Mau Berbisnis Sendiri? Simak Cara Menjadi Reseller Kosmetik Berikut Ini

cara menjadi reseller kosmetik

Sepertinya, saat ini tidak sedikit produk-produk kecantikan menawarkan berbagai macam peluang untuk menjadi mitra bisnis sebagai reseller, terutama di bidang kosmetik dan skincare.

Tingginya permintaan masyarakat menjadikan kosmetik masuk sebagai kebutuhan primer, bukan hanya kebutuhan primer untuk kaum perempuan, tetapi juga kebutuhan untuk laki-laki lho!

Besarnya jumlah konsumen produk kosmetik menjadikan setiap produsen kosmetik terus berinovasi. Tidak sedikit dari mereka yang selalu mengupdate produk barunya dalam jangka waktu satu bulan.

Hal ini menjadikan pasar produk kosmetik semakin pesat dan ketat persaingannya, yang otomatis membuka peluang bisnis baru bagi masyarakat.

Dari sini kita dapat melihat, bagaimana tren masyarakat mulai banyak memanfaatkan peluang untuk berbisnis produk kosmetik, mengingat setiap bulan selalu muncul merek-merek produk kosmetik terbaru yang  bikin tangan masyarakat gatal untuk membelinya.

Untuk mengatasi persaingan pasar dan kelancaran distribusi, produsen-produsen kosmetik biasanya membuka peluang untuk bekerjasama dengan masyarakat yang berminat untuk menjadi reseller.

Apa sih Reseller Itu?

cara menjadi reseller kosmetik

Mungkin dari kamu ada yang belum tau, apa sih reseller itu? Jadi reseller itu adalah pihak penjual yang memiliki sebuah bisnis tanpa menggunakan modal, nantinya disini kamu ngga perlu mengeluarkan uang untuk modal awal.

Wah cukup asik juga ya jadi reseller, tanpa keluar modal kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan yang dijalankan.

Tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa tahapan yang harus kamu pahami sebelum menjadi reseller, yaitu membaca peluang produk yang akan kita distribusikan kepada calon konsumen.

Seperti melakukan riset dan observasi di sosial media dan beberapa forum yang sedang mendiskusikan produk kosmetik. Karena perlu diingat bahwa produk kosmetik selalu mengeluarkan produk baru setiap bulan.

Di sini kami akan berbagi tips kepada kamu gimana sih cara menjadi reseller kosmetik. Yuk, simak ulasannya!

Tips dan Cara Menjadi Reseller Kosmetik dengan Modal Kecil

Setelah mengetahui bagaimana konsep kerja reseller dan keuntungannya memulai bisnis online, kamu pasti sudah tidak sabar untuk mencobanya, bukan?

Nah, meski modal yang dikeluarkan tidak dalam jumlah yang besar, kamu perlu menyusun strategi bisnis yang efektif agar jualanmu dapat laris di pasaran.

Lantas bagaimana sih cara menjadi reseller kosmetik yang menguntungkan dengan modal kecil? Simak uraiannya di bawah ini!

Selalu Update Tentang Gaya Hidup dan Trend Kecantikan

Ini merupakan langkah pertama untuk melancarkan distribusi disaat kamu akan menjadi reseller produk kosmetik. Yaitu perlunya memahami dan menentukan produk kosmetik yang akan dijual.

Langkah ini sangat penting untuk kamu perhatikan, karena akan sangat memberikan sebuah pengaruh besar untuk kelangsungan bisnis yang akan dijalankan.

Hal ini sangat perlu sekali kamu cermati sebelum memulai menjadi reseller kosmetik, agar penjualan produk kosmetik tidak asal menjual dan menyebabkan minim pembeli. 

Pemahaman dan penentuan ini dapat kamu lakukan dengan melakukan riset di sosial media dan forum-forum diskusi seputar kosmetik. Nantinya hasil riset kamu ini akan bisa kamu siasati sendiri trend apa yang sedang berlangsung dan langkah apa yang akan kamu tentukan nantinya.

Misalnya tidak sedikit masyarakat yang berada di sosial media sedang penasaran dan ngepoin produk kosmetik dari produk C. Nah, di sini kamu nanti bisa memanfaatkan peluang untuk menjual produk yang serupa juga yang diproduksi dari produk C.

Momen seperti ini harus pas dan harus jeli meninjaunya, karena masyarakat tidak sedikit yang berminat untuk membeli produk C yang lagi trend.

Melakukan Perencanaan Bisnis dengan Matang

Kalau kamu sudah selesai melakukan update dengan selera masyarakat terhadap produk kosmetik, langkah selanjutnya kamu harus segera menyusun perencanaan bisnis yang baik dan terstruktur.

Hal ini nanti akan menjadikan bisnismu lebih terarah, terutama dalam segi promosi produk yang akan kamu perjualbelikan.

Pilihan promosi ini banyak banget kok! Jangan khawatir, kamu bisa memulai dengan postingan-postingan di sosial media, marketplace dan platform digital lainnya.

Media promosi online ini juga dapat menguntungkan sistem penjualannmu. dalam perencanaan bisnis ini. Namun tetap uahakan buatlah sebagus mungkin tempat promosi yang kamu gunakan agar produk kosmetik yang kamu jual jadi kian laris.

Memilih Supplier Kosmetik yang Profesional

Sebelum kamu menjadi reseller kosmetik, ada baiknya kamu memastikan dan memilih dahulu supplier yang akan memberimu distribusi produk kosmetik.

Karena berperan sebagai resseller, kamu tidak akan bisa menyetok barang sesuai keinginanmu, karena pada bagian ini supplier lah yang akan mengirimkannya langsung. Jadi supplier adalah tangan pertama dala transaksi pengiriman.

Kemudian kamu harus memastikan tangan pertama ini, sebisa mungkin sudah profesional, berpengalaman dan terpercaya dengan baik di bidang kosmetik juga. Karena hal ini kedepannya akan sangat membantumu kedepannya jika kamu sedang mengalami permasalahan dalam penjualan.

Jika tangan pertama ini yang memiliki dan melakukan produksinya sendiri, justru lebih baik dan bagus seperti halnya produksi dari Mash Moshem Indonesia. Produk yang kamu buat pasti kualitas produksi dan hasil produksinya sangat berkualitas dan terjamin.

Ketahui Juga: Ingin Buka Toko Online, Ketahui Cara Mencari Supplier Kosmetik Murah Berikut

Menentukan Harga yang Kompetitif untuk Menarik Konsumen

Perlu kamu perhatikan, bagian ini adalah bagian paling penting ketika kamu akan menjadi reseller kosmetik, yang mana menentukan ranah penjualan produk kosmetik kamu tanpa stok.

Selain itu juga untuk persaingan dengan penjual atau reseller produk kosmetik yang bermerk sama.

Di sini menentukan harga yang terjangkau dan menarik adalah salah satu kunci kamu ketika menjadi reseller produk kecantikan.

Buatlah semacam diskon atau potongan harga di waktu-waktu tertentu agar setiap calon konsumen tertarik untuk membeli dan menjadi pelanggan setia di platfrom toko online kosmetikmu, lho!

Bagaimana cara menentukan harga jual yang menguntungkan? Lihat tipsnya di sini.

Melakukan Pemasaran

Jika kita lihat saat ini, marketplace adalah salah satu bentuk tempat yang strategis guna melakukan promosi dan pendistribusian produk kosmetik.

Akan tetapi ketika kamu memiliki media sosial untuk marketplace kamu sendiri, langkah ini justru akan sangat menguntungkan buatmu. Sebab hal ini akan menambah nilai dan rating tokomu di masa depan.

Otomatis hal ini akan mempengaruhi banyaknya pelanggan dan kelancaranmu ketika melakukan pemasaran produk kosmetik.

Buatlah semacam iklan dan infografis yang semenarik mungkin, seunik mungkin guna menambah followers, pengunjung dan konsumen di media sosialmu.

Desain Toko Semenarik Mungkin

Eits, tetapi kamu jangan asal posting konten, atau poster ya! Perhatikan dulu dengan baik bagaimana marketplace kosmetik di platfrom sosial media untuk menambah relasi serta juga refrensimu untuk postingan tokomu.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah menentukan logo untuk tokomu sendiri biar terlihat elegan, profesional dan juga menarik!

Logo akan mempengaruhi banyaknya pelangganmu juga nantinya, selain itu juga popularitas terhadap produk-produk yang kamu perjual-belikan. Usahakan buatlah logo yang sederhana dan mudah diingat, tidak rumit dan menarik untuk para konsumen.

Untuk konten dan feed marketplacemu, usahakan gunakan hasil jepretan foto yang berkualitas dan beresolusi tinggi agar pembeli bisa mengamati dengan baik produk yang akan mereka beli di marketplace.

Selain menarik pembeli, feed juga akan memudahkan para pembeli untuk mencari produk kosmetik yang sedang mereka inginkan.

Memberikan Pelayanan Paling Terbaik

Bagian ini adalah bagian penting yang harus kamu terapkan ketika menjadi reseller produk kosmetik. Ngga ada salahnya kok, kalau kamu selalu ramah dan berbaik hari kepada pembeli.

Hal ini akan sangat mempengaruhi daya ketertarikan mereka, karena kenyamanan saat berkomunikasi adalah kunci awal ketika kita akan melakukan sebuah bisnis kosmetik.

Selain itu, percakapan yang ramah akan menimbulkan keakrban dengan pembeli yang nanti akan membuat mereka tidak kapok untuk membeli produk di tokomu lagi. 

Usahakan buat pembeli menjadi nyaman dan akrab dengan kamu, jelaskan sebaik mungkin produk yang kamu psoting di marketplace.

Mudah banget kan jadi reseller produk kosmetik? Jadi begitulah teman-teman cara menjadi reseller produk kosmetik.

Tunggu apalagi? Yuk segera kamu coba untuk memulai bisnis kosmetik, kesuksesan dan keuntungan menunggumu di depan mata!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment