Cara Menggunakan SEO di Tokopedia, Bantu Tingkatkan Peforma Toko!

cara menggunakan SEO di Tokopedia

Hai, Beautypreneurs! Tahu tidak, penggunaan SEO tak hanya bisa kamu aplikasikan pada Website atau artikel online saja, lho. Namun, kamu juga bisa menerapkan cara menggunakan SEO di Tokopedia untuk meningkatkan jualan online-mu.

Seperti yang kita tahu, Tokopedia merupakan lapak online yang sangat besar. Ada ratusan bahkan ribuan pebisnis yang juga melebarkan sayap usaha mereka pada lapak tersebut. Inilah yang kemudian membuat persaingan pasar di Tokopedia cukup ketat.

Penggunaan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk tokomu tentu bisa memberikan pengaruh besar. Karena teknik ini bisa membuat visibilitas toko meningkat, mudah menjangkau konsumen dari berbagai segmentasi, hingga meningkatkan penjualan produk.

Namun, sebenarnya seperti apa konsep SEO itu? Serta bagaimana cara menggunakan SEO di Tokopedia yang tepat dan efektif?

Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini, Beautypreneurs!

Apa Itu SEO?

cara menggunakan SEO di Tokopedia

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik pengoptimalan kerja alogritma mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas toko, Webiste, maupun artikel untuk tampil pada rekomendasi hasil pencarian teratas Google.

Algoritma Google secara terus menerus melakukan evaluasi pada ribuan konten yang ada di Internet. Dengan begitu, mesin pencari dapat memberika data terbaik dan terakurat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dalam prosesnya, sistem pencari akan menyaring semua konten yang tesebar di internet melalui tahapan crawling dan indexing.

Proses crawling memungkinkan sistem untuk mengumpulkan informasi dari seluruh laman website, sedangkan proses indexing menyimpan hasil informasi tersebut dalam sebuah indeks.

Dari kedua proses inilah, Google dapat menghasilkan urutan atau list artikel terbaik pada pengguna. Yakni dari yang paling relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pada mesin pencarian Google.

Karenanya, dalam cara menggunakan SEO di Tokopedia, kamu harus membuat konten terbaik dan relevan dengan kata kunci tertentu. Pastikan untuk menyisipkan data tambahan berupa foto, gambar, informasi terkati secara lengkap untuk memuaskan konsumen.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Brand Awareness, Ini Dia Manfaat SEO Untuk Bisnis Online

Cara Menggunakan SEO di Tokopedia untuk Bantu Tingkatkan Peforma Toko

Sebagai seller baru, SEO bisa menjadi teknik yang ideal untukmu meningkatkan awareness dan visibilitas toko. Selain itu, berbeda dengan iklan berbayar, kamu tak perlu mengeluarkan modal dalam cara menggunakan SEO di Tokopedia. Menarik, bukan?

Langsung simak cara menggunakan SEO di Tokopedia untuk meningkatkan peforma dan kunjungan toko berikut ini.

Menggunakan Nama dan Deskripsi Toko yang Lengkap

Cara menggunakan SEO di Tokopedia bisa kamu lakukan pada nama dan deskripsi toko secara lengkap. Misal mencantumkan jenis produk, kategori harga, hingga lokasi pengiriman. Karena pada umumnya, konsumen sering menyertakan informasi lokasi ketika melakukan pencarian produk di Google.

Sebagai contoh, kamu menjual berbagai kosmetik dan dapat dipesan dalam jumlah besar atau grosir. Maka, akan lebih baik untuk memberi nama toko dengan “Pusat Grosir Kosmetik Surabaya”, atau sejenisnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan infromasi yang lebih lengkap pada deskripsi toko. Misal waktu operasional kantor, pengiriman produk, promosi yang sedang berjalan, hingga mencantumkan Voucher Toko.

Memilih dan Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Cara menggunakan SEO di Tokopedia selanjutnya adalah dengan memilih dan menggunakan kata kunci yang tepat. Langkah ini sangat penting untuk meningkatkan visibilitas toko dan konten jualanmu di Internet, lho.

Keyword yang akan kamu gunakan ini haruslah relevan dengan produk jualanmu, lokasi, dan memiliki jumlah pengguna tinggi.

Lantas bagaimana cara mencari keyword yang tepat untuk tokomu di Tokopedia? Berikut ini ada alat riset keyword yang dapat kamu coba gunakan.

Wawasan Pasar

Wawasan Pasar merupakan fitur yang dibuat oleh Tokopedia khusus untuk membantu seller. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan oleh toko yang telah bergabung dengan keanggotaan Power Merchant, Power Merchant Pro, dan Regular Merchant.

Selain riset keyword, kamu bisa juga bisa mengetahui produk-produk terpopuler dari berbagai kategori, juga melakukan riset kompetitor dengan mudah.

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan fitur Wawasan Pasar Tokopedia? Cek di sini!

Alat selanjutnya adalah Google Trends, kamu bisa mencari tahu jenis produk dan kata kunci popular yang banyak digunakan pada search engine.

Keyword Tool

Selanjutnya ada Keyword Tool yang juga bisa menampilkan data kata kunci popular berdasarkan kategori yang kamu inginkan. Tak hanya untuk Google, kata kunci yang disajikan pun digunakan pada YouTube, Instagram, dan berbagai media lainnya.

Untuk cara mencari kata kunci yang tepat di Tokopedia, ikuti langkahnya di sini!

Membuat Halaman Produk yang Menarik dan Baik

Selain halaman toko, kamu juga harus memperhitungkan pembuatan halaman produk. Cara menggunakan SEO di Tokopedia ini bisa kamu terapkan dalam penamaan dan deskripsi produk.

Buat nama produk selengkap mungkin, sehingga konsumen bisa menemukannya dengan lebih mudah. Melansir dari Tokopedia, ada rumus khusus yang bisa kamu terapkan dalam penamaan produk jualanmu, yakni:

Jenis produk + merek + keterangan (model/pola, tipe, atau warna)

Kalau kamu menjual produk kosmetik yang beragam, rumus ini bisa sangat membantu. Misalnya, Krim Pencerah A 80gr.

Harus kamu ingat, ketika menamai produk ada baiknya untuk menghindari penggunaan karakter atau symbol sulit. Karena akan mempengaruhi visibilitas produk dalam sistem pencarian.

Sementara pada halaman deskripsi, masukkan infromasi yang lengkap dan jelas. Penulisannya pun tak perlu terlalu panjang dan bertele-tele, bahkan akan lebih baik untuk menulisnya sepanjang 200 karakter saja.

Dalam penulisan deskripsi ini kamu juga harus menggunakan kata kunci yang relevan dengan jualanmu. Pastikan bahwa kata kunci ini juga sesuai dengan yang dicari konsumen, serta jangan asal menyalin atau menggunakan kata kunci yang sama dari toko kompetitormu, ya.

Cara menggunakan SEO di Tokopedia selanjutnya adalah dengan menautkan link toko di berbagai media sosial. Langkah ini bisa menambah backlink untuk meningkatkan jumlah pengunjung, penjualan, hingga membuat kepercayaan calon pembeli semakin besar.

Selain media sosial popular seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan banyak lainnya. Kamu juga bisa mulai menulis di blog yang bisa diakses untuk semua pengguna internet.

Nah, dalam artikel itu kamu bisa menyisipkan backlink yang telah kamu tulis pada halaman produk tokomu di Tokopedia. Tautan yang berkualitas ini akan membuat search engine Google merekomendasikan tokomu di peringkat yang tertinggi pada laman hasil pencarian.

Ketahui Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Cocok untuk Branding Bisnis Kosmetik

Tambahkan Foto dan Data Pendukung

Untuk memaksimalkan cara menggunakan SEO di Tokopedia ini, kamu bisa menambahkan foto/video ataupun data pendukung lainnya.

Data-data ini bisa membantu pengguna untuk mengenali produkmu dengan lebih baik, selain itu mereka juga akan merasa lebih terbantu dan nyaman berbelanja di toko online-mu.

Konten yang berkualitas, informatif, dan memiliki data pendukung lengkap bisa membantu visibilitas konten menjai lebih baik. Sehingga pertambahan jumlah pengunjung pun akan seakin meningkat dan rating juga akan turut menjadi lebih baik.

Nah, setelah membaca uraian mengenai cara menggunakan SEO di Tokopedia di atas, apakah kamu berminat untuk menerapkannya pada bisnis onlinemu?

Beautypreneurs, mencoba berbagai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan peforma tokomu patut untuk dilakukan. Sebab, persaingan pasar di Tokopedia maupun marketplace lainnya sangat tinggi.

Kamu tak hanya bersaing dengan penjual lokal, maupun dari berbagai manca negara dan telah memiliki popularitas tinggi di antara konsumen. Penggunaan SEO ini salah satunya, bisa berperan besar dalam meningkatkan awareness dan jangkauan tokomu.

Well, sampai sini dulu tips bisnis yang kita bahas kali ini, dan semoga artikel ini dapat membantumu. See you and good luck, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment