Digital, setidaknya ada empat manfaat ketika kamu melakukan riset kompetitor bisnis, yang telah dirangkum dalam penjelasan berikut ini.

Mengetahui Posisi Brand Kosmetik Kamu

Randy Rahman Hussen menjelaskan riset bisnis ini bisa sangat berguna untuk mengetahui bagaimana posisi brand kita di mata pelanggan.

Tak hanya itu, brand positioning ini pun bisa digolingkan sebagai tidnakan untuk merancang penawaran dan bagaimana citra prerusahaan agar dapat memberikan kesan khusus pada target pasar. Konsep ini tentu juga berlaku untuk brand kosmetik yang tengah kamu buat dan kembangkan.

Nah, untuk mengetahui posisi brand kosmetikmu di dalam pasar, tentu kamu memerlukan adanya competitor sebagai pembanding. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui atau mengatur strategi terefektif untuk merebut ataupun menjaga posisi brand kosmetik yang kamu miliki.

Tentu, tanpa melakukan riset kompetitor yang tepat, kamu tidak akan mengetahui bagaimana posisi brand kosmetik milikmu di pasaran.

Dapat Mengetahui Apa yang Kurang dari Brand Sendiri

Sebenarnya, hal yang paling mendasar dengan melakukan riset ini adalah bisa mengetahui apa yang kurang dari brand kosmetik yang kamu miliki.

Seringnya, banyak pebisnis yang cukup kesulitan untuk menemukan kelemahan dari produknya sendiri. Dan akhirnya selalu beranggapan bahwa produk yang dibuat menjadi yang terbaik di pasaran.

Padahal, bisa saja kamu melupakan hal-hal penting dalam pembuatan produk ini. Misalnya, ketika mengikuti tren kecantikan Korea misalnya, kamu membuat produk yang bisa melembapkan kulit wajah sampai bisa memberikan efek glowing banget.

Tanpa mempertimbangkan, apakah produk ini nantinya akan cocok digunakan di kulit perempuan tropis. Yang tak sedikit mengalami masalah kulit berminyak, atau berjenis kulit acne prone, tentu menambah kelembapan secara berlebihan juga bukan hal yang ideal untuk mereka.

Kadang kala dengan melakukan riset terhadap brand kosmetik kompetitor ini, kamu jadi lebih tahu apa saja kelebihan produk mereka. Selain itu, kamu pun dapat menemukan celah atau hal yang perlu dikoreksi dari produkmu sendiri.

Semakin cepat untukmu mengetahui masalah ini, maka semakin cepat pula bagimu untuk memberikan inovasi atau perbaikan terhadap produk yang kamu buat. Dengan begitu, brandmu akan lebih mudah di terima oleh masyarakat.

Mampu Memprediksi Tren Kosmetik di Masa Mendatang

Dengan riset brand kompetitor kita juga bisa memprediksi tren kecantikan apa saja yang akan hype di tahun-tahun mendatang. Tentu, ini adalah manfaat yang sangat baik untuk perkembangan brand kosmetikmu.

Terlebih, dunia kecantikan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kamu bisa menemukan berbagai produk dengan bahan-bahan dan kegunaan yang sangat beragam.

Kalau kamu sampai ketinggalan dan berhenti pada inovasi lama, maka pelanggan pun akan mencari produk baru yang lebih memenuhi kebutuhan kecantikan sesuai dengan tren terbaru.

Sebagai Referensi untuk Mengatur Strategi Pemasaran dan Branding

Manfaat selanjutnya adalah sebagai referensi untuk mengatur strategi pemasaran dan branding produk kosmetik milikmu.

Tentunya memiliki banyak sumber refrensi untuk kamu analisis, tiru, dan modifikasi merupakan suatu keuntungan lain. Kamu bisa mencoba mana strategi yang cocok dengan karakter dan target pasar dari brand kosmetikmu.

Tak perlu merasa sungkan atau gengsi, cara ini bukanlah hal yang tabu dalam dunia bisnis. Asal kamu masih mematuhi norma dan kode etik sendiri, riset kompetitor brand kosmetik ini enggak salah untuk dicoba, Guys!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment