Ikuti 7 Cara Mengencangkan Wajah Secara Alami Agar Awet Muda, Yuk!

cara mengencangkan wajah secara alami

Demi menjaga keremajaan kulit, kamu bisa mencoba cara mengencangkan wajah secara alami. Baik lewat penggunaan bahan-bahan organic, menjaga pola hidup sehat, hingga mengaplikasikan skincare dengan khasiat antiaging.

Meski masih berada di usia 20-an, bukan berarti wajahmu tak membutuhkan perlindungan dan perawatan khusus. Nyatanya, di usia ini pun kamu bisa mengalami penuaan dini yang disebabkan oleh paparan radikal bebas, lho.

Polusi, sinar UV yang berlebihan, hingga pancaran sinar biru dari gadget, bisa mengganggu kesehatan kulit. Serta membuat produksi kolagen dan hyaluronic acid di kulitmu menjadi tak optimal.

Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit. Seperti membuatnya jadi lebih mudah kering, berkerut, hingga tampak kendur.

Selain radikal bebas, ada banyak hal lain yang bisa membuat kulitmu kendur. Penasaran apa saja?

Langsung simak berbagai penyebab kulit kendur dan cara mengencangkan wajah dalam ulasan berikut ini, ya!

Penyebab Kulit Wajah Mengendur

Kulit wajah kendur bisa menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun. Karena kulit wajah terlihat lebih tua dan muncul banyak kerutan di beberapa bagian. Yang paling sering dan sangat mengganggu biasanya muncul garis-garis halus di sekitar mulut, mata, dahi dan pipi.

Kenali beberapa penyebab hilanya elastisitas kulit wajah berikut ini, agar kamu bisa mencegahnya terjadi.

Pertambahan Usia

Banyak yang bilang kalau umur jadi faktor utama kulit wajah menjadi kendur atau kehilangan elastisitasnya. Hal itu memang benar adanya. Ini karena semakin bertambah usia kita, tubuh tidak bisa menghasilkan kolagen secara maksimal. Kondisi ini sudah bisa terlihat pada seseorang yang berusia 25 tahun keatas.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memang bisa membantu mendorong produksi vitamin D pada tubuh. Namun, jika terlalu sering terpapar dan tanpa perlindungan, bisa memicu berbagai masalah pada kulit. Termasuk munculnya tanda penuaan dini.

Karena sinar ultraviolet A yang masuk ke dalam jaringan kulit akan merangsang pembentukan radikal bebas, sehingga dapat merusak serat-serat elastin di dalamnya.

Ketika elastin rusak, maka struktur kulit tidak akan terawat dengan baik. Akhirnya, jaringan penyokong kulit akhirnya melemah dan inilah yang menyebabkan kulit menjadi kendur.

Polusi Udara

Bukan hanya sinar matahari, polusi udara juga menjadi penyebab lainnya yang membuat kulit wajahmu menjadi tak kencang lagi. Tanpa disadari, wajah yang sering terpapar polusi udara seperti asap rokok, asap pabrik, dan kendaraan, maka kolagen di dalam kulit akan terkikis.

Jika kolagen terpapar atau tersumbat oleh polusi udara, maka selanjutnya yang terjadi akan berefek pada pengenduran kulit wajah. Tak hanya kendur dan keriput, kulit pada wajah juga akan terlihat kusam karena paparan polusi udara.

Berat Badan Turun Drastis

Banyak faktor yang bisa membuat berat badan turun secara drastis. Salah satunya adalah melakukan diet ketat. Penurunan berat badan secara drastis menyebabkan kulit menjadi cepat menyusut dan kendur.

Selain itu, hindari melakukan diet yang tidak konsisten. Beberapa ahli meyakini bahwa melakukan diet yang tidak konsisten dalam jangka waktu lama, menyebabkan kerusakan kulit dan salah satunya muncul keriput.

Sebab, kondisi ini akan membuat kulit melebar dan mengerut, berbarengan denagn perubahan yang naik-turun secara drastis.

Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis juga tak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa membuat kulit wajah kendur.

Kandungan gula tambahan dalam makanan atau minuman manis dapat meningkatkan kadar insulin atau gula darah naik. Sehingga menghambat kolagen dan elastin kulit.

Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Dua hal buruk ini sudah pasti akan berdampak buruk pula pada tubuh. Merokok misalnya, berbagai macam kandungan bahan kimia dalam rokok bisa merusak kulit. Asap pada rokok juga membuat kulit wajahmu menjadi kering dan tak kencang lagi.

Selai itu, sering mengonsumsi minuman beralkohol juga membuat kulitmu menjadi dehidrasi dan mengganggu aliran darah pada kulit. Hal ini tentunya akan membuat kulit wajahmu kering dan memperjelas kerutan pada permukaannya.

Jarang Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan tubuh dan kulit. Saat berolahraga, peredaran darah di dalam tubuh akan lancar dan meningkatkan elastisitas pada kulit.

Seseorang yang rajin berolahraga akan terlihat awet muda ketimbang yang jarang berolahraga. Jika sudah begini, apa kalian masih malas berolahraga?

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

cara mengencangkan wajah secara alami

Tak melulu harus melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan untuk membuat kulit wajah kamu bisa kembali kencang. Banyak serangkaian perawatan alami bisa kamu lakukan mandiri di rumah.

Meski butuh proses, tapi jika kamu melakukannya secara rutin dan sesuai petunjuk yang ada, maka hasil yang didapat dijamin tidak akan mengecewakan. Yuk, lakukan 7 cara mengencangkan kulit wajah secara alami beriktu ini! 

Senam Wajah

Salah satu cara yang dipercaya bisa membuat kulit lebih kencang dan tampak awet muda adalah dengan melakukan senam wajah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa senam wajah mampu meningkatkan kadar oksigen pada kulit. Ada lebih dari 50 otot pada wajah manusia.

Dengan melakukan senam wajah, otot-otot pada wajah dapat terlatih. Yang tadinya kendur, bisa menjadi kencang kembali. Tahukah kamu, jika melakukan senam wajah ternyata juga bisa mencerahkan warna kulit kalian, lho. Menarik, bukan?

Gerakan-gerakan senam wajah yang bisa dengan mudah kamu lakukan diantaranya adalah:

  1. Tersenyum
  2. Menahan senyuman dengan kedua telunjuk yang diletakkan di masing-masing sudut bibir
  3. Mengunyah (paling tidak dilakukan sebanyak 20 kali)
  4. Mengerutkan pipi (lakukan 10-15 kali)
  5. Menggembungkan pipi secara bergantian (masing-masing 30 detik)
  6. Mengangkat tulang pipi (lakukan 5-10 kali)
  7. Mengangkat dahi (5-10 kali)

Kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, paling tidak latihan senam wajah harus dilakukan dengan rutin di pagi dan sore hari teratur selama berbulan-bulan. Minimal kamu meluangkan waktu 20 menit 3-5 kali seminggu.

Minum Air Putih yang Cukup

Siapa yang tak tahu kalau air putih sangat baik untuk kesehatan? Kita selalu dianjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya, agar berbagai sistem di dalam tubuh kita bisa berjalan dengan baik.

Tentu kalian juga tahu jika banyak penyakit yang bisa timbul akibat kurang minum air putih. Selain itu untuk kamu yang peduli akan kecantikan, air putih juga sangat membantu, lho. Nggak percaya?

Kamu pastinya sering mendengar kalau tubuh manusia sebagian besar mengandung air, adalah sekitar 60-70 persen dari berat badan. Salah satu manfaat air untuk kecantikan adalah membantu mengencangkan kulit wajah agar tampak awet muda.

Kulit kamu bisa terhidrasi dengan baik jika kebutuhan air minum dalam tubuhmu terpenuhi. Sehingga membuat tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan. 

Bahkan air putih untuk wajah memang diklaim mampu membuat kulit glowing. Semuanya pasti mau, kan punya kulit wajah glowing?

Kenapa air putih? Karena air putih mampu menjaga elastisitas dan kelenturan secara alami pada kulit, termasuk kulit wajah. Kandungan air pada kulit juga terbukti mampu mengurangi gesekan antarserat dan bekerja melumasi lapisan terluar kulit.

Jangan lupa untuk menyertainya dengan mengonsumsi asupan makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Oleh karena itu, kalian jangan malas minum air putih ya!

Pijat Wajah Menggunakan Alat Kecantikan

Cara mengencangkan kulit lainnya adalah dengan memijat wajah secara rutin. Pijat wajah dapat merangsang pertumbuhan sel dan melancarkan aliran darah sehingga membantu memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. 

Jika kamu tertarik melakukannya, coba pijat wajah secara lembut dan perlahan selama 5-6 menit setiap hari. Selain menggunakan tangan kosong, dokter mengatakan bahwa melakukan pijat wajah dengan memanfaatkan alat kecantikan bisa mendapatkan hasil yang terlihat semakin nyata.

Tak hanya satu, ada berbagai tipe atau jenis alat pijat wajah dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti Face Roller, Face Sculptor, Gawai Pembersih Wajah, Gua Sha, dan Collagen Roller.

Baca Juga: Upgrade Perawatan Wajahmu dengan Jenis Beauty Tools yang Berikut Ini

Pakai Masker Wajah

Banyak manfaat yang akan didapat jika kamu rutin memakaikan masker pada wajah. Mulai dari memberi nutrisi pada kulit, membersihkan kulit wajah, melembapkan, eksfoliasi (mengangkat sel-sel kulit mati) pada kulit wajah, mencerahkan kulit sampai mengencangkan.

Kali ini yang jadi pembahasan utama adalah bagaimana caranya rutin menggunakan masker bisa mengencangkan kulit pada wajah? Masker wajah dipercaya dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Seperti diketahui, produksi kolagen pada kulit wajah bisa membantu untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Adapun beberapa bahan masker alami yang bisa digunakan sebagai perawatan anti-aging untuk  mengencangkan kulit wajah, yakni: 

Masker minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang berguna membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Terdapat pula zat polifenol dalam minya zaitun yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan.

Dengan kata lain, minya zaitun yang kaya akan vitamin E membantumu untuk mengencangkan kulit wajah.

Masker putih telur

Bagian putih telur memiliki kandungan protein yang sama tingginya dengan kuning telur. Protein ini dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah yang kendur. Banyak yang menyebut manfaat masker putih telurserupa melakukan prosedur face lift atau tarik wajah.

Masker Madu

Salah satu bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah adalah madu. Menggunakan masker madu bisa membantuk proses eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat.

Dengan begini, kamu bisa terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus atau keriput.

Masker Pisang

Manfaat masker pisang berasal dari kandungan vitamin A dan E yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas sekaligus menjaga kulit tetap kencang. Biasanya penggunaan masker pisang ini akan lebih afdol jika dicampur dengan madu.

Masker Teh Hijau

Khasiat vitamin B2 dalam teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Vitamin B2 ini membantu agar kulit menjadi lebih kencang, sehingga tampak lebih awet muda.

Masker Timun

Banyak yang tak sadar jika timun mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Vitamin C yang terkandung dalam masker timun juga dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru.

Masker Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang mengandung banyak vitamin C juga sering dimanfaatkan untuk bahan untuk masker mengencangkan kulit wajah. Kamu bisa menjemur kulit jeruk sampai kering, kemudian ditumbuk hingga halus.

Campurkan tumbukan kulit jeruk dengan air atau minya zaitun agar hingga berbentuk pasta yang bisa langsung kamu oleskan ke wajah. Cara mengencangkan wajah secara alami ini bisa membantu merawat kesehatan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Gunakan Rangkaian Skincare Anti Aging

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan anti-aging. Cara mengencangkan wajah secara alami lainnya bisa kamu lakukan menggunakan rangkaian skincare antiaging berikut ini.

Cleansing Oil

Sebelum membersihkan wajah dengan facial foam, alangkah lebih baiknya menggunakan cleansing oil terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makeup.

Langkah ini seringkali diabaikan. Padahal kotoran debu yang tersimpan dalam pori-pori bisa terangkat apabila kita menggunakan produk cleansing oil.

Facial Foam

Usai membersihkan wajah menggunakan cleansing oil, tahap selanjutnya yang tak jauh berbeda adalah mencuci wajah dengan facial wash yang tepat. Kondisi kulit akan semakin kering seiring bertambahnya usia, karena produksi kolagen berkurang.

Karenanya, kamu wajib menghindari penggunaan facial wash yang mengandung bahan terlalu keras, sehingga memicu kulit kering.

Toner

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan rangkaian skincare kamu dengan memakai toner berbahan dasar air. Hindari menggunakan toner yang mengandung alcohol karena akan semakin menguras kelembapkan pada kulit wajah.

Serum Antiaging

Serum antiaging umumnya mengandung retinol. Retinol sendiri adalah zat turunan dari vitamin A yang berfungsi menyingkirkan sel-sel kulit mati. Retinol juga telah terbukti meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah sehingga bermanfaat untuk mengencangkan.

Eye Cream

Langkah selanjutnya untuk rangkaian skincare anti-aging yang tak boleh dilewatkan adalah memakai krim atau pelembap khusus untuk mata.

Salah satu tanda penuaan yang lebih cepat terlihat adalah di bagian mata karena kulit bagian tersebut lebih tipis. Penggunaan eye cream bisa membantu untuk memperlambat munculnya kerutan halus.

Moisturizer

Urutan skincare antiaging ditutup dengan penggunan moisturizer. Pengaplikasian moisturizer ini membantu mengunci kelembapan pada kulit wajah. Alangkah lebih baiknya menggunakan moisturizer yang berbahan dasar ringan dan sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Ingin tahu lebih banyak soal moisturizer dan manfaatnya buat kulit? Cek di sini!

Rutin Mengaplikasikan Tabir Surya

Rutinitas perawatan kulit terbaik selain mengaplikasikan rangkaian skincare tentunya menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Tabir surya bermanfaat untuk menghalangi pengaruh cahaya matahari yang merusak kulit, yang tentunya bsia membuat kulit kamu kering dan keriput. Jenis tabir surya bermacam-macam, seperti berupa lotion, semprotan, gel, dan foam.

Produk sunscreen ini sangat dibutuhkan jika kamu hendak melakukan aktivitas di luar ruangan, terlebih yang mendapat serangan sinar matahari secara langsung. Menurut dokter, tabir surya atau sunscreen ini adalah produk antiaging nomor satu.

Untuk suhu tropis seperti di Indonesia, kamu cukup menggunakan sunscreen dengan kadar SPF minimal 30. Tapi perlu diingat, jumlah SPF juga harus disesuaikan dengan kegiatan yang akan kamu lakukan.

Jika untuk kegiatan sehari-hari, kamu bisa menggunakan sunscreen yang berjenis water base. Selain ringan, jenis ini juga cukup melindungi kamu dari polusi udara dan paparan radikal bebas yang tak menyerang secara langsung.

Namun, lain cerita jika kamu hendak pergi ke pantai atau naik gunung. Sebaliknya, dokter menyarankan untuk memakai sunscreen oil base agar tidak mudah luntur. Dengan begitu, kulitmu, termasuk pada bagian wajah akan terlindungi dari paparan sinar matahari dan radikal bebas dalam waktu yang cukup lama.

Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin E dan Kolagen

Banyak orang rela membayar mahal sampai melakukan operasi plastik untuk mendapatkan kulit yang kencang. Padahal, kamu bisa mendapatkan kulit kencang dengan menambah asupan yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu.

Salah satu nutrisi yang wajib kamu penuhi adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E. Kandungan ini bisa kamu dapatkan kacang-kacangan, sayur hijau, minyak dari bunga matahari, gandum, dan minuman berbahan susu.

Selain vitamin E, makanan yang mengandung kolagen juga sangat penting untuk menjaga kemudaan kulit, yakni dengan menjaga elastisitas dan kelembapan alaminya. Kolagen merupakan protein yang banyak terdapat dalam bahan pangan hewani. Misalnya ayam, putih telur, kaldu tulang, ikan.

Tak hanya pada bahan pangan hewani, kolagen juga terdapat pada beberapa hasil nabati. Misalnya saja bawang putih, buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, serta tomat dan paprika.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa yang menyebabkan kulit wajah menjadi kendur? Serta cara mengencangkan wajah secara alami dengan mudah di rumah.

Kalau kamu mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti ciri yang telah disebutkan di atas, sudah tahu, kan apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

heat protection spray apa itu

Manfaat Heat Protection Spray, Cara Penggunaan, dan Komposisi Produk

Rambut sering kali dianggap sebagai salah satu hal yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Baik buruknya kondisi rambut akan merubah looks seseorang secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan rambutnya, mulai dari potongan rambut, warna rambut,...

Continue Reading