Manfaat Lactic Acid dalam Produk Skincare, Bisa Bikin Jerawat Menghilang!

manfaat lactic acid dalam skincare

Persaingan pasar industry kosmetik dari hari ke hari kian kompetitif. Mereka menciptakan produk kosmetik yang inovatif dengan beragam fungsi dan bahan-bahan aktif unik. Salah satunya dengan menggunakan manfaat lactic acid dalam produk skincare.

Penggunaan lactic acid dalam skincare sebenarnya bukan hal baru lagi. Apalagi kalau kita membicarakan produk-produk dengan manfaat untuk mencerahkan dan meremajakan kulit. Melansir dari Cosmily, lactic acid ditemukan dalam 1312 produk pencerah wajah. Jumlah yang fantastis, kan?

Hal ini menunjukkan bahwa lactic acid kini kian menarik minat masyarakat, apalagi kandungan ini memiliki sifat yang lebih lembut dan ramah buat kulit.

Nah, apakah kamu sudah mengenal bagaimana dan manfaat lactic acid dalam skincare? Baca ulasan berikut ini supaya kamu enggak ketinggalan informasi-nya!

Apa Itu Lactic Acid?

Lactic acid atau asam laktat merupakan kandungan yang termasuk dalam golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA), yang bersifat eksfolitatif pada kulit dengan cara yang lebih lembut.

Bahan aktif skincare ini pun dapat membantu menghidrasi kulit, membuka pori-pori wajah, mendorong pengelupasan sel mati, dan meningkatkan kecerahan kulit.

Jika kita bandingkan dengan bahan sejenisnya yang kuat, misalnya glycolic acid, kandungan ini terbilang lebih ringan. Sebab ukuran molekul lactic acid yang sedikit lebih besar. Dengan kata lain, Lactic acid cocok untuk orang dengan kulit sensitive dan mudah teriritasi.

Nah, Beuatypreneurs, kamu pasti memahami mengapa kandungan ini begitu popular dalam skincare pencerah wajah. Ya, karena sifatnya yang lebih ramah buat kulit, namun masih bisa mencerhakn wajah dengan optimal.

Fungsi dan Manfaat Lactic Acid dalam Skincare

Melihat tingginya penggunaan lactic acid dalam skincare, kamu pasti penasaran mengapa bahan aktif ini begitu popular, bukan?

Well, berikut ini ada berbagai manfaat lactic acid dalam skicare yang telah dirangkumkan dari berbagai sumber. Yuk, baca sampai habis!

Bekerja Sebagai Eksfoliator Andalan

Manfaat lactic acid dalam skincare yang pertama adalah mampu bekerja sebagai eksfoliator kulit. Lebih penting lagi, kandungan ini memiliki sifat yang lembut dan tidak mudah mengiritasi kulit.

Beberapa penelitian menyebutLakan bahwa bahan aktif satu ini mengelupas sel-sel kulit mati yang kusam. Sehingga dapat memberi jalan pada sel-sel baru yang lebih seht untuk bergenerasi. Alhasil, kulit wajah akan tampak lebih kenyal dan cerah.

Membantu Mengurangi Jerawat

Tak hanya mengangkat sel-sel mati, penggunaan lactic acid dalam skincare pun bisa membantu mengurangi jerawat membandel.

Sebab dalam proses eksfoliasi tersebut, pori-pori juga akan lebih bersih dari sel mati yang menumpuk, serta mengangkat minyak berlebih. Dengan begitu, pembentukan jerawat dan komedo juga lebih mudah untuk diminimalisir.

Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan di Wajah

Manfaat lactic acid dalam skincare selanjutnya adalah membantu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah. Artinya, bahan aktif satu ini bisa membuat wajahmu tampak lebih awet muda.

Khasiatnya ini didapat dari kemampuan eksfoliasi yang dimiliki Lactic Acid. Sebab, dengan efoliasi yang teratur, kulit akan semakin mudah meregenerasi dirinya sendiri.

Proses regenerasi ini akan mencegah tekstur kering, kasar, bersisik, hingga kerutan pada area ekspresi. Selain itu, wajah akan jadi tampak lebih sehat, kencang, dan merona.

Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi Kulit

Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana terdapat bercak gelap pada kulit, khususnya akibat produksi melanin yang berlebihan. Melanin ini merupakan zat pigmen pada tubuh yang membuat kulit menjadi lebih gelap.

Kabar baiknya, manfaat lactic acid dalam skincare selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit. Tak hanya menyamarkannya, bahan ini pun bisa mencegah kulit jadi kusam.

Klaim ini sejalan dnegan penelitian yang menyebutkan bahwa formula lactic acid dalam skincare, sebesar 5%. Jika digunakan secara rutin tiap dua kali sehari bisa membantu mengencangkan kulit dan meringankan noda hitam.

Meningkatkan Elastisitas Kulit Wajah

Salah satu tanda penuaan kulit yang kerap terjadi adalah menghilangnya elastisitas kulit. Akhirnya wajah akan tampak kendur, lelah, dan lebih tua.

Untungnya, formula lactic acid dalam skincare bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga garis halus, kerutan, dan kulit yang kendur dapat tersamarkan.

Membantu Mencerahkan Kulit Secara Alami

Manfaat lactic acid dalam skincare lainnya adalah memabntu mencerahkan kulit. Karena khasiatnya inilah lactic acid kerap digunakan dalam berbagai formula perawatan kecantikan.

Bahan ini bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, membuka jalan untuk regenerasi sel baru, dan menyamarkan hiperpigmentasi.

Tak hanya mencerahkan, lactic acid pun bisa membantumu meratakan warna kulit wajahmu, lho!

Dapat Melembapkan Kulit

Pada umumnya kandungan dalam golongan AHA berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak berlebihan. Namun, lactic acid memiliki satu manfaat untuk kecantikan yang mungki tak bisa kamu dapatkan pada kandungan AHA lainnya.

Yap! Manfaat yang sedang kita bahas ini adalah kemampuan lactic acid dalam melembapkan kulit. Inilah yang kemudian menjadikan lactic acid tergolong lebih lembut dibandingkan senyawa sejenisnya.

Bantu Cegah Kemunculan Komedo

Selain jerawat, komedo adalah masalah kecantikan yang sangat umum terjadi. Untungnya, Lactic acid bisa jadi solusi efektif untuk mencegah dan mengatasi komedo di wajah. Bagaimana bisa?

Lactic acid berkeja mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih, dan polusi dari permukaan wajah. Hal ini mencegah adanya penumpukan dan penyumbatan pada pori-pori wajah, yang bisa memicu kemunculan komedo.

Efek Samping Penggunaan Lactic Acid dalam Skincare

Meski Lactic acid memiliki sifat yang lembut dan lebih menghidrasi dengan kandungan sejenisnya. Bahkan, penggunaan skincare berkandungan lactic acid pun cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitive.

Akan tetapi jika kamu memiliki kondisi kulit yang mengalami ruam, kering/dehidrasi parah hingga mengalami pengelupasan, ataupun hypersensitive. Penting untukmu melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakan skincare lactic acid ke dalam perawatanmu.

Tips Penggunaan Lactic Acid dalam Skincare

Manfaat lactic acid dalam skincare memang sangat beragam. Enggak heran, kalau bahan satu ini kerap ada dalam berbagai jenis produk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Namun, bukan berarti lactic acid tidak memiliki risiko sama sekali. Apalagi kalau kamu memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitive, baiknya perhatikan tips penggunaan lactic acid dalam skincare berikut ini.

Hindari Kombinasi Eksfoliator Lainnya

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menghindari adanya kombinasi bahan eksfoliator dalam satu produk yang sama.

Well, lactic acid telah bekerja sebagai eksfoliator. Jika kamu menambahkan bahan yang sama pada skincaremu dan menggunakannya bersamaan, hasilnya tak akan terlalu baik.

Kulit akan mengalami over-exfoliating, sehingga menjadi lebih tipis, mudah iritasi, dan kian sensitive terhadap sinar matahari.

Kombinasikan dengan Bahan Shooting/Calming

Menambahkan lebih banyak dosis dengan anggapan mendapatkan hasil yang lebih cepat, adalah hal yang salah. Kamu tidak akan mendapatkan kecantikan instan, justru yang ada hanya iritasi kulit.

Nah, alih-alih menambah jenis AHA/BHA lain pada produk perawatanmu. Sebaiknya kombinasikan skincare lactic acid dengan bahan yang bisa menenangkan dan menyegarkan kulit.

Hal ini akan menjaga skin barrier kulit tetap sehat, mencegah eksfoliasi berlebihan, serta senantiasa menenangkan kulit wajah.

Mengaplikasikan Tabir Surya

Sekali lagi, SPF adalah senjata yang paling penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ketika kamu menggunakan skincare berkandungan lactic acid, tabir surya menduduki posisi kian penting dan harus kamu gunakan untuk melindungi kulit.

Sebab SPF akan membantu melindungi sel kulit baru yang bergenerasi pada malam hari, serta mencegahnya dari kerusakan dan terbakar sinar matahari.

Nah, itu adalah berbagai efek samping, cara penggunaan, dan manfaat lactic acid dalam skincare. Apakah kamu berniat menggunakan skincare dengan kandungan tersebut dalam skincare routine-mu?

Atau justru ingin menggunakannya sebagai bahan dasar dari formula skincare yang akan kamu buat bersama Mash Moshem Indonesia?

Good Idea! Bahan yang sedang popular ini memang cocok digunakan dalam formula skincare. Apalagi kalau kamu mau membuat skincare pencerah dan pemutih wajah.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu membuat produk kosmetik apapun yang kamu inginkan, beserta bahan-bahan yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Alurnya yang cepat dan modalnya yang tak begitu besar, membuat pebisnis baru juga memiliki kesempatan yang sama untuk memulai industry kosmetik mereka sendiri.

Nah, tunggu apa lagi? Segera buat brand kosmetikmu bersama Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment