Manfaat Bunga Arnica untuk Kulit, Si Agen Antiinflamasi Andalan dalam Skincare!

manfaat bunga arnica untuk kulit

Ketika membahas perkembangan industry kosmetik, pastilah tak ada habisnya. Berbagai inovasi dan kreasi baru menghasilkan produk-produk kosmetik yang lebih unggul. Misalnya dengan penggunaan manfaat bunga arnica untuk kulit sebagai agen antiinflamasi dalam skincare.

Apakah kamu sudah pernah dengar soal kandungan ini sebelumnya, Beautypreneurs?

Well, bunga yang bernama lengkap Arnica Montana ini telah banyak diolah ke dalam formulasi skincare. Melansir dari Cosmily, bunga ini ada dalam lebih dari 194 formula skincare.

Kalau melihat jumlahnya yang besar, manfaat bunga arnica untuk kulit tentunya sangat menjanjikan. Sehingga ketika kamu mengolahnya sebagai baha baku skincare akan bisa memberikan banyak keunggulan pada produk dan brand kosmetikmu.

Nah, lantas apa saja sih, manfaat bunga arnica untuk kulit dan mengapa bahan alami ini begitu digemari oleh pasar?

Keep reading, Beautypreneurs!

Sekilas Soal Asal Usul Bunga Arnica

Bunga Arnica pada dasarnya merupakan tanaman herbal yang telah lama digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, baik tubuh maupun kulit.

Tanaman dengan warna kuning cerah dan sangat mirip dengan bunga aster ini memiliki julukan “Bunga Aster Gunung”. Umumnya, bahan alami akan dipanen dan diubah menjadi minayk esensial.

Kemudian minyak tersebut akan diolah kembali sebagai bahan aktif dalam pengobatan homeopati dan produk perawatan kulit seperti salep, gel, tincture, dan krim.

Tak hanya pada produk-produk topical, penggunaan ekstrak Arnica pun kerap ditemukan dalam suplemen, namun dalam dosis yang sangat kecil dan sangat encer.

Tanaman Arnica murni mengandung sifat yang beracun, karenanya tak boleh menelannya tanpa melalui proses pelarutan terslebih dahulu.

Begitu pula untuk mendapatkan manfaat bunga arnica untuk kulit, akan lebih baik untuk menggunakannya dalam produk topikal, seperti skincare atau body care.

7 Manfaat Bunga Arnica untuk Kulit dan Kecantikan

Bunga arnica belakangan banyak digunakan dalam formula berbagai produk kecantikan dan perawatan pribadi. Melansir dari Cosmily sebanyak 194 brand kosmetik telah menggunakan bahan alami ini sebagai bahan dalam formula mereka.

Lantas, apa saja manfaat bunga arnica untuk kulit dan kecantikan? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Membantu Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat bunga arnica untuk kulit pertama adalah membantu mencegah infeksi bakteri. Yap! Bunga dengan kelopak bewarna kuning ini mengandung zat anti bakteri yang cukup tinggi, lho.

Enggak heran jika ekstrak bunga arnica bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan dan kecantikan kulit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Termasuk jerawat, komedo, hingga mencegah terjadinya breakout.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Tak hanya mencegah infeksi bakteri, manfaat bunga arnica untuk kulit selanjutnya juga bisa membantu mempercepast proses penyembuhan luka. Baik luka akibat jerawat membandel maupun luka terbuka di kulit.

Melansir dari Klik Dokter, kandungan zat aktif dalam bunga arnica dapat menstimulasi pembentukan jaringan tisu. Inilah yang kemudian membuat luka pada kulit dapat sembuh lebih cepat dari seharusnya.

Selain itu, bahan alami ini pun mengandung sifat antiinflamasi yang mampu meredam ruam dan gatal yang mengiringi proses penyembuhan luka.

Dapat Menenangkan Kulit

Keunggulan bunga arnica selanjutnya terdapat pada sifat antiinflamasi yang ada pada kandungannya. Hal inilah yang kemudian membuat bunga arnica mampu membantu menenangkan kulit, baik dari ruam, kemerahan, hingga luka akibat sunburn.

Tentu ini merupakan kabar baik untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan dan harus terpapar sinar matahari berlebihan. Sunburn umumnya membuat kulit terasa panas, perih, hingga mengalami lepuhan.

Nah, untungnya bunga arnica bisa menjadi solusi yang ideal buatmu. Bahkan, tak cuma meredakan iritasi akibat sunburn, ekstrak bunga arnica pun bisa menenangkan peradangan akibat jerawat maupun kulit kering.

Meredakan Luka Akibat Gigitan Serangga

Gigitan serangga memang umumnya tak begitu serius. Meski begitu gigitan serangga pun bisa menyebabkan rasa tak nyaman, peradangan, hingga pembengkakan pada kulit.

Nah, tahukah kamu, kalau krim atau gel arnica bisa membantu menenangkan peradangan pada kulit yang terkena gigitan serangga?

Tak sampai situ saja, bahan alami ini pun bisa membantu membersihkan histamin ekstra dengan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga keinginan untuk menggaruk bekas gigitan tersebut akan berkurang dan proses penyembuhan kulit bisa lebih cepat.

Mencegah Kemunculan Jerawat dan Komedo

Selain meredakan gigitan serangga, manfaat bunga arnica untuk kulit selanjutnya adalah mencegah kemunculan jerawat dan komedo.

Ini karena kandungan antibakteri dari arnica bisa mencegah pertumbuhan bakteri P.Acnes, yang merupakan penyebab pembentukan jerawat maupun komedo.

Lebih kerennya lagi, kandungan ini pun aman digunakan oleh orang dengan tipe kulit sensitive dan rentan terinfeksi. Sebab, kandungan ini memiliki sifat yang lembut, tak akan menimbulkan alergi, dan mampu menenangkan kulit.

Menghilangkan Efek Bengkak pada Wajah

Manfaat bunga arnica untuk kulit selanjutnya bisa membantu menghilangkan efek bengkak pada wajah. Khasiatnya ini didapat dari kekuatan anti-inflamasi yang ada dalam bunga tersebut.

Karenanya, banyak produk seperti masker wajah, krim mata, hingga gel penenang kulit menggunakan bahan alami ini dalam formulanya, lho.

Aman untuk Semua Jenis Kulit

Salah satu keunggulan dari ekstrak arnica dalam skincare adalah sifatnya yang ramah dan aman untuk semua jenis kulit.

Yap! apalagi bahan ini memiliki senyawa antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan ringan, juga menyehatkan kulit.

Selain itu, para ahli pun menyebutkan hingga kini belum ada studi yang menunjukkan adanya efek negative penggunaan arnica secara topical dalam skincare.

Membantu Mengatasi Ketombe

Selain membantu mempercantik dan menyehatkan kulit, ternyata bunga arnica pun bisa sama bermanfaatnya untuk merawat kulit kepala.

Yap! Salah satunya dengan membantu mengatasi ketombe dan mencegahnya datang lagi pada kulit kepalamu.

Bahan ini memiliki antiinflamasi dan antibakteri alami. Keduanya bisa berkombinasi dengan baik untuk menciptakan pertahanan kuat terhadap iritasi kulit dan infeksi jamur Malassezia, atau mikroba penyebab ketombe.

Demi mendapatkan manfaat bunga arnica untuk kulit kepala ini, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial arnica pada sampomu. Kemudian gunakan untuk keramas secara teratur hingga ketombe berkurang.

Atau sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan ini dalam formulanya. Seperti sampo, masker rambut, kondisioner, dan banyak lainnya.

Efek Samping Penggunaan Ekstrak Arnica untuk Perawatan Kecantikan

Sebelum mengolahnya ke dalam berbagai formula kosmetik, kamu juga perlu memperhatikan berbagai efek samping bunga arnica pada tubuh.

Pada dasanya tanaman arnica murni memiliki sifat beracun. Karenanya para ahli menghimbau untuk tidak menggunakan bahan ini sebagai ramuan topical, khususnya tanpa melalui prosedur medis yang tepat. Namun, di sisi lain penggunaan arnica dalam produk-produk topical masih tergolong aman.

Saat menggunakannya secara topikal, hindari mengoleskannya pada kulit yang memiliki luka terbuka, kecuali kamu telah mendiskusikannya dengan dokter.

Arnica juga merupakan bahan yang paling baik digunakan untuk waktu yang singkat, yaitu saat peradangan ringan atau ketika kamu mengalami ketombe membandel.

Menggunakan arnica dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan iritasi kulit dan dapat mengobarkan eksim dan kondisi kulit lainnya.

Karena masih banyak yang harus dipelajari tentang arnica, maka tidak disarankan anak-anak, ibu hamil, atau ibu menyusui menggunakannya, baik secara topikal maupun sebagai suplemen.

Juga tidak disarankan orang yang alergi terhadap bunga matahari, marigold, ragweed, atau anggota keluarga Asteraceae lainnya menggunakan arnica.

Membuat Skincare dari Ekstrak Bunga Arnica Lisensi BPOM

membuat brand kosmetik

Setelah membaca berbagai manfaat bunga arnica untuk kulit dan rambut, kamu pasti setuju bahwa bahan alami ini sangat potensial ketika kamu ingin mengolahnya menjadi formula skincare.

Ekstrak arnica sendiri sebenarnya sudah banyak ditemukan dalam produk kecantikan, seperti krim wajah, serum, pelembap, toner, dan sebagainya.

Nah, Beautypreneurs, kamu juga bisa membuat skincare dari ekstrak bunga arnica dengan brand kosmetikmu sendiri, lho. Lengkap dengan legalitas dan nomor registrasi dari Badan POM.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.

Tim formulator kami bisa membantumu meracik skincare dari bunga arnica yang unik dan multifungsi. Sehingga kamu dapat memproduksi skincare berkualitas dan bermutu tinggi yang bisa bersaing di pasaran, baik local maupun internasional.

Perusahaan kami pun memiliki motto One Stop Cosmetic Manufacuturer, artinya kami berkomitmen untuk memenuhi semua kebutuhan brand kosmetikmu. Termasuk pembuatan formula, pengurusan legalitas, desain kemasan dan logo, produksi massal, hingga menyediakan aftersales service.

Well, membuat skincare dari bunga arnica bisa kamu lakukan dengan mudah bersama kami.

Enggak percaya? Langsung hubungi tim kami di Contact Us untuk mulai konsultasi!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment