Intip Berbagai Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini!

manfaat pisang untuk kecantikan kulit

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat umum dan mudah ditemukan di lingkungan rumahmu. Enggak ada yang enggak kenal sama buah satu ini, pasalnya pohonnya sangat mudah tumbuh dan cocok dengan iklim lingkungan kita yang tropis.

Meski banyak diolah sebagai jajanan dan makanan, pisang memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Sehingga enggak hanya baik untuk dikonsumsi, melainkan dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit wajah juga, lho.

Kamu mungkin juga sudah sering membaca atau barangkali mencoba menggunakan pisang sebagai bahan untuk membuat masker wajah alami.

Namun, apakah kamu tahu kandungan apa saja yang ada dalam  buah pisang dan apa efeknya untuk kecantikan kulit wajahmu?

Simak ulasan di bawah ini sampai habis, untuk tahu jawabannya, ya!

Kandungan Nutrisi Buah Pisang yang Baik untuk Kulit

pisang

Dilansir dari Daily Heart Alerts, buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini rupanya mengandung berbagai jenis vitamin esensial, seperti vitamin B (3, 5, 6), vitamin A, dan vitamin C.

Yang kesemuanya ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu

Enggak hanya itu, bahkan dalam buah bewarna kuning ini pun terkandungan beberapa mineral yang tak kalah efektifnya untuk merawat kecantikan.

Biar lebih jelas, simak kandungan nutrisi dalam buah pisang yang baik untuk kulit di bawah ini.

Vitamin B (3, 5, 6, 12)

Kamu mungkinsudah enggak asing dengan jenis vitamin satu ini. Pasalnya, vitamin B3 memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Misalnya pada vitamin B3 (niacin) yang mampu menjaga kelembapan alami kulit dan membuatnya tidak mudah menghilang. Enggak cuma itu, niacin pun dipercaya mampu membantu melawan hiperpigmentasi kulit dan membuat wajah tampak cerah bercahaya.

Sementara itu, vitamin B5 dapat membantu menghidrasi kulit wajahmu dengan maksimal. Hal ini pun akan menjadikan kulit wajahmu terasa lebih kenyal, sehat, dan kriput atau garis halus dapat tersamarkan.

Vitamin B6 dapat mendukung pembentukan asam amino dalam jaringan kulit. Sebab, protein satu ini sangat berperan penting dalam memperkuat skin barrier kamu.

Yang terakhir, vitamin B12 yang efektif banget untuk mencegah hiperpigmentasi dan penggelapan kulit di area tertentu dari tubuh kita.

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat kuat dan efektif menangkal efek buruk radikal bebas. Bahkan, jenis vitamin satu ini pun dapat membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang sebelumnya bermasalah dan menjadikannya sehat kembali.

Pada sejumlah produk perawatan kecantikan, vitamin C pun digunakan sebagai agen pencerah wajah. Ini karena vitamin C mampu merangsang kolagen sehingga sel-sel kulit baru yang lebih sehat pun akan semakin banyak diproduksi.

Asam Amino Esensial

Dalam buah pisang pun terkandungan asam amino esensial, yang dipercaya sangat efektif merawat kulit berminyak.

Sebab, asam amino esensial mampu mengontrol produksi sebum di wajah dengan menghaluskan pori-pori kulit. Dengan demikian, produksi minyak pun enggak akan terlalu berlebihan dan wajahmu bisa bebas kilap seharian.

Mineral

Telah dikatakan sebelumnya bahwa buah pisang pun mengandung beberapa jenis mineral, diantaranya magnesium dan kalsium.

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral esensial yang sangat penting dalam pembentukan jaringan kulit, gigi, rambut, bahkan otot kita.

Khusus untuk kecantikan dan kesehatan kulit, magnesium dapat meningkatkan kekenyalan atau elastisitas kulit. Sehingga keremajaan wajahmu pun akan senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai tanda penuaan dini.

Sementara itu, kalium dapat bekerja untuk melembapkan kulit dan menyeimbangkan pH dalam tubuh kamu.

Antioksidan

Selain factor internal atau genetic, berbagai masalah pada wajah pun sangat umum disebabkan oleh paparan radikal bebas yang kita temui sehari-hari.

Oleh sebab itu, sangat penting bagimu untuk mengonsumsi atau menggunakan berbagai produk perawatan wajah yang mengandung zat antioksidan.

Antioksidan dapat bekerja untuk menangkal radikal bebas dari tubuh dan memperbaiki tampilan kulit. Yakni dengan mencerahkan, mengembalikan keremajaan kulit, juga dapat menenangkan gejala peradangan tertentu.

Dalam buah pisang terkandungan banyak zat antioksidan, seperti flavonoid, tanin, polifenol, fenolik, karotenoid, dan tannin.

Berbagai Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat pisang untuk kecantikan kulit

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dalam buah pisang di atas, kamu pasti sudah punya gambaran mengenai banyaknya manfaat buah satu ini untuk kulit wajahmu.

Yap! Misalnya dengan merawat kesehatan kulit, menjaga keremajaannya, dan masih banyak yang lain. Pokoknya, simak aja artikel ini sampai habis, Ladies!

Melawan Kemunculan Tanda-tanda Penuaan Dini

penuaan dini

Tahukah kamu kalau tanda-tanda penuaan pada kulit bisa muncul bahkan jauh sebelum waktunya? Ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, stress, kurangnya asupan nutrisi, hingga radikal bebas.

Tanda penuaan yang dimaksudkan antara lain munculnya flek hitam, garis-garis halus atau keriput, hingga wajah yang tampak kendur dan menggelambir.

Kalau kamu merasa beberapa tanda-tanda di atas kamu alami, tak perlu cemas. Sebab, ada banyak cara untuk menyamarkan tanda tersebut, misalnya dengan menggunakan buah pisang.

Kandungan vitamin C dan B6 pada pisang yang luar biasa tinggi bisa menjadi antioksidan alami, pun bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit dan menyamarkan berbagai tanda penuaan dini.

Kamu dapat memanfaatkan buah pisang sebagai masker alami dan memadukannya dengan buah alpukat. Kombinasi keduanya efektif untuk menutrisi dan menyehatkan kulit wajah kamu, lho.

Nah, berikut beberapa langkah membuat masker pisang dan alpukat sendiri.

Bahan:

  • Satu buah alpkuat.
  • Satu buah pisang.

Langkah pembuatan masker pisang:

  • Hancurkan satu  buah pisang dan alpukat.
  • Saat sudah berubah menjadi pasta, oleskan ke wajah lalu diamkan selama 20 menit agar nutrisinya terserap pori-pori.
  • Setelah itu, cuci wajah kamu sampai bersih.

Dapat Membantu Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

skincare untuk kulit kering

Selain mengatasi atau menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, pisang pun bisa membantumu melawan hiperpigmentasi kulit.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam buah pisang mampu membantu merawat semua jenis kulit wajah. Sehingga membuatnya tampil lebih cerah dan sehat alami.

Agar mendapatkan manfaat ini, caranya pun sangat gampang. Malah tinggal membuat dan mengaplikasikan masker alami berbahan dasar pisang bersamaan dengan buah alami.

Untuk kulit berminyak, cukup campurkan satu buah pisang yang telah dilumatkan dengan perasan air lemon dan madu secukupnya.

Mengurangi Tampilan Mata Panda

mata panda

Lingkaran hitam di bawah mata sering kali dialami dan terjadi pada hampir semua orang, apabila mereka enggak bisa mengatur jadwal tidur, terlalu lelah, dan kekurangan istirahat.

Kondisi yang juga lebih umum dikenal dengan mata panda ini pun sering kali disertai dengan pembengkakan pada area kantung mata.

Kalau kamu mengalami hal ini dan pengen segera mengatasinya, buah pisang bisa menjadi salah satu alternatif yang paling ideal untuk kamu coba.

Yang hanya perlu kamu lakukan adalah membuatnya sebagai masker pisang alami, dan mengaplikasikannya pada kantung bawah mata.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Setengah potong buah pisang.
  • Satu sendok teh perasan air lemon.
  • Satu sendok teh madu.

Langkah Pembuatan Masker Mata dari Pisang:

  • Haluskan pisang, lalu tambahkan dua bahan lainnya.
  • Adukkan hingga terbentuk pasta masker kantung mata dari pisang yang diinginkan.
  • Aplikasikan pada kantung mata dengan perlahan dan jangan terlalu tebal.
  • Tunggu selama 15-20 menit, kemudian bilas kantung mata sampai bersih.

Membantu Menghidrasi Kulit Wajah

menutrisi kulit

Salah satu rahasia wajahmu jadi tampak mempesona adalah dengan menutrisinya. Nah, hal itu bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan perawatan dan memberikan kulit wajahmu dengan nutrisi yang tepat.

Salah satu bentuk perawatan kecantikan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah dengan mamakai masker pisang. Sebab, kandungan vitamin A dan kalium dalam buah pisang dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi secara alami.

Bagi kamu yang ingin berpegian ke luar negeri dan khawatir dengan cuaca dingin di sana, dapat membuat kulit kamu sangat kering, buah pisang bisa menjadi solusinya.

Sebab, pisang kaya akan vitamin A dan kalium yang bisa menjaga kulit wajah kamu tetap terhidrasi secara alami.

Cara merawat kulit kering dengan masker pisang:

  • Siapkan buah pisang yang sudah matang dan yogurt.
  • Campurkan dua bahan tersebut, kemudian aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan.
  • Tunggu beberapa saat, namun 15 menit saja sudah cukup.
  • Setelah itu bilas wajah kamu dengan air dingin hingga bersih.

Menyamarkan dan Memudarkan Flek Hitam di Wajah

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Enggak cuma mampu membuat wajah cerah secara umum, buah pisang pun dapat memudarkan flek hitam dan bekas jerawat dari wajah.

Kandungan vitamin C dan B yang ada dalam buah pisang dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan berbagai becak hitam dari wajah.

Untuk mendapatkan manfaat pisang untuk kecantikan kulit wajah satu ini kamu hanya perlu menjadikannya sebagai masker alami. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Siapkan satu buah pisang yang sudah matang, satu sendok makan gula pasir, dua sendok makan gandum, dan satu sendok susu bubuk.
  • Haluskan buah pisang, kemudian campurkan dengan bahan-bahan yang sebelumnya telah kamu siapkan.
  • Aplikasikan pasta masker pisang ke wajah kamu dengan merata dan tunggu sampai 15 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih, kamu bisa mengaplikasikan toner untuk mengikat kandungan masker pisang itu dalam kulitmu lebih lama.

Mengatasi Kulit yang Meradang Akibat Jerawat

Selain menghilangkan bekasnya, buah pisang pun ternyata sangat efektif dalam menenangkan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

Jika kamu memiliki jerawat yang bandel dan menimbulkan sedikit peradangan, kamu bisa menggunakan pisang untuk merawat serta mengatasinya.

Baik dengan mamakai masker pisang sebagai perawatan wajah alami, maupun dengan menggunakan skincare berkandungan buah bewarna kuning satu ini.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu manfaat pisang untuk kecantikan kulit wajah yang lain adalah dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk sebenarnya harus dengan rutin dibersihkan, karena selain berpengaruh pada penampilan kulit, juga bisa menimbulkan masalah seperti jerawat maupun bisul.

Nah, pisang juga dikenal sebagai eksfoliator yang handal dan sangat baik dalam mengangkat sel kulit mati dari wajah. Kamu bisa menggunakan bahan alami ini sebagai masker alami untuk mengangkat kotoran dari wajah.

Mampu Mengontrol Produksi Sebum Berlebihan

Nah, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, alias acne pore. Pisang bisa menjadi salah satu buah yang dapat kamu manfaatkan sebagai masker wajah alami.

Pasalnya, kandungan antioksidan, mineral, asam amino esensial dan vitamin C dalam buah pisang dapat mengatasi produksi sebum berlebihan, dengan mengangkat minyak dari wajah dan mengecilkan lubang pori-pori.

Itu adalah berbagai manfaat pisang untuk kecantikan kulit yang mungkin belum kamu ketahui. Kamu bisa mencoba beberapa resep masker pisang alami yang tertera di atas untuk merawat kecantikan kulit wajahmu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment