10+ Jenis Media Promosi Online yang Cocok untuk Branding Bisnis Kosmetik

jenis media promosi online (1)

Belakangan ini perkembangan teknologi informasi berjalan sangat pesat. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan berbagai platform media sosial yang dilengkapi fitur-fitur canggih.

Ditambah kondisi pandemic yang tak kunjung membaik, masyarakat banyak menghabiskan waktu mereka di media sosial. Entah untuk membuat konten-konten menarik, ataupun hanya menjadikannya sebagai hiburan saja.

Karena banyaknya pengguna media sosial, para pengusaha akhirnya mengalihkan dan memanfaatkan media online sebagai sarana promosi mereka.

Berbagai jenis media promosi online ini sangat efektif untuk menunjang tingkat penjualan, meningatkan brand awareness produk, juga menjadi media informasi mengenai produk dan bisnis mereka.

Meski pengguna dan target audience-nya pasti, enggak semua orang bisa memanfaatkan media online sebagai media promosi dengan efektif. Salah satunya karena tidak mengetahui karakteristik dari jenis media promosi online yang digunakan.

Nah, lantas apa saja jenis media promosi online yang dimaksudkan tersebut? Apakah ada perbedaan karakteristik dan trik untuk memaksimalkan promosi online?

Well, biar kamu enggak salah strategi langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

Alasan Melakukan Promosi Di Media Online

intimate hygiene product untuk laki-laki

Seiring dengan tingginya pengguna internet, yang dari waktu ke waktu kian meningkat. Peluang promosi dan berbisnis secara online pun terbilang lebih menjanjikan.

Bahkan kini banyak orang yang lebih memilih melakukan transaksi pembelian lewat online, meskipun toko yang mereka tuju berada di kota yang sama. Menarik, bukan?

Berdasarkan fenomena di atas, ada beberapa kelebihan yang membuatmu harus mempertimbangkan promosi di media online.

Simak penjelasan lengkapnya, ya!

Jangkauan Promosi Lebih Luas

Keunggulan yang pertama adalah jangkauan audience yang luas. Karena media sosial pun digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari anak muda, orang tua, juga laki-laki, maupun perempuan.

Tentu dengan konten promosi yang tepat dan pengaturan yang sesuai, kamu bisa menjangkau target pasar yang kamu inginkan dengan lebih maksimal.

Penargetan Pasar Jauh Lebih Mudah

Keunggulan selanjutnya adalah penargetan pasar yang jauh lebih mudah. Media sosial enggak hanya dibuat untuk konten creator saja, melainkan memberikan fitur pemasaran yang sangat kompleks.

Ketika kamu menggunakan media sosial sebagai bagian dari promosi dan mengubahnya ke dalam akun bisnis. Akan ada fitur-fitur yang siap digunakan sebagai alat promosi, termasuk analisis demografi followers dari akunmu.

Analisis ini memungkinkanmu mengetahui siapa saja yang mengikuti secara aktif di akun bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui target audience potensial tersebut dan mengembangkan konten favorit mereka agar promosi dapat bekerja lebih optimal.

Dapat Membantu Mengembangkan Brand Image

Seperti media promosi pada umumnya, kamu bisa menggunakan media sosial sebagai salah satu alat untuk mengembangkan brand image perusahaan atau bisnismu.

Caranya, kamu bisa membuat konten-konten untuk mempromosikan konsep dan nilai dari perusahaanmu. Jangan lupa buat konten ini semenarik mungkin dan sesuai dengan karakter dari target pasar yang dituju.

Memungkinkan Adanya Interaksi dengan Konsumen

Kelebihan lainnya yang kamu dapatkan dengan melakukan pemasaran online adalah interaksi dengan konsumen jauh lebih mudah.

Konsumen bisa lebih mudah untuk mengeluarkan keluh kesahnya, ataupun bertanya prihal produk-produk yang kamu jual.

10 Jenis Media Promosi Online Paling Efektif Baik Berbayar Maupun Gratis

jenis media promosi online (2)

Setelah mengetahui apa saja keunggulan menggunakan jenis media promosi online, kamu pasti udah enggak sabar ingin mencoba menerapkannya, bukan?

Nah, ada banyak media sosial / online yang bisa kamu gunakan ke dalam startegi pemasaran bisnismu, lho.

Agar punya gambaran, ketahui karakteristik dan jenis media promosi online berikut ini!

Google Ads

Jenis media promosi online yang akan dibahas pertama adalah Google Ads. Fitur yang dikelola oleh google ini memiliki potensi yang sangat besar bila digunakan sebagai media promosi.

Yap! Ini dikarenakan Google merupakan salah satu perusahaan media online terbesar di dunia. Karenanya, banyak para pebisnis yang menggunakannya untuk beriklan atau mempromosikan produk maupun brand mereka.

Nilai lebihnya lagi, Google Ads bisa menargetkan pasar sesuai keinginan dan kebutuhan kamu, misalnya dengan melakukan riset kata kunci.

Tak hanya itu, ketika menggunakan Google Ads kamu juga bisa membuat promosimu selalu berada pada halaman pertama dan menjadi konten nomor satu dipencarian Google.

Instagram

ide konten promosi di instagram (1)

Selain Google, jenis media promosi online lainnya yang perlu kamu coba adalah Instagram. Media sosial dengan ratusan juta pengguna aktif ini juga mendukung kegiatan promosi dari bisnis kamu, lho.

Untuk melakukan promosi online di media sosial ini, kamu bisa menggunakan dua cara, baik yang gratis maupun berbayar.

Iklan Gratis di Instagram Lewat Hashtag

Hasgtah atau tanda pagar (tagar) dapat digunakan untuk menjaring audience yang diinginkan. Tak hanya itu, ketika kamu menggunakan tagar yang tepat dan relevan dengan konten promosi milikmu, kontenmu bisa dijangkau lebih banyak pengguna.

Yap! Enggak hanya dari dalam negeri, tapi juga bisa menjaring konsumen atau audience dari luar negeri, lho!

Instagram Ads

Kalau penggunaan tagar bersifat gratis, kamu bisa memaksimalkan strategi bisnis yang kamu lakukan dengan menggunakan Instagram Ads.

Instagram Ads merupakan fitur iklan berbayar yang disediakan secara resmi oleh Instagram. Fitur promosi yang dibuat untuk mendukung brand atau pengusaha ini, bisa membantu meningkatkan awareness dan engagement akun.

Bahkan, ketika menggunakan fitur Instagram Ads kamu juga bisa meningkatkan jumlah transakis pembelian dari produk yang kamu jual.

Marketplace

jenis media promosi online (3)

Selain lewat media sosial biasa, kamu juga melakukan kegiatan promosi lewat marketplace. Seperti Shopee, Buka Lapak, Tokopedia, Lazada, hingga Blibli.

Enggak hanya membantumu menjual produk dengan lebih mudah dan menjangkau pasar yang lebih luas. Marketplace juga menyediakan fitur ads yang memaksimalkan penjualan produk yang kamu miliki.

Marketplace ads ini akan membuat produk atau toko yang kamu iklankan berada pada posisi strategis, baik di aplikasi maupun website resmi mereka.

Cara kerjanya hampir mirip dengan fitur Ads dari media sosial, yakni lewat history dan penggunaan kata kunci terhadap produk yang dipromosikan.

Kelebihan ketika menggunakan marketplace sebagai jenis media promosi online adalah audience yang potensial, biaya iklan yang lebih murah, dan dapat menggunakan kata kunci spesifik serta tidak perlu disesuaikan dengan kata kunci website.

Sepeerti yang kamu tahu, banyak jenis e-commerce yang berkembang di Indonesia. Semua e-commerce ini memiliki fitur ads dengan ketentuan yang berbeda-beda dan dengan harga yang beragam.

Facebook

cara mempromosikan produk kosmetik lewat facebook (1)

Jenis media sosial lainnya yang bisa digunakan sebagai media pemasaran online lainnya adalah Facebook. Sama halnya dengan Instagram, di Facebook kamu bisa menggunakan konten organic dan fitur Ads sebagai pemasaran.

Pemasaran dengan konten organic ini gratis dan dilakukan dengan memosting konten promosi di Facebook marketplace ataupun halaman Facebook.

Facebook Ads

Facebook ads merupakan fitur iklan yang disediakan Facebook untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan dari bisnis yang kamu jalankan.

Meski kini tak sepopuler TikTok dan Instagram, Facebook masih memiliki jumlah pengguna aktif yang besar dan sampai saat ini digunakan untuk media jual beli.

Penggunaan Facebook Ads ini bisa membantu meningkatkan brand awareness produk, menjangkau target pasar yang diinginkan, serta membuat konten sampai pada audience potensial.

Forum Indonesia

Meski tidak tergolong sebagai media sosial yang ramai digunakan, forum-forum diskusi dan tanya jawab bisa menjadi media promosi online yang sangat potensial. Karena orang yang akan datang ke forum tersebut tentunya sudah memiliki niatan lebih banyak tentang topik promosi kontenmu.

Beberapa forum diskusi besar di Indonesia yang bisa kamu gunakan sebagai media promosi online antara lain, Kaskus, Quora, Ads.id, dan banyak lainnya.

Blog

Meski sekarang tak begitu marak digunakan daripada website, blog memiliki keunggulan tersendiri jika digunakan sebagai media promosi online.

Kamu bisa menggunakan blog untuk mendukung promosi yang kamu lakukan. Misalnya dengan memuat artikel informatif dan promosi seputar bisnis / toko online yang kamu miliki.

Untuk memaksimalkan fungsi blog ini, kamu bisa menggunakan teknik SEO untuk membuat konten-kontenmu lebih mudah terbaca oleh sistem Google dan dapat menjangkau audience yang tepat.

Email Marketing

Jenis media promosi online lainnya yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu adalah email marketing. Media sosial ini memiliki keunggulan dengan mengirimkan pesan promosi langsung pada pelanggan dan target konsumen yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan kata lain, penggunaan email marketing ini terbilang sangat efektif dan efisien. Kamu hanya perlu mengirimkannya pada pelanggan lama atau konsumen yang pernah bertransaksi sebelumnya.

YouTube

Merupakan salah satu bentuk website yang sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai golongan, YouTube memiliki potensi besar jika digunakan sebagai media promosi online.

Untuk memaksimalkan konten promosi online di YouTube ini kamu perlu mengemas iklan dalam video yang menarik, namun tidak susah dipahami oleh konsumen. Gunakan sudut pandang dan topik yang sedang hangat, juga keyword yang relevan dan banyak dicari.

Kamu juga bisa menggunakan YouTube Ads untuk memaksimalkan jangkauan konten yang kamu buat hingga sampai pada audience potensial.

TikTok

cara memasarkan produk lewat tiktok

Lagi naik daun, kamu juga enggak boleh melewatkan penggunaan TikTok sebagai media pemasaran online. Pasalnya, media sosial ini sangat ramai digunakan oleh masyarakat dari berbagai usia dan kalangan.

Selain menggunakan konten organic sebagai strategi pemasaran di TikTok, kamu juga bisa menggunakan fitur iklan yang disediakan oleh platform satu ini.

Kamu bisa tahu lebih banyak soal TikTok Ads dan cara menggunaknnya di sini.

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Lewat Media Online

MOU untuk bisnis kosmetik (2)

Banyak orang yang masih bingung mengenai cara mengoptimalkan strategi pemasaran lewat media online. Hasilnya, meski telah mengeluarkan biaya besar untuk beriklan, efek yang mereka dapatkan pun tidak sebesar ekspektasi.

Padahal, media online memberikan banyak kesempatan bagi pebisnis untuk menggaet dan menjaring sebanyak mungkin konsumen baru untuk brand kosmetik mereka.

Nah, salah satu cara untuk mengoptimalkan hasil promosi lewat media online ini, kamu bisa menggunakan media pemasaran yang ciamik dan menarik.

Misalnya membuat foto dan video produk berkualitas tinggi serta professional, membuat company profile perusahaan, hingga membuat katalog dan brosur produk.

Pertanyaannya, enggak semua pebisnis baru bisa membuat media pemasaran tersebut sendiri. Sedangkan biaya jasa professional di bidang desain juga tidak murah. Lantas apa yang harus dilakukan?

Well, sebenarnya ketika kamu maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu enggak akan menemui problem ini, lho!

Sebab, kami memiliki tim Multimedia dan Digital Marketing yang akan membantu memenuhi kebutuhan promosimu. Misalnya dengan memberikan layanan jasa foto dan video produk, company profilem sampai pembuatan brosur, katalog dan FAQ.

Karenanya, kamu enggak akan rugi kalau maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia. Banyak banget keuntungan dan fasilitas yang bakal kamu dapetin!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment