Ingin Brand Kosmetik Milikmu Tembus Pasar Internasional? Yuk, Lakukan Hal Ini!

strategi menembus pasar kosmetik internasional (2)

Siapa sih yang enggak pengen mengembangkan usaha sampai bisa menembus pasar internasional? Well, semua orang dengan jiwa wirausahawan yang tinggi pasti ingin melakukannya.

Dengan mengembangkan bisnis kosmetik kamu hingga ke pasar internasional juga akan memberikan banyak keuntungan. Termasuk memberi brand kosmetik kamu ke pelanggan baru, yang bisa meningkatkan transaksi dan pendapatan dari usahamu.

Keinginan ini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk diwujudkan, karena sebagai pelaku industri kosmetik, kamu memiliki peluang yang cukup besar. Bahkan, banyak juga produk perawatan kulit hasil anak bangsa yang juga diterima di pasar luar negeri.

Namun, seperti halnya ketika kamu akan mencoba pasar baru mana pun atau bahkan dalam skala kecil, hanya memperluas target pasarmu, tentu diperlukan strategi yang matang. Sehingga usaha yang kamu lakukan ini akan membuahkan hasil yang baik.

Nah, penasaran apa saja strategi untuk menembus pasar kosmetik internasional? Langsung baca ulasannya berikut ini, ya!

Strategi Untuk Menembus Pasar Kosmetik Internasional

strategi menembus pasar kosmetik internasional (3)

Memasuki pasar kosmetik dengan jangkauan internasional bukanlah hal yang mudah dilakukan. Selain karena banyaknya competitor yang jauh lebih populer dan terkenal dibanding kamu, jangkauan konsumen baru yang terlalu luas juga menjadi tantangan tersendiri.

Namun, sekali lagi ini bukanlah suatu hal yang tidak mungkin bisa terjadi. Justru ketika kamu telah memiliki target sebesar ini, artinya kamu adalah seorang pengusaha yang punya visi tinggi.

Terlebih pasar global masih memiliki potensi yang sangat baik untuk brand kosmetik kamu, baik sebagai media pemasaran maupun pelayanan produk.

Pastikan kamu dapat mengambil seluruh kesempatan ini dengan strategi untuk menembus pasar kosmetik Internasional, yang matang dan sesuai peraturan hukum yang berikut.

Sebagai gambaran, berikut beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk dapat bertahan dan memasuki pasar kosmetik global dengan peforma maksimal. Yuk, simak baik-baik, Beautypreneur!

Pelajari Regulasi dan Persyaratan yang Berlaku

Strategi menembus pasar kosmetik internasional yang pertama adalah dengan mempelajari sistem regulasi dan persayaratan yang berlaku dalam perdagangan internasional, khususnya pada negara yang menjadi tujuan utamamu untuk memasarkan produk.

Karena setiap negara pasti memiliki sistem regulasi yang juga saling berbeda. Misal, produk apa saja yang boleh diperjualbelikan, standar penggunaan kandungan tertentu dalam kosmetik, besaran pajak yang diberlakukan, serta mekanisme perdagangan yang diberlakukan.

Mempelajari regulasi ini merupakan langkah dasar yang harus kamu lakukan. Meski sangat kompleks, ketika tidak bisa mendalami langkah ini brand kosmeitkmu justru bisa mengalami kerugian padahal perdagangan sudah terlanjur kamu jalankan.

Jangan Lupa Melakukan Riset untuk Pasar Baru

Di mana pun riset merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi bisnis kamu berkembang, juga seberapa tinggi presentase keberhasilan yang kamu tuai, juga untuk mengetahui apa kelemahan dari rencana bisnis kamu.

Riset ini bisad ilakukan dengan membaca laporan dan data pasar luar negeri, atau menyewa jasa bisnis consultant dari negara tujuan kamu untuk memahami target pasar baru yang kamu inginkan.

Dari data tersebut kamu akan dapat melihat bagaimana produk atau layanan sejenis dengan milikmu bisa diterima dengan basis konsumen lokal.

Cara lainnya, kamu bisa menghadiri pameran datang di area pasar sasaran kamu untuk menjalin jaringan baru, serta belajar tentang budaya dan kebaisaan bisnis lokal.

Kamu bisa belajar apa yang paling membuat masyarakat di sana antusias terhadap kosmetik, bagaimana sistem pemasaran dan penjualan berlaku, dan seberapa mereka terbuka dengan produk asing.

Riset pasar internasional yang kamu lakukan juga harus mencakup bagaimana hukum dagan dan perlindungan usaha utnuk melindungi calon pekerja, maupun konsumen kamu nantinya.

Buat Strategi dan Perencanaan yang Matang

Untuk dapat membaut brand kosmetik yang kamu miliki dapat memasuki pasar global. Kamu harus ingat bahwa persaingan pada pasar ini sangatlah tinggi,  dan banyak brand atau pengusaha kosmetik baru sepertimu yang sedang mencoba mengekspansi bisnis mereka.

Nah, kamu bisa membuat rencana usaha yang matang agar kamu bisa bertahan di tengah pasar kompetitif tersebut. Misalnya dnegan mempertimbangkan beberapa point berikut.

  1. Tim yang kompeten dan siap dengan tantangan baru.
  2. Kapasitas usaha dan kesiapan mentalmu sendiri dalam menghadapi permintaan pasar baru, yang jauh lebih luas dan kompetitif.
  3. Kemasan produk kosmetik yang kamu miliki apakah sudah sesuai dengan regulasi produk kosmetika di negeri yang jadi incaranmu.
  4. Apakah kamu sudah memiliki pengetahuan yang cuku? Kunjungi berbagai pasar baru dan potensial bagi bisnis kosmetik kamu, pamerkan brand kosmetik kamu dan bangun relasi baru yang menguntungkan.

Memilih Cara untuk Memasuki Pasar dengan Tepat

Untuk memastikan bahwa produk kosmetik akmu dikenal dan diterima baik oleh maysarakat di negara tujuan kamu, maka kamu harus bisa mengatur cara untuk memasuki pasar tersebut dengan tepat.

Ada banyak cara untuk memasuki pasar dengan tepat, misalnya denagn menjual produk tersebut secara langsung, lewat distributor dan agen penjualan.

Kamu bsia memilih cara mana yang paling cocok dengan bisnis kosmetik kamu dan budget yang kamu miliki.

Mulai Melakukan Pemasaran

Langkah selanjutnya dari strategi menembus pasar kosmetik internasional adalah dengan langsung memulai kegiatan pemasaran atau promosi.

Kamu bisa memulainya dengan mengoptimalkan website dengan konten berbahasa Inggris atau Bahasa negara yang jadi target pasar kamu. Kamu pun bisa menggunakan sitrus media sisal global seperti Twitter, Instagram, Pinterst, dan Facebook untuk mempromosikan brand kosmetikmu dengan lebih optimal.

Pastikan Brand Kamu Mengantongi Semua Legalitas yang Dibutuhkan

Banyak orang yang salah mengira, dengan berasumsi kalau ketika menjual produk kosmetik di pasar global mereka tidak membutuhkan legalitas dari negara sendiri.

Well, nyatanya setiap sistem regulasi dan hukum di tiap negara memang berbeda, tapi mereka saling berintegrasi.

Ketika kamu tidak memenuhi standar legalitas dan keamanan kosmetika yang diterapkan di Indonesia, maka kamu pun akan kesusahan untuk melebarkan sayap bisnismu ke pasar asing.

Sama halnya makanan, kosmetik pun mengandung bahan-bahan yang bisa memberikan efek pada tubuh. Baik langsung maupun tak langsung, ketika digunakan pada kulit.

Karenanya regulasi yang dibutuhkan pun akan jadi lebih panjang. Agar keamanan produk tersebut lebih terjamin dan konsumen bebas dari dampak berbahaya.

Pilih Transportasi Logistik yang Tepat

Logistik adalah hal yang harus kamu pikirkan baik-baik, karena produk kosmetikmu ini akan dikirimkan keluar negeri. Karenanya, kamu harus tahu dan bisa memilih transportasi logistic mana yang terpercaya dan memiliki reputasi bisnis yang bagus.

Kamu pun harus memastikan bahwa asuransi yang dikenakan oelh perusahan logistic ini menyangkut biaya-biaya tertentu sekaligus. Misal biaya bea cukai, pengemasan, hingga metode pengangkutan atau ekspedisi yang diperlukan nantinya.

Menjalin Komunikasi Yang Baik dan Efisien

Mau sebesar apapaun bisnis yang kamu rintis, komunikasi merupakan kunci dari segalanya. Yap! Bahkan ketika kamu akan memasarkan brand kosmetikmu ke pasar internasional.

Pastikan kamu selalu menerapkan strategi menembus pasar kosmetik internasional ini dengan perwakilan brandmu di negara tesebut dengan baik. Kamu juga harus sering update informai paling baru yang berhubungan dengan perkembangan brand kosmetikmu di sana.

Baik itu yang berkaitan tentang kondisi sosio kultural, geografis, politik, dan berbagai fenomena lain yang kiranya berdampak pada brand kosmetikmu.

Metode Pembayaran Internasional

Metode pembayaran atau transaksi internasional ini tentu sangat diperlukan, mengingat kamu telah memperluas pasar kosmetikmu ke ranah internasional

Ketika kamu memiliki metode pembayaran ini, maka konsumen akan lebih  nyaman dan mudah untuk melakukan transaksi.

Lakukan Pencatatan pada Setiap Transaksi yang Terjadi

Setiap transaksi kamu lakukan, baik itu berupa pengeluaran atau pemasukan, ada baiknya untuk selalu dicatat pada sistem pembukuan yang sesuai dengan standar dan mudah untuk dipahami.

Bekerja Sama untuk Menciptakan Kosmetik Standar Internasional

maklon makeup

Salah satu strategi menembus pasar kosmetik internasional yang paling dasar dan harus kamu lakukan adalah memilih partner bisnis yang tepat, khususnya perusahaan maklon yang dapat menciptakan kosmetik berkualitas dan dapat bersaing di kancang internasional.

Mash Moshem Indonesia memiliki tim Research and Development (RnD) yang ahli dan telah berpengalaman di bidangnya. Kami pun selalu melakukan riset dan pengembangan produk hingga kualitas produk dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Kami telah mengantongi sertivikasi CPKB tingkat A dari Badan POM, Halal MUI, Vegan Certified BeVeg. Mash Moshem Indonesia selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan berkomitmen untuk menciptakan produk kosmetik yang aman, serta menguntungkan bagi klien kami.

Bersama kami, brand kosmetik milikmu dapat menembus pasar kosmetik internasional, lewat produk-produk kosmetik berkualitas dan tak kalah dengan saingan di luar negeri.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment