Ini Dia! Pentingnya Desain Kemasan untuk Produk Kosmetik – Bisa Bikin Bisnismu Laris Manis

kemasan produk kosmetik

Tahu enggak, sih, kalau banyak dari masyarakat seringnya membeli sesuatu secara impulsif setelah melihat kemasan yang menarik? Apalagi kalau kemasan produk kosmetik yang umumnya sangat variatif dan dekoratif.

Fenomena itu sebenarnya sangat wajar terjadi. Meski alasan pertama kita membeli suatu produk kosmetik karena kandungannya, namun tidak dapat dipungkiri jika kemasan yang menarik selalu dapat menyita perhatian kita dalam pandangan pertama.

Hal itu menunjukkan bahwa desain kemasan juga sangat mempengaruhi penjualan produk. Keindahan visual yang diperlihatkan dari sebuah produk akan menjadi alasan lain dari seseorang untuk memutuskan membeli produk tersebut. Misalnya dapat kita lihat dalam data di bawah ini.

data pertimbanganpembelian
sumber: katadata.co.id

Dari data di atas, desain kemasan produk termasuk dalam sepuluh hal utama yang dipertimbangkan masyarakat untuk membeli suatu produk ketika belanja daring.

Hampir sebanyak 20% dari jumlah total responden mengatakan mereka mempertimbangkan kemasan produk sebelum benar-benar melakukan transaksi. Presentase ini bahkan mengalahkan iklan sebagai salah satu faktor pertimbangan lain.

Nah, dari sini kamu pasti sudah mendapat sedikit gambaran bahwa kemasan produk adalah hal yang patut dipertimbangkan untuk menunjang suatu brand kosmetik.

Alasan Mengapa Kemasan Penting Untuk Branding Produk

Telah disampaikan sebelumnya, bahwa kemasan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk kita. Hal ini karena kemasan dapat menyampaikan konten atau karakter dari produk yang kita jual.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak alasan mengapa kemasan produk kosmetik sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi buat kamu yang ingin memulai bisnis sendiri.

 Sebagai Pelindung Produk

kemasan produk skincare

Ingat, fungsi utama dari kemasan adalah untuk melindungi produk kosmetikmu. Kemasan yang aman akan dapat melindungi produk dari kemungkinan rusak, yakni sejak keluar dari tempat produksi hingga sampai ke tangan konsumen.

Apabila kamu hanya memikirkan keindahannya saja, dan memberi sedikit perhatian kepada fungsinya. Bisa-bisa produkmu sampai di tangan konsumen dalam keadaan yang rusak. Hal ini tentunya memberi banyak kerugian untuk bisnismu.

Tak hanya itu, banyak dari pembeli juga akan mempertimbangkan kegunaan kembali dari kemasan produk kita. Misalnya, kemasan sabun mandi dapat digunakan kembali sebagai wadah setelah isi produk habis terpakai.

Dengan desain kemasan yang layak dan efisien, keamanan produk kecantikan kita juga akan terjamin. Hal ini memungkinkan produk dapat dipasarkan ke wilayah yang jauh dan tidak gampang rusak, hingga sampai ke tangan pembeli.

Memberikan Daya Tarik

kemasan lucu dan dekoratif

Terlepas dari kandungan dan kualitas produk, jika kemasannya dibuat sangat sederhana dan bahkan cenderung tidak menarik, maka konsumen pun tidak akan memberikan perhatian lebih pada produk tersebut.

Ibaratnya, jatuh cinta itu dari mata lalu turun ke hati. Jadi, jika first impression-nya saja kurang maksimal, mana ada konsumen yang ingin tau lebih jauh produk kosmetik yang akan kita jual. Coba, deh, kamu perhatikan review singkat pembeli di salah satu lapak online berikut.

Review Pembeli Soal Kemasan

Dari review singkat di atas, pembeli mengungkapkan rasa senangnya setelah membeli produk kosmetik tersebut. Bukan hanya soal bonus, pembeli juga puas dengan kemasan produknya.

Kemasan produk kosmetik yang layak dan menarik akan memberikan banyak manfaat untuk bisnismu. Misalnya, nilai produk kosmetik dari brandmu juga akan semakin naik.

Akhirnya,  produk kita tidak semata-mata dibeli hanya dari ‘konten’ produknya saja. Melainkan dari sifat dekoratif desain kemasan kita.

Membangun Kepercayaan

kepercayaan pelanggan

Memiliki kemasan yang menarik akan menaikkan nilai jual produk dari brand kosmetikmu. Konsumen akan lebih merasa percaya untuk membeli ketika kemasannya bagus dan layak. Hal itu pastinya dapat menaikkan penjualan produk untuk ke depannya.

Selain itu, kemasan yang layak dan menarik akan memberikan pengalaman menyenangkan kepada pengguna produk kosmetikmu. Demikian, secara tidak langsung kamu juga membangun kepercayaan antara brand-mu dengan mereka.

Dalam kemasan juga dimuat berbagai informasi mengenai merk kosmetik yang akan dijual. Mulai dari informasi kandungan produk, manfaat, standar keamanan produk, hingga legalitas BPOM.

Dari sanalah, kamu dapat menumbuhkan kepercayaan dalam diri konsumen melalui informasi yang jelas dan lengkap. Sebab kepercayaan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk menjaga reputasi dari brand kosmetik Anda.

Membangun Ciri Khas atau Brand Image

Seiring dengan banyaknya merk-merk bisnis kosmetik yang bermunculan akhir-akhir ini, masyarakat kadang bingung untuk menentukan pilihan mereka.

Sehingga membangun brand image sangatlah penting untukmu. Yakni dengan membentuk sebuah ciri khas yang dapat dijadikan sebagai identitas dan pembeda dari merk lainnya.

Dalam hal ini kemasan dapat menjadi media untuk merepresentasikan identitas tersebut. Baik melalui warna, gambar/ilustrasi, hingga desain kemasan yang unik.

Namun membuat desain kemasan yang bagus dan dapat berkesan dengan baik tidak bisa sembarangan. Pastikan konsep dan brand image sesuai dengan target pasar yang kamu tuju.

Dengan demikian kamu dapat membuat konsumen lebih mudah mengingat brand kosmetikmu. Selain itu, akan timbul juga kesan brand dan kualitas yang baik dari produk kecantikan yang ada di dalamnya.

Hal ini kemudian dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen untuk terus menaruh perhatian pada produk-produk yang akan kamu keluarkan selanjutnya.

Merefleksikan Produk yang Akan Dipasarkan

fragrance-product

Ketika belanja secara daring, tentu kita tidak dapat menilai produk yang akan kita beli secara langsung. Kemasan kemudian dijadikan sebagai gambaran singkat atas konten dari produk kosmetik yang akan kita jual.

Misalnya, kandungan yang ada dalam produkmu diambil dari bahan-bahan alami. Maka untuk merepresentasikannya bisa melalui warna, slogan, stiker dan desain kemasan yang selaras dengan poin tersebut.

Kriteria Kemasan Produk yang Menjual

Nah, kamu telah mengetahui mengapa kemasan begitu penting bagi suatu produk. Tapi memangnya kriteria apa saja sih yang harus ada dalam sebuah kemasan, hingga dianggap layak dan menarik?

Yuk, simak aspek-aspek yang harus ada dalam kemasan produk di bawah ini!

Aspek Keindahan

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk desain packaging atau kemasan adalah keindahannya. Aspek ini berkaitan dengan daya tarik visual kemasan produk. Misalnya lewat bentuk, warna dan desain produk.

Dalam hal ini, warna menjadi salah satu faktor merk dapat dikenali dalam pandangan pertama. Warna juga dapat digunakan untuk membangun citra dari produk terkait.

Sama berpengaruhnya, bentuk kemasan juga dapat menaikkan nilai jual dari produkmu. Dengan bentuk kemasan yang inovatif, baru dan orisinal, kamu bisa membangung pengalaman menarik selama menggunakan produk tersebut pada pengguna.

Selanjutnya adalah desain produk. Desain ini berkaitan dengan corak atau gambar yang ada pada kemasan. Desain ini akan memaksimalkan efek dan keindahan setelah warna dan bentuk produk.

how to use sephora

Perhatikan produk bodycare keluaran Sephora Collection di atas. Dapat kamu lihat, bahwa desainnya dibuat sangat unik dan manis.

Melalui deskripsi produknya, diketahui bahwa target produk ini adalah perempuan remaja-dewasa. Konsep yang digunakan adalah girly, menyenangkan dan bersemangat.

Untuk menyelaraskan konsep tersebut, desain dibuat seimut mungkin. Berbentuk kapsul dengan warna-warna cerah namun tidak terlalu mencolok. Sehingga tak hanya berfungsi sebagai wadah, kemasan ini juga bersifat dekoratif dengan mampu mempermanis isi kamar mandi.

Tak sampai di sana, desain kemasan juga dibuat seinovatif mungkin dan dapat memberikan pengalaman baru saat menggunakannya.

Review lebih jelas tentang Sephora Collection Meting Shower Jerlly, bisa kamu baca juga di sini.

Aspek Informatif

Setelah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan kemasan produk kosmetik. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah aspek informatif yang dimuat.

Kembali dengan konsep skincare untuk anak-anak. Setelah melihat tampilan yang lucu dan menarik, orangtua juga akan memperhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut.

Sebuah kemasan yang baik, paling tidak harus memuat bahan, kegunaan, cara penggunaan dan efek samping penggunaan. Karena pembeli juga akan sangat mempertimbangkan keamanan produk tersebut.

Selain itu, kemasan yang baik juga selaras dengan informasi merk. Misalnya merk produkmu mengampanyekan nilai-nilai ramah lingkungan. Maka desain kemasanmu haruslah selaras dengan nilai-nilai tersebut.

innisfree paper bottle
sumber: kompas

Perhatikan contoh kemasan produk skincare wajah dari Innisfree di atas. Melalui kemasan itu, Innisfree mengkampanyekan slogan ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang digunakan juga ramah lingkungan, yakni terbuat dari kertas. Sehingga sampah kemasan tersebut bisa mudah diurai dan tidak menjadi limbah.

Aspek Daya Tarik Emosional

Aspek selanjutnya adalah daya tarik emosional, yakni berkaitan dengan keteradaan daya tarik emosional yang dirasakan oleh konsumen untuk membeli produk tersebut.

Sederhananya, kemasan produkmu dapat memberi kesan yang menjanjikan atau setidaknya menyampaikan kesan utama dari produkmu. Lebih jelasnya perhatikan contoh produk dari Eskulin berikut.

sumber: shopee

Kemasan tersebut didesain dengan bentuk karakter kartun Mickey Mouse. Salah satu kartun yang digemari anak-anak. Dari desain dan ilustrasi itu, anak-anak secara emosional akan terdorong ingin memiliki produk tersebut.

Inilah yang disebut dengan daya tarik emosional. Misalnya ketertarikan untuk memiliki sesuatu karena berkaitan dengan tokoh idola, atau hal-hal kesuakaan lainnya.

Aspek Kegunaan

Terakhir hal yang perlu diperhatikan saat membuat kemasan yang menarik adalah nilai gunanya. Yakni berkaitan dengan kemudahan dalam pemakaian dan keamanan penyimpanan.

Sebagai contoh, coba perhatikan refrensi kemasan di atas. Kemasan tersebut biasanya digunakan sebagai wadah produk skincare wajah, khususnya serum.

sample skincare (1)

Ukurannya botolnya yang kecil sangat praktis dan mudah dibawa bepergian. Namun, yang lebih penting kemasan tersebut dilengkapi dengan dropper untuk mempermudah cara pengaplikasian serum wajah.

Dengan demikian, akan lebih mudah bagi pengguna untuk mengontrol seberapa banyak serum yang dibutuhkannya. Sehingga resiko tumpah atau jumlah yang keluar berlebihan bisa dihindari.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang fungsi dan kriteria desain kemasan produk kosmetik yang menarik serta layak. Yang mana sangat penting untuk membangun branding produk-produk kosmetik dari merkmu sendiri.

Meski begitu, untuk mendesain kemasan sendiri tentulah tidak mudah. Apalagi untuk menciptakan kesan unik dan orisinal, hingga dapat menimbulkan efek emosional kepada pembeli.

Proses ini akan lebih mudah dilalui ketika menggunakan jasa dari orang yang telah ahli pada bidangnya. Misalnya, lewat PT. Mash Moshem Indonesia kamu tidak hanya bisa memproduksi brand kosmetik impianmu sendiri.

Dengan konsep One Stop Cosmetics Manufacturer, kamu bisa merasakan kemudahan untuk membentuk brand kosmetik, dari awal hingga akhir. Desain kemasan dan produk juga menjadi bagian dari pelayanan kami.

Mulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri lebih mudah dan praktis bersama PT. Mash Moshem Indonesia. Kami akan memberikan pelayanan dan mengawalmu dari mula hingga proses pemasaran.

Kamu juga enggak perlu takut informasi ide, konsep, brand dan bisnismu diketahui orang lain. Kami selalu mengutamakan dan menghargai privasi klien kami.

Yuk, mulai bangun bisnis kosmetik dengan brand sendiri bersama tim-tim handal PT. Mash Moshem Indonesia!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment