Bantu Optimalkan Fungsi Kulit, Ketahui Serba Serbi Peeling Wajah Berikut Ini

peeling wajah (2)

Apakah kamu merasa jika skincare-mu enggak menunjukkan hasil yang dijanjikan? Atau barangkali kian hari wajahmu tampak lebih kusam dan tak sehat?

Well, tahukah kamu selain menggunakan skincare routine, kamu pun harus rutin membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di epidermis.

Sebab, sel kulit mati yang menumpuk ini bisa saja membuat kerja fungsi kulit enggak optimal. Baik dalam menyerap kandungan skincare, maupun ketika akan memperbaiki diri juga.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menanganinya adalah dengan peeling wajah.

Karena selain mampu membersihkan kotoran dan sel kulit mati hingga ke bagian terdalam pori kulit, produk ini pun diyakini mampu merangsang proses regenerasi sel kulit.

Peeling Wajah vs Face Scrub

maklon body lotion

Kamu mungkin bertanya-tanya, kalau fungsi peeling ini adalah mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari kulit. Lalu apa bedanya skincare satu ini dengan face scrub?

Meski fungsinya sama, peeling dan face scrub memiliki beberapa perbedaan. Baik dari teksturnya, cara kerjanya, dan efeknya pada wajahmu.

Secara umum, peeling memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding dengan scrub yang punya butiran kasar. Karena itulah peeling pun berisiko rendah menimbulkan luka atau iritasi saat digunakan.

Berbagai Manfaat Peeling Wajah untuk Kecantikan

peeling wajah

Selain membantu membuat kulit jadi lebih bersih, peeling wajah memiliki banyak manfaat lain untuk kecantikan kulitmu.

Berikut beberapa manfaat peeling wajah untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan dengan penggunaan yang rutin dan teratur.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Sudah bukan rahasia lagi kalau pori-pori kulit yang besar bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah.

Misalnya menjadikan produksi sebum yang berlebihan, kulit jadi lebih mudah berjerawat serta berkomedo, dan infeksi bakteri atau kuman lainnya.

Dengan melakukan peeling wajah secara rutin dan teratur, perlahan pori-pori wajah akan menyempit.

Tak hanya akan membuat produksi sebum berkurang, pori-pori yang kecil juga akan membuat kulit wajahmu jadi lebih lembut dan halus.

Selain itu, berbagai masalah kulit yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, dan kuman pun akan dapat dihindari.

Membantu Mengatasi Jerawat

Apakah kamu punya masalah dengan jerawat yang membandel, baik kecil maupun cukup mengganggu karena meradang?

Sebelum membeli atau menggunakan produk perawatan wajah tertentu, perhatikan lebih dulu mengenai penyebab kemunculan jerawat yang kamu alami terlebih dahulu.

Nah, kalau jerawat yang kamu alami ini ditimbulkan oleh infeksi atau bakteri, karena penumpukan kotoran dan sel kulit mati di pori-pori. Peeling wajah bisa membantumu mengatasinya dan mencegah jerawat muncul kembali di wajah.

Sebab salah satu manfaat untuk mengangkat kotoran dan minyak alami di wajah, yang bisa memicu jerawat dan berbagai masalah kuit lainnya.

Mampu Memelihara Elastisitas Kulit

Selain membuat kulit bersih dan mencegah munculnya jerawat, peeling rutin bisa membantu menjaga keremajaan kulit wajahmu.

Hal ini dikarenakan peeling bisa membuat wajah tampak lebih sehat dan memaksimalkan fungsi kulit, sehingga elastisitas kulit wajahmu pun akan lebih terawat dan selalu tampak awet muda.

Meminimalisir Tampilan Garis Halus dan Kerutan di Wajah

Karena mampu menjaga elastisitas wajah, peeling secara rutin pun bisa membuat penampilan garis halus dan kerutan di wajah semakin pudar.

Tak hanya itu, pori-pori kulit yang ikut mengecil setelah peeling wajah pun akan sangat berpengaruh pada tekstur kullit secara umum.

Yakni dengan membuat permukaan kulit jadi terasa lebih lembut, halus, dan memudarkan tampilan garis halus serta kerutan di wajah.

Menyamarkan Bekas Jerawat dan Noda Hitam di Wajah

Apakah kamu punya bekas jerawat dan noda hitam yang enggan hilang padahal sudah memakai skincare berkandungan pencerah alami?

Nah, bisa jadi ini karena kamu membersihkan kulit dan proses regenerasi kulit enggak bisa optimal.

Untuk itu, kamu bisa mencoba peeling wajah secara rutin dan teratur. Sebab kegiatan ini bisa membantu merangsang regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat, sehingga tampilan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam dapat tersamarkan.

Jenis-jenis Peeling Wajah yang Perlu Kamu Tahu

jenis peeling wajah (3)

Dulu, peeling wajah hanya bisa dilakukan di klinik-klinik kecantikan dan dengan bantuan tenaga ahli.

Namun karena banyaknya minat masyarakat dengan metode kecantikan satu ini, berbagai brand kosmetik ternama mulai membuat peeling wajah yang bisa digunakan sendiri di rumah.

Produk peeling wajah yang dipasarkan pun sangat beragam jenisnya, fungsi dan cara pakainya pun sangat beragam.

Hal ini tentunya bisa memberikan banyak pilihan untukmu, termasuk jika ingin menyesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu.

Berikut beberapa jenis peeling wajah yang perlu kamu ketahui, sesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum menggunakannya, ya!

Peeling Serum

Jenis peeling yang pertama adalah peeling serum. Peeling ini biasanya berbentuk cair dan memiliki konsistensi yang agak pekat.

Peeling serum pun memiliki banyak manfaat lain, di luar kemampuannya untuk mengangkat kotoran dan minyak dari wajah kamu.

Produk satu ini bisa mmebantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, menutrisi kulit wajah, pun membantu mencegah terjadinya berbagai masalah kecantikan pada kulit.

Karena kandungannya yang lebih kompleks dan lebih mudah meresap ke pori kulit, produk ini enggak disarankan digunakan untuk kamu yang punya kulit sensitive.

Sebab, cukup berisiko untuk menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit.

Peeling Gel

Peeling gel jadi jenis yang paling banyak ditemui saat ini. Sesuai namanya, jenis peeling ini berbentuk gel dan biasanya memiliki konsentrasi yang lebih rendah daripada peeling serum.

Selain membuat kulitmu jadi lebih bersih, peeling gel dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan pada kulit wajah sesudah proses eksfoliasi.

Jenis satu ini bisa banget untuk kamu yang punya masalah dengan jerawat. Sebab, kandungannya yang menenangkan dan menyegarkan ini bisa membantu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat tersebut.

Peeling Powder

Tak hanya berbentuk cair dan gel, kamu pun dapat dengan menemukan peeling dalam bentuk sediaan bubuk.

Sama halnya dengan dua jenis sebelumnya, peeling ini dapat membantu mengeksfoliasi berbagai kotoran dan minyak yang ada di lapisan terluar kulit.

Sebenarnya, jenis ini terbilang cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering, normal, hingga sensitive. Sebab enggak bisa membuat kulit wajahmu jadi lebih kering dan teriritasi, meski mengalami proses ekfoliasi.

Nah, itu adalah beberapa hal mengenai peeling wajah yang mungkin belum kamu ketahui dengan baik. Termasuk dengan jenis-jenisnya yang dapat dijual di pasaran, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu sekarang.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, kamu tetap enggak bisa menggunakannya sebagai perawatan rutin tiap hari. Melainkan cukup pakai seminggu sekali saja, karena eksfoliasi yang berlebihan bisa memicu iritasi pada kulit.

Sebagai tambahan, kamu bisa juga menggunakan moisturizer untuk mengembalikan kelembapan alami pada kulit dan menenangkannya setelah proses eksfoliasi dilakukan.

Well, sampai sini dulu, ya! Kalau kamu punya tips atau hal lain yang berkaitan dengan peeling wajah jangan lupa kasih tahu di kolom komentar.

See you, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment