Fitur Broadcast Chat Tokopedia, Manfaat dan Cara Mengaktifkannya

fitur broadcast chat tokopedia

Hai, Beautypreneurs! Memulai bisnismu di e-commerce besar seperti Tokopedia memang sangat menjanjikan. Apalagi kalau kamu bisa memanfaatkan segala fitur yang ada, termasuk cara menggunakan fitur broadcast chat Tokopedia.

Menurut Databoks, sejak kuartal satu hingga empat tahun 2021 lalu, Tokopedia rata-rata menempati posisi teratas sebagai e-commerce dengan jumlah kunjungan terbanyak. Misalnya, pada kuartal empat saja, e-commerce ini dikunjungi lebih dari 149,6 juta kali, lho!

Dengan jumlah kunjungan yang besar itu, kamu memiliki peluang sama tingginya untuk menarik calon pembeli ke tokomu. Khususnya dengan menggunakan fitur broadcast chat Tokopedia.

Fitur ini memungkingkanmu untuk melakukan promosi dengan tepat sasaran. Yakni dengan cara mengirim informasi toko seperti produk terlaris atau voucher/diskon toko ke pesan langsung pembeli.

Nah, penasaran bagaimana cara kerja fitur broadcast chat Tokopedia dan penerapannya dalam strategi promosimu? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Apa Itu Fitur Broadcast Chat Tokopedia?

Broadcast chat merupakan fitur penyebaran pesan dalam jumlah besar pada satu waktu sekaligus. Melalui fitur ini, kamu bisa mengirimkan pesan personal kepada calon pembeli, baik yang telah berlangganan ataupun baru sekadar menyukai produkmu sebagai bentuk promosi.

Fitur pesan ini bisa kamu akses secara gratis maupun berbayar, melalui sistem kredit TopAds. Karena itu, untuk memaksimalkan penggunaan pesan broadcast ini, kamu perlu menyusun konten promosi yang efektif untuk menarik calon pembeli.

Ketentuan dalam Pembuatan Fitur Broadcast Chat Tokopedia

Sebelum membahas cara menggunakan fitur broadcast chat Tokopedia, kamu bisa menyimak beberapa ketentuan dalam pembuatan pesan tersebut berikut ini.

Gambar

Ketentuan selanjutnya adalah konten visual atau gambar. Penjual mengunggah gambar ke dalam pesan tersebut dengan ketentuan yang telah ditetapkan, yakni berbentuk persegi dan memiliki resolusi minimum 800×400 pixel.

Text/Tulisan

Selanjutnya adalah konten narasi, yang bisa kamu lampirkan ke dalam pesan tersebut. Kamu bisa memberikan penjelasan pesan promosi itu dengan panjang maksimal 160 karakter.

Selain gambar dan teks biasa, kamu juga menautkan link produk dalam pesan broadcast yang kamu buat. Attachment link product ini merupakan buton dengan harga dan gambar produk yang bisa kamu unggah dala pesan teresebut.

Kamu bisa menautkan 3 link penawaran/produkmu maksimal, ya!

Target Penerima

Ada alasan mengapa fitur broadcast chat Tokopedia bisa menjadi sarana promosi yang efisien. Karena, kamu bisa menentukan target penerima pesan yang ingin kamu raih.

Ada tiga pilihan target pesan broadcast, yakni followers toko, pembeli potensial, juga pelanggan aktif yang masih aktif dalam 30 hari terakhir.

Cara Mengaktifkan Fitur Broadcast Chat Tokopedia

Setelah memahami ketentuan dalam cara membuat fitur broadcast chat Tokopedia, kamu bisa langsung mengaktifkan fitur ini lewat beberapa langkah berikut:

Masuk ke Akun Jualanmu

Langkah pertama masuk ke laman Tokopedia Seller, kemudian kamu bisa langsung pilih menu Iklan dan Promosi. Lanjutkan dengan klik Broadcast Chat.

Mulai Pembuatan Pesan

Selanjutnya mulai buat pesan dengan klik Buat Pesan pada halaman dashboard Broadcast chat Tokopedia.

Tentukan Konten Pesan Broadcast

Selanjutnya pilih konten pesan yang ingin kamu kirimkan pada pelanggan. Di fitur ini ada tiga pilihan konten pesan yang bisa kamu manfaatkan, yakni Promo Toko, Produk Baru, atau kamu bisa memilih Desain Chat Sendiri.

Promo Toko

Lewat konten ini kamu bisa memberi tahu konsumen mengenai promo terbaru yang ada di toko kosmetikmu. Entah itu Voucher Produk, Gratis Ongkir, maupun Cashback.

Produk Baru

Selain voucher diskon, kamu juga bisa membagikan informasi seputar rilisan baru lewat fitur Broadcast Chat. Tentu saja dengan konten produk baru.

Desain Chat Sendiri

Selain kedua topik yang telah kita jelaskan di atas, kamu juga bisa mendesain chat sendiri sesuai kebutuhan dan kreativitasmu dalam berpromosi.

Buat Ringkasan Pesan

Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan ke tahap Atur Ringkasan Broadcast yang akan kamu kirimkan. Termasuk Jadwal Kirim, Tipe Penerima, Perkiraan Jumlah Penerima, hingga Total Biaya yang akan kamu keluarkan.

Jadwal Kirim

Pada menu Jadwal Kirim Broadcast Chat, kamu dapat mengatur jenis pengiriman sesuai kebutuhan. Yakni pengaturan Kirim Nanti dan Kirim Sekarang.

Pada pengaturan Kirim Nanti, kamu bisa mengatur kapan tepatnya pesan tersebuat akan terkirim, baik mulai dari satu jam setelah pembuatan hingga satu bulan ke depan.

Tipe Penerima Pesan

Pada bagian Tipe Penerima, kamu bisa menyesuaikan siapa saja target penerima pesan Broadcast yang kamu buat. Beberapa tipe targetnya antara lain:

  1. Yang memiliki produk di keranjang atau wishlist.
  2. Pernah melakukan chat atau berdiskusi sama kamu.
  3. Pernah melihat produk yang kamu jual di tokomu
  4. Pernah membeli produk dari tokomu.

Biaya Pesan Broadcast

Pesan broadcast ini ada yang berbayar dan tidak, kamu bisa menggunakan fitur ini sesuai kebutuhan serta budget promosi yang kamu miliki.

Kirimkan Pesan

Kalau sudah selesai mengaturnya, kamu bisa langsung mengirimkan pesan dengan mengklik Kirim Chat/Kirim Sekarang.

Untuk pesan yang dijadwalkan dengan klik Kirim Nanti akan otomatis terjadwal, dan akan mengirim sendiri pada waktu yang telah ditentukan.

Keunggulan Menggunakan Fitur Broadcast Chat untuk Promosi

Nah, kamu telah mempelajari cara mengaktifkan fitur broadcast chat Tokopedia. Namun, apakah kamu mengetahui keunggulan menggunakan fitur ini untuk bisnismu?

Langsung simak keunggulan fitur broadcast untuk bisnismu berikut ini!

Mudah untuk Kamu Gunakan

Hanya perlu empat langkah sederhana, kamu bisa melakukan promosi bisnismu dengan optimal. Kamu dapat membagikan produk-produk baru, voucher toko, hingga mendesain konten promosi sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Maksimalkan Strategi Personal Selling

Selanjutnya, keuntungan menggunakan fitur Broadcast chat Tokopedia ini bisa memaksimalkan strategi personal selling, yakni antara kamu dan pembeli secara langsung.

Hal ini akan membuat promosi lebih efektif karena kamu menjangkau konsumen yang benar-benar tertarik dengan produk/brand kosmetikmu.

Sebagai Bagian dari Customer Retention

Langkah ini bisa menjadi bagian dari strategi customer retention, di mana kamu bisa menjalin hubungan berkelanjutan dengan konsumen lama atau langganan tokomu.

Dengan membagikan info produk baru, barang sample, hingga voucher khusus pelanggan lama akan membuat mereka kembali belanja di tokomu.

Meningkatkan Potensi Penjualan

Manfaat selanjutnya dari menggunakan fitur Broadcast Chat Tokopedia ini adalah kamu bisa meningkatkan potensi penjualan produk.

Karena konsumen yang mendapatkan promosi langsung bisa mengunjungi halaman produk dengan sekali klik, baik pada banner maupun link toko yang kamu sematkan dalam pesan.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal fitur Broadcast Chat Tokopedia, Dari pengertian, ketentuan pembuatan, cara mengaktifkannya, hingga keunggulan menggunakan fitur ini sebagai bagian dari strategi promosimu.

Setelah mengetahuinya, apakah kamu berminat menggunakan fitur ini untuk meningkatkan kunjungan dan penjualan toko kosmetikmu?

Selain fitur ini, kamu bisa mencari berbagai tips pemasaran di Tokopedia lewat Berita Terkini. Atau, kamu juga bisa mengikuti rangkaian Webinar Digital Marketing yang Mash Moshem Indonesia adakan tiap bulannya.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment