Cara Memasarkan Produk Lewat IGTV, Apa Manfaatnya untuk Bisnismu?

cara memasarkan produk di IGTV

Tak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini Instagram masih menjadi sosial media paling favorite di masyarakat. Bahkan di Indonesia sendiri terdapat 99,15 juta pengguna atau setara dengan 35,7 persen dari total populasi penduduk. Karenanya kamu enggak boleh melewatkan cara memasarkan produk lewat IGTV untuk bisnismu.

Sehingga tak heran jika Instagram menjadi salah satu sasaran pebisnis sebagai media promosi. Mulai dari personal branding, produk branding hingga company branding. Semua memakai Instagram. Selain sangat efektif dengan audience yang lebih banyak, fitur-fitur yang canggih juga menjadi salah satu alasannya.

Beberapa fitur itu adalah Instagram Feed, Instagram Story, Instagram Reels, Instagram Guides hingga Instagram TV. Nah, dipembahasan kali ini kita akan fokus pada salah satu fitur tersebut, yaitu Instagram TV atau biasa disebut dengan IG TV.

Tak seperti konten instagram lain yang mempunyai fokus pada foto dan video, IGTV hanya berfokus pada konten video saja. Fitur ini hampir menyerupai YouTube. Konten-kontennya berupa video dengan durasi waktu yang tidak terbatas.  

Untuk mengenal lebih jauh tentang cara memasarkan produk lewat IGTV, kamu perlu membaca penjelasannya di bawah ini. Selamat Membaca!

Apa itu Instagram TV?

Meski namanya ada embel-embel TV di belakangnya, bukan berarti Instagram TV mempunyai definisi seperti TV konvensional.  Yaitu  setiap acaranya selalu tayang pada jam-jam tertentu. Jika kelewatan, ya kita tidak bisa memutarnya kembali. Instagram TV lebih dari itu.

Fitur ini terbentuk pada 2018 lalu. Fungsinya untuk mengunggah video konten dengan durasi yang panjang. Bahkan bisa sampai hitungan jam. Jika dilihat secara umum, konsepnya hampir mirip dengan YouTube. Konten-kontennya fokus dengan video saja. Bukan foto.

Sebelumnya Instagram juga sudah mempunyai fitur dengan yang juga bisa mengunggah video. Seperti feed dan story. Namun kedua fitur ini mempunyai durasi yang cukup terbatas. Maksimal hanya 15 detik hingga 10 menit saja. Jadi para pembuat konten kurang leluasa dalam berkreasi.

Oleh karena itu terciptalah IGTV. Kehadirannya seperti angin segar bagi para pebisnis dan content creator. Selain lebih leluasa dalam berkreasi, IGTV juga sangat efektif sebagai media promosi. Tentu saja ini harus diimbangi dengan ide pembuatan konten yang menarik pula.

Selain IGTV, kan masih ada fitur Instagram lain yang juga menyediakan konten untuk video, mengapa para pebisnis lebih suka menggunakan IGTV? Apa manfaatnya sebagai media promosi? Well, kalau ngomongin soal manfaat, fitur Instagram yang satu ini adalah gudangnya. Simak penjelasan berikut.

Manfaat IGTV Untuk Memasarkan Produk

Bukan tanpa sebab jika para pebisnis memilih IGTV sebagai sarana pemasaran produk yang efektif. Selain dapat mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang, berbagai manfaat lain yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Apa saja? Berikut daftarnya.

Membangun Relasi dengan Konsumen

Manfaat IGTV sebagai tempat promosi yang pertama adalah sebagai jembatan untuk membangun relasi dengan konsumen. Setiap mengunggah konten video di IGTV, para konsumen akan berkumpul dan bertukar pikiran di kolom komentar.

Mereka akan berdikusi dengan topik yang sedang kamu angkat dalam video. Jika banyak mengundang komentar, inilah kesempatanmu untuk membangun relasi dengan konsumen. Kamu bisa ikut nimbrung dan menanggapi komentar mereka.

Hal ini juga berguna untuk membangun relasi jangka panjang. Jika audience sudah menaruh atensi pada kontenmu, maka  brand awareness pun akan semakin meningkat. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan situasi seperti ini untuk meminta saran dan masukan. Hal ini akan sangat berguna untuk memperbaiki produkmu untuk kedepannya.

Jangan lupa pula untuk menggunakan bahasa yang sopan. Namun jangan pula pakai bahasa yang baku. Bahasa yang santai lebih bisa ditangkap oleh audience. Sebab sebagian besar pengguna sosial media lebih menyukai bahasa yang santai dari pada baku.

Meningkatkan Engagement

Hingga saat ini engagement memegang peranan penting dalam digital marketing. Apalagi untuk sosial media, engagement menjadi tolok ukur utama untuk sebuah kesuksesan promosi.

Di Instagram sendiri engagement dihitung dari beberapa indikasi. Seperti follow, like, komen, share dan save. Semakin tinggi faktor-faktor tersebut, berarti semakin tinggi pula engagement yang diraih. Nah, untuk mendapatkan semua indikasi tersebut, IGTV bisa menjadi alternatifnya.

Dengan mengemas konten secara menarik, kemungkinan besar pula kamu akan mendapatkan banyak engagement tersebut. Misalnya kamu bisa membuat konten edukasi, tips, hiburan, vlog hingga membuat video di balik layar atau behind the scene.

Menurut beberapa penelitian, jenis konten video tersebut adalah yang disukai audience. Jika audience suka dengan konten yang kamu buat, pasti mereka juga akan melakukan beberapa aksi. Seperti like, komen, share, save hingga follow. Jejak tersebut akan terekam oleh Instaram dan menjadi engagement.

Meningkatkan Penjualan

Manfaat selanjutnya dari IGTV adalah untuk meningkatkan penjualan. Jika awareness dari audience sudah terbentuk, kamu bisa dengan mudah menggiring mereka untuk menjadi konsumen. Dengan begitu penjualan produkmu akan meningkat. Tentunya juga harus diimbangi dengan promosi yang rutin dan menarik.

Kamu bisa melakukannya dengan mengisi konten IGTV dengan promosi. Seperti review produk, tutorial hingga demo produk. Selipkan ajakan pada video yang kamu buat. Usahakan jangan terlalu hard selling, sebab itu kurang disukai oleh audience.

Mereka cenderung tidak suka diperintah. Oleh karena itu kamu harus memutar otak untuk membuat konten ‘mengajak’ tanpa harus terlihat ‘mengajak’ untuk membeli. Selain itu kamu juga bisa langsung menambahkan CTA dalam video. Call to action itu bisa langsung tertuju pada pembelian produk. Jadi bisa lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

Cross Promotion

Keunggulan dan manfaat lain dari IGTV adalah sangat efektif digunakan sebagai lintas promosi. Jadi dalam konten video yang kamu buat dengan durasi panjang itu tidak hanya bisa disi dengan promo produk saja. Namun kamu juga bisa menambahkan promosi untuk social mediamu yang lain.

Misalnya kamu bisa menambahkan Tik Tok, Youtube, Twitter atau pun Facebook di awal atau bahkan di akhir dari video. Jadi tidak hanya bisa promosi untuk meningkatkan engagement di Instargram saja.

Kalau orang bilang, istilahnya adalah sambil menyelam minum air. Tak hanya satu promosi satu akun saja yang kamu dapatkan, namun bisa lebih.

Branding Lebih Mudah

Layaknya program di televisi yang mempunyai spesifikasi tersendiri, begitu pun dengan IGTV. Kamu bisa menciptakan program tersendiri melalui fitur Instagram yang satu ini. Hal tersebut diklaim dapat mempermudah branding. Baik untuk personal maupun perusahaan.

Dengan durasi video yang lebih lama dari Instagram Story maupun Reels, kamu bisa lebih berkreasi. Misalnya kamu bisa menyampaikan pesan-pesain branding yang sedang kamu bangun. Mulai dari menonjolkan keunggulan produk, branding pada perusahaan hingga  branding untuk dirimu sendiri atau personal branding.

Keunggulannya kamu bisa memanage sendiri konten yang sedang kamu buat. Bahkan kamu juga bisa membuat beberapa segmen untuk mengatur beberapa branding tersebut.

Setelah mengetahui beragam manfaat yang ditawarkan oleh fitur Instagram yang satu ini, kamu pasti tertarik untuk membuatnya. Berikut adalah cara membuat IGTV yang menarik untuk memasarkan produk.

Cara Memasarkan Produk Lewat IGTV

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Instagram TV mempunyai berbagai manfaat untuk bisnis. Oleh karena itu banyak para pebisnis yang tergiur dengan manfaat tersebut dan akhirnya menjadikan IGTV sebagai sarana untuk memasarkan produk.

Lantas bagaimana sih cara memasarkan produk lewat IGTV agar terlihat menarik hingga mengundang audience untuk menjadi konsumen? Nah, untuk kamu yang kebingungan tentang bagaimana cara memasarkan produk lewat IGTV, simak penjelasan berikut ini.

Tonjolkan Keunggulan Produk

Cara memasarkan produk lewat IGTV yang pertama adalah dengan menonjolkan keunggulan produk. Yep, poin yang satu ini sangatlah penting. Sebab cirri khas para konsumen adalah mereka akan membeli jika barang tersebut membuat beragam kelebihan dan manfaat.

Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk menonjolkan keunggulan dari produk yang kamu buat. Misalnya kamu bisa mengemas konten ini menjadi behind the scene. Kamu bisa memasukkan proses di belakangan layar tentang pembuatan produk.

Tunjukkan keunggulannya. Mulai dari proses pembuatan hingga bahan-bahan yang digunakan. Dengan membuat konten seperti ini, konsumen pasti tidak akan meragukan lagi kredibilitas dari produk yang kamu buat.

Edukatif

Membuat konten edukatif juga merupakan salah satu strategi untuk memasarkan produk lewat IGTV. Kamu bisa memulai konten ini dengan memberikan penjelasan mengenai produk yang kamu buat. Mulai dari manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari hingga untuk kamu pribadi.

Sebagai contoh kamu sedang memasarkan produk kosmetik berupa serum. Kamu bisa membuat konten tips dan trik tentang pemakaian serum. Misalnya tips pengaplikasian serum pada wajah. Atau manfaat yang akan kamu dapat jika rutin menggunakan serum.

Konten seperti inilah yang disukai para audience. Jadi mereka tidak hanya sekedar menikmati visual yang kamu suguhkan. Namun juga bisa memetik manfaat atau pesan yang kamu sampaikan. Konten edukatif ini juga diklaim lebih bisa membuat audience untuk stay pada kontenmu.

Jadi meskipun durasi yang kamu suguhkan cukup panjang, itu tidak jadi masalah.

Thumbnail yang Menarik

Meskipun sering dianggap sebagai hal sepele, thumbnail atau cover ini mempunyai peranan penting untuk kesuksesan sebuah konten. Semakin menarik cover yang kamu buat, akan semakin besar pula kemungkinan audience untuk melihat kontenmu.

Buat cover konten semenarik mungkin dan mengundang rasa penasaran orang untuk mengklik. Biasanya kamu bisa menggunakan gambar atau judul pada cover yang bombastis. Karena judul-judul yang bombastis itu akan membuat orang penasaran dan mengklik konten.

Namun jangan sampai keluar dari pakem brand yang sedang kamu promosikan. Untuk lebih menekankan pada pemasaran produk, kamu bisa menambahkan gambar dari produkmu tersebut sebagai cover. Apalagi jika kamu ada penambahan produk terbaru, kamu bisa menambahkan gambar tersebut. Strategi ini sangat efektif untuk mengenalkan produkmu secara langsung kepada audience.

Caption yang Menarik

Kesuksesan sebuah pemasaran produk di IGTV juga ditentukan oleh caption yang menarik. Caption ini memegang peranan penting untuk menjelaskan maksud dari video atau konten yang kita buat.

Selain itu caption juga bisa digunakan sebagai call to action atau CTA. Berperan untuk mendorong audience melakukan tindakan yang kita perintah.

Caption tidak bisa dibuat sembarangan. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu siapa target yang sedang kamu tuju. Jika kamu sudah mengetahui target tersebut, dengan mudah kamu dapat menentukan pemilihan kata dan bahasa yang akan kamu gunakan.

Sebab pemilihan kata pada caption sangat penting untuk menggiring audience melakukan aksi yang sedang kita perintahkan. Namun untuk gambaran secara umum, pengguna social media apalagi Instagram cenderung menyukai caption yang menggunakan bahasa santai. Sebab sebagian besar pengguna Instagram adalah mereka yang berusia produktif, yakni 14 hingga 40 tahunan.

Baca Juga: Efektif Pikat Hati Konsumen, Intip Cara Menulis Caption Instagram yang Menarik Ini

Konten Unik

Cara memasarkan produk lewat IGTV selanjutnya adalah dengan membuat konten yang unik. Sebagian besar audience memang dikenal menyukai konten-konten yang original dan beda. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu dalam membuat konten.

Jangan sampai konten yang kamu buat sama dengan kompetitor. Karena hal itu akan berpengaruh pada pemasaran produk. Orang akan beranggapan bahwa kamu adalah peniru. Jika mereka sudah melabelimu dengan itu, maka pasti produkmu juga akan berdampak sama.

Mereka juga akan melabelimu dengan ‘produk meniru’ sehingga ini akan menurunkan value pada produk tersebut. Untuk itu sangat perlu bagi kamu untuk membuat konten yang unik dan seoriginal mungkin. Mekipun kamu terinspirasi dengan konten kompetitor, kamu harus memodifikasinya sedemikian rupa hingga terlihat berbeda.

Perlu diingatkan kembali, meskipun konten yang kamu buat itu berbeda, jangan lupa untuk tidak melenceng dari kaidah perusahaan dan tidak mengandung SARA. Jangan sampai konten yang kamu buat dapat merugikan pihak lain.

Ingin tahu apa saja ide konten promosi di Instagram yang menarik? Cek di sini.

Ikuti Tren

Mengikuti tren yang sedang berlangsung juga merupakan salah satu kunci sukses dalam memasrkan produk melalui IGTV. Kamu bisa mengusung tren terkini dan mengaitkannya dengan produk yang sedang kamu pasarkan.

Dengan mengikuti topic yang sedang trending, algoritma Instagram dapat membaca hal tersebut dan memungkinkan konten IGTV yang kamu buat akan masuk rekomendasi eksplore lebih luas lagi. Sehingga kamu bisa menjaring audience baru.

Namun perlu diingat, tidak semua tren bisa kamu ikuti. Sesuaikan semua tren tersebut dengan produk yang sedang kamu pasarkan. Jika itu bisa dikaitkan dengan produk tersebut, kamu bisa membuat konten video dengan tema yang sedang tren.

Hindari tren yang mengandung unsur negatif. Karena jika kamu memaksa untuk menggunakan tren itu, dapat berdampak fatal pada produk yang kamu pasarkan. Pasti produk tersebut juga akan terkena imbas negatifnya. Jika sudah begini pasti akan sangat berpengaruh terhadap pemasaran.

Konsisten

Konsistensi menjadi salah satu cara untuk memasarkan produk lewat IGTV. Dengan membuat program IGTV secara rutin, pasti audience akan menaruh atensi lebih pada produk yang kamu pasarkan. Apalagi jika konten tersebut sangat menarik. Pasti mereka akan menunggu terus dan terus agar kamu membuat konten.

Oleh karena itu penting sekali dilakukan konsistensi. Kamu bisa menjadwal program IGTV secara rutin. Dengan begitu audience akan semakin mengenalimu. Selain produkmu akan terjual secara maksimal, strategi ini juga cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Masyarakat akan menaruh atensi lebih pada produk yang kamu pasarkan. Bahkan konsistensi ini juga bisa membangun hubunganmu dengan konsumen lebih erat lagi. Kuncinya kamu harus rutin untuk menanggapi berbagai respon mereka.

Dengan cara seperti ini mereka akan merasa lebih diperhatikan. Jika sudah begini, audience akan mempunyai keterikatan tersendiri dengan produk yang kamu pasarkan.

Nah, itulah cara memasarkan produk lewat IGTV. Manfaatnya yang beragam sangat efektif buat kamu yang sudah punya bisnis atau yang baru memulai untuk mencoba fitur Instagram yang satu ini. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment