Cara Menentukan Nama Brand Kosmetik yang Menarik dan Mudah Diingat

cara menentukan nama brand kosmetik

Sebagai seorang pebisnis pemula, kamu perlu memperhatikan segala aspek dari bisnis yang kamu jalankan dengan teliti. Salah satunya dengan membuat nama brand kosmetik yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen.

Dalam bisnis apapun begitu pula dengan bisnis kecantikan, nama merk/brand memegang peranan penting. Khususnya dalam hal menyampaikan citra (kesan) dari brand yan kamu buat, pun bisa berpengaruh besar pada keberharsilan dan perkembangan bisnis kamu ke depannya.

Memberi nama brand kecantikan yang kamu buat tentu tidak boleh sembarangan. Karena nama brand termasuk dalam tahap penting untuk menciptakan identitas merk kosmetik yang kamu buat secara keseluruhan.

Nah, karena alasan ini pulalah, Mash Moshem Indonesia akan memberikan penjelasan lengkap soal hubungan nama brand kosmetik dengan tingkat penjualan. Juga bagaimana cara menentukan nama brand kosmetik yang menarik dan mudah diingat.

Simak baik-baik, ya, Beautypreneurs!

Alasan Nama Brand Kosmetik Penting untuk Bisnis Kamu

ide bisnis kosmetik

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa nama brand merupakan salah satu tahap terpenting dalam menciptakan identitas produk maupun bisnis kosmetik yang kamu geluti secara keseluruhan.

Nah, selain itu adakah alasan lain mengapa nama brand jadi begitu penting? Sampai-sampai kita tidak boleh salah langkah dalam mengikuti cara menentukan nama brand kosmetik yang menarik dan mudah diingat.

Well, langsung cari tahu alasan dan penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sebagai Indikator Kepercayaan Konsumen

Pada dasarnya, bisnis apapun yang dijalankan, keperca   yaan konsumen menjadi kunci sukses dan berkembangnya usaha.

Nah, tahukah kamu kalau nama brand kosmetik pun bisa berperan sebagai indicator kepercayaan konsumen terhadap bisnis kecantikan yang kamu jalankan?

Pada dasarnya tiap konsumen memiliki standar tersendiri ketika menilai nama tiap brand kosmetik yang ada di pasaran. Faktor yang melatarbelakanginya tentu adalah pengalaman mereka, maupun informasi yang telah diperoleh sebelumnya.

Karena alasan yang sama pulalah, menjaga dan meningkatkan reputasi brand menjadi sangan penting. Semakin baik nama reputasi brand yang kamu bentuk, maka semakin tinggi juga kepercayaan masyarakat akan brand kosmetikmu.

Berpengaruh Pada Citra Produk

Apa yang pertama kali kamu lihat dari sebuah produk? Tentu selain kandungan dan bagaimana kemasannya, nama brand berpengaruh juga pada citra produk kosmetik yang kamu buat.

Beberapa nama seperti Mustika Ratu dan Gatsby, misalnya. Kedua brand ini memiliki target konsumen yang berbeda, namun dasarnya mereka sama-sama menjual produk kosmetik.

Gatsby dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen laki-laki, seperti parfum dengan aroma maskulin, sabun wajah, atau hair care khusus laki-laki. Citra ini pun dapat dilihat dari warna dan desain kemasan yang minimalis, pun menggunakan warna yang lebih gelap.

Gatsby dengan kata lain menjanjikan citra ‘laki-laki’ dalam nama brand mereka. Sementara itu, Mustika Ratu, dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau brand ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen perempuan.

Sebagai Pembeda dan Pembentuk Identitas Brand

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, nama brand/merk merupakan salah satu bagian terpenting untuk membentuk identitas dari bisnis atau kosmetik yang kamu buat.

Ketika kamu memilih nama yang tepat sesuai dengan karakter produk atau target konsumen, kamu perlu membuat nama yang otentik dan mudah diingat.

Mempermudah Kegiatan Promosi

Ketika nama brand sudah sangat menggambarkan tujuan dan target pasar yang ingin dicapai, maka kegiatan promosi untuk produk kosmetik yang kamu buat tentunya akan semakin mudah.

Kamu dapat melihat banyak contoh sederhana, seperti bagaimana produk dengan nama yang unik dan memberikan produk sama uniknya dengan nama mereka, akan mudah diingat.

Misalnya, beberapa kosmetik ternama seperti Make Over, apa yang kamu ingat ketika mendengar merk tersebut? Yap! Berbagai produk riasan wajah berkualitas tinggi dan dengan variasi yang sama banyaknya.

Nah, dengan brand reputasi yang bagus dan nama merk sesuai dengan karakter, tujuan, serta target pasar akan memudahkan proses promosi yang kamu lakukan.

Ide Variasi Produk pun Akan Lebih Mudah Ditentukan

Keberadaan nama merk kosmetik ini bisa sangat berpengaruh, apalagi kalau merk tersebut telah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Kareananya, ketika meluncurkan produk kosmetik baru, konsumen akan tetap percaya dan tertarik untuk mencoba produk tersebut.

Pada brand-brand kosmetik ternama misalnya, kamu bisa melihat betapa mudah mereka dalam menjual dan mempromosikan produk kosmetik baru yang dibuat.

Bahkan, beberapa konsumen rela menunggu dan berharap segera bisa mencoba produk tersebut. Seperti dengan melakukan pre-order (PO), suka rela memberikan testimoni ataupun review produk di Internet.

Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk

Nah, yang paling penting dari sebuah bisnis adalah keuntungan yang dihasilkan. Termasuk ketika membuat dan memasarkan produk skincare/kosmetik, angka penjualan tentu menentukan potensi kembang bisnis kamu.

Dilansir dari jurnal riset Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, dikatan bahwa nama merk berperan signifikan dalam keputusan pembelian suatu produk.

Karenanya, sebelum membuat dan membuka bisnis kosmetik dengan brand pribadi. Kamu tentu harus memikirkan dengan baik nama merk kosmetik, karena akan berpengaruh pada citra, keputusan pembelian produk, bahkan keberlangsungan usahamu di masa mendatang.

Poin yang Harus Diperhatikan dalam Cara Menentukan Nama Brand Kosmetik

menyiapkan daftar

Tidak masalah pendekatan apa yang kakan kamu pilih untuk menamai brand kecantikan milikmu. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa nama itu harus dapat menggambarkan identitas dari produk, target pasar, dan memungkinkan adanya perkembangan dalam produk-produk.

Misalnya ketika kamu memberi nama “Masker Organik Khas Jawa”, maka merk ini akan jadi sangat deskriptif dan justru membatasi ruang gerak inovasi produk nantinya.

Nah, lalu bagaimana cara menentukan nama brand kosmetik yang menarik dan mudah diingat? Well, tak perlu risau, cukup ikuti pertimbangan beberapa hal berikut dan kamu bisa menentukan nama merk kosmetik yang akan kamu buat.

Pikirkan Nilai ‘Unik’ dari Brand Kosmetik Kamu

Ketika cara menentukan nama brand kosmetik yang tepat, kamu pasti memikirkan banyak hal. Misalnya, makna dari nama itu sendiri? Hingga, capaian apa yang kamu inginkan dari nama tersebut?

Nah, salah satu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu adalah dengan mengenal baik produk yang akan kamu buat. Kamu bisa menyesuaikan namanya dengan keunikan produk, atau dari target pasar yang lebih khusus.

Jika kamu dapat menentukan Unique Selling Point produk kosmetik sebagai latar belakang merek. Hal ini bisa memberikan efek yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen.

Seperti, dapat memberi tahu mereka sekilas apa yang membuat merk kosmetik milikmu menonjol, serta apa tujuan atau harapan yang ingin dicapai dari penggunaan-penggunaan produk kosmetik tersebut.

Periksa Ketersediaan Nama Agar Tidak Ada Duplikasi

Meski sudah melalui proses brainstorming yang cukup panjang, kadang kala secara tidak sengaja kita bisa saja menggunakan nama brand yang sebelumnya sudah dipakai terlebih dahulu.

Pertumbuhan industri kosmetik yang signifikan enggak hanya terjadi di Indonesia, namun di berbagai negara lain di dunia. Banyak kemungkinan adanya duplikasi atau kemajemukan dalam nama yang kamu ambil.

Nah, kesamaan nama ini bisa menimbulkan kerancuan persepsi pembeli, juga bisa bersinggungan dengan hak intelektual bisnis kosmetik.

Untuk menghindari adanya duplikasi nama ini, kamu bisa memeriksa merk dagang secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk menggunakannya secara permanen dalam merk kosmetik kamu.

Usahakan Nama Brand Mudah untuk Diingat

Jangan membuat nama merek yang terlalu panjang atau yang terlalu rumit, sampai konsumen enggak mengingatnya.

Sebab, sebenarnya juga tidak ada yang suka untuk mengingat nama terlalu panjang. Kamu pun, ketika memiliki seorang teman pasti hanya memanggil nama panggilannya, bukan? Atau justru memberikan nama panggilan yang lucu dan mudah diingat.

Nah, konsep yang sama juga berlaku untuk cara menentukan nama brand kosmetik yang menarik dan mudah ingat.

Dilansir dari Formula Botanica, disebutkan bahwa nama merek idealnya tidak lebih dari dua kata saja. Bahkan beberapa juga menyarankan bahwa nama yang mudah diingat, akan lebih baik tidak lebih dari 6 karakter.

Dalam hal nama merek, semakin sederhana dan mudah diingat semakin baik. Banyak merek rumah tangga yang telah kita kenal dengan baik menganut filosofi ini.

Misanya beberapa merk ternama seperti Netflix, Nivea, Garnier, hingga Wardah. Nama yang lebih pendek cenderung lebih mudah diingat dan begitu banyak merek akan memiliki nama satu kata karena alasan ini.

Mudah Dipahami dan Memiliki Ruang untuk Berkembang

Jangan membuat nama merek yang begitu tidak jelas atau rumit sehingga pelanggan kesulitan memaknai citra brand yang kamu inginkan.

Mungkin sebagai penciptanya, nama itu cukup masuk akal buatmu. Namun, persepsi yang sama belum tentu muncul di kepala orang-orang yang baru pertama kali membaca nama tersebut.

Karenanya, selalu lakukan justifikasi dan mintai pendapat kru/rekan kerja kamu. Bila ada masukan, kamu perlu memperhatikannya dengan baik, kemudian membuat nama brand untuk lebih mudah dipahami.

Pastikan Namamu Bisa Diterima oleh Konsumen Global

Industri kecantikan menjadi salah satu hal yang paling menjanjikan dalam pasar ekonomi global. Bahkan di tengah pandemic begini, berbagai inovasi produk kecantikan justru muncul lebih pesat dibandingkan sector lain.

Nah, sebagai pebisnis yang baik, enggak ada salahnya kalau kamu berpkir jauh ke depan dengan menentukan nama merk kosmetik yang bisa diterima oleh konsumen global.

Misalnya dengan memikirkan bagaimana nama merk kosmetik kamu terdengar dalam bahasa, dialek, atau kebudayaan yang berbeda. Apakah ada perbendaan besar di antara konsumen global, sehingga citra produk tak dapat sampai dengan baik?

Bahkan jika kamu tidak ingin memperluas bisnis kamu secepat mungkin, tetap tidak ada salahnya untuk memikirkan potensi apa yang dimilikinya di masa mendatang, termasuk apa yang akan terjadi ketika kamu menjualnya ke pasar internasional.

Nah, itu adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai cara menentukan nama brand kosmetik yang menarik dan mudah diingat.

Memberi nama merk kosmetik kamu tentu memiliki proses yang tidak mudah, bahkan kadang sangat sulit memutuskannya hanya dalam waktu sehari atau dua hari.

Mungkin terasa frustasi karena belum memiliki nama untuk merek kosmetik yang tepat, tetapi meluangkan waktu untuk tahap ini memang sangat diperlukan.

Karena ketika kamu telah menentukan nama merk kosmetik yang tepat, maka kamu akan langsung tahu bahwa itu cocok dengan karakter, citra, tujuan, dan juga harapan bisnis kamu secara menyerluruh.

Nah, semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaanmu, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Ingin Brand Kosmetik Milikmu Tembus Pasar Internasional? Yuk, Lakukan Hal Ini!

Siapa sih yang enggak pengen mengembangkan usaha sampai bisa menembus pasar internasional? Well, semua orang dengan jiwa wirausahawan yang tinggi pasti ingin melakukannya. Dengan mengembangkan bisnis kosmetik kamu hingga ke pasar internasional juga akan memberikan banyak keuntungan. Termasuk memberi...

Continue Reading

Leave a Comment