Berkandungan Air Tinggi, Ketahui Manfaat Rumput Laut untuk Kulit Ini

khasiat minyak lavender untuk kecantikan

Tak cuma bisa digunakan sebagai bahan pangan yang menyehatkan, rumput laut pun rupanya menyimpan rahasia yang sangat bermanfaat untuk menajag kecantikan kulit wajah kamu.

Bagi para beauty enthusiast, rumput laut bukanlah tumbuhan yang asing karena sudah lama digunakan sebagai bahan dasar maupun campuran dalam formula skincare maupun kosmetik.

Kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan rumput laut dipercaya selama berabad-abad untuk merawat kesehatan tubuh, khususnya untuk mempercantik kulit.

Nah, pasti kamu penasaran, kan, apa sih yang menyebabkan bahan alami satu ini begitu sering digunakan dalam produk skincare dan apa saja manfaat rumput laut untuk kulit wajah?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu itu, baca ulasan tentang rumput laut berikut ini, ya!

Kandungan dalam Rumput Laut yang Baik untuk Kulit

manfaat rumput laut untuk kulit

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat rumput laut untuk kulit, ada baiknya bagimu untuk mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam tumbuhan laut satu ini.

Sebab, berbagai manfaat rumput laut tersebut enggak akan lepas dari kerja nutrisi yang dikandungnya.

Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang ada dalam rumput laut yang berguna untuk menjaga kecantikan kulit tubuh dan wajahmu, simak baik-baik, ya!

Air

Kamu pasti sering menjumpai ekstrak rumput laut dalam produk perawatan kulit wajah, khususnya yang memiliki khasiat shooting dan calming.

Ini dikarenakan rumput mengandung kadar air yang sangat tinggi, sehingga dapat memberikan dan mengembalikan kelembapan alami kulit.

Enggak hanya itu, kandungan air inilah yang juga dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyejukkan untuk wajahmu.

Asam Amino

Selain air dan vitamin, dalam rumput laut pun terkandung asam amino. Kandungan ini sangat berperan penting dalam pembentukan protein dalam tubuh, termasuk pada jaringan kulit.

Asam amino pun disinyalir mampu merangsang pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat, kolagen, hingga elastin.

Vitamin C

Salah satu kandungan yang juga ditemukan dalam kadar tinggi dalam rumput laut adalah vitamin C. Jenis agen antioksidan alami satu ini dikenal ampuh untuk melindungi dan merawat kesehatan kulit wajah kamu, lho.

Selain itu, vitamin C juga diketahui mampu mencerahkan kulit wajah secara alami, melalui merangsang produksi kolagen dan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Kamu bisa cari tahu mengenai jenis dan manfaat vitamin untuk kecantikan di sini.

Kalium

Kamu pasti udah enggak asing dengan mineral satu ini. Yap! Ternyata di dalam rumput laut terkandungan kalium yang cukup tinggi.

Kalium sebenarnya telah lama digunakan dalam berbagai formula kosmetik. Hal ini dikarenakan kalium mampu bekerja untuk menjaga kelembapan kulit dan menyeimbangkan pH kulit.

Beta Karoten

Kandungan gizi lain yang ada dalam rumput laut adalah beta karoten. Kandungan ini dapat bekerja sebagai agen anti penuaan alami, karena disinyalir memiliki sifat antioksidan.

Enggak hanya itu, beta karoten pun dapat memperbaiki jaringan dan sel kulit secara umum, khususnya yang terdampak oleh partikel oksidatif dan paparan sinar matahari berlebihan.

Berbagai Manfaat Rumput Laut untuk Kulit

manfaat rumput laut untuk kecantikan

Kaya akan berbagai nutrisi yang sangat penting untuk kecantikan, membuat rumput laut banyak digunakan dalam berbagai produk skincare maupun body care.

Nah, dari sekian nutrisi yang telah kamu ketahui itu, berikut ini beberapa manfaat rumput untuk kulit wajah dan tubuhmu!

Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Radikal Bebas

Salah satu manfaat utama rumput laut untuk kulit adalah mampu menetralisir dampak buruk radikal bebas dari kulit tubuh maupun wajah kamu.

Hal ini karena dalam rumput laut terdapat kandungan vitamin B dalam kadar yang lumayan tinggi. Sehingga, bahan alami ini pun akhirnya dapat mengembalikan kelembapan alami kulit dan membuatnya lebih terlindungi dari pengaruh eksternal.

Tak hanya itu, kombinasi mineral, vitamin, dan asam lemak esensial dalam rumput laut pun diketahui sangat bermanfaat untuk kesehehatan kulit.

Kesemua nutrisi itu dapat bekerja sebagai antioksidan alami dan dinilai mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, bahkan untuk mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit.

Melembapkan Kulit Kering

pelembap wajah

Kamu merasa kulit tubuh ataupun wajahmu kusam dan kasar? Jangan-jangan, kulitmu tidak terhidrasi dengan baik, alias kering!

Nah, daripada kondisi ini terus berlanjut dan menimbulkan masalah jangka panjang untuk kulitmu, ada baiknya kamu mengatasi kulit kering dengan menggunakan rumput laut.

Manfaat rumput laut satu ini diperoleh dari agen humektan alami yang dikandunganya, sehingga kelembapan kulit dapat terkunci dan tidak mudah hilang dari jaringan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam rumput laut pun sangat baik untuk menghidrasi kulit. Dengan kelembapan yang terjaga, kulit bisa terhindar dari dehidrasi walaupun berada di ruangan ber-AC maupun terkena paparan sinar matahari berlebihan.

Mencegah Penuaan Dini

mencegah penuaan dini

Banyak orang mengira, tanda penuaan hanya akan muncul sesuai dengan pertumbuhan usia kita. Padahal selain dari dalam tubuh kita, berbagai faktor lingkungan bisa sangat berpengaruh pada tampilan kulit, termasuk munculnya penuaan dini.

Kabar baiknya, rumput laut bisa mencegah munculnya tanda penuaan, terlebih yang disebabkan oleh stress oksidatif.

Selain itu, kadar airnya yang tinggi dan sifat emollient-nya membuat bahan alami ini mampu memelihara elastisitas kulit. Sehingga keriput, kerutan, dan garis halus enggak mudah muncul di kulit wajah maupun tubuh kamu.

Membantu Mengatasi Eksim

Selain menajaga keremajaan kulit wajahmu, rupanya rumput laut bisa membantu merendakan dan mengatasi eksim kulit, lho.

Kandungan airnya yang tinggi membuat rumput laut menghidrasi kulit, serta mencegah kambuhnya eksim. Selain itu, rumput laut pun dapat meredakan area kulit yang teriritasi, kemerahan, dan menengkan rasa tidak nyaman yang muncul.

Detoksifikasi Kulit

Selain mampu memperbaiki segala masalah kulit, rumput laut pun dikenal dapat mencegah adanya masalah pada kulit wajah dengan bekerja sebagai detoksifikasi.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi dalam rumput laut yang membantu mendetoksifikasi kulit dari racun dan kotoran akibat faktor eksternal dari lingkungan.

Selain itu, lebih dari 30% ekstrak rumput laut dapat diserap oleh kulit hanya dalam kurun waktu 30 detik. Bahan alami ini diketahui dapat bertahan hingga lebih dari tiga hari, sehingga proses detoksifikasi lebih maksimal.

Merawat Kulit Berminyak

Enggak cocok digunakan untuk kamu yang punya kulit kering, rumput laut pun dapat mengatasi masalah minyak berlebihan.

Hal ini dikarenakan, rumput laut memiliki efek yang menyeimbangkan kondisi kulit, pun membantu produksi sebum tanpa membuat kulit wajahmu jadi kering.

Selain itu, kandungan airnya yang tinggi bisa membantu mengurangi minyak berlebih di permukaan kulit dan memberikan efek menyegarkan yang khas.

Membersihkan Pori

Penyumbatan pori-pori kulit akibat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan kulit.

Untuk menghindari masalah satu ini, kamu bisa menggunakan rumput laut sebagai scrub wajah alami. Kandungan mineral, vitamin, dan airnya yang tinggi enggak akan membuat kulitmu teriritasi apalagi alergi.

Nah, itu adalah berbagai manfaat rumput laut untuk wajah yang harus kamu ketahui. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat itu dengan menggunakan bahan alami ini ke dalam rangkaian skincare harianmu.

Namun, sebelum asal mencoba, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi serta kebutuhan kulit wajahmu dulu. Dengan demikian, skincare apapun yang akan kamu pakai akan dapat bekerja dengan optimal dan menghasilkan efek yang kamu inginkan.

Well, sampai sini dulu, ya, Ladies! Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan.

About Author

Related posts

Leave a Comment