Enggak Boleh Sembarangan, Berikut Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa Kamu Coba

skincare untuk kulit kering

Punya kulit wajah yang kering memang kadang bisa bikin frustasi. Gimana enggak? masalah-masalah kulit yang lain pun akhirnya ikut bermunculan kalau kulit wajah kita kering. Mulai dari kulit yang tampak kusam, kemudian bisa saja mengelupas dan pecah-pecah, hingga mengalami iritasi.

Kulit wajah yang kering sebenarnya disebabkan oleh berbagai hal. Muali dari paparan udara dingin, polusi, terlalu sering mencuci muka, hingga penggunaan skincare wajah yang salah. Jadi meski kita tinggal di negara beriklim tropis, bukan enggak mungkin juga kalau kulit wajahmu bisa kering.

Sayangnya tak sedikit orang yang menganggap enteng masalah kulit wajah kering ini. Bahkan cukup banyak pula yang membiarkan dan tidak memberikan perawatan khusus untuk kesehatan kulit wajah mereka.

Padahal memiliki kulit wajah yang terlalu kering membutuhkan perhatian yang ekstra. Apalagi untuk memilih produk-produk skincare yang akan digunakan sehari-hari.

Karena kalau kandungan dalam skincare itu tidak cocok dengan kondisi kulit wajahmu, bisa-bisa kulitmu makin kering dan malah akan memicu masalah baru.

Bahaya Kulit Wajah Kering

Telah dikatakan sebelumnya  banyak dari kita yang menyepelekan masalah kulit kering pada wajah. Enggak hanya soal kecantikan, tapi berefek juga untuk kesehatan kulit kita, Guys.

Emang apa aja sih masalah kesehatan kulit yang bakal timbul kalau kita membiarkan dan tidak merawat kulit wajah yang kering? Untuk lebih lengkapnya, simak bahaya-bahaya kulit wajah kering di bawah ini, ya.

Rasa Gatal

Gejala satu ini paling umum yang sering dirasakan oleh orang dengan kulit wajah kering. Kamu mungkin menganggapnya sepele atau bagaimana, tapi kalau rasa gatal itu datang terus menerus pasti kamu juga tidak akan nyaman.

Gejala ini akan semakin buruk kalau kamu mencoba untuk menggaruknya. Karena bukannya membaik, yang ada kulitmu akan semakin gatal dan berubah memerah.

Kulit rentan terhadap kuman dan bakteri

Kamu pasti bertanya-tanya, bukannya kulit yang mudah terkena jerawat itu kulit berminyak? Well, memang benar, sih. Tapi bukan berarti kulit wajah kering juga aman dan bebas jerawat.

Yang terjadi justru sebaliknya, kulit kering juga berpotensi terkena jerawat. Kok bisa begitu? Bisa, dong. Soalnya perlindungan kulit wajah yang kering telah mengalami penurunan. Hal inilah yang membuat kuman dan bakteri lebih mudah untuk menginfeksi kulit wajah kita.

Dengan demikian kulit wajah kering jadi sama rentannya terkena jerawat. Nah kalau udah gitu, pasti makin banyak dong masalah kulit yang harus kamu atasi.

Kulit jadi Semakin Sensitif

Telah dijelaskan sebelumnya, kulit wajah yang kering memiliki perlindungan yang lemah. Dan karena hal ini pulalah, kulit wajah yang kering sangat rentan mengalami iritasi. Yang jika dibiarkan akan semakin parah dan sulit diatasi.

Kondisi ini akan membuat kulitmu jadi semakin sensitif, memilih produk skincare dan kosmetik pun akan semakin sulit. Salah-salah kamu malah memilih produk yang enggak bisa cocok sama kondisi kulitmu dan justru memperparah keadaan.

Penuaan Dini

Kamu pasti enggak nyangka kalau salah satu dampak buruk membiarkan kulit wajah kering akan sebegini ekstrimnya. Tapi mau percaya atau enggak, salah satu gejala penuaan dini tuh sama dengan yang dialami oleh pemilik kulit kering.

Misalnya mulai dari munculnya garis-gari halus pada wajah, kulit yang tampak kusam dan tidak sehat, dan lain sebagainya. Yang mana gejala-gejala ini muncul dikarenakan kulit yang berarti memiliki tingkat elastisitas yang rendah.

Membuat Kulit Terlihat Kusam

Efek yang satu ini sejak awal udah disinggung-singgung, ya Guys. Karena memang sih, kalau kulit wajah yang kering akan membuat wajahmu kusam dan tidak berseri.

Hal ini terjadi karena kandungan minyak dalam wajah kita sangatlah sedikit. Sehingga tanpa kelembapan kulit wajah kemudian jadi kering dan dehidrasi, dan akhirnya terlihat kusam.

Cara memilih skincare untuk kulit kering

skincare malam

Kamu telah mengetahui apa saja bahaya saat kamu mengabaikan kulit wajahmu yang kering. Mulai dari terasa gatal, kemerahan, hingga iritasi.

Maka dari itu memilih skincare untuk kulit kering tentu tidak boleh sembarangan. Sebab hal tersebut dan memperparah kondisi kulit kering yang kamu alami.

Sebelum menggunakan produk skincare untuk kulit wajah kering, alangkah baiknya kanmu mengetahui cara memilih skincare kulit kering dengan tepat misalnya seperti ulasan di bawah ini.

Pilih produk skincare untuk kulit wajah kering

produk skincare

Skincare wajah dirancang untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul atau dihadapi sebagian besar perempuan, termasuk perawatan kulit kering.

Formula-formula dari skincare itu juga berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kamu alami, harus diperhatikan betul produk apa yang ingin dipakai.

Jika kulit wajahmu kering, maka gunakanlah produk-produk skincare yang ditujukan untuk mengatasi kulit kering. Misalnya dengan memilih toner yang memang bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit, dan krim pelembap wajah yang membantu mengembalikan kelembapan kulit wajahmu.

Pertimbangkan kandungan bahan atif dalam skincare untuk kulit kering

kemasan skincare

Nah, hal yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya adalah bahan-bahan aktif yang ada dalam skincare untuk kulit kering. Pastikan, produk skincare yang akan kamu beli dan gunakan ini memiliki kandungan bahan aktif yang dapat menjaga atau mengembalikan kelembapan kulit wajah.

Ada tiga bahan aktif yang sebaiknya ada dalam produk skincare untuk kulit kering. Yakni asam hialurona, asam laktat, dan gliserin.

Asam hialurona

Merupakan bahan aktif yang penting terkandung dalam skincare kulit wajah kering. Karena asam hialurona dapat membantu menjaga kelembapan kulit kamu.

Tak hanya itu, kandungan ini bahkan dapat membantu memperbaiki kulit kering  di wajahmu dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang muncul. Sehingga wajahmu pun jadi lebih berseri-seri dan bercahaya. Nah, asam hialurona ini biasanya dapat kamu temukan di dalam serum wajah.

Asam laktat

Kandungan kedua yang harus ada dalam skincare untuk kulit kering adalah asam laktat. Bahan bertekstur lembut ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mempercepat proses regenerasi kulit.

Gliserin

Yang satu ini pasti udah sering banget kalian dengar, yap gliserin! Salah satu bahan yang wajib ada di skincare untuk kulit kering. Gliserin ini dapat mempertahankan kelembapan kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, bahkan kulit wajahmu akan tampak lembut dan kenyal. Nah gliserin ini dapat kalian temui pada produk-produk sabun pembersih wajah, lho.

Perhatikan kandungan skincare alami untuk kulit kering

kandungan alami skincare

Selain kandungan aktif, kandungan skincare alami juga wajib kamu perhatikan. Jangan berpikir asal mengandung ekstrak herbal atau tumbuhan tertentu lalu bakal cocok-cocok saja.

Kamu harus tetap memperhatikan manfaat dan kandungannya juga ya, Guys. Nah misalnya di bawah ini ada beberapa kandungan alami yang wajib ada dalam skincare yang pakai.

Minyak Argan

Minya argan ini punya kandungan vitamin E dan asam lemak, lho Guys. Keduanya dapat membantu memperbaiki kulit wajah yang rusak sekaligus membuat kulit tidak semakin kering dan iritasi.

Cocoa butter

Berasal dari lemak jenuh alami dan antioksidan yang berfungsi untuk menghaluskan tekstur kulit wajahmu yang kering.

Shea butter

Kandungan yang satu ini berguna untuk meningkatkan produksi kolagen di wajah kita lho. Juga dapat melembapkan dan memberikan sensasi menenangkan pada peradangan kulit.

Enggak hanya itu, shea butter juga bisa mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Aloe Vera

Aloe vera memiliki sifat pelembap yang sangat baik dan bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan dehidrasi. Karena aloevera mengandung vitamin dan mineral yang dapat meresap dengan baik ke dalam kulit.

Minyak Jojoba

Manfaat utama jojoba oil adalah melembapkan kulit. Secara struktural minyak jojoba hampir mirip dengan minyak alami yang terdapat pada tubuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung nutrisi dan atioksidan yang terkenal baik untuk kulit. Tak hanya itu kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dapat mengembalikan kelembapan kulitmu yang hilang, lho.

Cari produk skincare buat kulit kering dengan tekstur krim

Selain kandungan produk, cobalah memperhatikan tekstur skincare kulit wajah kering yang akan kamu pakai. Nah, untuk kulit kering yang paling baik adalah skincare bertekstur krim.

Karena tekstur krim dapat membuat kulit menjadi terdehidrasi dengan lebih baik. Sehingga kelembapannya senantiasa terjaga.

Dengan memilih tekstur krim, kesehatan kulit wajahmu juga akan lebih terjaga. Karena dapat mengurangi munculnya iritasi pada kulit keringmu.

Hindari skincare yang mengandung alkohol

Kulit wajah yang kering lebih sensitif dari pada kulit dengan kondisi normal. Untuk itu kamu harus menghindari produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang keras, misalnya alkohol.

Karena kandungan bahan tersebut dapat menghilangkan kadar minyak alami pada kulit wajahmu. Dan bukannya malah membaik, kulitmu akan semakin kering.

Pilih produk yang berlabel hypoallergic

Produk hypoallergic artinya produk tersebut memiliki kandungan-kandungan yang tidak rentan menyebabkan reaksi alegi. Sehingga, produk dengan label ini akan lebih aman digunakan untuk orang dengan kulit wajah kering.

Rekomendasi produk skincare untuk kulit kering yang bisa digunakan

bisnis kosmetik

Setelah mengetahui cara-cara memilih skincare untuk kulit kering melalui kandungan, tekstur dan labelnya. Kini saatnya kamu membaca rekomendasi jenis-jenis skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Sabun pembersih wajah

Sabun pembersih wajah adalah produk skincare yang wajib digunakan. Agar kebersihan dan kesehatan kulit wajah terjaga, kamu bahkan harus menggunakannya pada malam dan pagi hari.

Pilihlah sabun pembersih wajah yang memiliki busa sedikit dan tidak memiliki parfum yang terlalu wangi. Karena akan membuat kulitmu semakin kering.

Kamu bisa memakai jenis sabun wajah yang berbahan dasar krim. Dengan demikian, kelembapan kulitmu akan tetap terjaga.

Toner wajah

Selain berguna untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak yang mungkin tertinggal setelah cuci muka. Toner juga dapat mengembalikan pH kulitmu dan mengembalikan kelembapannya.

Pilihlah toner dengan kandungan yang sesuai dengan kulit keringmu, dan hindari yang mengandung alkohol.

Serum Wajah

serum

Serum wajah adalah produk skincare dengan fungsi yang beragam. Artinya permasalahan yang diatasi tak hanya satu, namun bisa beberapa sekaligus. Termasuk mengatasi kulit wajah yang kering.

Skincare yang satu ini memiliki kandungan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Salah satu fungsi dari serum adalah melembapkan dan menyehatkan kulit wajahmu. Sebagai rekomendasi, kamu bisa pilih serum yang berbahan dasar minyak argan, ya.

Pelembap

pelembab

Ini merupakan produk skincare yang wajib untuk digunakan untuk orang dengan kulit wajah yang kering. Sebab pelembap dapat menghaluskan sealigus membuat kulit menjadi lembap.

Pilihlah pelembap dengan bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan aplikasikan secara rutin supaya kulitmu jadi lebih sehat.

Sunscreen

sunscreen

Sunscreen emang wajib, apalagi untuk kulit wajah yang kering. Sunscreen akan memberikan perlindungan dari sinar UV matahari agar kulitmu tidak mudah mengalami iritasi.

Terlebih perlindungan pada kulit yang kering cenderung lebih rendah. Oleh sebab itu perlu adanya skincare yang dapat membantu untuk melindungi dan menjaga kulit kamu.

Produk Scrub Wajah

scrub

Scrub wajah ini penting lho, Guys. Apalagi untuk orang dengan kulit wajah kering, paling tidak kamu harus melakukan eksfoliasi atau scrub wajah sebanyak tiga kali seminggu.

Hal ini bertujuan agar sel-sel kulit mati dapat terangkat dan wajahmu kembali bersih. Kamu bisa memilih scrub berbahan dasar krim dan dalam prosesnya lakukan dengan lembut, ya.

Masker wajah

Nah produk skincare yang terakhir ini sifatnya opsional, namun khasiatnya tak kalah dari yang lain. Dengan memakai masker secara rutin kamu bisa mengembalikan kelembapan kulit.

Tak hanya itu, masker juga akan membantu memberikan efek menenangkan pada kulit wajahmu. Kamu bisa membuat masker-masker dari bahan-bahan alami yang dapat mengembalikan kelembapan kulit wajahmu. Misalnya dari oats, greentea dan lain sebagainya.

Membuat Skincare untuk Kulit Kering Sesuai dengan Kebutuhanmu

bisnis skincare

Nah, kamu telah mengetahui dampak kulit wajah yang kering dan bagaimana cara mengatasinya. Yakni mulai dari dengan menggunakan skincare kulit kering yang tepat, baik dari segi kandungan maupun teksturnya.

Tapi pernah enggak sih, pengen beli skincare tertentu tapi ada bahan-bahan yang enggak kamu inginkan dan akhirnya enggak jadi beli? Atau malah bahan atau ekstrak tertentu yang kamu inginkan dan malah enggak ada di produk tersebut?

Bikin gemes, kan? Terus kalau udah gitu pasti pengen banget bisa menciptakan produk skincare sesuai dengan bahan atau ekstrak sesuai selera dan kebutuhan kita.

Sebenarnya hal itu bisa banget kok kamu wujudkan. Jangankan skincare untuk kulit normal, skincare untuk kulit kering yang enggak bisa sembarangan saja bisa kamu ciptakan dengan mudah.

Yap, tentunya kamu enggak bisa sendiri. Melainkan dengan bantuan pihak yang ahli di bidangnya, misalnya PT. Mash Moshem Indonesia.

Kamu bisa baca lebih jauh tentang pabrik maklon kosmetik PT. Mash Moshem Indonesia di sini.

PT. Mash Moshem Indonesia adalah perusahaan jasa maklon kosmetik lokal yang memiliki tim-tim handal di bidang masing-masing, lho. Termasuk dalam menyusun dan merangkai formula kosmetik apapun yang kamu inginkan. Sampai memproduksi skincare dengan brand kosmetikmu sendiri. Wah, enggak nyangka kan bakal semudah ini! Kamu cuma perlu mendiskusikan ide dan keinginanmu, lalu kami yang akan atasi sisanya untukmu.

About Author

Related posts

Leave a Comment