Cara Riset Tren Produk di Tokopedia untuk Tingkatkan Penjualan Toko

cara riset tren produk di tokopedia

Hai Beautypreneurs! Tahukah kamu kalau jenis produk yang kita jual bisa berpengaruh pada pendapatan toko. Misalnya dengan menjual produk yang banyak diminati dan dibutuhkan masyarakat. Nah, untuk mengetahuinya, kamu bisa menerapkan cara riset tren produk di Tokopedia.

Riset produk pada dasarnya merupakan langkah dasar yang harus kamu lewati ketika akan membuka bisnis. Baik bisnis yang kamu buka secara online lewat marketplace, maupun yang kamu jual secara langsung.

Begitupun saat akan berjualan di Tokopedia, yang merupakan e-commerce dengan jumlah kunjungan tertinggi pada kuartal IV tahun 2021 lalu versi Databoks.

Pengunjung yang ad aini enggak hanya diisi oleh pembeli, lho. Justru ada banyak orang seperti kamu, yang juga memulai dan telah menjalankan bisnis online mereka di lapak hijau tersebut. Dan bukannya tak mungkin juga, kalau produk jualan mereka mirip denga napa yang kamu jual.

Nah, agar dapat memenangkan pasar dan meningkatkan pendapatan toko, kamu bisa melakukan cara riset tren produk kosmetik di Tokopedia berikut ini.

Berbagai Cara Riset Tren Produk di Tokopedia

Untuk melakukan riset tren produk di Tokopedia ini, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini. Yuk simak baik-baik, Guys!

Cara Riset Tren Produk Lewat Mesin Pencari Tokopedia

Untuk mengetahui produk apa yang sedang popular di Tokoepdia, kamu bisa langsung mencarinya lewat mesin

Masuk ke Akun Seller-mu

Langkah pertama dari cara riset tren produk lewat mesin pencari Tokopedia ini adalah masuk ke akun sellermu, namun via Website, ya.

Masukkan Kata Kunci Produk

Selanjutnya masukkan kata kunci produk yang ingin kamu cari pada kotak pencarian Tokopedia. Sesuaikan jenis kategori dan pilih salah satu yang ingin kamu teliti.

Misal, kamu memasukkan kosmetik. Maka akan beberapa kategori yang muncul, kamu bisa memilih skincare, makeup, dan body lotion. Kamu bisa memilih focus pada salah satu kategori tersebut dan melihat volume pencarian yang pengguna lakukan.

Pakai Filter Produk

Langkah selanjutnya dalam cara riset tren produk di Tokopedia adalah memakai filter produk. Filter ini akan membantu mengurutkan dan mengelmpokkan produk berdasarkan hasil pembelian terbanyak. Caranya, kamu hanya perlu klik dan pilih Urutkan berdasarkan Penjualan.

Kamu juga bisa memfilter produk dari tinggi rendahnya harga, juga dapat menyaringnya berdasarkan lokasi pasar yang ingin kamu raih. Misal, Skincare Pemutih Surabaya, Body Lotion SIdoarjo, dan banyak lainnya.

Pilih Produk

Selanjutnya kamu bisa langsung memilih produk yang menarik perhatianmu untuk dijual kembali. Pada proses ini kamu sudah melakukan riset yang lebih dalam, misalnya mengenai kualitas produk, spesifikasi, harga, hingga bagaimana respon konsumen lama.

Cara Riset Tren Produk di Fitur Wawasan Pasar Tokopedia

Selain menggunakan mesin pencari di apliaksinya langsung, kamu juga bisa riset tren produk di Fitur Wawasan Pasar Tokopedia. Fitur ini dapat membantumu mengetahui produk yang paling pouler dan laris di Tokopedia.

Ikuti cara riset tren produk di Fitur Wawasan Pasar Tokopedia, berdasarkan keyword tertentu berikut ini.

  1. Klik menu Form dan pilih Marketplace Tokopedia
  2. Setelah itu, pilih Mode
  3. Masukkan Kategori yang kamu inginkan, atau jika kamu ingin pencarian yang luas, maka bisa pilih Semua Kategori.
  4. Isi dengan keyword produk yang kamu inginkan.
  5. Kemudian lengkapi rentang harga dan centang opsi penjualan, misal hanya grosir, eceran, atau semunya. Ini termasuk pilihan opsional, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.
  6. Setelah itu pilih produk yang kamu inginkan dan atur urutan pencarian sesuai keinginanmu.
  7. Kamu bisa memilih jumlah maksimal tampilan hasil pencarian produk di mesin pencari. Baru klik Mulai untuk melakukan pencarian.

Pentingnya Mengetahui Tren Produk di Tokopedia

Setelah mengetahui cara riset tren produk di Tokopedia, apakah menurutmu langkah ini perlu untuk kamu lakukan dalam memulai bisnis online?

Untuk menjawab pertanyaanmu itu, simak alasan mengapa mengetahui tren produk di Tokopedia itu penting berikut ini.

Dapat Menemukan Ide Produk yang Potensial

Manfaat mengetahui tren produk popular di Tokopedia yang pertama adalah dapat menemukan ide produk yang potensial dan menjanjikan. Apalagi semua data yang ada dalam sistem wawasan pasar ini dihitung beradasarkan pembelian produk.

Tentu, ketika kamu mengetahui produk apa yang sedang popular akan semakin mudah bagimu menentukan produk jualanmu nantinya.

Tak hanya itu, ketika kamu memiliki brand sendiri pun, kamu bisa menggunakan data ini untuk mengembangkan ide/konsep produk milikmu.

Mempertajam Strategi Pemasaran Produk

Keuntungan lainnya dengan melakukan riset tren produk ini adalah dapat mempertajam strategi pemasaran produk. Karena kamu melakukan pencarian ini menggunakan kata kunci, yang bisa kamu olah kembali ke dalam SEO di Tokopedia.

Penerapan SEO di Tokopedia sendiri juga berpengaruh sangat besar pada kunjungan toko dan pembelian produk.

Kamu bisa belajar mengani penerapan SEO di Tokopedia lewat artikel ini.

Membuat Penjualan Produk Meningkat

Dengan mengetahui tren produk, kamu bisa mengatur strategi penjualan dan bisnismu di masa mendatang. Misalnya memilih menjual produk yang banyak masyarakat minati, menggunakan kata kunci khusus sebagai promosi, dan banyak lainnya.

Hal ini akan dapat memabntumu meningkatkan penjualan produk. Meski tak langsung menunjukkan hasil yang signifikan. Namun, metode ini setidaknya bisa kamu coba di tokomu terlebih dahulu.

Nah, itu adalah ulasan mengenai cara riset tren produk di Tokopedia yang bisa kamu coba. Tips ini bisa kamu terapkan di toko kosmetik online-mu, maupun akun jualan brand kosmetikmu.

Jangan takut untuk menggunakan berbagai jenis metode pemasaran dan promosi. Apalagi kalau metode tersebut cukup menjanjikan, seperti yang sedang kita bahas tadi.

Well, selain tips ini, kamu juga bisa mencari tahu berbagai kiat sukses memasarkan produk kosmetikmu secara digital di Berita Terkini. See you, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment