Fitur Tokopedia Display Network, Manfaat dan Cara Menggunakannya

fitur tokopedia display network

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia memang terbilang sangat peka terhadap kebutuhan para mitranya. Salah satu buktinya dengan menyediakan fitur-fitur menarik, misalnya Fitur Tokopedia Display Network. Kamu sudah pernah dengar?

Ketika memulai bisnismu di Tokopedia, kamu pasti sadar bahwa lapak ini memiliki pengguna dan jumlah kunjungan yang besar. Artinya, selain pangsa pasarnya yang luas, tingkat kompetisi dalam e-commerce ini juga terbilang tinggi.

Menyadari hal itu, Tokopedia yang berkomitmen mendukung pelaku UMKM ini, menyediakan berbagai fitur promosi dan penjualan yang menarik.

Fitur Tokopedia Display Network misalnya, yang menjanjikan iklan powerful yang dapat semua seller gunakan. Baik Seller Official Store, maupun Power Merchant terpilih.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan Fitur Tokopedia Display Network ini? Serta apa manfaat dan bagaimana cara menerapkannya?

Cus! Kita baca ulasan berikut ini sampai habis, Beautypreneurs!

Apa itu iklan Tokopedia Display Network?

Jadi iklan Tokopedia Display Network merupakan solusi terbaru dari iklan TopAds. Disini Seller bisa menampilkan iklan dalam wujud banner promosi.

Banner tersebut nantinya akan tampil di halaman-halaman strategis Tokopedia, mulai dari halaman Wishlist, halaman pencarian, halaman utama dan masih banyak lagi yang nantinya akan menarik perhatian calon pembeli.

Halaman-halaman strategis munculnya iklan Tokopedia Display Network

Iklan kamu akan tampil pada halaman-halaman strategis Tokopedia yang nantinya akan berpeluang untuk sering terlihat para calon pembeli. Berikut ini adalah halaman-halaman strategis di Tokopedia seperti;

  1. Halaman Utama Tokopdia
  2. Halaman Wishlist
  3. Halaman Pencarian
  4. Halaman Produk
  5. Halaman loyalty
  6. Halaman Inbox

Keuntungan Menggunakan Fitur Tokopedia Display Network

Disini kamu juga bisa mendapat beberapa macam keuntungan jika kamu menggunakan fitur Tokopedia Display Network, berikut adalah keuntunganya;

Iklan Bisa Tampil Secara Dominan

Keuntungan pertama yang kamu dapatkan ketika menggunakan fitur ini adalah iklan bisa tampil secara dominan. Maksudnya, kamu dapat memasang iklan dengan desain banner yang menarik dan sesuai dengan karakter brand-mu.

Selain sisi menarik dari desainnya, iklan ini akan tampil pada halaman-halaman penting Tokopedia. Seperti halaman Wishlist, penacarian, halaman deskripsi produk, hingga inbox.

Mudah Menentukan Target Iklan

Keuntungan menggunakan fitur ini selanjutnya adalah kemudahan dalam menentukan target iklan. Dalam hal ini kamu bisa meningkatkan relevansi iklan dengan jenis atau kategori produk yang sesuai dengan target pasarmu.

Iklan yang kamu buat secara spesifik berkemungkinan memberikan hasil yang lebih besar juga. Biaya yang kamu keluarkan untuk iklan ini pun akan worth it.

Bebas Mengatur Biaya Iklan

Keuntungan selanjutnya adalah kamu bisa dengan bebas mengatur biaya iklan, sesuai dengan jumlah budget yang kamu miliki.

Untuk menentukan anggaran ini, kamu bisa melakukan bidding untuk tiap iklan yang kamu buat. Dengan begitu, kamu bisa menentukan daya kompetitif seperti apa yang akan kamu berikan pada iklanmu. Khususnya dalam menyaingi toko saingan.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur jumlah biaya yang kamu keluarkan dnegan membatasi jumlah klik iklan hariannya. Menarik, bukan?

Kreatif dalam Menciptakan Media Promosi

Daya tarik utama dari Fitur Tokopedia Display Network ini adalah desain banner iklannya. Di mana, kamu bisa membuat desain banner semenarik mungkin, sehingga masyarakat tertarik untuk meng-klik dan mengunjungi penawaranmu.

Cara Menggunakan Tokopedia Display Network

Jika kamu sudah menyiapkan banner promosi, kamu bisa langsung melakukan pemasangan iklan di Tokopedia Display Network.

Di sini iklan kamu akan tim Tokopedia tinjau dalam kurun waktu maksimal empat hari kerja.

Hasil dari persetujuan iklan tersebut akan informasikan kepadamu melalui notifikasi. Kalau banner kamu ditolak, kamu lebih baik mengecek terlebih dahulu alasan keanapa banner kamu ditolak.

Dari sini kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan ulang dengan informasi yang sudah kamu revisi sebelumnya.

Pemasangan iklan Tokopedia Display Network Anda hanya dapat kamu akses melalui dekstop saja, ya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan Tokpedia Network;

Masuk Ke Halaman Seller

Langkah pertama kamu buka halaman Tokopedia Seller milikmu, kemudian kamu pilih bagian “iklan dan promosi” di kolom menu. Setelah itu, kamu klik “TopAds”.

Mulai Membuat Iklan

Salnjutnya kamu pilih kolom “Display Network”, kemudian kamu klik “Mulai Beriklan

Isi Detail Iklan Banner

Jika sudah nantinya detail iklan di halaman pengajuan akan muncul seperti berikut ini;

Nama Banner

Jika sudah muncul halaman ini, kamu harus membuat “Nama Banner” yang kamu inginkan. Kemudian kamu masukan nama iklan dengan menyesuaikan nama banner atau promo guna memudahkan proses identifikasi iklan.

Pilih Target

Selanjutnya kamu pilih “Kategori Tujuan” yang ingin kamu targetkan. Kemudian kamu pilih kategori pengguna, usahakan yang tepat ya beautyprenurs. Hal ini untuk memasitkan agar iklan bisa terlihat oleh calon pembeli dari tokomu.

Upload Tampilan Banner

Kemudian di langkah selanjutnya kamu harus melakukan upload banner iklan yang sudah kamu buat. Pastikan ukuran banner sudah sesuai dengan ketentuan dari Tokopedia.

Di sini kamu juga bisa kok untuk langsung klik “Panduan Iklan Banner” atau “Pakai Template ini”, agar proses pembuatan banner menjadi lebih efisien.

Anggaran Iklan

Setelah melakukan upload banner, selanjutnya kamu harus memasukkan “Biaya Iklan” dengan skema pembayaran per 1000 kali tampil. Di sini kamu juga dapat menentukan “Anggaran Harian” yang sesuai deng budget di toko kamu.

Destinasi Iklan

Bagian ini merupakan tahap terakhir, selanjutnya kamu memilih “Halaman Tujuan”. Di sini destinasi iklan adalah halaman yang nantinya akan menjadi tujuan dari para calon pembeli, setelah mereka menge-klik iklan milikmu.

Kemudian kamu dapat memilih 1 halaman dari  pilihan seperti Toko, Produk dan Landing Page.

Tips Membuat Banner Tokopedia Display Network yang Menarik

Sebelum memasang iklan, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu banner promosi kamu. Di sini kamu harus memastikan banner promosi yang kamu buat harus sesuai dengan ketentuan Tokopedia agar proses pengajuan iklanmu bisa lancar.

Berikut adalah ketentuan membuat Banner Tokopedia Display Network yang menarik;

Buat Gambar Produk yang Jernih dan Berkualitas

Di tahap pertama ini, pastikan dahulu resolusi gambar produkmu jelas dan jernih. Hal ini agar gambar tidak pecah-pecah di saat kamu mulai mendesain banner.

Kemudian kamu pastikan juga latar belakang foto produk kamu transparan ya, ini untuk memudahkan kamu mengatur tata letak gambar.

Selanjutnya kamu gunakan maksimal 3 foto produk yang menurut paling bagus, dengan ukuran yang kecil di dalam satu banner.

Pesan Promosi yang Mengundan Daya Tarik Pembeli

Usahakan ketika membuat Banner Tokopedia Dsplay Network kamu dapat menampilkan promosi dengan jelas, ya.

Di sini kamu tidak disarankan untuk mencantumkan nomor telepon dan halaman website lain, serta juga tidak boleh mengandung pornografi kekerasan, produk ilegal, politik, serta kata-kata yang sara. Jika kamu melanggarnya, secara otomatis Tokopedia akan menghapus banner kamu.

Selain itu akan lebih baik bila kamu menonjolkan diskon dengan menampilkan keunikan produk, yaitu cukup menggunakan satu kalimat promosi saja yang tertera pada Banner.

Pakai Jenis Font Sesuai dengan Panduan Pembuatan Iklan

Kamu harus tahu ya beautypreneurs, salah satu poin terpenting ketika proses pembuatan desain banner agar terlihat menarik adalah memperhatikan jenis tipografi atau font yang sudah kamu pilih.

Hal ini untuk meloloskan bannermu dari seleksi pihak Tokopedia. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa penggunaan font NUNITO SANS BLACK dan BOLD wajib kontras dengan background biar pengguna mudah membacanya.

Pakai Desain Banner yang Sederhana tapi Menarik

Agar tampilan banner iklan kamu terlihat menari, usahakan kamu selalu memperhatikan komposisi dari keseluruhan desain ya, terutama setelah melakukan layout. Banner kamu wajib banget terlihat balance.

Kemudian kamu juga harus memastikan antara jarak logo, produk dan benefit apakah sudah proporsional.

Nah, agar desainmu mudah masuk dalam ingatan pembeli dan terlihat menaik. Sebaiknya, gunakan tipografi yang sederhana untuk mudah terbaca dan banner yang polos agar nyaman di mata calon pembeli.

Bagaiman, Beautypreneurs, mudah banget bukan? Untuk bagian pembuatan desain ini kamu tidak perlu menggunakan visual yang rumit.

Justru penggunaan desain yang sederhana akan sangat membantu para calon pembeli mendapatkan informasi produk dengan mudah.

Usahakan buat desain yang sederhana dan mudah kamu ingat, hal ini justru akan membuat Toko kamu menjadi terlihat lebih menarik.

Nah, itu adalah cara membuat iklan lewat Fitur Tokopedia Dslay Network serta cara tips agar banner iklanmu makin cetar. Menggunakan jenis iklan Tokopedia ini untuk bisnis kosmetikmu memang menggiurkan, terlebih penempatan iklannya yang sangat beragam.

Tentu ini akan membuat iklan berjalan lebih efektif dan sesuai sasaran. Selain itu, kamu juga bisa mengatur anggaran iklan sendiri sesuai dengan budget yang tokomu miliki.

Selain tips ini, kamu juga bisa mencari berbagai cara memasarkan dan menjual produk di Tokopedia lewat laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa mengikuti Webinar Digital Markerting Eksklusif dari Mash Moshem Indonesia tiap bulannya.

Sehingga kamu bisa mendapatkan banyak ilmu menarik seputar tips pemasaran digital dan branding kosmetik. See you, Beauties!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment