Ampuh Atasi Bluelight Effect, Ketahui Tanaman Ashwaganda dan Manfaatnya Buat Kulit

manfaat ashwagandha untuk kecantikan (2)

Selama pandemic, intensitas dan lamanya durasi masyarakat bermain smartphone maupun gadget lain juga sangat meningkat.

Padahal kebiasaan ini bisa memicu masalah kecantikan kulit, seperti wajah yang tampak kusam, kulit yang jadi tampak lebih kendur, dan penuaan dini.

Kok bisa? Yap! Karena sebenarnya gadget yang kita miliki ini memiliki radiasi sinar biru, yakni sejenis dengan sinar UV namun dalam spektrum yang lebih kecil.

Mulanya, penelitian pada tahun 2010, tidak menyebutkan korelasi penuaan dini pada kulit dengan sinar biru dari gadget. Namun, kini kebiasaan kita telah berubah, dan cenderung menghabiskan banyak waktu di depan ponsel.

Pada penelitian yang dilakukan belakangan ini, blue light effect ini terbukti bikin tanda penuaan pada kulit datan lebih cepat. Bahkan, ketika tidak ditangani dengan baik, pengaruhnya pada kulit akan sama buruknya dengan sinar uv dari matahari.

Well, mengejutkan, bukan?

Untungnya, kini banyak terobosan di bidang produk perawatan wajah, khususnya skincare, yang menawarkan efek anti-blue light. Yang biasanya dalam formulanya mengandung bahan khusus seperti, tanaman ashwagandha.

Apakah kamu pernah dengar soal tanaman Ashwagandha sebelumnya? Well, tanaman dengan nama yang cukup asing ini memang banyak ditemukan di daratan India dan Tiongkok. Dan telah lama digunakan sebagai obat tradisional pada kebudayaan Ayurvedic.

Nah, kenapa bahan alami ini kerap digunakan dalam skincare blue light dan adakah manfaat lainnya untuk kecantikan? Well, langsung cari tahu ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Ladies!

Tanaman Ashwagandha, Apakah Itu?

manfaat ashwagandha untuk kecantikan (1)

Tanaman yang juga dikenal dengan nama ilmiah Withania somnifera, ini lebih akrab disebut dengan ginseng India. Yang banyak dibudidayakan di kota Mandsaur Madhya Pradesh, Sindh, Punjab, Rajasthan, Gujarat, dan Kerala.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa dalam kebudayaan Ayurvedic, ashwagandha telah banyak digunakan ke dalam ramuan tradisional India. Baik untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan seiring jalan pengunaannya akan membantu meremajakan sel tubuh.

Sementara dalam pengetahuan modern, Ashwagandha diketahui memiliki banyak manfaat dan nutrisi baik bagi tubuh. Bahan alami ini mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi.

Seperti yang kamu tahu, antioksidan bisa bekerja sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Senyawa ini, utamanya bekerja untuk menetralisir partikel radikal bebas yang ada dalam tubuh, termasuk pada jaringan kulit.

Tak cuma itu, karena antioksidan yang melimpah ini, maka Ashwagandha dapat bekerja meningkatkan sistem pelindung kulit, bekerja sebagai anti-infalamsi, antibacterial, bahkan dapat membantu meningkatkan keremajaan kulit wajahmu dengan  sangat efektif.

Kandungan Gizi Ashwagandha yang Baik Buat Kecantikan

Ashwagandha selalu jadi tanaman herbal andalan, ini dikarenakan kandungan gizi dalam bahan alami tersebut juga sangat beragam.

Salah satunya adalah senyawa antioksidan seperti tannin dan saponin, beberapa jenis asam lemak esensial, kalium, glukosa, serta nitrat.

Tak hanya itu, tanaman ini pun mengandung beberapa senyawa alkaloid steroid esensial, seperti withanolides, sominine, somniferine, serta anferine.

Yang paling penting dalam tanaman ini pun mengandung flavonoid, karoten, asam amino, dan vitamin C. Semua kandungan ini bisa bekerja sangat baik untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit serta rambut kamu.

Manfaat Ashwagandha untuk Kecantikan Kulit

Menurut ahli formulator dari Mash Moshem Indonesia, belakangan ini ashwagandha penggunaan ashwagandha dalam formula kosmetik cukup banyak.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa Ashwagandha umumnya digunakan sebagai antioksidan alami dan sangat cocok untuk diformulasikan ke dalam anti-blue light effect.

Nah, kamu pasti penasaran dong, kenapa sih ashwagandha sangat cocok dan ideal digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut? Langsung cek faktanya berikut ini, ya!

Membantu MengurangI Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Blue light atau cahaya biru, tak hanya dihasilkan oleh perangkat gadget yang tengah kamu gunakan sekarang. Justru, yang dihasilkan oleh media elektronik ini sangatlah rendah, karena sumber utama dan terbesarnya adalah sinar Ultraviolet matahari.

Yap! Karenanya, ketika durasi dan intensitas penggunaan smartphone atau gadget lain kian tinggi. Blue light yang sebelumnya tidak memberikan pengaruh buruk, justru bisa memberikan dampak yang buruk bahkan melebihi sinar UV sendiri.

Untungnya, ashwagandha memuat senyawa antioksidan yang sangat tinggi dan beragam. Kamu bisa menemukan asam lemak esensial, vitamin, dan mineral bersifat antioksidan dalam bahan almi ini dengan mudah.

Senyawa antioksidan ashwagandha ini kemudian akan membantu melawan radikal bebas, termasuk yang disebabkan oleh blue light. Yang juga akan berdampak pada vitalitas kulit, membuatnya lebih mudah mengalami masalah kecantikan, hingga penuaan dini.

Bahkan ekstrak tanaman ashwagandha yang digunakan dalam formulasi skincare akan membantu mencegah terbentuknya sel kanker kulit.

Mempercepat Penyembuhan Luka di Kulit

Tak hanya mampu menghalau dampak buruk blue light, manfaat ashwagandha untuk kecantikan lainnya adalah membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Ketika digunakan secara teratur, bahan alami ini akan bertindak sebagai tapal kuratif, sehingga dapat mempercepat efek penyembuhan yang ada dalam tubuh kamu.

Selain menggunakannya sebagai minuman herbal yang mujarab, ashwagandha pun bisa dioleskan secara topikal secara langsung. Caranya, kamu bisa menggiling ginseng India ini dan mencampurkannya dengan air suling.

Setelah pasta salep terbentuk, kamu bisa mengaplikasikannya pada area yang bermasalah. Manfaat yang sama pun bisa kamu dapatkan ketika menggunakannya dalam bentuk minyak alami.

Membantu Mengobati Keratosis

Keratosis adalah suatu kondisi medis di mana seseorang menemukan pertumbuhan keratin non-kanker pada kulit. Ini akan membuat kulit terasa kasar, kering, secara menyeluruh.

Nah, beberapa artikel kesehatan menyebutkan bahwa ashwagandha dapat membantu meredakan dan mengobati gejala keratosis ini.

Dikatakan, setidaknya kamu perlu mengonsumsi 3gr air seduhan ginseng India ini selama dua hari sekali. Tentu, kamu harus melakukannya secara rutin, agar hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

Mengurangi Tingkat Kortisol

Apakah kamu tahu, kalau stress dan depresi bisa membuat kadar kortisol yang ada dalam darah jadi lebih tinggi? Yap, kondisi ini akan menyebabkan kerusakan pada kulit dan memicu kemunculan berbagai masalah kecantikan.

Hormon stress ini dapat membuat proses regenerasi sel kulit terganggu, kemudian akan membuat masalah kecantikan bermunculan. Seperti jerawat, produksi sebum yang berlebihan, hingga kulit yang tampak keriput dan kering.

Untungnya, manfaat ashwagandha untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengurangi kadar hormone kortisol dalam darah. Kamu bisa mengonsumsi seduhan ginseng India ini secara rutin.

Dapat Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat ashwagandha untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh kamu, utamanya pada jaringan kulit.

Seperti yang kamu tahu, kolagen merupakan jenis protein yang sangat diperlukan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Kolagen yang kian berkurang dan rendah, akan membuat elastisitas kulit berkurang. Akhirnya wajah jadi tampak lebih keriput, mudah kering, bahkan jadi kian sensitif.

Senyawa steroid yang ada dalam tanaman ashwagandha akan membantu meningkatkan kadar esterogen dalam tubuh kamu. Yang juga akan membantu mempertahankan kekenyalan kulit, keremajaannya, khususnya dengan memicu produksi kolagen dan minyak alami.

Memiliki Sifat Astringent

Selain dikenal karena kandungan antioksidannya, ashwagandha pun memiliki sifat astringent yang akan sangat coock bila digunakan sebagai toner wajah.

Bahan alami ini memiliki agen anti-radang, anti-bakterial, hingga anti-pencerah. Sehingga bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran, mengecilkan pori-pori wajah, namun juga bisa membuat kulit terasa segar dan meredakan peradangan.

Mampu Meredakan Gejala Peradangan pada Kulit

Tanaman ashwagandha telah lama diidolakan karena sifatnya yang bisa membantu meredakan gejala penyakit kulit tertentu. Ini berkat senyawa withanolides yang dimilikinya, sehingga bisa membantu proses penyembuhan kulit dan meredakan iritasi.

Tak cuma itu, ekstrak dari senyawa alami ini pun akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri. Sehingga mencegah adanya infeksi kulit yang dapat menimbulkan efek inflamasi.

Berbagai Manfaat Ashwagandha untuk Kecantikan Rambut

manfaat rosemary untuk kecantikan rambut

Siapa bilang manfaat ashwagandha untuk kecantikan Cuma itu-itu aja? Justru bahan alami satu ini bisa juga digunakan untuk menyehatkan dan mempercantik helaian rambut. Lho.

Yap! Langsung saja cek berbagai manfaat ashwagandha untuk kecantikan dan kesehatan rambut berikut ini, ya!

Meningkatkan Sirkulasi Kulit Kepala

Ashwagandha telah lama dipercaya untuk mengatasi masalah pada kulit kepala dan rambut, khususnya pada masyaeakat Ayurveda kuna. Ini dikarenakan, ashwagandha dapat mendorong dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Ketika sirkulasi darah pada kulit kepala meningkat, maka folikel dan akar rambut akan menerima lebih banyak nutrisi serta oksigen. Ini akan berpengaruh besar pada kesehatan dan kecantikan helaian rambut kamu.

Dapat Menguatkan Akar dan Batang Rambut

Manfaat ashwagandha untuk kecantikan rambut lainnya adalah membantu memperkuat akar dan batang rambut. Bahan alami ini bahkan bisa membantu mencegah kerontokan, khususnya yang diakibatkan oleh stress dan rendahnya asupan nutrisi.

Sama halnya ketika merawat kulit, ashwagandha pun akan bekerja dengan baik untuk menurunkan kadar kortisol dsalam darah. Sehingga dapat mengurangi dampak buruk stress berlebihan pada kesehatan kulit kepala dan rambut kamu.

Mengatasi Ketombe Berlebihan

Apakah kamu bermasalah dengan ketombe yang membandel, sering bikin gatal kulit kepala, dan enggak sabar pingin segera menghempaskannya jauh-jauh?

Well, kayaknya ashwagandha bisa jadi alternatif yang cocok untukmu mengatasi masalah ketombe. Sebab, bahan alami ini mengandung senyawa antiinflamasi yang efektif mencegah adanya peradangan, baik yang disebabkan eksim, psoriasis, maupun ketombe.

Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Tak hanya meredakan ketombe dan menguatkan rambut, manfaat ashwaganda untuk kecantikan rambut pun kian lengkap ketika bahan alami ini dapat menyuburkan folikel.

Kamu bisa menggunakan kondisioner atau sampo herbal yang menggunakan ashwagandha untuk mendapatkan manfaat ini. Dengan penggunaan yang rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang indah, hitam berkilau, dan tampak lebih bervolume dari sebelumnya.

Mencegah Terjadinya Penuaan pada Rambut Secara Prematur

Siapa bilang kalau penuaan dini hanya terjadi pada kulit? Nyatanya, kemunculan tanda penuaan secara premature ini pun bisa tampak pada helaian rambut kamu, lho.

Salah satu tanda penuaan dini pada rambut adalah munculnya uban secara premature. Kondisi ini bisa dipengaruhi banyak hal, salah satunya karena paparan radikal bebas.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, ashwagandha pun bisa menjaga warna alami rambut karena dapat mendorong produksi melanin pada batang rambut.

Melanin merupakan senyawa pigmen alami yang bekerja untuk memberikan warna pada helaian rambut kamu. Karenanya, ketika produksi melanin ini meningkat, maka kamu bisa mengurangi warna abu-abu atau putih pada rambut.

Nah, itu adalah berbagai manfaat ashwagandha untuk kecantikan kulit dan rambut. Inilah yang kemudian menjadikan bahan alami ini kerap digunakan dalam produk-produk perawatan kecantikan.

Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya bahkan diakui bisa menghalau dampak buruk sinar biru pada kulit. Menarik, bukan?

Kini kamu bisa juga membuat produk skincare, body care, dan hair care dengan menggunakan ashawagandha sebagai bahan dasarnya.

Para formulator di Mash Moshem Indonesia sangat akrab dengan bahan alami ini. Dan bahkan telah menciptakan berbagai produk kosmetik berkandungan ashwagandha.

Well, kamu bisa menciptakan satu skincare anti-blue light milikmu sendiri dengan kandungan ashwagandha bersama kami, lho!

Yuk, segera hubungi kontak tim marketing kami dan diskusikan kebutuhan formula kosmetikmu bersama, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment