Sulit Dipercaya, Cek Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Sinar Ultraviolet Berikut Ini

sinar ultraviolet untuk kulit (1)

Jika melihat iklan-iklan kecantikan tertentu, kamu pasti udah hapal banget mengenai dampak buruk sinar ultraviolet untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Tapi, apakah kamu tahu jika mendapat sinar ultraviolet dalam kadar yang tepat, maka akan dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan kulit wajahmu?

Sebelum terlalu jauh menjawab pertanyaan itu, apakah kamu tahu apa yang dimaksudkan dengan sinar ultraviolet?

Sinar ultraviolet merupakan bentuk radiasi gelombang elektromagnetik yang berasal atau dihasilkan dari paparan sinar matahari.

Sinar ini umumnya terasa panas, dan akan kian bertambah seiring dengan tingginya matahari.

Umumnya, sinar ultraviolet selalu dikaitkan dengan permasalahan kecantikan tertentu, seperti hiperpigmentasi, hingga penuaan dini.

Namun apakah benar begitu? Yuk, cek ulasan lengkap mengenai sinar ultraviolet berikut ini!

Jenis Jenis Sinar Ultraviolet Disertai dengan Sifatnya Pada Kulit

paparan sinar matahari berlebihan (2)

Tahukah kamu, sebenarnya sinar ultraviolet ada tiga jenis. Yap, enggak hanya UVA dan UVB aja!

Pengkategorian ini dilihat dari panjang gelombang sinar radiasi matahari tersebut. Dan, semakin pendek gelombang radiasinya, maka akan semakin berbahaya pula untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Supaya enggak makin penasaran, berikut tiga jenis sinar ultraviolet yang perlu kamu ketahui beserta sifatnya pada kulit secara umum.

Sinar UV-A

Jenis yang pertama ini tergolong yang paling sering dan umum disebut-sebut dalam iklan kosmetik. Sinar UVA memiliki gelombang yang paling panjang daripada dua jenis lainnya, yakni sekitar 300-400 nm.

Namun, karena panjangnya gelombang UV-A ini, maka semakin besar kemungkinan UV-A sampai ke bumi. Bahkan, beberapa studi mengungkapkan bahwa sinar UV-A mampu menembus kaca dan tetap ada saat cuaca sedang hujan.

Jenis sinar UV satu ini pun dikatakan mampu menyerap ke dalam lapisan dermis, yang ada setelah epidermis.

Sinar UV-B

Meski tak sepanjang gelombang UV-A, sinar UV-B tetap  bisa mencapai bumi. Jenis sinar ultraviolet ini mempunyai panjang gelombang sekitar 280 hingga 315 nm.

Berbeda dengan jenis yang pertama, sinar UV-B tergolong tidak begitu kuat karena bisa dengan mudah terserap oleh awan dan tak bisa menembus lapisan kaca.

Kabar baiknya lagi, jenis sinar ultraviolet ini pun enggak akan mencapai lapisan epidermis kulit. Namun, tetap bisa menimbulkan beberapa masalah kulit, seperti sunburning, jika terpapar dalam waktu yang cukup lama.

Sinar UV-C

Mungkin kamu asing dan jarang mendengar  soal jenis sinar ultraviloet satu ini. Enggak heran juga, sebab sinar UV-C memiliki panjang gelombang yang paling pendek dibanding kedua jenis sebelumnya, yakni berkisar 180 hingga 280 nm.

Meski paling pendek, tapi kamu enggak boleh asal meremehkan. Karena rupanya jenis sinar ultraviolet ini memiliki dampak yang paling buruk untuk kulit.

Syukurnya, UV-C tidak bisa melewati lapisan ozon, sehingga sinar matahari enggak akan menembus permukaan bumi dan membuat masalah pada kulitmu.

Namun sinar UVC tidak bisa menembus lapisan ozon, sehingga sinar ini tidak menembus permukaan bumi.

Manfaat Sinar Ultraviolet Untuk Kulit dan Tubuh

sinar ultraviolet untuk kulit (2)

Karena sering digembar-gemborkan berbahaya untuk kulit, banyak dari kita yang enggak tahu kalau sebenarnya manfaat sinar ultraviolet untuk kulit pun nyatanya adanya.

Namun, manfaat-manfaat ini akan kamu dapatkan kalau kamu memperoleh paparan sinar UV dalam kadar yang tepat.

Supaya enggak nethink mulu, berikut beberapa manfaat sinar UV untuk kesehatan tubuh dan kulit yang perlu kamu tahu.

Merangsang dan Meningkatkan Produksi Vitamin D

Tahukah kamu, kalau paparan sinar ultraviolet sebenarnya dibutuhkan untuk merangsang produksi vitamin D dalam tubuh kita?

Nyatanya, manfaat ultraviolet untuk kesehatan tubuh dan kecantikan satu ini emang terbukti benar, lho. Tentunya manfaat ini bisa kamu dapatkan kalau berjemur di bawah sinar matahari secukupnya saja, dan pada waktu-waktu tertentu.

Vitamin D merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor pada usus, sehingga jaringan yang ada dalam tulang, gigi, serta otot dapat jadi lebih kuat.

Selain itu, vitamin ini pun bisa bekerja untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Yakni dengan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, sehingga tidak rentan terkena iritasi, maupun dehidrasi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat sinar ultraviolet selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, ketika terpapar sinar sinar UV ini, tubuh akan menghasikan sel darah putih dalam kadar yang lebih besar.

Nah, sel darah putih inilah yang kemudian berperan penting dalam menjaga dan melindungi tubuh kamu. Termasuk dalam melawan bakteri, kuman, dan jamur yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Membantu Membuat Tidur Kian Berkualitas

Banyak dari kita yang enggak tahu kalau sinar matahari bisa membantu membuat tidur di malam hari jadi berkualitas.

Ini dikarenakan sinar UV yang dikandung matahari dalam kadar tertentu dapat membantu menstimulus produksi hormone melatonin dalam tubuh kita.

Nah, hormon inilah yang berperan penting dalam mengatur siklus tidur kita. Jika kadar melatoni dalam darah kamu rendah, maka akan membuatmu susah tidur.

Dan bukan rahasia lagi kalau tidur yang berkualitas dan jam yang cukup, akan sangat berpengaruh pada penampilan dan kesehatan wajah kamu.

Mampu Mengatasi Permasalahan Kulit Tertentu

Manfaat sinar matahari lainnya adalah dapat membantu mengatasi permasalahan kulit tertentu. Misalnya jerawat, eksim, bahkan psoriasis, lho.

Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Paparan sinar matahari yang berlebihan emang bisa memicu sel kanker kulit. Akan tetapi, diketahui jika terpapar dalam kadar yang tepat, sinar uv sebenarnya dapat membantu mencegah dan mengurangi resiko kanker.

Mulai dari menghambat kanker prostat, kanker ovarium, pancreas, usus besar, hingga kanker limfoma Hodgkin.

Nah, itu adalah beberapa manfaat sinar uv untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yang mungkin belum kamu tahu dengan baik. Bagaimana menurutmu?

Bahaya Sinar UV Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

sinar ultraviolet untuk kulit (3)

Sinar UV dapat menjadi berbahaya kalau kamu terpapar dalam waktu yang lama dan tanpa ada barrier sama sekali.

Hal ini dapat memicu masalah pada kesehatan dan kecantikan kulit. Agar lebih berhati-hati, berikut beberapa bahaya sinar UV bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Membuat Kulit Terbakar

Salah satu bahaya sinar uv untuk kulit yang sering dirasakan oleh banyak orang adalah sunburning. Yakni terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Kondisi ini biasanya terjadi karena kulitmu tersengat panasnya sinar matahari secara langsung, plus dalam durasi yang lumayan lama.

Gejala yang biasanya muncul saat kulit kamu terkena sunburn diantaranya adalah kulit jadi kemerahan, melepuh, perih, membengkak, hingga mengalami pengelupasan,

Memunculkan Tanda Penuaan Lebih Cepat

Selain faktor usia, paparan sinar matahari yang berlebihan pun menjadi faktor terbesar yang memicu kemunculan tanda-tanda penuaan di kulit secara lebih cepat.

Mulai dari tekstur hingga warna kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung akan mengalami perubahan. Baik menjadi kusam, kering, muncul garis halus dan keriput di area ekspresi.

Ini dikarenakan, paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu panjang dapat membuat serat-serat yang ada dalam kulit kian mengendur dan merenggan.

Tak hanya itu, saat terpapar sinar UV berlebihan pun bisa menimbulkan hiperpigmetasi, dekolorasi, hingga banyak bintik putih dan kecoklatan pada kulit.

Meningkatkan Risiko Penyakit Kulit Tertentu

Tak hanya menimbulkan penuaan dini, paparan sinar matahari yang berlebihan pun dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kulit tertentu.

Bahkan dalam beberapa kasus, bisa membuat penyakit kulit tertentu bertambah parah. Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet mampu membuat DNA pada kulit bermasalah dan mengganggu sistem kekebalan dalam jaringan kulit.

Selain itu, sinar UV-A bisa menembus hingga ke dalam dermis dan mengganggu kerja DNA di dalamnya.

Rangkaian Skincare untuk Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Sunscreen

Mengingat bahaya sinar uv yang cukup banyak untuk kulit dan tubuh secara umum, kamu tentunya harus aware dan selalu memberikan perlindungan ekstra pada kulitmu. Termasuk dengan menggunakan skincare yang bisa menangkal radiasi sinar matahari.

Nah, berikut ini beberapa skincare yang bisa melindungimu dari dampak buruk sinar UV. Perhatikan baik-baik, ya!

Sunscreen atau Tabir Surya

tabir surya untuk tubuh

Jenis produk perawatan wajah satu ini pastinya sudah kamu kenali dan ketahui fungsinya. Sunscreen atau tabir surya memang diketahui mampu memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajah dan tubuhmu dari dampak buruk sinar matahari.

Pilihlah sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF 15-50 agar dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu, aplikasikan 3-4 jam sekali agar sinar matahari enggak berani membuat masalah pada kulitmu.

Moisturizer

gunakan pelembap

Selain penggunaan sunscreen, kamu bisa menggunakan moisturizer untuk membantu melembapkan kulit wajah dan memberikan perlindungan ekstra dari berbagai pengaruh buruk lingkungan.

Enggak hanya itu, beberapa produk pelembap wajah pun telah diformulasikan dengan kandungan-kandungan aktif yang bisa menangkal dampak buruk sinar matahari.

Face Mask

masker alami untuk jerawat

Meski enggak bisa digunakan secara rutin tiap hari maupun saat beraktivitas, face mask dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pada kulit wajahmu.

Kandungan hyaluronic dan emollient dalam face mask bisa membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit, setelah lama terpapar sinar matahari.

Nah, itu adalah beberapa fakta mengenai efek sinar ultraviolet untuk kulit yang mungkin belum kamu ketahui dengan baik.

Sinar ultraviolet pada dasarnya dapat bermanfaat kalau didapatkan dengan kadar yang tepat. Namun, sebaliknya, bila terlalu lama terpapar di bawah sinar matahari, berbagai masalah kecantikan akan muncul di wajahmu.

About Author

Related posts

Leave a Comment