Local Pride Mindset untuk Bisnis Kosmetik, Apakah Memang Berpengaruh?

cara menanamkan local pride untuk brand kosmetik (1)

Tahukah kamu, belakangan ini masyarakat sudah melek dan mulai membuka diri dengan produk lokal? Mulai dari produk fesyen sampai berbagai jenis kosmetika, seperti skincare dan makeup.

Fenomena ini hadir seiring dengan maraknya tren Local Pride, yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2017 lalu dengan istilah ‘Cintailah Produk Indonesia’.

Tren ini kemudian jadi semakin populer dengan muncul berbagai macam merk produk fesyen buatan lokal. Mulai dari sneakers (sepatu), tas, baju, dan berbagai produk fesyen lainnya.

Pertanyaannya, apakah cara menanamkan local pride mindset untuk brand kosmetik juga bisa seefektif ini?

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus berani bereksperimen dan enggak ada salahnya untuk mencoba menggunakan strategi local pride mindset untuk mendorong konsumen menggunakan produk kosmetik lokal.

Karenanya, menanamkan local pride mindset untuk bisnis kosmetik ini enggak boleh banget untuk kamu lewatkan. Karena tak hanya menaikkan popularitas serta berpengaruh kepembelian produk kosmtikmu, tren ini akan membantu menyuburkan bisnis kosmetik lokal itu sendiri.

Apa Itu Local Pride Mindset?

Local pride mindset merupakan sebuah pemikiran yang menimbulkan rasa bangga ketika menggunakan atau memiliki produk brand lokal, yang muncul pada hati konsumen.

Lebih dari itu, keberhasilan menanamkan local pride mindset ini secara tidak langsung akan membentuk sebuah komunitas konsumen tersendiri.

Misalnya, ketika kamu telah berhasil menanamkan local pride mindset ini kepada konsumen brand kosmetikmu.

Maka bukan tidak mungkin, kalau para konsumen produkmu di luar sana akan berkumpul, saling mendiskusikan kualitas produk, dan memberi rekomendasi pada orang teredekat mereka.

Pentingnya Menanamkan Local Pride Mindset pada Konsumen Kosmetik

cara menentukan segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik (3)

Setelah mengetahui konsep dari pride mindset di atas, kamu pasti menganggap strategi ini menarik, bukan? Namun sebelum kita terlalu terburu-buru dalam membicarakan tips atau cara menanamkan local pride mindset untuk bisnis kosmetik.

Kamu juga perlu mengetahui mengapa strategi bisnis ini sangat perlu diterapkan pada konsumen kosmetik. Well, langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

Bagian dari Identitas Personal

Kosmetik merupakan salah satu jenis produk yang digunakan hampir sepanjang dan setiap hari, baik di pagi hingga malam hari.

Mulai dari perawatan wajah, perawatan rambut, kulit tubuh, juga kosmetik jenis dekoratif. Seperti parfum dan make up, yang bisa membuat penampilan jadi kian memukau.

Dengan kata lain kosmetik ini bisa memberi identitas pada konsumen secara personal. Karena konsumen tak hanya menggunakannya sebagai perawatan, namun juga melengkapi penampilan sehari-hari mereka.

Nah, ketika kamu berhasil menanamkan pride terhadap brand kosmetikmu, maka konsumen akan menjadikan produk tersebut sebagai bagian dari identitasnya.

Atau dengan kata lain, konsumen akan terus melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan produk yang dia gunakan pada lingkaran sosial terdekatnya.

Berpengaruh Pada Loyalitas Konsumen

Ketika local pride mindset dari brand kosmetikmu telah dimiliki konsumen, maka mereka tidak akan ragu untuk menjadi pelanggan setia dan melakukan pembelian ulang dengan rutin.

Untuk mempertahankan kepuasan pelanggan ini, kamu bisa memberikan bonus, souvenir gratis, atau bahkan sample produk yang nantinya akan diproduksi.

Rekomendasi Langsung dari Konsumen

Kamu pasti menyadari bahwa kadang konsumen suka membeli produk karena ada rekomendasi atau membaca ulasan baik dari pembelian sebelumnya.

Apalagi kalau yang dibeli tersebut adalah produk yang memiliki efek tertentu pada penampilan, seperti skincare atau makeup.

Nah, ketika kamu telah menanamkan pride produk ini dengan baik dan membuat konsumen merasa puas. Bukan tak mungkin mereka akan memberikan komentar dan rekomendasi positif mengenai produkmu kepada orang lain.

Tentu ini akan berpengaruh besar pada perkembangan brand kosmetik yang kamu miliki!

Membentuk Komunitas Konsumen

Jika pada poin pertama tadi membicarakan mengenai identitas pribadi konsumen, maka pada poin ini kamu telah memiliki komunitas konsumen tersendiri.

Yap! Ini dikarenakan local pride mindset yang telah tertanam pada bisnis kosmetikmu bisa membuat kebanggan dalam diri pelanggan meningkat, sehingga pembelian juga bertambah dan brand kosmetikmu kian populer.

Cara Menanamkan Local Pride Mindset untuk Brand Kosmetik pada Konsumen

cara menanamkan local pride untuk brand kosmetik (3)

Tak bisa sembarangan dilakukan, cara menanamkan local pride mindset untuk brand kosmetik yang kamu miliki perlu adanya strategi dan focus khusus.

Nah, berikut ini ada tips dan cara menanamkan local pride mindset untuk brand kosmetik yang bisa kamu coba. Simak baik-baik, ya!

Tentukan Ciri Khas Produk

Sebelum benar-benar menjalankan cara menanamkan local pride mindset untuk brand kosmetik ini kepada konsumen, kamu juga harus mengenal dengan baik kelebihan dan ciri khas dari brand kosmetikmu.

Karena ciri khas ini nantinya akan dijadikan sebagai identitas dari brand kosmetik yang kamu miliki. Tujuannya, kamu bisa meningkatkan brand recall atau membuat brand kosmetikmu lebih melekat dalam ingatan konsumen.

Membauat Marketing Campaign

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat kampanye pemasaran yang kreatif dan bisa merepresentasikan keunikan brand kosmetikmu.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan memanfaatkan berbagai jenis media pemasaran online, seperti marketplace, YouTube, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Jenis Media Promosi Online untuk Bisnis Kosmetik dan Karakteristiknya!

Tingkatkan Kualitas Produk Kosmetik

Salah satu hal yang kerap dijadikan alasan bagi para konsumen ketika memilih brand kosmetik global adalah segi kualitas produk.

Sebenarnya hal ini sangat wajar, mengingat kosmetik digunakan sepanjang hari. Siapa juga yang ingin wajahnya bermasalah karena menggunakan skincare yang tidak tepat bukan?

Nah, untuk itu, kamu perlu membuat produk kosmetik yang berkualitas dan aman digunakan oleh konsumenmu.

Mash Moshem Indonesia, bisa membantumu membuat produk kosmetik terbaik dengan brand kosmetik pribadi milikmu.

Bersama kami, kamu bahkan bisa memilih apa saja kandungan, formula, dan manfaat yang ada dalam sebuah produk kosmetik.

Selain itu, kami juga akan mendukung perkembangan bisnis kosmetikmu lewat berbagai media pemasaran. Misalnya, memberikan fasilitas foto dan video produk, juga brosur dan katalog, hingga memberikan berbagai pelatihan dan webinar digital marketing.

Trick Tambahan Agar Konsumen Makin Cinta Brand Kosmetik Milikmu!

cara menanamkan local pride untuk brand kosmetik (2)

Selain menanamkan mindset local pride di atas, kamu bisa menambah kecintaan konsumen pada brand kosmetikmu dengan beberapa trik berikut ini!

Perhatikan Layanan Pra-Penjualan

Trik yang pertama adalah dengan memperhatikan layanan Pra- Penjualan. Artinya, kamu harus bisa memberikan layanan pra jual agar konsumen tergiur untuk melakukan transaksi atau membeli produk yang kamu tawarkan.

Layanan pra penjualan ini termasuk membalas chat pelanggan secara aktif, memberikan rekomendasi atau menjawab pertanyaan mereka tentang produk, bahkan memberikan tips penggunaan.

Dalam hal ini kamu perlu membuat pelanggan merasa nyaman, juga percaya pada brand serta produk kosmetik yang kamu jual.

Dengan begitu, mereka tidak akan segan untuk membeli produk kosmetik tersebut. Dan kalau mereka puas dengan layanan yang kamu lakukan, tak jarang mereka secara sukarela memberikan ulasan positif.

Perhatikan Layanan Setelah Penjualan

Kamu mungkin mengira, menjalin hubungan dengan konsumen ini hanya perlu untuk menarik mereka membelikan pembelian.

Padahal, kamu juga harus menjaga hubungan bisnis dengan pembeli ini agar selalu terjadi, lho. Yap! Karenanya kamu juga perlu memperhatikan layanan setelah transaksi penjualan selesai.

Sebab, siapa yang akan mengira kalau konsumen yang kamu jaga dengan baik ini nantinya akan menjadi pelanggan setia. Melakukan transaksi pembelian berulang, bahkan bisa membantu memberikan rekomendasi dan promosi tanpa diminta.

Untuk menjaga hubungan dengan konsumen lama ini, kamu bisa rutin mengirimkan penawaran diskon, voucher untuk pembeli lama, juga memberikan sample produk khusus kepada mereka.

Jangan lupa untuk meminta masukan dan kritikan, dengan begitu konsumen akan merasa pendapatnya didengar dan berperan penting untukmu.

Tingkatkan Kualitas dan Inovasi Produk Kosmetik

Cara menanamkan local pride mindset untuk brand kosmetik akan semakin efektif ketika kamu memberikan pelayanan terbaik. Termasuk dengan senantiasa menjaga kualitas dan inovasi produk kosmetik yang kamu buat.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu untuk menghasilkan kosmetik berkualitas untuk brand kosmetik milikmu.

Dengan tim RnD kami yang telah berpengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun, kami bisa menciptakan produk kosmetik apapun yang kamu inginkan.

Mulai dari skincare, hair care, body care, parfum, treatment cream (untuk luka atau bekas luka), dan berbagai jenis make up atau produk decorative.

Dengan begitu konsumenmu enggak akan ragu lagi untuk membeli produk idaman yang kamu buat.

Well, langsung hubungi tim kami ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment