Baru Bikin Bran Kosmetik? Ini Cara Memasarkan Produk Baru Agar Cepat Laris

cara mempromosikan produk baru

Pernah enggak sih, kamu merasa bingung tentang bagaimana cara memasarkan produk baru yang kamu buat agar cepat laris? Terlebih, kamu juga tidak berpengalaman sebelumnya dalam dunia kewirausahaan.

Sebagai brand owner kosmetik kamu pasti juga pernah mengalami masa-masa sulit tersebut, bukan? Bahkan hingga kini, rasanya selalu susah untuk membuat produk baru bisa dengan mudah diterima oleh konsumen sampai mendatangkan pembelian pertama.

Meski industri kosmetika sangat menjanjikan dan digadang-gadang akan terus meningkat, ini enggak lantas membuat perjalanan bisnis yang kamu mulai mulus tanpa adanya hambatan.

Justru tingginya arus bisnis kosmetik ini juga menunjukkan persaingan yang ketat. Sehingga kamu harus memiliki strategi pemasaran yang tepat, dan membuat produk kosmetik yang kamu buat mampu bersaing.

Nah, sebelum kamu terlanjur sembarangan kasih diskon sana sini. Kamu harus merancang strategi pemasaran yang efisien, apalagi untuk produk kosmetik baru yang kamu miliki.

Untuk itu, langsung simak beberapa cara memasarkan produk baru agar cepat laris berikut ini! Yuk, simak baik-baik.

Cara Memasarkan Produk Baru dengan Tepat

Membuat produk kosmetik yang berkualitas kini menjadi lebih mudah dengan maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

Namun, untuk memaksimalkan perkembangan brand kosmetik yang kamu rintis. Kamu juga harus mengikuti bagaimana cara memasarkan produk baru dengan tepat berikut ini.

Melakukan Riset Pasar

Langkah pertama yang dilakukan dalam cara memasarkan produk baru dengan tepat adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Riset pasar ini berguna untuk mencari tahu besaran potensi produk yang dapat terjual, serta menargetkan dan mencari konsumen potensial dari brand kosmetik kamu.

Saat melakukan riset pasar ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Termasuk membagi kelompok-kelompok konsumen, memperhitungkan daya saing produk dan suasana persaingan, juga melakukan riset ketertarikan calon pembeli dengan produk yang akan kamu buat.

Dengan begitu, kamu bisa memperoleh data pasar yang lengkap. Sehingga dapat menyusun strategi pemasaran yang akan jauh lebih efisien dan tepat sasaran.

Misalnya, kalau hasil riset menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias dengan produk yang kamu keluarkan karena konsep organiknya.

Maka, jauh sebelum launching produk kosmetik baru ini kamu harus terus menjaga dan membranding produk serelevan mungkin dengan konsep tersebut.

Sementara jika masyarakat kurang antusias, kamu harus melakukan riset tambahan dengan mencari tahu sisi ‘kurang’ dari produk tersebut. Kamu bisa menambahkan inovasi dan memperbaiki target pasar potensial untuk menutupinya.

Melakukan Promosi dan Branding Pra-Launching

Cara memasarkan produk baru agar cepat laris selanjutnya adalah dengan melakukan promosi dan branding pra-launching.

Ada banyak pebisnis baru yang sangat menyepelekan point satu ini. Padahal, sebelum benar-benar memproduksi kosmetik tersebut dalam jumlah besar, akan sangat penting membuat masyarakat merasa akrab dengan brand terlebih dahulu.

Sambil menunggu produk benar-benar selesai produksi, kamu sebenarnya sudah bisa langsung melakukan promosi secara berkala dan rutin.

Misalnya dengan mulai mengenalkan brand kosmetik yang kamu miliki, bagaimana konsepnya, produk apa saja yang akan dibuat, juga berbagi tips-tips kecantikan untuk menarik konsumen.

Agar promosi dapat berjalan dengan efisien, kamu perlu memperhatikan komponen penting dalam promosi tersebut. Yakni, menentukan media promosi dan penjualan, target konsumen dari produk kamu, juga tentukan tujuan promosi.

Untuk mengoptimalkan promosi produk baru ini, kamu perlu juga membuat foto produk atau video produk yang menarik, menggunakan jasa endorsement / beauty reviewer, serta memaksimalkan semua media promosi yang ada.

Media promosi yang saat ini sangat efektif untuk digunakan adalah media online. Seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, Website, dan banyak lainnya.

Kamu bisa mencari tahu berbagai jenis media pemasaran online dan penggunaannya di sini.

Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Membuat konsumen dan calon pembeli merasanya nyaman dengan brand kosmetik milikmu adalah hal yang harus diperhatikan. Bahkan, ketika brand sudah berkembang dan menjadi lebih besar, aspek ini masih jadi hal yang harus kamu jaga.

Sebagai cara memasarkan produk baru agar cepat laris, kamu perlu membangun reputasi sebaik mungkin. Misalnya, dengan menjalin komunikasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Dengan begitu, tingkat kepuasan konsumen pun akan tinggi. Ini bisa memberikan banyak keuntungan buatmu, mulai dari memperluas market size, membuat pelanggan setia dan kerap melakukan repeat order.

Ketahui juga Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Bisnis Kosmetik.

Membuat Kemasan Produk Kosmetik yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat desain kemasan produk semenarik mungkin. Meski banyak disepelekan, rupanya hal ini sangat penting untuk dilakukan, lho.

Menurut Retno Palupi, Head Multimedia (Cosmetic Designer) Mash Moshem Indonesia, manusia adalah makhluk visual. Yang artinya, mereka secara otomatis akan menilai sesuatu dari penampilan fisiknya terlebih dahulu.

Hal yang sama berlaku ketika mereka akan membeli sebuah produk perawatan kecantikan. Kemasan produk yang menarik dan unik akan cenderung membuat konsumen meluangkan waktu mereka untuk mengenal produk tersebut.

Enggak hanya berguna untuk mempercantik dan menambah nilai jual, kemasan produk ini pun pada dasarnya digunakan untuk melindungi sediaan kosmetik.

Nah, kalau kamu membuat produk kosmetik dengan kemasan seadanya dan tidak dibuat semenarik mungkin. Well, akan susah juga buatmu untuk membuat konsumen melirik atau bahkan membeli produk tersebut.

Kamu bisa mencari tahu lebih banyak soal manfaat desain produk dan cara buatnya di sini.

Memberikan Gift atau Souvenir untuk Pembelian Pertama

Siapa sih yang enggak suka dapat hadiah gratis? Kita semua pasti menginginkannya!

Tingginya antusiasme audience dengan hadiah gratis ini bisa kamu gunakan untuk mendatangkan konsumen potensial. Strategi ini pun sangat direkomendasikan untuk kamu lakukan, karena bisa menjaring konsumen dalam skala besar.

Nah, untuk menambah value promosi, kamu bisa menawarkan hadiah sample produk gratis. Dengan begitu, kamu enggak hanya bisa menjaring konsumen baru. Melainkan, membuat mereka mencoba dan menilai produk kosmetik yang akan kamu luncurkan tersebut.

Buat Media Promosi yang Menarik dan Interaktif

Media promosi yang dibicarakan di sini adalah alat-alat yang digunakan sebagai perantara pemasaran. Misalnya, foto produk, video company profile, juga berbagai media pemasaran seperti brosur dan katalog.

Media promosi ini bisa membantu kamu untuk memperkenalkan produk atau brand kosmetikmu dengan lebih baik kepada target konsumen.

Kamu bisa membentuk media promosi yang menarik dan interaktif dengan bantuan tenaga ahli. Karena mereka bisa membarikan gambaran soal proporsi gambar, penggunaan gradasi warna, hingg tahu bagaimana memnbuat kalimat menggoda para konsumen.

Tentu untuk menemukan jasa pembuat media promosi ini cukup mudah, namun biaya yang dihasilkan juga enggak sedikit. Apalagi kalau banyak media yang kamu inginkan.

Kabar baiknya, ketika kamu membuat produk kosmetikmu di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa mendapatkan fasilitas ini, lho!

Yap! Kami memiliki tim multimedia dan digital marketing yang handal di bidangnya untuk membantumu membuat media promosi yang menarik.

Nah, bagaimana, apakah kamu sudah berminat untuk membuat brand kosmetikmu bersama kami?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment