Cara Mengaktifkan Bebas Ongkir Tokopedia dan Memaksimalkannya!

cara mengaktifkan bebas ongkir tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang sangat popular di Tanah Air. Sebab, lapak online ini menyediakan berbagai fitur menarik untuk pelanggannya. Mulai dari diskon, promo khusus, hingga kupon gratis ongkir.

Pada kuartal IV tahun 2022 lalu, melansir dari Databoks, Tokopedia menjadi e-commerce dengan jumlah kunjungan tertinggi di Indonesia. Setidaknya lebih dari 200 juta pengguna mengunjungi lapak online ini tiap bulannya.

Jumlah pengguna yang tinggi ini tentu enggak hanya didominasi oleh pembeli, melainkan juga para seller. Kebayang dong, seberapa besar potensi bisnisnya, begitu juga dengan tingkat persaingannya.

Well, Beautypreneurs, sebenarnya Tokopedia memberikan banyak pilihan promosi yang bisa kamu gunakan untuk memikat konsumen. Seperti dengan cara mengaktifkan gratis ongkir di Tokopedia. Strategi ini terbilang efektif untuk memikat konsumen, lho!

Gimana enggak? Dengan menghadirkan pilihan cara mengaktifkan gratis ongkir Tokopedia, maka tokomu akan memiliki daya tarik tersendiri.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan gratis ongkir di Tokopedia? Serta apa manfaatnya untuk perkembangan bisnis online-mu?

Apa itu Fitur Bebas Ongkir Tokopedia?

Belanja online sekarang menjadi lebih mudah dengan adanya e-commerce, seperti Tokopedia. Enggak hanya menguntungkan bagi konsumen, lapak ini pun bisa menjadi ladang menguntungkan bagi para pebisnis online.

Beautypreneurs, Tokopedia menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan jualan dan tokomu kompetitif di pasaran. Misalnya menggunakan fitur promosi, diskon, hingga mengaktifkan gratis ongkir.

Tapi apa sih yang dimaksud dengan fitur gratis ongkir Tokopedia ini? Fitur ini pada dasarnya merupakan layanan di mana pengguna bisa memakai kupon potongan biaya pengiriman dari toko Power Merchant dan Official Store.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menarik konsumen. Sebab, dari Databoks, dikatakan juga bahwa salah satu factor yang membuat konsumen memilih sebuah toko online adalah adanya pilihan gratis ongkir.

Melihat antusiasme ini, tentu akan sangat disayangkan kalau kamu tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Baca Juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Serta Tips Agar Cepat Balik Modal!

Syarat Mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir untuk Seller

Sebelum membahas bagaimana cara mengaktifkan fitur bebas ongkir di Tokopedia, kamu juga harus memperhatikan berbagai syarat-syaratnya berikut ini.

Jenis Pengiriman

Fitur bebas ongkir Tokopedia hanya dapat digunakan dengan kurir Mitra, baik untuk pengirikman instan/same day, regular, maupun cargo.

Selain itu, penjual dan pembeli yang menggunakan fitur ini pun tidak akan dikenakan biaya pengiriman atas barang yang akan dibeli melakui situs/aplikasi Tokopedia.

Biaya Tambahan

Fitur bebas ongkir ini berbeda dengan atribut pengiriman tambahan yang disediakan oleh pihak logistic maupun penjual. Misal, menambah bubble wrap, kardus packing, kotak kayu, asuransi, dan sebagainya.

Wilayah Cakupan

Wilayah cakupan dari fitur bebas ongkir ini sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh penjual di halaman pengaturan pengiriman.

Kamu bisa mengatur dan melihat siapa saja yang akan menjadi kurir mitramu lewat halaman pengaturan layanan pengiriman di Tokopedia seller.

Syarat Penjual

Cara mengaktifkan fitur bebas ongkir Tokopedia ini hanya dapat diikuti oleh penjual aktif dengan stratus Regular Merchant, Power Merchant, Power Merchant Pro, serta Official Store.

Kalau tokomu masih belum memiliki ketiga label di atas, kamu bisa mengatur atau mendaftarkannya lewat sistem Tokopedia di akun Seller.

Selain itu, sebagai seller kamu juga dapat mengunakan dan menikmati fitur bebas ongkir selama mengaktifkannya. Meski ada perubahan status keanggotaan, fitur ini akan tetap aktif dan biaya layanan yang Tokopedia tetapkan akan menyesuaikan dengan status keanggotaan seller yang kamu miliki.

Partner atau Mitra Logistik

Dengan mengaktifkan pilihan bebas ongkir, penjual telah menyetujui bahwa sistem Tokopedia akan mengaktifkan secara otomatis partner logistic mana yang akan jadi mitra toko. Kam bisa melihat pengaturan ini pada halaman pengaturan layanan pengiriman.

Sehingga seller yang telah menjadi Regular Merchant, Power Merchant, Power Merchant Pro atau Official Store, dapat mengikuti Fitur Bebas Ongkir Tokopedia secara otomatis.

Selain itu, seller pun bisa mengaktifkan kurir mitra kapanpun sesuai keinginan. Serta dapat secara otomatis menggunakan fitus bebas ongkir selama masih aktif dan memiliki keanggotaan merchant.

Telepon dan Alamat Toko Online

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kamu harus memiliki nomor telepon aktif yang sudah terdaftar di Tokopedia dan memastikan alamat toko online telah sesuai.

Dengan begitu, kamu bisa mengakses dan menghubungkan driver/kurir mitra dengan toko online-mu secara otomatis.

Perubahan Kurir Mitra

Ketika penjual mengubah kurir selama pesanan diterima, maka fitur bebas ongkir tidak akan berlaku dan penjual harus menanggung biaya pengiriman paket pun akan dibebankan kepada penjual.

Selain itu, penjual yang menggunakan fitur bebas ongkir untuk tokonya tidak akan dapat cashcback pengiriman dari mitra kurir.

Cara Mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir di Tokopedia Seller

Sebagai seller baru, kamu enggak perlu khawatir kerepotan memasang bebas ongkir pada tokomu. Karena cara mengaktifkan fitur bebas ongkir di Tokopedia seller ini sebenarnya sangat mudah.

Bagaimana? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

Masuk ke Halaman Seller

Langkah pertama dalam cara mengaktifkan fitur bebas ongkir di Tokopedia adalah masuk ke halaman seller. Masuk ke akun penjual yang kamu miliki di Tokopedia, kemudian klik Iklan dan Promosi dan pilih Tambah Jumlah Pesanan Baru, klik Bebas Ongkir.

Pastikan Pin Point Lokasi Toko Telah Terdaftar di Sistem Tokopedia

Selanjutnya, make sure kalau pin lokasi toko onlime milikmu telah terdaftar di sistem Tokopedia. Pahami juga bagaimana cara dan syarat aktivasinya kemudian.

Kalau sudah, symbol centang secara otomatis akan berubah warna menjadi hijau. Kemudian kamu bisa klik Aktifkan Bebas Ongkir.

Nah, setelah itu kurir yang ada di dekat toko online yang kamu miliki pun segera aktif dan terhubung dengan akunmu.

Akses Data Penjualan Aktif

Jika cara mengaktifkan fitur bebas ongkir di Tokopedia telah berhasil kamu lakukan. Maka, secara otomatis kamu bisa melihat data penjualan. Misalnya, seberapa besar jumlah pesanan dan pendapatan yang kamu peroleh dari pemasangan layanan bebas ongkir.

Data ini dapat kamu akses dari halaman Bebas Ongkir dari akun seller Tokopedia milikmu.

Manfaat Mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir bagi Seller

Kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur bebas ongkir di Tokopedia untuk seller. Mudah bukan?

Well, Beautypreneurs, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memasang fitur ini pada tokomu.  Mulai dari meningkatkan penjualan, meningkatkan awareness, dan banyak lainnya.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa simak pada ulasan berikut ini!

Meningkatkan Penjualan Produk

Manfaat menggunakan fitur bebas ongkir bagi seller yang pertama adalah meningkatkan penjualan produk. Masa, sih?

Coba bayangin deh, Beautypreneurs. Misalnya ketika kamu tidak mengaktifkan fitur ini dan ternyata ada pembeli dari luar pulau tertarik untuk membeli produkmu. Pasti, ongkos kirim yang mereka dapatkan pun akan sangat mahal. Kalau sudah begini, kemungkinan mereka melanjutkan niat membeli produk jadi lebih kecil.

Beda lagi kalau kamu mengaktifkan fitur gratis ongkir pada tokomu. Kemungkinan besar konsumen akan dengan senang hati memutuskan untuk membeli produk jualanmu. Akhirnya penjualan toko online-mu pun akan kian meningkat.

Jangkauan Pasar Jadi Lebih Luas

Sebagai e-commerce paling popular pada kuartal IV tahun 2021 lalu, Tokopedia menjadi ladang bisnis online menjanjikan untuk para seller. Karena jangkauan pasar dan target konsumennya sangat beragam. Baik dari berbagai kalangan usia, pekerjaan, hingga dari penjuru lokasi nasional dan internasional.

Nah, ketika kamu menggunakan fitur gratis ongkir pada tokomu, maka kemungkinan untuk menjangkau pasar di Tokopedia ini akan kian luas. Karena konsumen tidak perlu memikirkan tambahan dana saat akan membeli produk dari toko online-mu.

Menariknya lagi, konsumen bisa mengetahui promo gratis ongkir yang kamu sematkan pada toko maupun produkmu lewat filter pencarian. Karena adanya logo yang disematkan pada toko juga produk jualanmu.

Meningkatkan Awareness Toko

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ketika memasang fitur gratis atau bebas ongkir, akan ada sematan logo secara otomatis pada produk dan tokomu.

Logo ini akan menarik perhatian konsumen untuk mencari tahu lebih detil mengenai produkmu ketika muncul di pencarian. Dengan begitu, kunjungan toko dan kemungkinan pembelian produk pun jadi lebih besar.

Nah, itu adalah berbagai cara mengaktifkan gratis ongkir di Tokopedia untuk seller. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengaktifkan fitur ini.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment