Yuk, Kenalan Sama Moisturizer – Produk Skincare Wajah Dengan Segudang Manfaat Untuk Kulitmu

moisturizer

Siapa yang enggak tahu produk skincare satu ini? Yap, moisturizer atau yang kerap diketahui sebagai pelembap wajah adalah salah satu produk perawatan wajah yang pastinya sudah sangat umum dan digunakan oleh tiap perempuan.

Penggunaan pelembap wajah memang wajib hukumnya. Entah kamu memiliki kulit yang berminyak, maupun yang memiliki jenis kulit kering. Pelembap tetap diperlukan untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah kita.

Dalam moisturizer terkandung berbagai vitamin, mineral dan bahan-bahan aktif yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai dari memberikan nutrisi, melembapkan wajah, menjaga kehalusan dan agar kulit terhidrasi dengan baik.

Bahkan, produk skincare satu ini memiliki peranan penting sebagai pelindung terampuh dari berbagai kerusakan kulit. Khususnya yang disebabkan dari dalam kulit.

Saking pentingnya, pelembap ini digunakan dalam urutan skincare pagi dan malam. Karena saat malam hari, produk ini dapat membantu kulit meregenerasi diri dan mencegah gejala pentetruaan dini. Misalnya seperti munculnya kerutan, flek hitam dan wajah yang kusam.

Agar kamu tidak sembarangan pilih, cuss cari tahu lebih dalam lagi soal moisturizer! Mulai dari tipenya, tips memilih yang cocok untukmu, hingga membuat produk pelembap wajah yang ideal sendiri.

Tiga Tipe Moisturizer yang Harus Kamu Ketahui

jenis moisturizer

Ternyata nih, moisturizer memiliki jenis-jenis yang berbeda lho. Perbedaan ini didasarkan bahan utama dan fungsi dari tiap pelembap wajah. Kamu penasaran? Yuk baca ulasannya sama-sama.

Humektan

Tipe pelembap wajah yang pertama adalah humektan. Tipe yang satu ini dapat membantu menjaga agar sel-sel kulit tetap terhidrasi dengan baik. Cara kerjanya, yakni dengan menarik air ke sel-sel kulit wajah kita.

Jenis bahan aktif yang biasanya digunakan dalam pelembap humektan adalah glyceryn, asam alfa hidroksi (AHA), hyaluronic acid, urea dan sorbitol.

Karena umumnya berbahan dasar air, maka produk ini biasanya cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Jadi kalau kamu memiliki kulit berminyak, acne prone dan kombinasi, bisa nih mencoba jenis pelembap wajah yang satu ini.

Emolien

Jenis yang kedua adalah pelembap wajah emolien atau emollient. Kandungan emolien adalah zat yang bekerja mengisi bagian sel kulit yang kosong karena kehilangan lipid pelembapnya.

Nah setelah emolien mengisi kekosongan itu, maka kulit pun jadi terhidrasi dengan baik. Yang kemudian akan menciptakan sensasi lembut dan halus pada kulit wajah kita.

Pelembap wajah jenis ini dapat dibuat dengan bahan dasar air ataupun minyak. Meski begitu, di pasaran masih sangat didominasi oleh pelembap wajah emolien dengan bahan dasar minyak.

Moisturizer emolien sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit kering, yang sangat membutuhkan perawatan dalam mengembalikan kelembapan kulit. Dalam emolien ada bahan-bahan seperti collagen, colloidal oatmeal, elastin, shea butter, dan stearic acid.

Occlusive

Tipe ketiga sekaligus yang terakhir adalah occlusive, yakni jenis pelembap yang bekerja untuk mengunci kelembapan kulit. Moisturizer ini mampu melapisi kulit untuk mencegah terjadinya penguapan.

Dalam moisturizer occlusive bahan yang digunakan adalah petrolatum, wax, lanolin, mineral oil, dan silicone. Hal inilah yang membuat pelembap wajah tipe ini mampu memberikan perlindungan yang tinggi kepada kulit kita.

Hasilnya, penggunaan moisturizer occlusive sangat ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Misalnya alergi, kulit kering mengelupas, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, penggunaan moisturizer ini tidak direkomendasikan untuk pemakaian harian ya, Ladies. Cukup pakai seperlunya dan sesuai kebutuhan kulit kamu.

Beberapa Manfaat Moisturizer untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat memakai moisturizer secara rutin

Karena biasanya dirangkai dari berbagai bahan aktif dan alami dalam formulanya, moisturizer dapat memiliki beberapa manfaat sekaligus. Dan bukan hanya terbatas untuk melembapkan kulit.

Di bawah ini ada beberapa manfaat moisturizer bagi kulit wajah. Simak sama-sama, yuk!

Melembapkan kulit

skincare pagi

Kegunaan dan manfaat utama dari krim moisturizer wajah sudah pasti untuk melembapkan kulit wajah, agar selalu merasa nyaman dan tidak kering.

Kulit wajah yang lembap juga akan membuat wajahmu terlihat lebih segar dan sehat. Enggak hanya itu, make up yang kamu pakai pun akan menempel dengan sempurna dan tahan lebih lama.

Menutrisi kulit

Selain melembapkan kulit, moisturizer juga dapat menutrisi wajah kita. Hal ini dikarenakan pelembap dibuat dengan bahan dari berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kulit wajah kita.

Dengan demikian kulit akan senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai masalah, seperti kulit kering, jerawat, komedo, kusam dan lain sebagainya.

Mencegah timbulnya berbagai masalah kulit

iritasi kulit

Karena sifatnya yang dapat membantu melembapkan kulit dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan, maka dengan memakai moisturizer secara teratur kamu dapat mencegah munculnya berbagai masalah kulit.

Karena nih, banyak masalah kulit yang timbul justru kalau kulit wajahmu kering. Misalnya membuat wajah tampak kusam dan tidak bercahaya, hingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

Untuk tahu lebih banyak tentang kulit kering dan penangannya, bisa dong dibaca di sini.

Membuat wajah terlihat lebih segar

Seperti yang sempat disinggung bahwa pelembap wajah yang mampu membuat wajah terlihat lebih fresh dan menarik. Sensasi krimnya yang dingin mampu memberikan ketenangan dan kesegaran tersendiri bagi pemakainya.

Mencerahkan kulit

mencerahkan wajah

Fungsi yang satu ini sangat umum ada dalam pelembap wajah. Nutrisi yang ada dalam pelembap mampu menjaga kulit terlihat lebih segar dan bersinar.

Jadi untuk kamu yang ingin memiliki wajah yang cerah, bisa banget menggunakan pelembap secara rutin tiap hari.

Membuat kulit wajah awet muda

menyegarkan wajah

Siapa sih yang enggak pingin terlihat awet muda? Nah memakai pelembap secara teratur pada kulit wajah dapat mencegah munculnya gejala-gejala penuaan dini. Misalnya timbulnya flek atau noda hitam pada kulit wajah, keriput dan garis-garis halus.

Selain itu, pada pelembap terdapat pula bahan yang mampu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Dengan mengaplikasikan pelembap secara teratur, elastisitas kulit akan terjaga dan tanda-tanda penuaan dini pun bisa tersamarkan dengan baik.

Membantu kulit untuk berfungsi dengan baik

Pelembap enggak hanya digunakan saat siang hari lho, melainkan dapat diaplikasikan saat malam hari. Nah, penggunaan moisturizer sebelum tidur dapat membantu mengoptimalkan regenerasi kulit kita.

Meminimalisir resiko make up

Memakai riasan sepanjang hari bisa memberikan resiko tersendiri pada kulit wajahmu. Entah seberapa sering maupun seberapa tebal make up yang kamu aplikasikan, bisa saja hal ini dapat menimbulkan masalah kulit dalam jangka panjang.

Misalnya membuat kulit wajah rentan terkena resiko yang cukup mengkhawatirkan. Mulai dari alergi, iritasi kulit, bahkan infeksi.

Namun resiko ini bisa kamu minimalisir dengan menggunakan moisturizer terlebih dahulu. Dengan demikian, formula dalam produk ini akan menjadi pelindung kulit dan dapat menahan efek samping dari penggunaan make up atau kosmetik yang berlebihan.

Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Sunscreen

Dalam formula moisturizer, bahan yang paling sering digunakan adalah SPF. Bahan yang satu ini dapat melindungi wajahmu dari paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Dengan demikian, wajahmu tidak akan gampang terkena iritasi atau bahkan terbakar di bawah teriknya matahari.

Nah, itu adalah berbagai manfaat dari moisturizer yang bisa saja belum kamu ketahui. Tapi kalau kamu punya pendapat atau info lain, bisa kok diskusiin di kolom komentar.

Tips Memilih Moisturizer yang Cocok Untuk Kulitmu

tips memilih moisturizer

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pelembap memiliki berbagai jenis. Yang tiap jenisnya memiliki kandungan, bahan dan manfaat yang berbeda-beda-beda pula.

Untuk mengetahui produk moisturizer mana yang sangat cocok untuk kulit wajahmu, kamu bisa cek tips-tips di bawah ini ya!

Sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu

Beda jenis kulit, beda pula kebutuhan dan perawatan yang dilakukan. Dengan demikian, kamu harus terlebih dahulu mengenali jenis kulit yang kamu miliki.

Umumnya jenis kulit dibagi menjadi normal, berminyak, kering, kombinasi dan sensitif. Kelimanya ini memiliki jenis perawatan yang berbeda.

Pada kulit berminyak misalnya, kamu bisa memilih jenis pelembap atau moizturaizer yang tidak membuat kulitmu lebih berminyak. Misalnya dengan memilih yang berbentuk gel, yang lebih bisa terserap dengan baik dan cepat pada jenis kulit berminyak.

Dengan memilih jenis moisturizer yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulitmu, maka efek yang dihasilkan juga akan lebih optimal.

Perhatikan kandungan alami

bahan alami moisturizer

Masyarakat kini kian sadar akan kebutuhan dan kesehatan kulit mereka. Banyak juga yang akhirnya memilih produk-produk skincare yang berbahan alami.

Nah, salah satunya yakni moisturizer dengan kandungan alami. Misalnya dengan kandungan shea butter, coconut oil, tea tree dan lain sebagainya.

Perhatikan Kandungan Bahan Aktif dalam Moisturizer

bahan berbahaya skincare untuk ibu hamil

Selain bahan alami, kamu juga harus perhatikan bahan aktif yang ada dalam produk moisturizer. Karena enggak semua jenis bahan aktif dapat cocok untuk kulit wajahmu.

Sekali lagi, kamu harus sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajahmu, ya!

Pilih yang Memiliki Kandungan SPF

Agar fungsi kian optimal, pilihlah moisturizer yang mengandung SPF. Dengan demikian moisturizer dapat bekerja lebih baik dalam melindungi kulitmu, termausk dari paparan sinar UV.

Membuat Moisturizer Sendiri dengan Mudah dan Aman, Hingga Jadi Bisnis

membuat moisturizer

Menemukan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kita tentunya kadang enggak semudah yang dibayangkan. Karena terkadang ada bahan yang harus kita hindari malah digunakan dalam produk tersebut, atau malah sebaliknya.

Nah, enggak ada salahnya nih untuk meracik sendiri bahan-bahan yang kamu butuhkan dalam produk moisturizer yang kamu inginkan. Malah kamu juga bisa menyesuaikan fungsinya dengan masalah-masalah kulit yang kamu alami.

Enggak perlu khawatir karena kamu tidak memiliki keahlian untuk merancang formula moisturizer sendiri. Kamu cukup bekerja sama dengan ahlinya, misalnya nih lewat PT Mash Moshem Indonesia.

Dengan tim yang terdiri dari ahlinya, kamu bisa menciptakan produk moisturizer wajah dengan berbagai formula serta manfaat. Dengan demikian, kamu enggak hanya mengatasi masalah wajahmu sendiri. Namun juga bisa mengatasi masalah wajah yang dialami perempuan lain di luar sana.

Selain itu, kami juga memiliki pabrik kosmetik yang aman dan sangat terpercaya. Karena kami mengantongi sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) tingkat A, yang diberikan oleh Badan POM.

Kamu juga bisa menciptakan produk moisturizer halal bersama kami. Karena pabrik kami sangat canggih, kami dapat memproduksi moisturizer dari brand kosmetikmu dengan cepat dalam jumlah yang besar.

Gimana, Ladies? Udah siap punya bisnis kosmetik sendiri?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment