7 Cara Mengukur Brand Awareness yang Mudah, Seperti Apa?

cara mengukur brand awareness

Sudah melakukan promosi dan beriklan dengan modal besar, tapi kamu belum merasakan untungnya? Coba cara mengukur brand awareness produk agar kamu tahu, bagaimana posisi merk kosmetikmu di pasaran.

Ini karena salah satu alasan konsumen membeli produk adalah karena rasa familiar yang mereka rasakan terhadap product tersebut. Baik karena iklannya yang eye catching, review bagus yang konsumen lain tinggalkan, hingga pengalaman mereka saat menggunakan produk tersebut.

Selain itu, untuk menumbuhkan rasa familiar konsumen ini, bisa kamu lakukan lewat penampilan logo, tagline sampai proses pemasaran yang massal.

Brand awarness akan memiliki peran penting untuk memasarkan produk. Karenanya, setelah membuat atau mebentuk awareness itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara mengkukur brand awareness tersebut.

Hal ini untuk mengetahui bagian mana yang harus kamu kembangkan dan pertahankan dalam strategi pemasaran dan branding yang kamu jalankan selama ini. Akan tetapi, untuk menerapkan pengukuran brand awareness kamu akan memerlukan waktu dan proses yang cukup panjang, serta tidak mudah.

Lantas bagaimana cara mengukur brand awareness yang tepat untuk bisnismu? Well, baca penjelasan lengkapnya dalam uraian berikut ini, ya, Beautypreneurs.

Cara Mengukur Brand Awareness

Berikut ini ada beberapa cara mengukur brand awareness yang dapat kamu terapkan dalam bisnis kosmetikmu. Apa saja? Langsung simak langkah dan penjelasannya berikut ini, ya.

Mengukur Pertumbuhan Traffic Website

Mengetahui jumlah orang yang mengunjungi situs website yang kamu miliki, akan dapat membantu kamu untuk mengukur seberapa jauh brand awareness kamu populer di masyarakat.

Pada poin ini, kamu disarankan untuk memantau lalu lintas pertumbuhan traffic website yang kamu miliki. Dari sini kamu akan mengetahui seberapa kerap orang-orang yang mengunjungi website kamu dengan langsung menulis URL website yang kamu miliki.

Walaupun pada aktivitas ini kamu tidak akan mendapatkan bagaimana mereka memahami dan belajar tentang brand awareness yang kamu miliki. Namun dari isini orang yang mengunjungi website kamu secara otomatis akan membantu website kamu mengalami pertumbuhan website.

Traffic website akan sangat membantu kamu untuk menjelaskan bagaimana brand awarennes kamu ditampilkan di website-website lain.

Selain itu, kamu dapat mengetahui artikel yang kamu upload di website milikmu sendiri telah dikutip oleh website lain. Yani dengan cara mencantumkan tautan langsung yang membawa user masuk ke website yang kamu miliki ketika mengekliknya.

Agar kamu lebih mudah untuk mengukur pertumbuhan traffic website yang kamu miliki, di sini kamu bisa menggunakan Google Analytics. Fitur dari Google ini berguna untuk mengetahui jumlah traffic yang berasal dari masing-masing channel.

Menggunakan Google Analytics juga akan membantu kamu untuk mengetahui sudah berapa banyak user yang datang mengunjungi website kamu. Baik dari channel media sosial atau yang lainnya.

Mengukur Engaggement Media Sosial

Mengukur engagement media sosial merupakan poin yang sangat penting untuk mengukur brand awareness. Terutama jika kamu menjalankan campaignnya melewati influencer atau media sosial.

Ada beberapa macam metrik media sosial yang dapat kamu pantau. Melalui likes, reach, share, impressions, comment, click, mention, follow dan juga penggunaan hastag.

Mengukur engagement bisa memberi kamu sebuah gambaran perihal sebuah percakapan apa saja yang nantinya akan muncul, terutama pembahasan mengenai brand yang kamu miliki dan kamu posting di media sosial.

Karena biasanya pelanggan akan sering kali mencantumkan nama brand dan produk kamu dalam konten yang mereka buat. Baik yang berada di Instagram, Facebook, Twitter, website dan platfrom media sosial lainnya.

Dari sini, penggunaan platfrom media sosial biasanya akan lebih mempermudah kamu karena tersedianya beberapa fitur analitik di masing-masing aplikasi yang kamu pilih.

Agar lebih mudah menggunakannya, kamu bisa menggunakan tools khusus, seperti yang ada di dalam social media analytics untuk bisa mendapatkan sebuah insight.

Kamu bisa  memulainya dengan memasukan beberapa kata kunci yang ingin kamu analisis dan amati, dengan menggunakan insight yang bisa kamu pergunakan dan ketahui dengan instan.

Bandingkan Performa Akun dengan Milik Kompetitor

Adapun cara lain untuk mengukur brand awareness yang kamu miliki, yaitu dengan melakukan berbandingan performa akun kamu dengan akun miliki kompetitor.

Melakukan kegiatan perbandingan performa sama saja dengan melakukan kegiatan analisis, yang kedepannya akan memberi kamu waktu untuk evaluasi terhadap brand awarness yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan identifikasi terhadap performa akun milik kompetitor, agar bisa mengetahui bagian apa yang kurang dan harus dibenahi.

Untuk melakukan proses perbandingan performa akun dengan milik kompetitor, kamu bisa menggunakan atau memanfaatkan search engine seperti halnya Google untuk membandingkannya, dengan cara memasukan keyword terkait produk yang bahan dasarnya sama dengan produk milikmu.

Dari data di search engine, kamu akan mengetahui sudah berapa kali kata kunci brand awarness suatu produk sudah terjadi dalam periode waktu tertentu sampai perbulan.

Lakukan Survey

Pada poin ini, kamu bisa melakukan survei dengan berbagai macam cara. Kamu bisa melakukan aktivitas survey dengan cara melalui website, email maupun telepon agar bisa mengetahui dari mana saja pelanggan yang tahu tentan brand awerness kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menanyakan beberapa hal terkait dengan brand awarness yang kamu miliki kepada orang lain dengan cara acak.

Dari sini kamu bisa mendapatkan insight, sudah seberapa populer dan sudah seberapa familiar masyarakat mengetahui brand awerness kamu.

Agar kamu bisa lebih mudah mengukurnya, kamu bisa menggunakan analytics tools sebagai alat penunjang yang kedepannya bisa berfungsi memberikan kamu insight terhadap pengenalan brand awarness kamu.

Menghitung Popularitas Pencarian

Menghitung populartias pencarian untuk mengukur brand awareness, menjadi sebuah indokator terpenting untuk mengetahui seberapa jauh konsumen melihat dan mendengar brand yang kamu miliki sebelumnya.

Selain itu, popularitas pencarian bisa dijadikan sebuah alat untuk menganalisis seberapa penting dan sering brand kamu disebutkan atau disinggung di media sosial, serta apa saja sih yang dibahas terkait dengan brand yang kamu miliki.

Untuk memudahkan kamu menghitung popularitas pencarian terkait dengan brand awarness, kamu bisa menggunakan lima indikator brand awareness seperti peringkat website di mesin pencari, mention dan shares social media, jumlah ulasan di website lain, advokasi brand dan jumlah pengunjung website.

Dari indikator ini, akan membantu kamu mengetahui sejauh mana popularitas brand awarness kamu sering di cari di mesin pencarian.

Brand Advocacy Karyawan

Untuk mengukur brand awareness, kamu juga bisa menggunakan karyawan sebagai brand advocate lho. Selain membantu mengukur seberapa jauh brand kamu dikenal, kamu juga bisa membuat karyawan kamu menjadi memiliki banyak jaringan untuk penyebaran brand.

Disini kamu tidak perlu untuk mereorganisasi pengeluaran anggaran, kamu cukup memanfaatkan karyawan kamu yang memiliki media sosial sebagai alatnya pengukurannya.

Langkah ini bisa kamu lakukan dengan cara sering memposting konten berkaitan dengan perusahaan. Atau menyinggung brand dengan teman si karyawan dalam sebuah prostingan terkait brand produk yang kamu miliki.

Pentingnya Mengukur Brand Awareness

Cara mengukur brand awareness untuk bisnis di atas bisa kamu terapkan dengan mudah pada brand kosmetikmu. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan mengingat banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan. Apa saja?

  1. Mengetahui bagaimana posisi brand dan produk di mata masyarakat
  2. Kamu dapat mengetahui bagaimana keunggulan dan kelemahan produk
  3. Dapat mengetahui bagaimana tingkat kompetisi brand di pasar kosmetik.
  4. Mampu memberi gambaran lebih jelas mengenai strategi apa yang tepat untuk kamu jalankan di kampanye selanjutnya.
  5. Membantu inovasi brand dan produk kosmetik yang kamu miliki.

Jadi itulah beberapa indikator yang membuat aktivitas mengukur brand awerness menjadi penting. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu untuk menyusun strategi pemasaran dan branding yang lebih efektif pada periode promosi mendatang.

Selain itu, hal ini juga bisa membantumu menganalisis kekurangan dan kelebihan yang terjadi di dalam brand awareness yang kamu miliki. Setiap kekurangan dan kelebihan tersebut bisa dijadikan evaluasi untuk mengembangkan merek produkmu menjadi lebih dikenali lagi oleh masyarakat.

Nah, setelah mengetahui pentingnya mengukur brand awareness bisnismu, jangan lupa untuk menerapkan cara ini pada brand kosmetikmu, ya. Sehingga kamu bisa tahu bagaimana pendapat dan penerimaan masyarakat terhadap brand yang kamu kelola.

Selain itu, akan semakin mudah juga buatmu untuk melakukan pengembangan dan penciptaan produk kosmetik baru sesuai dengan ketertarikan pasar. Penciptaan produk ini juga bisa dengan mudah kamu lakukan lewat jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

Kamu bisa menyesuaikan formula dan spesifikasi produk dengan kebutuhan serta minat target pasarmu. Selain itu, kami juga menawarkan layanan tambahan di luar produksi kosmetik, yakni pembuatan berbagai media promosi. Termasuk pembuatan brosur, katalog, video produksi, dan foto produk kosmetik.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment