Efektif Pikat Hati Konsumen, Intip Cara Menulis Caption Instagram yang Menarik Ini

cara membuat caption instagram yang menarik

Ketika menggunakan Instagram untuk mempromosikan brand kosmetikmu, maka setiap aspek yang ada dalam konten tersebut harus diperhatikan. Termasuk bagaimana cara menulis caption Instagram yang menarik bagi konsumen.

Yap! Elemen postingan Instagram ini mungkin sering kali diremehkan, karena banyak orang yang hanya memfokuskan pada foto konten saja.

Pasalnya, caption ini bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat dan faktor kunci dalam meningkatkan user engagement serta konversi bisnis kosmetik kamu.

Lantas bagaimana sih, cara menulis caption di Instagram untuk membuat audience terpikat? Serta aspek apa saja yang perlu dioptimalkan?

Ssst! Dari pada bingung sendiri, langsung baca ulasan berikut ini sampai habis biar kamu bisa bikin caption Instagram yang menarik!

Cara Menulis Caption Instagram yang Menarik untuk Brand Kosmetik

Meski terlihat gampang, meramu caption Instagram yang menarik sebenarnya juga enggak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Untuk bisa meningkatkan engagement rare konten promosi kamu, kamu bisa mengikuti beberapa tips dan cara menulis caption Instagram yang menarik untuk brand kosmetik berikut ini!

Ketahui Karakter Brand dan Target Audience

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu karakter dan konsep brand kosmetik milikimu. Kesan atau brand image seperti apa yang ingin kamu sampaikan kepada konsumen?

Misalnya, apakah brand kosmetikmu ini ramah untuk semua jenis kulit? Atau bagaimana kemanana dan cocok digunakan untuk para remaja?

Tentu, dengan mengerti karakter dari brand kosmetik kamu, akan lebih mudah juga menentukan target audience yang diinginkan. Audience ini adalah orang mungkin bisa menjadi followers akunmu, berminat dengan brand dan produk kosmetikmu, juga konten-konten promosi yang kamu buat.

Ketika telah mengenail brand dan target audience dengan baik, kamu bisa mengatur konsep caption yang akan dibuat. Misal dengan menentukan beberapa hal berikut ini:

Tone yang Digunakan

Yang dimaksudkan dengan tone adalah nada yang muncul ketika kamu membaca caption. Sebagai contoh perhatikan caption yang ada pada postingan Cosmo Indonesia ini.

cara membuat caption instagram yang menarik cosmo

Kira-kira bagaimana nada suara yang terbayang ketika kamu membaca caption Cosmo di atas? Well, pasti ceria dan fun, kan? Kayak anak ABG yang ada di iklan-iklan, atau bahkan dalam sinetron remaja yang sering kita lihat.

Yap! Enggak salah lagi, karena memang itu yang diciptakan Cosmo di postingan mereka. Target utama Cosmo adalah anak muda (khususnya perempuan), sehingga nada yang mereka gunakan pun jauh dari formalitas dan menggunakan tone yang bersahabat serta menyegarkan.

Tipe Caption yang Sesuai

Kalau sudah menentukan tone, kamu bisa menyesuaikan tipe caption yang sesuai dengan tone tersebut.

Memperhatikan Kalimat Utama Caption

Sepanjang apapun caption yang kamu muat, sebelum audience benar-benar meng-klik postinganmu dan pergi ke halaman Instagram miilikmu. Maka hanya kalimat pertama dari caption yang akan ditunjukkan dengan jelas, sementara diikuti dengan opsi more/lainnya pada area timeline.

Ini sebabnya, kalimat pertama dalam caption Instagram memegang peranan yang penting untuk mendorong audience melihat konten postingan kamu.

Sebagai gambaran, kamu bisa mengawali caption promosi kamu dengan beberapa jenis kalimat berikut ini. Yuk liat!

Menonjolkan Urgensi Produk

Mengangkat masalah kecantikan yang dialami oleh konsumen, tapi dengan relevansi manfaat atau khasiat produkmu. Seperti gambar berikut!

Menyajikan Fakta Kecantikan yang Mengejutkan

Kamu bisa nge-spill atau menginformasikan fakta kecantikan yang cukup mengejutkan. Misalnya, pada postingan berikut ini.

Kalimat yang Bisa Memicu Respon Emosional Audience

Kamu juga bisa menggunakan kalimat-kalimat yang dapat memicu respon emosional audience.

Menggunakan Kalimat Penawaran atau Promo Special

Kamu juga bisa menonjolkan diskon atau promo spesial pada awal penulisan caption.

Buat Caption yang Interaktif

Langkah selanjutnya dalam cara menulis caption Instagram yang menarik adalah dengan membuatnya jadi lebih interaktif.

Cara ini diklaim efektif untuk meningkatkan minat followers untuk meninggalkan komentar ataupun like di konten promosi kamu. Misalnya dengan menyisipkan pertanyaan menarik ke dalam caption di Instagram kamu.

Gunakan Emoji yang Cocok dengan Isi Konten

Untuk menambah ekspresi dalam caption yang kamu buat, gunakan emoji yang cocok atau sesuai dengan isi konten kamu.

Tak hanya itu, emoji ini juga bisa membantu menarik perhatian audience, juga menunjukkan karakter dari brand kosmetik kamu.

Pertanyaannya, di mana posisi yang tepat untuk menambahkan emoji ke caption postingan kamu? Jangan khawatir, sebenarnya peletakan emoji ini cukup fleksibel.

Sebagai gambaran, kamu bisa melihat contoh penulisan caption dengan emoji berikut ini!

Pada Awal Caption

capt1

Pada Akhir Caption

Menggantikan Kata Tertentu

cara menulis caption instagram yang menarik

Sisipkan Hastag yang Relevan

Hashtag merupakan salah satu bagian yang penting dari caption Instagram, bahkan dalam kampanye itu sendiri, lho!

Gimana enggak? Faktanya berdasarkan riset postingan yang menambhkan minimal satu jenis hashtag yang relevan akan mempunyai 70 persen likes dan 392 persen komen lebih banyak dari postingan yang tidak memilikinya.

Tak hanya itu, hashtag juga bisa membuat postingan kamu mudah ditemukan dan dijangkau dalam halaman pencarian serta explore Instagram. Ini akan memperluas jangakaun promosi dan memungkinkanmu untuk menjaring pengikut baru.

Maksimalkan Mention untuk Terhubung dengan Pengguna Lain

Cara menulis caption Instagram yang bisa memikat audience adalah dengan memaksimalkan mention. Ini akan membuat postingan terhubung dengan pengguna lain di Instagram kamu.

Misalnya, ketika kamu berkolaborasi dengan influencer atau berniat mengendorse public figure tertentu. Kamu bisa menyebut atau mention akun mereka di caption yang kamu miliki.

Karena cara ini bsia memabntu mendorong pengguna yang mem-follow akun Instagram influencer tersebut untuk mencari tahu lebih banyak tentang brand atau produk kosmetik milikmu.

Bahkan, mereka juga akan dengan sukarela untuk meninggalkan komentar, membagikannya, hingga menyukai postingan tersebut. Ini tentu akan memberikan dampak yang sangat baik pada engagement rate akun Instagram milikmu.

Jangan Lupa Manfaatkan Call-to-Action

Tak kalah pentingnya dengan aspek lain, sebagai cara menulis caption Instagram yang menarik, kamu juga enggak boleh lupa menyisipkan Call to Action (CTA).

Apakah kamu sudah pernah dengan soal CTA sebelumnya? Well, CTA ini merupakan sebuah seruan yang kamu sisipkan di caption atau teks copy apapaun, untuk mendorong audience melakukan apa yang kamu inginkan.

Misalnya, kamu bisa menyisipkan ajakan untuk mengunjungi website bisnismu, memberikan komentar dan menyukai postingan, membagikan promosi yang kamu buat, hingga membeli produk yang kamu jual.

Untuk menyisipkan call to action ini, tentu kamu harus menyesuaikan pilihan kalimat yang akan kamu gunakan dengan target aksi yang diinginkan.

Sebagai contoh kamu bisa simak contoh yang ada dalam Instagram Folkative berikut ini!

cara membuat caption instagram yang menarik

Dari postingan di atas, Folkative mengajak audience-nya untuk menuliskan kisah unik mereka di kolom komentar. Tak hanya itu, bahkan beberapa orang juga memention teman / rekan mereka tanpa diminta.

Perhatikan Typografi Tulisan

Meski tujuan adanya branding ini untuk membuat citra santai dan menyenangkan, namun dalam cara menulis caption Instagram yang menarik kamu juga enggak boleh mengabaikan typografi, ya!

Tetap gunakan ejaan yang benar, misalnya ketika menulis kata tidak kamu enggak boleh hanya menyingkatnya menjadi tdk. Selain akan menyulitkan keterbacaan caption, kamu juga bisa menimbulkan pemaknaan yang salah pada audience.

Perhatikan juga tanda baca, ya. Enggak hanya terlihat rapi nih, tanda baca juga bisa memberikan intonasi pada pembacaan teks.

Jadi kalau kamu menulis caption yang sangat panjang, tanpa mencantumkan koma (,) atau titik (.). Pembacaan caption juga akan terasa membingungkan dan melelahkan.

Tentukan Secara Jelas Tujuan Pembuatan Caption

Langkah selanjutnya dalam cara menulis caption Instagram yang menarik adalah dengan menyesuaikannya dengan tujuan konten.

Setiap bisnis tentunya memiliki nilai tersendiri, sehingga konten yang akan dipublikasi pun memiliki tujuan tertentu yang berkaitan dengan value brand.

Nah, ketika akan membuat caption, kamu harus menyesuaikan dengan konsep konten dan tujuan, serta pesan yang akan disampaikan kepada audience.

Metode penyampaian ini bisa dengan selayaknya membagikan cerita, membagikan momen yang sedang trending, pun memberikan solusi terhadap masalah kecantikan yang dialami audience.

Nah, itu adalah berbagai cara menulis caption Instagram yang menarik dan bisa membuat audience kepincut dengan konten promosimu.

Kamu bisa mencari tahu berbagai ide konten promosi di Instagram yang tak kalah menariknya di sini.

Sampai di sini dulu ya, pembahasan kita tentang cara menulis caption Instagram yang menarik. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat konten promosi dan caption yang tepat di Instagram.

See you dan semoga berhasil, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment